KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

A.Pengertian Keanekaragaman makhluk hidup Keanekaragaman Hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memiliki ciri dan tempat hidup yang berbeda. Melalui pengamatan, kita dapat membedakan jenis-jenis makhluk hidup. Pembedaan makhluk hidup tanpa dibuat berdasarkan bentuk, ukuran, warna, tempat hidup, tingkah laku, cara berkembang biak, dan jenis makanan. B.Penyebab terjadinya keanekaragaman makhluk hidup Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya keanekaragaman makhluk hidup adalah :  Mutasi adalah peristiwa perubahan yang disebabkan oleh faktor internal seperti materi genetik atau faktor lingkungan, seperti radiasi dan suhu.  Rekombinasi adalah proses atau peristiwa yang berakibat terbentuknya kombinasi gen baru pada kromosom. Individu baru dari reproduksi seksual akan memiliki faktor keturunan dari kedua induknya.

C.Pengertian Variasi Keanekaragaman makhluk hidup Variasi adalah penampakan dari sifat tertentu yang menyebabkan satu organisme berbeda dengan organisme lain dalam satu jenis. Variasi adalah hasil adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Berikut ini dicantumkan beberapa gejala adaptasi: 1. Homolog Dua organ (alat tubuh) dikatan homolog jika mereka mempunyai asal (secara embriologik) yang sama. Misalnya alat gerak (ekstremitas) ikan paus dan kuda adalah homolog. Homologi ini dipakai sebagai ukuran kekerabatan makhluk hidup. 2. Analogi Dua organ dikatakan bila mereka menunjukkan fungsi yang sama. Misalnya, insang ikan dan paru-paru kadal, fungsinya sama yaitu sebagai

Semua bentuk tubuhnya streamline (seperti kapal selam). amati dan bandingkan semua hewan laut. Misalnya. Misalnya. Artinya. persamaan fungsi”. Inipun adalah akibat dari adaptasi terhadap lingkungannya. sirip depan ikan paus (untuk berenang dan berbentuk dayung). Homoplasi Dua organ dikatakan homoplastik bila mereka memiliki persamaan bentuk walaupun asalnya berbeda (tidak homolog). yang bersama-sama hidup disuatu lautan. Konvergensi Dua atau lebih makhluk hidup dikatakan berkonvergensi bila mereka berbeda dalam jenis. ujung depan dan ujung belakang lancip. Gejala homoplastik adalah hasil (akibat) dari adaptasi terhadap lingkungan hidupnya. semua ikan (pisces). Bentuk tubuhnya (struktur) sangat bervariasi (berbedabeda) walaupun mereka semua termasuk mamalia (hewan menyusui). sayap burung (untuk terbang dan berbentuk kipas). Filogeni . Inilah yang disebut gejala divergensi. walaupun meraka sama-sama berasal dari satu nenek moyang. dan tangan manusia (untuk memegang dan berbentuk tongkat). lumba-lumba. tetapi struktur atau bentuk badannya sangat mirip. Misalnya kaki belakang belalang dan kaki belakang kuda. Perhatikan perbedaan struktur antara: kelelawar. kanguru.alat bernafas. 5. ikan paus. Bentuk tubuhnya sama semua seperti kapal selam. Secara singkat dapat dikatakan “persamaan struktur. Divergensi Adalah gejala yang menunjukkan struktur yang bervariasi. 7. satu sumber. 6. 3. ikan paus.Ada satu kaidah evolusi yang mengatakan bahwa kesamaan struktur dari makhluk hidup yang bukan bersumber dari satu nenek moyang memiliki persamaan fungsi. Transformasi Dua organ atau lebih dikatakan menunjukkan gejala transformasi bila mereka adalah homolog tetapi bentuk dan fungsinya berbeda. 4. dan sapi. Bandingkan bentuk tubuh: ikan hiu. anjing laut. Persamaan struktur ini adalah akibat dari adaptasi dengan lingkungan hidupnya. Dua organ ini dikatakan analog. dan lumba-lumba.

8. perumahan dan sebagainya. Faktor manusia.Badak Jawa Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Faktor alam yaitu bencana alam (banjir. gunung meletus. d. Pembuangan limbah industri yang sembarangan. c. Binatang endemik jawa yang hanya bisa dijumpai di Taman Nasional Ujung Kulon (Banten) dengan populasi hanya 35 hingga 45 ekor saja (hasil sensus Badak 2011). untuk jalan raya. 2.Kanguru Pohon Wondiwoi (Dendrolagus mayri)Kanguru Pohon . E. b.Hewan Dan Tumbuahn Langka  Hewan langka 1. insektisida dan sejenisnya yang tidak bertanggung jawab. misalnya variasi struktur pada filogeni kuda. Disebut juga sebagai Badak Bercula Satu.Faktor penyebab penurunan keanekaragaman hayati Faktor-faktor yang menyebabkan menurunnya keanekaragaman antara lain : 1. tanah longsor. Peristiwa ini dapat menyadarkan manusia bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian keanekaragaman makhluk hidup. dapat menyebabkan penurunan jumlah keanekaragaman misalnya : a. Ontogeni Adalah sejarah perkembangan satu individu. 2. pabrik. D. gempa bumi ataupun sunami).Adalah sejarah perkembangan filum atau takson makhluk hidup (menggambarkan sejarah keturunan atau silsilah semua makhluk hidup yang sekarang masih ada). ada pula yang berkurang keanekaragamannya. ada yang tetap. Pembabatan hutan alam. Penggunaan pestisida. Perburuan hewan yang tidak bertanggung jawab Dalam perjalanan waktu ada kelompok makhluk hidup yang mengalami peningkatan keanekaragaman. Misalnya variasi struktur pada ontogeni manusia.

.Elang Flores Elang Flores (Nisaetus floris) atau Flores Hawk-Eagle. Salah satu jenis kanguru pohon asal Papua ini populasinya diperkirakan sekitar 50 ekor saja.Macan Tutul Jawa atau Leopard Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) atau Javan Leopard.Badak sumatera Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) atau Sumatran Rhinoceros. Penjelasan detail baca: Kanguru Pohon Wondiwoi. Lebih detail baca: Macan Tutul Jawa. 3. Lebih detal baca: Badak Sumatera. Disebut juga Macan Kumbang dengan jumlah populasinya diperkirakan di bawah 250 ekor (IUCN 2008).Pesut Mahakam Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) atau Irrawaddy Dolphin. 6. Di Indonesia hidup di Sungai Mahakam dengan populasi sekitar 70 ekor.Leucocephalon yuwonoi (kura-kura hutan sulawesi) Kura-kura Hutan Sulawesi (Leucocephalon yuwonoi) atau Sulawesi Forest Turtle. Merupakan badak bercula dua yang populasinya diperkirakan tidak lebih dari 275 ekor.Wondiwoi (Dendrolagus mayri) atau Wondiwoi Tree-kangaroo. 7. Penjelasan detail baca: Elang Flores Raptor Endemik. 4. Merupakan mamalia air tawar yang unik. Burung elang endemik Flores dengan populasi antara 150-300 ekor. Selengkapnya baca: Pesut Mahakam Mamalia Terlangka Indonesia. 5. Kura-kura endemik sulawesi yang pernah terdaftar sebagai The World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles—2011 dengan populasi kurang dari 250 ekor. Selengkapnya baca: Kura-kura Hutan Sulawesi nan Langka.

Sumatera. Nyatoh Jangkar. Distribusi penyebarannya di India.8. Adalah katak endemik yang hanya hidup di TN Gunung Halimun-Salak dan TN Gede Pangrango. Penjelasan lengkap baca: Tokhtor Sumatera. 10. Sabah. Nyato. 9. dan Kalimantan Timur. bayur (pterosperium Javanicum Jungh) Ketinggian pohon bisa mencapai 59m dan diameter batang bisa sampai 54cm. Bisa tumbuh di lahan dengan ketinggian 600m yang biasanya terdapat di lereng bukit dengan . 3. Bisa tumbuh di ketinggian 600m di daerah pegunungan namun juga kadang bisa ditemukan di daerah batu gamping.Rusa Bawean Rusa Bawean (Axis kuhlii) atau Bawean Deer. Tengah. 2. Jawa Timur. Di Kalimantan dikenal dengan nama Beitis. Bantal sulam (palaquium walsurifolium) Diameter pohon sekitar 45cm dan dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 45m. Di Kalimantan Timur terkenal dengan nama Bayur. Baca  Tumbuhan Langka 1. Populasinya antara 250–300 animals (Semiadi 2004). Nyatoh. Serawak. Pohon ini biasa digunakan dalam konstruksi rumah maupun untuk furniture. Penyebarannya di semenanjung Malaysia. Biasanya tumbuh di rawa gambut atau kawasan dengan ketinggian sekitar 1000m diatas permukaan laut. Populasi tidak diketahui. Margetahan.Burung Tokhtor Sumatera Tokhtor Sumatera (Carpococcyx viridis) atau Sumatran Ground Cuckoo.Katak Merah Katak Merah (Leptophryne cruentata) atau Bleeding Toad. dan Kalimantan Timur. Selengkapnya baca: Rusa Bawean. Rusa endemik pulau Bawean. Burung endemik Sumatera dengan populasi sekitar 70-400 ekor. bulian (eusderoxylon zwageri) Tinggi pohon sekitar 36m dengan diameter batang 95cm.

Pendistribusian di Malaysia. anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar . dan bisa digunakan untuk konstruksi berat. Jawa. Di Indonesia terkenal dengan nama Jelutong atau Pantung 5. Telianoii. berkerabat dekat dengan beberapa jenis anggrek lainnya seperti Anggrek Merpati. Ulin. (Bunga bangkai tidak termasuk dalam famili Arecaceae (Palmae) melainkan dalam famili Araceae (talas-talasan) 7. atau Wa Punot. Batangnya berwarna putih dan bergetah. Talion Bening. Dalam bahasa latin tumbuhan ini dikenal sebagaiDendrobium phalaenopsis dengan sinonim Vappodes phalaenopsis. Sumatera. Teluyan. Distribusi tumbuhnya di burma. 4. tanah berpasir. dan Anggrek Kelembai. Ulin Bening. Jenis kayu ini sangat kuat. Dalam satu rumpun dewasa. Tebelian Geriting. Biasa tumbuh di ketinngian 1700m. Bunga bangkai raksasa. tahan lama. Terkenal dengan nama Akar Karak. paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Getahnya bisa digunakan untuk membuat permen karet dan kayunya bisa digunakan untuk membuat perabotan. Sumatera. Kalimantan. Ulion. Anggrek tebu Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) merupakan anggrek terbesar. Distribusi di Thailand. 6. Biasa tumbuh di hutan dengan tanah berpasir dan perbukitan dengan ketinggian 400m. dan tanah liat. dan Filipina. thailand. Filipina. Anggrek Karawai. dan Maluku. Betian. Sumatera. Akar Karak (ficus uniglandulosa wall) Tinggi pohon hanya sekitar 14m dengan diameter batang sekitar 15cm. Terkadang juga bisa ditemukan di batu kapur. dan Dendrobium bigibbum. semenanjung Malaysia. semenanjung Malaysia. Anggrek Jamrud. Kara. Anggrek Larat Anggrek Larat yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Cooktown Orchid. Kalimantan. dan Kalimantan. Amorphophallus titanum. Jelutung (dyera sp) ketinggian pohon bisa mencapai 75m dengan diameter batang 159cm. Belian Timun. seringnya di sepanjang aliran sungai dan lereng bukit. Terkenal dengan nama Belian. Anggrek Albert. Anggrek Stuberi.jenis tanah yang berpasir. 8.

Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Contoh: Taman .Upaya pelestarian keanekaragaman makhluk hidup Usaha-usaha untuk menjaga kelestarian keanekaragaman makhluk hidup dapat dilakukan dengan menetapkan kawasan perlindungan antara lain sebagai berikut : 1. way kambas dan lain-lain. Contoh: Cagar alam ujung kulon. Contoh: Taman nasional Lorentz. Taman nasional.) adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. 3. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat. Kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Cagar alam. 2. adalah suatu perlindungan yang diberikan kepada hutan agar tetap terjaga dari kerusakan. 4. Itulah sebabnya tanaman ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa 9. orangutan. tapir. adalah suatu tempat yang dilindungi baik dari segi tanaman maupun hewan yang hidup didalamnya yang nantinya dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan di masa kini dan masa mendatang. Contoh: harimau. Kantong semar yang karnivora Sewaktu daun masih muda. adalah perlindungan yang diberikan kepada suatu daerah yang luas yang meliputi sarana dan prasarana pariwisata di dalamnya. 5. taman wisata dan lain-lain. F. komodo. Perlindungan hutan. membuka ketika sudah dewasa. dan lainlain. Taman nasional gunung leuser dan lai-lain. flora (tanaman) langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atauBorneo Tallow Nut. Namun bukan berarti kantung flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Dalam bahasa Inggris. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera. Taman laut. suaka margasatwa. hutan wisata. hutan buru. Suaka Margasatwa.5-2 cm. Tengkawang Tengkawang (Shorea spp. adalah perlindungan yang diberikan kepada hewan yang hampir punah. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah ia peroleh 10. adalah suatu laut yang dilindungi oleh undang-undang sebagai teknik upaya untuk melendungi kelestariannya dengan bentuk cagar alam.1. Lantas. Taman nasional komodo. Contoh: hutan lindung.

Melindungi hewan hewan langka 3. hutan lindung. 8. kitapun dapat menjaga kelestarian dengan usaha-usaha sebagai berikut : 1. Tidak menebang pohon sembarangan 2. Tidak berburu hewan sembarangan 2. kebun binatang. Taman laut selat pantar. yaitu : 1. 6. Selain itu. penangkaran. Contoh pelestarian in situ adalah suaka margasatwa. misal: kebun koleksi G. Selain pelestarian in situ dan ex situ. pelestarian ex situ dilakukan sebagai upaya rehabilitasi. 3. Adapun taman nasional merupakan kawasan yang melindungi hewan dan tumbuhan 2. sedangkan pelestarian ex situ adalah pelestarian terhadap suatu organisme yang dilakukan di luat habitat aslinya. Kebun palsma nutfah. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi tumbuhan. dan taman nasional. dan lain-lain. adalah suatu perlindungan lokasi yang dijadikan sebagai tempat objek penelitian atau objek wisata yang memilki koleksi flora dan fauna yang masih hidup. adalah pengembangan dari kebun koleksi yang memiliki cakupan lebih luas untuk memelihara tanaman unggul dan sumber hayati yang lain. Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis Sedangkan untuk melestarikan tumbuhan langka dengan cara. Pelestarian ex situ adalah pelestarian yang dilakukan di luar tempat tinggal aslinya. 7. Pelestarian secara in situ dan ex situ. Taman laut togean. Contoh pelestarian ex situ antara lain kebun botani. Pelestarian In Situ adalah pelestarian yang dilakukan pada tempat asli hewan atau tumbuhan tersebut berada. Kebun Binatang/Kebun Raya. dan pembiakan hewan maupun tumbuhan langka. seperti Taman Safari.Upaya pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka Pelestarian hewan dan tumbuhan secara garis besar dapat dilakukan dengan dua cara. Suaka margasatwa merupakan kawasan yang melindungi hewan. dan penangkaran. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman .laut bunaken. adalah pelestarian suatu organisme yang dilakukan di habitat aslinya (in situ) misal: hutan lindung dan taman nasional. Hewan langka dibudi dayakan 4. antara lain : 1. Hal itu dilakukan karena hewan dan tumbuhan kehilangan tempat tinggal aslinya. Taman laut taka bonerate.

tanah dan air 3. Pemeliharaan tanaman dengan benar Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka diantanya adalah : 1. Cagar alam Sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan.4. Suaka marga satwa yaitu tempat melindungi hewan tertentu terutama hewan langka. Kultur Jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan cara memperbanyak sel tumbuh ( jaringan ) menjadi tumbuhan baru. tumbuhan. Inseminasi buatan Inseminasi buatan adalah perkembangbiakakn pada hewan dengan menyuntikkan sperma dari hewan jantan pada hewan betina ( biasa dilakukan pada hewan mamalia) 5. Hutan lindung Sebgai tempat melindungi air / daerah resapan air karena di hutan dengan tumbuhan yang menutupinya jika terjadi hujan maka air akan tertahan dan diserap tanah 4. 2. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful