P. 1
Makalah Linguistik

Makalah Linguistik

|Views: 139|Likes:
Published by firdhanivina

More info:

Published by: firdhanivina on Jul 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A.

LATAR BELAKANG Di dalam cabang ilmu Linguistik ada beberapa istilah, salah satunya adalah sintaksis. Sintaksis merupakan salah satu subdisiplin kajian frase dan kalimat dari berbagai segi, unsur bahasa yang termasuk dalam lingkup sintaksis adalah frasa, klausa, dan kalimat. Masih di temukan kesalahan-kesalahan dalam bentuk kalimat maupun frasa menjadi pemicu untuk di lakukanya kasalahan tersebut. Pengertian dan pemahaman lebih lanjut akan di uraikan dalam makalah ini. pembinaan tentang bentuk-bentuk

B.

RUMUSAN MASALAH 1. 2. 3. 4. 5. Apakah pengertian Sintaksis? Apakah yang di maksud dengan frasa? Apakah yang di maksud dengan klausa? Apakah yang di maksud dengan kalimat? Apa Alat-alat sintaksis itu?

Kata yaitu merupakan satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri. Bidang sintaksis menyeidiki semua hubungan antar kata dan antar kelompok kata (antar frase) dalam satuan dasar sintaksis yaitu kalimat. serta subjek predikat objek dan pelengkap. Hal ini d ungkapkan oleh Prof.Dr. subjek predikat dan objek. Pandai (Morfem tunggal) • Menjual.” 3. Dapat juga terdiri dari .M Verhaar dalam pengantar linguisik (1977:70) Sedangkan dalam buku asas-asas linguistik umum (1996:161) Verhaar berpendapat bahwa sintaksis adalah tatabahasa yang membahas hubungan antarkata dalam tuturan.J. unsur inti klausa terdiri dari subyek dan predikat. Sepatu. Pedagang. dapat disisipi dengan kata “itu”. Klausa yaitu susunan dari beberapa frasa yang membentuk suatu makna.BAB II PEMBAHASAN 1. terjadi pada morfem tunggal atau gabungan morfem. Contoh: • Makan. menjadi “Sepatu itu baru. Memberi (Gabungan morfem) 2. Istilah tersebut secara etimologis berarti meempatkan ber sama-sama kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat dan kelompok kata-kata menjadi kalimat. Sintaksis merupakan cabang ilmu linguistik yang mengkaji tentang frasa. 1.W. Frasa yaitu susunan dari beberapa kata yang membentuk suatu makna. Pengertian Sintaksis Kata ‘sintaksis’ berasal dari bahasa Yunani sun “dengan” dan tattein “menempatkan”. Tatabahasa terdiri atas morfologi dan sintaksis.yang dapat di sisipi dengan kata lain. klausa dan kalimat dari berbagai segi. Contoh: • Sepatu Baru.

. Frase Frase merupakan satuan gramatikal yang terdiri dari dua kata atau lebih yang tidak terdiri dari subjek dan predikat. Frase Endosentris dapat di jeniskan menjadi tiga kategori.dan objek. Contoh: a)Unsur yang terdiri dari subjek dan predikat. a. Aku menyapu lantai menggunakan sapu 4. Aku menyapu lantai c)Unsur yang terdiri dari subjek. Kalimat yaitu susunan yang terdiri dari kata.frasa dan klausa sehingga menghasilkan suatu makna yang tersusun secara sistematis dan di dalamnya terdapat konjungsi.hal ini di ungkapkan oleh Ramlan (1986:146) • • Frase endosentris yang koordinatif:frase yang unsur-unsurnya Frase endosentris yang atribut merupakan frase yang memiliki Aku menyapu lantai dengan sapu tadi pagi.predikat. Contoh: • 2.Berdasarkan penjenisan tersebut frase di bedakan menjadi dua yaitu frase indosentris dan frase eksosentris. Frase Endosentris adalah frase yang unsur pusatnya mampu berdistribusi sama(paralel)dengan frase yang di bentuknya.objek dan pelengkap.predikat. • • • Aku menyapu b)Unsur yang terdiri dari subjek. 1. anggota yang kedudukanya tidak sama. Berdasarkan distribusi unsur inti Salah satu penjenisan frase yang lazim adalah penjenisan berdasarkan distribusi unsur dalam kalimat.subjek atau predikat saja asalkan diikuti dengan nada dan diakhiri dengan tanda baca. memiliki kedudukan setara.

b.yaitu subjek dan predikat.Tetapi berdasarkan distribusi unitnya.yaitu frase preporsional dan frase konjungsional.frase di bedakan menjadi beberapa kategori. Struktur Klausa Berdasarkan kategori kata yang mengisi fungsi predikat klausa secara garis besar di badakan atas klausa verbal dan klausa nonverbal. Klausa Bebas Klausa bebas adalah klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat sempurna (cook.Frase di teras tidak dapat di ganti oleh di atau teras. Berdasarkan jenis predikatnya.Berdasarkan unsur yang menjadi inti.unsur penjelas pada frase apositif itu sesuai dengan namanya.Klausa berpotensi untuk menjadi kalimat tunggal karena di dalamnya sudah ada fungsi sintaksis wajib.1971:64).unsur di atau unsur teras dapat tidak berdistribusi sama dngan frase yang di bentuknya. 3. Pada kalimat Kakak saya sedang membaca di teras.yakni frase nominal.verbal ejektival.klausa dapat di klasifikasikan atas klausa bebas dan terikat (cook.1971:67). klausa bebas ini dapat di bedakan atas: . Contoh: Kakak saya belajar di. Frasa Eksosentris adalah frase yang ber distribusi komplementer dengan pusatnya. Klausa Klausa adalah satuan sintaksis berupa runtutan kata-kata konstruksi predikatif.frase numeral. 2.merpakan unsur yang berkedudukan sebagai penjelas tambahan. Kakak membaca teras. Berdasarkan kategori Penjenisan frase berdasarkan kategori di dasarkan pada unsur yang menjadi inti/unsur yang menjadi perangkai.Frase ketiga yakni di teras. 1.Sedangkan berdasarkan unsur yang menjadi perangkai (relator).• Frase endosentris yang apositif merupakan frase yang mirip dengan frase endosentris yang atribut.frase verbal.

Berdasarkan strutur internalnya. • Klausa Adverbial Klausa adverbial adalah klausa terikat yang bertindak seagai adverbia.(Cook. dan klausa anti aktif. Bila di pandang dari segi fungsinya klausa terikat ini dapat pula di beda-bedakan atas klausa nominal. Klausa Verbal adalah klausa yang berpredikat verbal. klausa ajektifal.a. Klausa non verbal adalah klausa yang berpredikat nominal ajektif atau adverbia. dan klausa adverbial. Di pandang dari sifat hubungan aktor-aksi. dapat di bedakan menjadi klausa aktif. • Klausa Nominal Klausa nominal adalah klausa terikat yang bertindak sebagai nomina(Cook 1971:64) Contoh: (1) • Kami telah mengatakan hal itu Klausa Ajektifal Klausa ajektifal adalah klausa terikat yang bertindak sebagai ajektif (Cook. 4. Kalimat Kami telah mengatakan bahwa kami mau belajar bahasa inggris . klausa resiprokal. klausa verbal ini ini dapat pula di bagi menjadi klausa transitif dan klausa intransitif.(Cook. Klausa Terikat Klausa terikat adalah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat sempurna hanya mempunyai potensi sebagai kalimat tak sempurna.1971:64). b.1971:64). klausa pasif.1971:73). klausa medial. Klausa non verbal ini dapat pula di bagi atas klausa statif dan klausa ekuasional 2.

Hubungan sintaksis adalah hubungan antara dua kata bermakna.” BAB III PENUTUP Kesimpulan . kalimat di identifikasikan sebagai “Susunan kata-kata yang teratur dan berisi pikiran yang lengkap. baik atas dasar hubungan gantung (subordinatif) maupun hubungan setara (kopulatif).Sintaksis adalah studi penghimpunan dan tautan timbale balik antara katakata. klausa-klausa. . .Frasa (grup sintaksis) adalah satuan sintaksis yang susunannya lebih rumit. dan kalimat. . yang diterapkan dengan bantuan sarana formal sintaksis.Kalimat merupapkan satuan terbesar yang bisa mewadahi segala butir dari rentangan kelompok dan struktur gramatik dalam bahasa. yang dibentuk.Dengan mengaitkan peran kalimat sebagai alat interaksi dan kelengkapan pesan atau isi yang di sampaikan. frasa-frasa. .

. Verhaar. Harimurti. A. 1987. 1984. Alwasilah. 1986. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. N. .m. Harimurti. Gadjah Mada University. BEBERAPA PRINSIP PERPADUAN LEKSEM DALAM BAHASA INDONESIA. 1991.W. Kridalaksana. jilid 1. 1982.. r. PENGANTAR LINGUISTIK. KELAS KATA DALAM BAHASA INDONESIA. BAHASA INDONESIA DESKRIPSI DAN TEORI. Yogyakarta: Kanisius.F. Yogyakarta: Kanisius.DAFTAR PUSTAKA Alieva. Bandung: Angkasa. LINGUISTIK SUATU PENGANTAR. Chaedar. J. Kridalaksana.h.e.M. Drs.

BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2010 .LINGUISTIK UMUM SINTAKSIS Oleh: HAVINA YUNI FIRDHANI/ K1210026 PEND.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->