BAB I PENDAHULUAN 1. LATAR BELAKANG MASALAH Manusia diberikan tugas oleh Allah untuk menjadi khalifah di bumi.

Sebagai khalifah, manusia telah diberikan bekal berupa akal, penglihatan, pendengaran yang dapat digunakan untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Ilmu dapat digunakan oleh manusia untuk menjalankan tugasnya sebagai khalifah di bumi. Tugas ini sangatlah berat, karena tugas ini merupakan tugas yang belum tentu dapat dijalankan oleh makhluk Allah yang lain. Manusia diberi tugas untuk memelihara dan melestarikan alam ini agar tercapai kemakmuran dan kebahagiaan bagi umat manusia itu sendiri. Manusia juga diberikan beban untuk memikul tanggungjawab kemakmuran bumi untuk kesejahteraan manusia. Sementara itu, dengan tugas yang berat tersebut, manusia dilarang untuk berbuat kerusakan yang akan merugikan alam semesta. Apabila ini dilanggar, tentu akan berakibat buruk bagi kehidupan mereka sendiri. Jika lingkungan mengalami kerusakan, manusia harus bertanggungjawab terhadap kerusakan tersebut. Akhir-akhir ini, telah tampak berbagai kerusakan di muka bumi. Baik itu kerusakan fisik maupun kerusakan non fisik. Kerusakan fisik berupa kerusakan alam, baik di daratan maupun di lautan. Adapun kerusakan non fisik dapat berupa kerusakan mental dan moral yang banyak terjadi di mana-mana.

A. RUMUSAN MASALAH 1 2. 3. Bagaimana Alam dalam pandangan islam ? Apa saja faktor kerusakan alam? Bagaimana Upaya upaya pelestarian alam?

B. TUJUAN 1. 2. 3. Mengetahui bagaimana Alam dalam pandangan islam Mengetahui Apa saja faktor kerusakan alam Mengetahui Bagaimana Upaya upaya pelestarian alam

yang setiap baris dan katanya merupakan tanda kearifan penulisnya b. dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (Q. Alam syahadah dalam istilah Inggris disebut universe yang artinya seluruhnya. Alam dalam pandangan islam Alam adalah segala sesuatu yang ada atau yang dianggap ada oleh manusia di dunia ini selain Allah beserta Dzat dan sifat-Nya. Alam syahadah atau alam materi sering juga disebut dengan alam fisik karene alam syahadah merupakan alam yang dapat dicapai oleh indera manusia baik dengan menggunakan alat atau tidak. hewani. yang dalam bahasa sehari-hari disebut sebagi alam semesta. Definisi dari alam semesta itu sendiri adalah segala sesuatu yang ada pada diri manusia dan di luar dirinya yang merupakan suatu kesatuan system yang unik dan misterius.BAB II PEMBAHASAN a. Alam dapat dibedakan mrnjadi beberapa jenis. agar mereka kembali (ke jalan yang benar). diantaranya adalah alam ghoib dan alam syahadah. Allah menciptakan alam semesta ini dengan susunan yang teratur dalam aspek biologi. supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka. begitu . As-Syura: 30) Demikianlah Al quran telah menjelaskan bagaimana faktor kerusakan disebabkan. fisika. Alam semesta merupakan ciptaan Allah yang diurus dengan kehendak dan perhatian Allah. Dan dapat pula dibedakan menjadi alam nabati. berbeda dengan alam ghoib yang tidak dapat tercapai oleh indera. kimia. Apa saja faktor kerusakan alam Allah SWT berfirman Dalam Ayat Suci Al Quran Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Ar-Rum: 41) Dan apa saja musibah yang menimpa kamu. (Q. dan geologi beserta semua kaidah sains. dan insani Al Quran menggambarkan alam semesta laksana sebuah kitab yang disusun oleh satu wujud yang arif.s. pada dasarnya karena ulah manusia segala kerusakan dan bencana di muka bumi ini. Alam syahadah dapat dibedakan menjadi alam raya (makrokosmos) dan alam zarrah (mikrokosmos).s.

Tujuan alam diciptakan juga bukan untuk disembah. Padahal manusia mempunyai daya inisatif dan kreatif. Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa dalam al-Qur'an ditegaskan bahwa semua kerusakan lingkungan hidup tidak lain merupakan akibat dari keserakahan manusia. Sebagai sumber data primer adalah surat ar-Rum ayat 41. maka yang menjadi perumusan masalah: bagaimana pandangan al-Qur'an surat ar-Rum ayat 41 tentang arti penting lingkungan hidup? Bagaimana bimbingan Islam dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dari bahaya pencemaran? Penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam menganalisis data. c. Sedangkan data sekunder yaitu sejumlah kepustakaan yang relevan dengan judul ini. Oleh karena itu sejak awal Allah memperingatkan akan adanya akibat ulah manusia tersebut. timbulnya kerusakan alam atau lingkungan hidup adalah sebagai akibat perbuatan manusia. dan dimanfaatkan dalam kehidupan. Tujuan alam diciptakan adalah bukan untuk dirusak. Upaya pelestarian alam Dalam pengertian ini maka upaya pelestarian lingkungan hidup merupakan dakwah juga. Akan tetapi adalah untuk difungsikan semaksimal mungkin dalam kehidupan. peneliti menggunakan analisis deskripsi. Akan tetapi adalah untuk dikelola.maha pengasihnya Allah. ketika Allah memberi peringatan kita semua agar bisa menjaga bumi dari kerusakan dan juga agar kita bisa kembali kejalanya dan dihapuskan kesalahan kesalahan manusia. Karena manusia yang diberi tanggungjawab sebagai khalifah di bumi banyak yang tidak melaksanakan dengan baik. Pada akhirnya alam diciptakan hanya sebagai fasilitas semata bagi manusia untuk mengenal dan lebih mendekatkan diri pada Allah. Mekanisme Alam (Sunnatullah) adalah ketentuan-ketentuan Allah sebagai hukum yang mengatur alam semesta ini beserta isinya. maka menurut penulis. Apabila mengkaji keterangan para ahli tafsir tersebut. dan dimintai pertolongan. sehingga mengeksploitasi alam lingkungannya habis-habisan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan bimbingan dan konseling Islam Adapun metode pengumpulan data dengan studi dokumenter. Berdasarkan keterangan tersebut. dicemari. dan dihancurkan. dibudidayakan. sedangkan makhluk-makhluk lain tidak memilikinya. Konsep al-Qur'an surat ar-Rum ayat 41 sesuai dengan asas fitrah bimbingan konseling Islam. dikultuskan. Bimbingan dan konseling Islam merupakan bantuan kepada klien atau .

memahami dan menghayati fitrahnya. atau mengenal kembali fitrahnya tersebut manakala pernah tersesat. Manusia. Bimbingan Islam membantu klien untuk mengenal dan memahami fitrahnya itu.konseli untuk mengenal. sehingga segala gerak tingkah laku dan tindakannya sejalan dengan fitrahnya tersebut. misalnya merusak lingkungan hidup. Dengan bimbingan dan konseling Islam diharapkan individu atau kelompok orang menghayati arti pentingnya melestarikan lingkungan hidup sehingga dengan demikian akan mampu mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akherat karena bertingkah laku sesuai dengan fitrahnya itu yaitu tidak merusak lingkungan hidup . yaitu berbagai kemampuan potensial bawaan dan kecenderungan sebagai Muslim atau beragama Islam. menurut Islam dilahirkan dalam atau dengan membawa fitrah.

Al Qur’an menerangkan bahwa yang pertama kali Allah ciptakan sebelum ada bintang-bintang dan galaksi. Hubungan histories manusia dan alam semesta adalah terletak pada kerumitan proses permulaan keduanya ada di dunia ini. Alam semesta adalah segala sesuatu yang ada pada diri manusia dan di luar dirinya yang merupakan suatu kesatuan system yang unik dan misterius dan dapat dicapai oleh indera manusia yang merupakan ciptaan Allah yang diurus dengan kehendak dan perhatian Allah. dan mengetahui tanda-tanda kebesaran penciptanya. Dan jika hukum-hukum tersebut dilanggar. Alam dan manusia saling bergantung. Itulah hakikat sunnatullah yang telah ditentukan oleh Dzat Yang Maha Tinggi sebagai Sang Pencipta. maka alam akan hancur. adalah bumi. kemudian Allah swt siapkan makanan di bumi bagi subject utama penciptaan alam semesta . . yaitu Allah SWT. yaitu manusia. dan alam membutuhkan manusia untuk menjaga kelestariannya.BAB III KESIMPULAN Alam adalah segala sesuatu yang ada atau yang dianggap ada oleh manusia di dunia ini selain Allah beserta Dzat dan sifat-Nya. Baru setelah itu Allah ciptakan langit dan bintang-bintang dalam enam masa. Alam diciptakan oleh Allah sebagai objek untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan yang dimiliki manusia agar mereka bisa berkembang dan memakmurkan alam. Allah menciptakan alm semesta beserta isinya dilengkapi dengan hukum-hukum (sunnatullah). alam menyediakan segala sesuatu yang manusia butuhkan. Pengatur dan tempat kembali seluruh alam.

Endratno. Jakarta : Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum.BAB IV DAFTAR PUSTAKA DEPAG RI. 2001.php?mod=browse&op=read&id=jtptiain-gdlakhmadnadl-4731 . http://melyme-agama. 2000. DEPAG. Jakarta : PT Bulan Bintang. Diklat Ajar Studi Islam 3.walisongo.ac.html http://fahmi-salim. 2005.blogspot.html http://library. Hemin.id/digilib/gdl.blogspot.com/2012/07/alam-semesta-menurut-pandangan-islam. Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum.com/2013/02/bencana-dalam-pandangan-islam. DEPAG RI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful