Nama Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 KALAENA Mata Pelajaran Kelas/ Program/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu

STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN
: : :

: FISIKA : XI / ILMU ALAM / GAZAL : HUKUM GRAVITASI NEWTON : 12 x 45 menit /(6x Pertemuan)

1.

Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

1.2. Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
1. Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan

massa benda dan jaraknya
2. Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam

suatu sistem
3. Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan

gravitasi pada kedudukan yang berbeda 4. Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler A. TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan 1 :
 Siswa dapat menyebutkan bunyi hukum gravitasi umum Newton  Siswa dapat menerapkan formulasi gaya gravitasi antara kedua benda dalam soal-

soal hitungan sederhana

Pertemuan 2 :
 Siswa dapat menghitung resultan gaya gravitasi yang dialami sebuah benda akibat

bekerjanya dua buah gaya atau lebih

Pertemuan 3 :
 Siswa dapat menyebutkan definisi medan gravitasi  Siswa dapat menerapkan formulasi kuat medan gravitasi yang dialami benda disuatu

tempat dalam suatu sistem

 Siswa dapat menghitung dan membandingkan besaran percepatan gravitasi atau kuat

medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda diatas permukaan bumi

Pertemuan 4 :
 Siswa dapat menyebutkan bunyi hukum I, II dan III Kepler  Siswa dapat memformulasikan dan mengaplikasikan formulasi hk III Kepler dalam

soal-soal hitungan sederhana

 Siswa dapat menunjukkan kesesuaian hukum-hukum Kepler dengan hukum gravitasi

Newton dalam sebuah penerapan rumus dalam soal-soal hitungan sederhana

672x10-11 Nm2kg-2) m1 = massa benda 1 (kg) m2 = massa benda 2 (kg) r = jarak antara kedua benda (m) Pers. massa bumi dan jari-jari Pertemuan 6 :  Siswa dapat menyebutkan kesesuaian hukum-hukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton  Siswa dapat menghitung kecepatan satelit untuk mengorbit mengelilingi planet pada 8 buah planet yang ada di tata surya kita dalam sebuah tugas proyek.”  Gaya Gravitasi Pada Benda Titik Besar gaya gravitasi dapat ditulisklan sebagi berikut : dengan : F12 = F21 = F besar gaya tarik menarik antara kedua benda (N) G = tetapan umum gravitasi (6. Siswa dapat menentukan Periode Revolusi Planet dengan Hukum ketiga Kepler Pertemuan 5 :  Siswa dapat menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler dan mengemukakannya dalam bentuk deskripsi data bumi dalam sebuah penurunan matematis  Siswa dapat menemukan hubungan antara perioda bulan. B. dan meneliti datadata yang telah dikumpulkan tentang orbit planet-planet mengitari Matahari. maka menyimpulkan dalam hukumnya : ”Gaya Gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik menarik yang besarnya berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya. Matematis : F =G m1m2 r2 . MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan 1 :  Perumusan Hukum Gravitasi Newton Berdasarkan penurunan persamaan matematis dari hk III Newton.

jika letak benda dalam satu garis lurus maka : ` Dan jika benda membentuk sudut . maka resultan gayanya menjadi : Pertemuan 3 :  Percepatan Gravitasi Dan Kuat Medan Gravitasi Kuat medan gravitasi dititik apa saja dalam ruang yang dipengaruhi medan gravitasi didefinisikan sebagai gaya gravitasi persatuan massa pada suatu massa uji m.Pertemuan 2 :  Resultan Gaya Gravitasi pada suatu benda Jika pada sebuah benda m bekerja dua buah gaya gravitasi atau lebih maka resultan gaya yang mempengaruhi benda m tersebut adalah : F = F12 + F13 Karena gaya gravitasi adalah besaran vektor maka jika ada tiga benda seperti diatas maka resultan gaya gravitasi yang dialami sebuah benda yang disebabkan oleh gaya gravitasi kedua benda lainnya adalah resultan dari gaya-gaya itu. sehingga kuat medan gravitasi atau percepatan gravitasi yang dilami oleh benda bermassa m di suatu tempat tertentu adalah : m r2 g =G Pertemuan 4 : g =G m ( r + h) 2 Percepatan gravitasi benda disuatu tempat pada ketinggian tertentu di atas permukaan bumi adalah : .

maka GM = gR Karena Kelajuan benda untuk mengorbit planet bisa dihitung dengan formulasi : v = gR Ket : T = peride revolusi . Hukum ketiga ini dapat dituliskan sebagai berikut : ( periode) 2 =k (radius ) 3 atau T2 =k R3 T = peride revolusi R = jari-jari rata-rata orbit planet K = suatu tetapan yang memiliki nilai sama untuk semua planet Pertemuan 6 :  Gerak Planet Dalam Tata Surya Orbit Bulan mengelilingi Bumi Orbit Bumi mengelilingi Matahari  Kelajuan benda untuk mengorbit planet dapat dihitung dengan cara : GM v= R g= GM 2 R 2 .  Hukum II Kepler : Suatu garis khayal yang menghubungkan antara Matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama  Hukum III Kepler : Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet.Pertemuan 5 :  Hukum-hukum KEPLER :  Hukum I Kepler : Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari Matahari dengan Matahari berada di salah satu fokus elips.

SUMBER/ BAHAN/ ALAT BANTU  Sumber : Buku Fisika 2A. ) beberapa fenomena alam. METODE PENDEKATAN :  Metode : Demonstrasi. gaya sentuh (tarik/dorong). gaya dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tata surya dan gerak planet . ) disiplin)  Menginformasikan contoh adanya gaya gravitasi pada  Siswa membentuk kelompok sesuai petunjuk guru (mandiri. Informasi / ceramah bervariasi.2 = 72% (dari 0 – 100%) D. Cooperative learning (jigsaw)  Pendekatan : Konsep dan CTL F. Kegiatan Inti : Presentasi & Penugasan terstruktur / terbimbing  Guru menjelaskan konsep gaya gravitasi pada dua buah benda yang terletak pada jarak tertentu dengan memberikan ilustrasi melalui materi presentasi berbasis TI (gemar membaca. kerja keras)  Mendiskusikan konsep gerak.  Bahan : bahan presentasi  Alat : media presentasi E. jujur. KD dan indikator yang akan dicapai (rasa ingin tahu. gaya medan (gravitasi. mandiri. kerja keras. dan menjelaskan manfaat gaya gravitasi tersebut bagi manusia. magnet) (mandiri.)  Menanyakan macam-macam jenis gaya . komunikatif.R = jari-jari rata-rata orbit planet G = tetapan gravitasi M = massa Matahari  Kesesuaian hukum Gravitasi Newton dengan Hukum III Kepler dinyatakan dalam persamaan : k= T 2 4π 2 = R 3 GM C. listrik. diskusi  Model : Direct Instruction. 1. KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM KD. (mandiri. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan 1 : Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya Sintaks Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi Kegiatan Guru_Siswa Waktu  Menginformasikan SK.

tanggung jawab. disiplin. )  Guru memberikan contoh soal sederhana tentang gaya gravitasi yang dialami oleh dua buah benda berkedudukan tertentu. ) (tanggung jawab. (mandiri. disiplin. ) Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri  Guru menanyakan kembali tentang konsep gaya (gemar  Guru memberikan tugas mandiri tidak terstruktur berupa rangkuman gaya gravitasi Newton dan keterkaitannya dengan hukum-hukum Kepler (mandiri. ) Pertemuan 2 : Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya Sintaks Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi Kegiatan Guru_Siswa Waktu pada pertemuan  Memeriksa tugas yang sebelumnya (mandiri. komunikatif. kerja keras. ) diberikan  Menginformasikan SK. jujur. kreatif. (tanggung jawab. . (mandiri. kerja keras. disiplin. kreatif. ) membaca. KD dan indikator yang akan dicapai (gemar membaca. komunikatif)  Menyimpulkan hasil diskusi tentang gerak benda langit pada sistem tata surya.)  Guru memberikan tugas mandiri berupa soal-soal latihan. ) diberikan tugas menyelesaikan soal hitungan berkaitan dengan gaya gravitasi yang dialami benda langit di dalam sistem tata surya pada sebuah diskusi kelompok. disiplin. )  Menginformasikan kegunaannya memahami konsep resultan gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari (komunikatif.melalui berbagai media (kerja keras. (contohnya gaya gravitasi antara planet dengan matahari atau antara planet dengan satelitnya) (mandiri. ) (mandiri. ) dianggap sulit dan belum terpecahkan dalam diskusi kelompok (jujur. )  Siswa  Bersama-sama siswa menyelesaikan soal-soal yang Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri  Guru menyakan kembali tentang variabel yang mempengaruhi gaya gravitasi antara dua buah benda berkedudukan tertentu. disiplin. )  Siswa membentuk kelompok sesuai petunjuk guru Kegiatan Inti : Penugasan terstruktur / terbimbing  Memformulasikan hukum Newton tentang gravitasi dalam tatasurya pada diskusi kelas (komunikatif.

) diberikan  Menginformasikan SK. ) Kegiatan Inti : Presentasi & Penugasan terstruktur  Bersama-sama siswa mendiskusikan tentang beberapa buah gaya yang mempengaruhi benda untuk berbagai posisi/ kedudukan dan merumuskannya dalam hitung vektor (rasa ingin tahu. )  Guru menjelaskan resultan gaya gravitasi pada benda titik  Siswa menerapkan formulasi resultan gaya gravitasi yang dialami oleh benda titik dalam suatu sistem dalam sebuah diskusi kelompok dan membahasnya dengan model jigsaw (cooperative learning) (kerja keras. )  Menanyakan kembali tentang konsep resultan gaya pada penjumlahan dua buah vektor (tanggung jawab. mandiri. gemar membaca. kerja keras. gemar membaca. jujur. )  Menjelaskan kegunaan penerapan konsep percepatan gravitasi dalam kehidupan sehari-hari (kreatif. )  Menurunkan persamaan percepatan gravitasi dari persamaan Gaya Sentripetal dan Gaya Gravitasi Newton untuk beberapa kedudukan benda yang berbeda (kreatif. (mandiri) diberikan  Menginformasikan KD dan indikator yang akan dicapai (gemar membaca. (disiplin. rasa ingin tahu)  Menanyakan kembali tentang konsep massa dan berat benda. kreatif. disiplin. KD dan indikator yang akan dicapai (rasa ingin tahu. (mandiri. )  Memberikan contoh soal sederhana dan membahasnya . konsep percepatan dan medan gravitasi dalam tatasurya pada diskusi kelas (komunikatif. ) dalam suatu sistem dan membahas contoh soal sederhana berkaitan dengan materi yang dijelaskan (mandiri. ) Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri  Guru menanyakan kembali konsep resultan gaya yang dialami oleh benda titik yang terletak diantara beberapa benda (komunikatif. ) Kegiatan Inti : Presentasi & Penugasan terstruktur/ terbimbing  Bersama-sama siswa memformulasikan konsep berat.)  Sintaks Pertemuan 4 : Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda Kegiatan Guru_Siswa Waktu pada pertemuan  Memeriksa Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi tugas yang sebelumnya. kerja keras. kerja keras. Pertemuan 3 : Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem Sintaks Kegiatan Guru_Siswa Waktu pada pertemuan  Memeriksa Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi tugas yang sebelumnya. jujur.)  Guru memberikan tugas berupa soal-soal latihan (mandiri.

)  Siswa mengerjakan soal-soal latihan dari buku sumber secara berkelompok dan membahasnya didepan kelas dengan model pembelajaran jigsaw (cooperative learning) (tanggung jawab. (Mandiri. kerja keras. )  Menjelaskan kegunaannya mempelajari gerak planet dalam  Guru mempresentasikan gerak melingkar yang dilakukan satelit mengelilingi planet dan memformulasikan hubungan antara periode orbit dengan radius planet melalui penurunan rumus gaya sentripetal dengan gaya gravitasi Newton (mandiri. KD dan indikator yang akan dicapai (Tanggung jawab.bersama-sama (mandiri. kreatif)  Memformulasikan hubungan antara persamaan Hk III Kepler dengan hukum gravitasi Newton (tanggung jawab. )  Bersama-sama siswa mendiskusikan kesesuaian hukumhukum Kepler dengan hukum gravitasi Newton (rasa ingin tahu. )  Menginformasikan SK.( mandiri. kerja keras. kreatif) Kegiatan Inti : Presentasi & Penugasan terstruktur/ terbimbing Kegiatan Akhir : Refleksi  Guru menyakan kembali kesesuaian hukum gravitasi Newton dengan hukum Kepler (mandiri. mandiri. ) tata surya (mandiri. ) Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri  Guru menyakan kembali konsep kuat medan gravitasi dan hubungan dengan kedudukan benda yang berbeda terhadap pusat benda (mandiri)  Guru memberikan tugas berupa soal-soal latihan.)  Membahas soal-soal yang berkaitan dengan persamaan Hk III Kepler dan gravitasi Newton secara berkelompok (mandiri.)  Pertemuan 6 : Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler . rasa ingin tahu. komunikatif.)  Pertemuan 5 : Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler Sintaks Kegiatan Awal : Apersepsi/ Orientasi/ Motivasi Kegiatan Guru_Siswa Waktu  Memeriksa tugas mandiri yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. rasa ingin tahu. )  Menanyakan kembali tentang konsep geocentris dan heliocentris (mandiri. rasa ingin tahu. )  Bersama-sama siswa membahas contoh soal tentang penerapan persamaan Hk III kepler (disiplin.rasa ingin tahu.

) G.  Bentuk : Pilihan Ganda. rasa ingin tahu. ) Kegiatan Akhir : Refleksi & Tugas Mandiri Tak Terstruktur  Guru menyakan kembali kesimpulan dari laporan hasil diskusi tentang orbit satelit mengelilingi planet yang disebabkan oleh gaya gravitasi (mandiri. Aspek Sikap : Lembar Pengamatan Sikap Siswa 3. Aspek Kognitif : Soal Terlampir 2.) Kegiatan Inti : Presentasi & Penugasan terstruktur/ terbimbing  Bersama-sama siswa membahas contoh soal tentang kecepatan Bulan dalam mengorbit Bumi jika massa dan radius planet diketahui (disiplin. bagi siswa yang memperoleh Nilai KD ≥ KKM . Tindak Lanjut :  Pembelajaran Remedial . Uraian. Tugas Individu. KD dan indikator yang akan dicapai (rasa ingin tahu. gerak satelit. untuk siswa yang memperoleh Nilai KD < KKM . Laporan  Penilaian Sikap  Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa 2. komunikatif. dan penerbangan luar angkasa dan pemecahan masalah (kreatif. komunikatif.Sintaks Kegiatan Awal : Apersepsi/ Kegiatan Guru_Siswa Waktu  Menginformasikan SK. kreatif. PENILAIAN & TINDAK LANJUT 1. Prosedur Penilaian :  Penilaian Kognitif  Jenis : Ulangan KD.  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator pencapaian yang belum tuntas)  Pembelajaran Pengayaan. )  Siswa diberikan tugas membuat laporan hasil diskusi kelompok tentang gerak dalam sistem tata surya dan masalah gravitasi antar planet (mandiri. )  Siswa menghitung kecepatan masing-masing satelit dalam mengorbit planet-planet (dalam sistem tata surya kita) pada diskusi kelompok dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw (kerja keras. tanggung jawab. . tanggung jawab. Instrumen : 1. )  Siswa mendiskusikan keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet.

Kalaena. S. Mengetahui : Kepala SMA Negeri 1 Kalaena Juli 20 Guru Mata Pelajaran. Drs. TES TERTULIS . BAKHTIAR NIP 19670112 199303 1 010 MUHAMMAD IQBAL.Pd NIP 19840408 200803 1 001 Instrumen Penilaian Kognitif 1. Memberikan program pembelajaran tutorial dalam pembahasan soal-soal ujian KD bagi teman-teman dikelompok tengah yang mengikuti pembelajaran remedial.

a. gaya gravitasi yang bekerja pada partikel ketiga jika partikel itu diletakkan 0. Hitung : a.25 m. tentukanlah laju satelit S tersebut dalam mengelilingi planet P.3 hari.6 x 10-11Nm2/kg2. Gaya Gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik menarik yang besarnya berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya. bermassa 0. Tentukanlah perbandingan massa Matahari dan massa Bumi.84 x 108 m. jika sudut kemiringan = 30o. 05. Tuliskanlah bunyi : ESSAY / URAIAN a.4. percepatan yang dialami balok ketika menuruni bidang miring Dua buah partikel bermassa 0. KUNCI JAWABAN & PEDOMAN PENSKORAN No KUNCI JAWABAN so al 01. (g= 10 ms-2 )Tentukanlah : a. Anggap orbit Bumi dan Bulan berbentuk lingkaran. Dimanakah diantara garis hubung tersebut partikel ketiga harus diletakkan agar gaya gravitasi tidak bekerja pada partikel itu? Jarak Bumi ke Matahari adalah 1.080 kg diletakkan diantara keduanya dan pada garis hubung kedua partikel itu. Sebuah balok bermassa 5 kg diletakkan diatas bidang miring kasar dengan koefisien gesek kinetis 0.5 x 1011 m dan jarak bulan ke Bumi 3.30 kg.40 kg dan 0.30 kg terpisah sejauh 0. Partikel ketiga yang 03. gaya normal yang bekerja pada balok c. mengelilingi Matahari 365 hari dan Bulan mengelilingi bumi 27. diagram gaya yang bekerja pada balok diatas bidang miring b. SKOR 2 .005 m dari benda bermassa 0. b. II dan III Kepler 02. 01. Hukum I. Sebuah satelit S mengorbit planet P pada ketinggian 2500 km diatas permukaan planet P yang memiliki jari-jari 6400 km. Jika massa planet P 6 x 1024 kg dan konstanta gravitasi umum 6. Bumi 04. Hukum Gravitasi Newton b.

: 3 2 a.ocos 30 0 N = 5= .4032 x10 −8 ΣF = 3.866r 0. ΣF = F1 − F2 ΣF =a.134m 2 −2 .5569 x10 −11 − 64032 x10 −11 ΣF = 6.25 − r ) 2 2.866r r = 0.4 x10 −2 = r2 (0.866r + r 0.75 r 0. 3. Hukum II Kepler : Suatu garis khayal yang menghubungkan antara Matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama Hukum III Kepler : Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet.4 x0.25 − r = 0. c.4 x10  0. N 02.2 x10 − 2 2. diagram gaya N = 25 3 Newton b.25 = 1.2 x10 − 2   0. Bunyi Hukum Kepler Hukum I Kepler : Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari Matahari dengan Matahari berada di salah satu fokus elips.25 − r = 0.b. ΣFy = 0 Diket : =0 N −w cos θ m cos = 5θ kg N=w fk = cos 0.10 G = 10 m/s2 1 N = 50 Dit.25 = 0.08 =G 2 r (0.08 0.3 x0.25 − r    = r 3.25 − r ) 2 3.4028 x10 −8 N F1 − F2 G G m1 m3 r2 2 Solusi : 12 =G m 2 m3 (d − r2 ) 2 0. a 3 8 Solusi : b.5569 x10 −11 − 6.4 θ N = mg 30.

b.03.Agar partikel m3 tidak dikenai gaya gravitasi maka : .

m FB =Diket.54319 x1030 MM = 3.84 x108 ) 3 M M 3. M B : =G M 2MM:mB 2 TB rB 4π 2:rB Solusi M M Dengan = 2 GTBpersamaan gravitasi Newton dicari terlebih dahulu persamaan MM dan persamaan mB .34 x10 2 mB 04. .mB .M . G :M 2 B rB 11m rB = 1.mb Fb = ditanyakan.3 hari 4π 2 rDit.aT ==G sB 365 hari 2 rB Tb = 27.3) 2 = x mB (365) 2 (3.as = G mB .5 x1011 ) 3 (27.29 = x mB 133225 5. 2 rb 3 8 mb .5x10 8 rb = 3.84 x 10 m.662 x10 25 MM 2.515 x1033 = mB 7.375 x1033 745. setelah itu maka substitusikan pada persamaan perbandingn yang . MM mB m B .mb 2 rb 4π 2 rb m =G B 2 2 Tb rb mB = 4π 2 rb 2 GTb 3 4π 2 rB 2 MM GTB = 3 mB 4π 2 rb Substitusikan persamaan MM dab mB ke dalam persamaan : MM : mB 2 GTb 3 M M rB Tb = x mB TB 2 rb 3 3 2 M M (1.

Diket. tentang gaya gravitasi Newton 3. 04.30 b. BOBOT 10% 20% 35% 25% 20% 100% SKOR 5 8 12 8 4 60 NILAI 10 20 30 20 20 100 SkorPerolehan x100% Perolehan Nilai perbutir soal = JumlahSkorMaksimum 2.9 x103 4 vS = 4. GmP: hs = r 2500 km RP = 6400 km Gm P 24 vS = mP = 6x10 RP + hS kg -11 G = 6.121 No.17  Latihan hal 123 No. TUGAS INDIVIDU : Uraian a.2.109 x105 ms −1 05. Membuat Rangkuman untuk KD. 02. 18  Latihan hal 126-127 No.6 x10 . TUGAS KELOMPOK : Laporan . PENILAIAN TES TERTULIS : No soal 01.20  Latihan hal 145 No. 16. Mengerjakan soalsoal latihan dari buku sumber :  Latihan hal. 03. 1.6 x10 vS = Solusi : (6400 + 2500) vS = vS = 3. 28.29.449 x1010 vS = 2.6x10 Nm224 /kg2 −11 6.96 x1014 8. 19. 05.

Tugas No.Menyusun hasil diskusi berupa laporan :  Tentang gerak dalam sistem tata surya dan masalah gravitasi antar planet (Mencari referensi tentang planet dan satelitnya dalam sistem tata surya kita sehubungan dengan data massa dan radius masing-masing planet untuk dihitung kecepatan orbit masing-masing satelit mengelilingi planet-planetnya) Rubrik Penilaian Kognitif (N-KD) N-TUGAS 1 1. dst...2 N. 4. . Nama Predikat . . 2. 1. 3. 2... Nama Peserta Didik N-Tes Formulasi Nilai KD 1. 2 3 Rerata Nilai KD 1.2 : N KD = (2 N Tes + 1N Tugas ) 3 Instrumen Penilaian Sikap Rubrik Penilaian : Aspek Sikap yg dinilai 1 2 3 4 5 Rerata Nilai No.

Disiplin 2. 80-100 = Tinggi HUKUM GRAVITASI NEWTON Penyusun SMA NEGERI 1 MAKASSAR 2008 .2009 Fisika – Sebelas ipa SMA Negeri 1 Mkassar 2008/2009 arum dwi tjondrowaty . Respon terhadap Mata pelajaran 4. Aspek Sikap : 1.5. Kejujuran Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 0 s/d 100 Konversi Angka : 0-55 = Rendah. Kerajinan / Kehadiran 3. Kerjasama kelompok 5. Dst. 56-79 = Sedang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful