P. 1
Satuan Acara Penyuluhan DIARE

Satuan Acara Penyuluhan DIARE

|Views: 138|Likes:
.promkes
.promkes

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Onnie Maiasari Poerwaningsih on Jul 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2013

pdf

text

original

Satuan Acara Penyuluhan (Diare

)

Disusun oleh : Oni Mayasari Purwaningsih (11053)

Akademi Keperawatan Hang Tuah Jakarta Tahun ajaran 2012/2013

: ±45 menit. A A C D .SATUAN ACARA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN A. : Puskesmas kecamatan Tanah Abang : Oni Mayasari Purwaningsih Analisa Situasi : penyuluhan mengenai diare ini akan diberikan kepada ibu ibu posyandu yang berjumlah 1orang. : Perawatan dan pencegahan pada anak penderita diare di rumah. Ibu yang bertamatan SMA. Penyuluhan ini akan dilaksanakan pada pagi hari dengan waktu ±45 menit di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. : Ibu-ibu rumah tangga. Topik Sub Topik Sasaran Waktu Tempat Penyuluhan : Diare.

2. Menjelaskan tentang penyebab diare. f. d. C. Menjelaskan pencegahan diare. Tujuan 1. Menjelaskan tentang akibat lanjut diare. b. c. Tujuan Umum Setelah diberikan penyuluhan ±45 menit di harapkan para peserta dapat memahami dan mengerti tentang bagaimana perawatan dan pencegahan terhadap penderita diare. Menjelaskan tentang pengertian diare. . e.KETERANGAN : A =MEDIA B= PENYULUH C= PEMBIMBING D= AUDIENS B. Tujuan Khusus Setelah diberikan penyuluhan ±45 menit diharapkan para peserta penyuluhan mampu : a. Menerapkan P3D : pertolongan pertama pada diare. Menjelaskan tentang tanda dan gejala diare. Materi ( terlampir pada lampiran1) 1) pengertian diare.

Mic 3. 5) pencegahan diare. 2. 4) akibat lanjut diare. No . Ceramah. 3. Strategi Pelaksanaan. Alat petunjuk penggaris. sendok F. D. spidol. Gelas + air hangat + gula garam 6. Lembar balik. 2. 4. 1.2) penyebab diare. Tahap Wakt u Kegiatan Respon Alat bantu . Demonstrasi E. Tanya Jawab. Metode 1. 3) tanda dan gejala diare. balpoint. 5. Leafet. Media / alat bantu. 6) P3D : pertolongan pertama pada diare.

c. 2)Mengevakuasi secara lisan u/ mencapai tujuan khusus. Terminas 10mnt 1)Memberikan i kesempatan kepada ibu ibu untuk bertanya. Kerja 30mnt Menjelaskan tentang : 1. Lembar balik.Memperkenalkan diri.1. garam. 5. 2)Mampu kembali menyebutan tentang pengertian. gula. . b. 4.Penyakit diare.Mengucapkan salam. 3. mendengar kesimpulkan. b. 1)Menanyakan apa ada yang belum mengerti. Memperhartikan dengan seksama materi dari penyuluhan.Menjawab salam. Kriteria Evaluasi 1.Mengerti. c.Tanda dan gejala diare.Penyebab diare.Pencegahan diare. tanda gejala. spidol/penggaris . MIC 2.Akibat dari diare. Leafet. 2. a) Pada 3 hari sebelumnya penyuluhan sudah kontrak dengan warga setempat. menerima leafet dan salam. 3. 5)Membagi leafet.Menjelaskan tujuan dan kontak waktu. penyebab. akibat.Menerima penyuluhan dengan terbuka. a. 3)Menimpulkan materi 4)Memberi salam . sendok. G. Orientasi 5 mnt a. pencegahan diare. gelas. menyetujui kontrak yang ditentukan. Evaluasi persiapan.

a) 70% audience ektif dalam pelaksanaan. c) 80%audience mendengarkan penyuluhan dengan seksama sampai selesai. kenali tanda tanda gejala dehidrasi pada penderita diare. dan Strudath. 2005. Loraine M. 3.org/wiki/oralit . Buku ajar fisiologi kedokteran Jakarta . b) 5 orang dapat menyebabkan beberapa tanda gejala yang muncul pada penderita diare. Keperawatan medikal bedah jakarta : EGC. 2002 . EGC Price. 2000. Evaluasi Aktif. 2002 . Perawatan anak sakit. Sylvia dan Wilson. a) 5 orang dapat menjelaskan lembar tentang pengertian penyakit diare. Ngatsiyah.com/2012/04/04 . Evaluasi proses.m. b) 85% audience mengerti pengertian diare. Pato Fisiologi Jakarta : EGC http://childrengrowup. c) Beberapa audience mampu menjelaskan 4 orang dari 6 pencegahan pada penyakit diare H.wikipedia. http://id. Daftar pustaka Bruner.b) Satu hari sebelumnya alat alat dan media sudah dipersiapkan 2. 24 juni 2013 . Gyuton . Jakarta : EGC Jakarta.wordpress.

berbau asam. karena banyaknya virus. Rita 2001) Dapat disimpulkan. b. (Haroen. berbusa. c. B. 2000) Diare adalah suatu keadaan terjadinya inflamasi mukosa lambung atau usus. akibat dari inflamasi mukosa lambung atau usus. (Elbets. Flu perut. 2002) Diare adalah suatu keadaan dimana terjadinya kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan yang terjadi karena frekuensi buang air besar satu kali atau lebih banyak dengan bentuk encer dan cair. tidak berlendir.Oni mayasari purwaningsih Lampiran 1 DIARE A. . Berak-berak darah/lendir. ( Suradi. Virus (penyebab diare pada umumnya karena rota virus) Gejala : berak-berak air. Bakteri . Etilogi a. sakit perut. Diare merupakan suatu kondisi buang airbesar yang tidak normal yaitu lebih dari 3x/sehari dengan konsentrasi tinja yang encer dapat disertai atau tidaknya darah atau lendir. Pengertian Diare adalah defekasi encer lebih dari 3x/sehari dengan tanpa darah atau lendir dalam tinja.

C. berat badan menurun. anak gelisah. bibir dan kulit kering. tungor kulit berkurang. dan demam. (alergi) e. Infeksi. Manifestasi Suatu penyakit dengan tanda-tanda adanya perubahan bentuk konsentrasi dari tinja yang lembek sampai cair. biasanya anak berak-berak. D. pada anak yang setelah beberapa saat minum susu sapi. Dehidrasi Ringan berat badan turun sampai 2-4 kg. tanpa darah dan lendir dalam tinja. mulut terlihat kering. dan rewel.d. haus. dari bakteri / virus yang menyertai penyakit lain. berbau asam. tambahnya frekuensi berak dari 1x sampai 3x sehari. dan lemas. Komplikasi 1. Alergi. badan lesu. cairan yang hilang karena muntah 50 (ml/kg BB) . kadang kadang disertai dengan muntah. Dehidrasi Berdasarkan banyaknya cairan yang hilang dapat dibagi menjadi 3 yaitu : a.

Badan lesu. Pencegahan . Karenam selain diare penderita akan mengalami kelaparan E. Berat badan turun dari 8-10 kg. dan kejang kejang. Malnutrisi energi protein. 2. b. Mulut dan lidah tampak sangat kering.- cairan yang hilang melalui urine. 3. Mulut dan lidah sangat kering. tekanan darah menurun. Tungor kulit sangat lambat. Dehidrasi Berat. Berat badan turun sampai 5-8 kg. Volume darah berkurang. Dehidrasi Sedang Berak berak bisa 4x sehari. Haus dan ingin minum banyak. dan tampak pucat. nadi cepat dan sangat kecil. Previous water loss 75 (ml/kg BB) Normal water loss 100 (ml/kg BB) c. Muka tampak pucat. Hipoglikemia Gejala dan efek yang timbul akibat pasokan glukosa sebagai bahan bakar u/ otak mengakibatkan gangguan fungsi Co: pasien pingsan. karbohidrat. lemak. kulit 100 (ml/kg BB) berak-berak bisa 3x sehari.

Bilas dengan air bersih d. Setelah bersih rendam botol dengan air panas / rebus botol dan gunakan stemer e. Ketika anda menyiapkan susu formula. 5. . Pertolongan pertama pada diare. a) berikan minum sebanyak banyaknya. Berikan asi ekskusif. Angkat botol . BAB di toilet. Cuci botol dan dot dengan sikat dan sabun khusus botol c.1. Makan-makanan yang bersih. Penyediaaan air bersih. 2006) 10. ( Mary. 8. Imunisasi secara lengkap. Cara cara membersihkan botol dan dot yang benar a. 6. gunakan campuran formula dengan air yang sudah di masak (jangan menggunakan air dalam jumlah sedikit dan konsentrat susu bubuk yang banyak). 4. 2. kira 1 gelas setiap pasien defekasi. Cuci tangan saat sebelum makan maupun sesudah makan. 7. Botol dan dot anak baiknya dipakai dalam keadaan bersih. Segera cuci botol setelah digunakan b. Beth. Simpan makanan di tempat yang tertutup. 3. dan tutup botol 9. ikutilah petunjuk pemakai dengan benar pada kemasan. mengunakan susu non lactosa contoh : sgm dan bebelac 6.

Cara melarutkan oralit dapat dilihat petunjuk karena larutan oralit ada untuk yang 1 liet dan 1 gelas.wordpress. Keperawatan medikal bedah jakarta : EGC. 2000.m. EGC Price. Pato Fisiologi Jakarta : EGC http://childrengrowup. 2005.com/2012/04/04 . dan larutan gula garam. a. 2002 . (Ngatsiyah. Buku ajar fisiologi kedokteran Jakarta . 2005) DAFTAR PUSTAKA Bruner. dan Strudath. Loraine M. dan 1 jumput garam dapur. b. diberikan pada dehidrasi. 2002 . http://id. Ngatsiyah. Sylvia dan Wilson.org/wiki/oralit .b) Berikan larutan oralit.wikipedia. Jakarta : EGC . Gyuton . Perawatan anak sakit. kenali tanda tanda gejala dehidrasi pada penderita diare. Pengganti air matang dapat menggunakan air teh atau tajin. Larutan gula garam dengan 1 gelas air matang yang agak dingin dilarutan dalam 1 sendok teh gula pasir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->