P. 1
fotosintesis

fotosintesis

|Views: 13|Likes:
Published by Yuni Astuti

More info:

Published by: Yuni Astuti on Jul 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2014

pdf

text

original

Fotosintesis adalah

proses pembentukan zat makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksida dengan bantuan sinar matahari. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan. Proses fotosintesis ini tidak berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Disamping itu proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya perbedaan pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap energi matahari.

semua tumbuhan yang berwarna hijau. Di dalam kloroplas terdapat klorofil. Pigmen fotosintesis ini terdapat pada membran tilakoid. Pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia berlangsung dalam tilakoid dengan produk akhir berupa glukosa yang dibentuk di dalam stroma.Klorofil sendiri sebenarnya hanya merupakan sebagian dari perangkat dalam fotosintesis yang dikenal sebagai fotosistem. Fotosistem adalah unit dari tumbuhan yang menangkap energi matahari (klorofil).

Persamaan reaksi kimia fotosintesis adalah sebagai berikut :
H2O (air) + CO2 (karbondioksida) + cahaya → CH2O (glukosa) + O2 (oksigen)

Lambat cepatnya proses fotosintesis ditentukan oleh :
1. Intensitas cahaya, laju fotosintesis maksimal jika banyak cahaya. 2. Suhu, enzim yang bekerja pada proses ini maksimal pada suhu yang

Kloroplas adalah zat hijau
daun yang terdapat pada

Jadi secara lebih sederhana bisa dikatakan tumbuhan mampu mengubah air dan karbondioksida menjadi glukosa. dan sebagainya. mendapatkan gas O2. tumbuhan yang masih berkecambah menunjukan laju fotosintesis yang maksimal dari pada tumbuhan yang dewasa. Oleh makhluk hidup lain yang heterotrof (tidak bisa fotosintesis). 2. 3. . Fotosintesis adalah proses penyusunan bahan organik dari bahan anorganik. mendapat sarisari makanan dari proses fotosintesis berupa glukosa sehingga tumbuhan dapat memiliki cukup makanan untuk kelangsungan hidupnya. 4. hasil fotosintesis tersebut (jagung.. ketela. padi. mendapatkan gas O2. Manfaat fotosintesis bagi : 1. Banyaknya karbondioksida semakin banyak semakin maksimal proses fotosintesis. dll) digunakan sebagai makanan. tumbuhan.diinginkannya. bagi manusia.. bagi hewan. oleh tumbuhan atau makhluk autotrof lain yang memiliki pigmen fotosintetik (klorofil dan sejenisnya).karena kadar O2 nya banyak. Jadi. makanya sejuk kalo duduk di bawah pohon yang rindang di siang hari. Contoh bahan organik adalah glukosa. Glukosa ini akan mengalami polimerisasi menjadi amilum/karbohidrat yang terkumpul pada buah atau biji.. Makanan diperlukan oleh para makhluk heterotrof lain untuk menghasilkan energi untuk hidup dan pertumbuhan. padi. misalnya jagung. Banyaknya air. Tahapan pertumbuhan. gandum. Contoh bahan anorganik adalah air dan karbondioksida. 3. simpulannya adalah: fotosintesis bermanfaat sebagai penyedia sumber makanan dan energi bagi makhluk heterotrof sehingga mendukung hampir semua fungsi kehidupan.. semakin maksimal jika jumlah air 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->