BAB II PEMBAHASAN

A. Maksud Lambang Muhammadiyah Matahari merupakan salah satu benda langit ciptaan ( Mahkluk ) Allah. Dalam sistem tata surya, matahari menempati posisi sentral ( heliosentris ) yaitu menjadi titik pusat dari semua planet – planet lain. Matahari juga merupakan benda langit yang dari dirinya sendiri memiliki kekuatan dalam memancarkan sinar panas yang sangat berguna bagi kehidupan biologis semua makhluk hidup yang ada diatas bumi. Dan tanpa panas sinar matahari bumi akan memebeku dan gelap gulita, sehingga semua makhluk hidup tidak mungkin dapat meneruskan kehidupannya. Muhammadiyah menggambarkan jati diri, gerak, serta mamfaatnya sebagaimana matahari. Kalau matahari menjadi penyebab lahiriyah berlangsungnya kehidupan secara biologis bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, maka muhammadiyah juga akan menjadi penyebab lahirnya, berlangsungnya kehidupan secara spiritual, rohaniah bagi semua orang yang mau menerima pancaran sinarnya yang berupa ajaran agama islam sebagaimana yang tewrmuat dalam Al- Qur”an dan as Sunnah. Ajaran islam yang hak dan lagi sempurna itu semuanya berintikan dua kalimat syahadat. Dua belas sinar matahari yang memancar ke seluruh penjuru mengibaratkan tekad dan semangat pantang menyerah dari warga muhammadiyah dalam memperjuangkan islam di tengah – tengah masyarakat Indonesia sebagai tekad dan semangat pantang mundur serta menyerahkan dari kaum Hawary, yaitu sahat nabi Isa as. yang jumlahnya ada dua belas orang. Karena tekad dan semangat telah teruji secara meyakinkan maka Allah pun berkenan mengabadikan mereka dalam salah satu ayat Al- Qur”an, yaitu surat as – Shaf ayat 14 : “ Wahai sekalian orang yang beriman ! jadikanlah kalian penolong – penolong ( agama ) Allah, sebagaimana ucapan Isa putra Maryam kepada kaum Hawary : “ Siapa yang bersedia menolongku ( semata – mata untuk menegakkan agama Allah ), lalu segolongan bani Israil beriman dan segolongan ( yang lain ) kafir : maka kami berikan kekuatan kepada orang – orang yang beriman terhadap musuh – musuh mereka, maka jadilah mereka orang – orang yang menang “.

dan yang sejak awal kelahiran Muhammadiyah sudah ditanamkan oleh K. dan sejahtera bagi umat manusia. . sebab telah diyakini secara sunguh – sungguh bahwa setiap perjuangan yang didasari oleh iman dan ikhlas maka kekuatan apa pun tidak ada yang mampu mematahkannya. selamat.A Dahlan.H. Warna hijau yang menjadi warna dasar melambangkan kedamaian dan kesejahteraan. Muhammadiyah dalam berjuang untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam tidak ada motif lain kecuali semata – mata mengharapkan keridlaan Allah.Warna putih pada seluruh gambar matahari melambangkan kesucian dan keikhlasan. Muhammadiyah berjuang di tengah – tengah masyarakat bangsa Indonesia dalam rangka merealisasikan ajaran agama Islam yang penuh dengan kedamaian. Keikhlasan yang menjadi inti ( nucleus ) ajaran ikhsan sebagaimana yang diajarkan Rasulullah benar – benar dijadikan jiwa dan ruh perjuangan Muhammadiyah.

lambang / logo dengan maksud dan makna tersendiri. tetapi juga mengerti dan memahami makna dari berbagai atribut – atribut Muhammadiyah. tapi tidak mengetahui dan memahami seperti apa sebenarnya makna dari sekolah yang mereka injak tersebut C. meliputi wilayah – wilayah yang sangat luas dengan penguasaan ilmu pengetahuan. Tujuan dari pembuatan makalah ini agar kita tidak hanya bisa menuntut ilmu atau mengetahui nama / tokoh pendiri Muhammadiyah saja. misalnya makna dari lambang / logo dan lagu – lagu yang menggambarkan bagaimana kepribadian dari Muhammadiyah itu sendiri. Latar Belakang Sekitar abad VII sampai dengan X masehi. baik yang dirintis maupun dipelopori oleh Rasulullah SAW beserta para sahabatnya. Adanya kejayaan islam ini merupakan hasil perjuangan yang tidak mengenal lelah. . yang berdimensi rahmatan lil „alamin. peradaban. Tujuan Muhammadiyah ini tentunya mempunyai atribut tersendiri. Oleh karena itu. gerakan Muhammadiyah muncul sebagaiorganisasi yang bernaungan dibawah kemulian islam.BAB I PENDAHULUAN A. serta kebudayaan yang sangat tinggi dan maju. islam berkembang dengan pesatnya. Masalah Generasi muda sekarang hanya bisa mencari ilmu yang masih berada dalam lingkungan organisasi Muhammadiyah. B.

apabila terjadi kekeliruan di dalam pembuatan makalah ini. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa makalah kami yang berjudul “ Maksud dan Makna dari Lambang Muhammadiyah Serta Lagu – Lagunya “ ini masih jauh dari kesempurnaan. hal ini di sebabkan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang kami miliki. kritik dan saran serta masukan yang konstruktif sangat kami harapkan guna kesempurnaan di masa mendatang. Oleh karena itu. kami mohon maaf sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Wr. Namun. Harapan kami semoga dengan adanya makalah ini. karena atas berkah dan limpahan karuniaNya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Selama menyelesaikan makalah ini tidak terlepas pula dari bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung dari berbagai pihak. Karena kami hanya manusia yang daif dan mempunyai banyak kekurangan. dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman semua. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Wb Puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT.KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr. Wb . Penghargaan dan ucapan serta haturan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah yang bersangkutan ini dan teman-teman yang telah mendukung dalam pembuatan makalah kami ini.

Saran .BAB III PENUTUP A. Kesimpulan B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful