LAPORAN PENDAHULUAN ABSES PAYUDARA

A. PENGERTIAN Abses payudara adalah luka pada payudara yang terinfeksi (Sarwono,2006;270) Abses payudara adalah komplikasi dari radang payudara. Hal ini disebabkan karena meluasnya peradangan. (Arif Mansjoer,2000;325) B. ETIOLOGI Abses payudara biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang masuk melalui luka puting susu. Abses merupakan lanjutan dari mastitis yang menjadi parah. C. MANIFESTASI KLINIS Gejala yang dapat ditimbulkan antara lain :  Ibu tampak lebih parah sakitnya  Payudara lebih merah mengkilat  Benjolan sekeras seperti pada radang payudara tetapi tampak lebih penuh.  Terdapat rasa nyeri  Pada pemeriksaan terdapat pembengkakan  Dibawah kulit teraba cairan  Biasanya suhu tubuh meningkat

Pemeriksaan yang bisa dilakukan antara lain pemeriksaan darah yang ditandai dengan adanya peninkatan kadar leukosit.D. PENANGANAN Tindakan yang perlu dilakukan pada penderita abses payudara :  Rujuk ke dokter ahli  Mungkin perlu insisi untuk drainase  Antibiotik dosis tinggi  Anjurkan banyak minum dan istirahat  Menyusui dihentikan pada payudara yang sakit. tetapi ASI harus tetap dikeluarkan/dipompa . PEMERIKSAAN PENUNJANG Pemeriksaan penunjang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosa. E.

Sarwono. Jakarta:YBP-SP Prawirohardjo. Jakarta : EGC .Ilmu Kebidanan. Jakarta : YBP-SP Manuaba.1998. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. 2006. 2002. Sarwono.Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Ilmu Kebidanan.Ida Gede.DAFTAR PUSTAKA • • • Prawirohardjo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful