Standar operasional prosedur (SOP) cuci tangan 1.

Mendekatkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti sabun serta handuk bersih dan kering. 2. Melepas semua perhiasan yang ada ditangan dan jari tangan meletakkanya di tempat yang aman/ saku baju / celana. 3. Membuka kran air memakai tangan. 4. Menggosok tangan di bawah air mengalir. 5. Mengambil sabun cair dengan menekankan siku pada penutup sabun cair. 6. Menggosok tangan dengan sabun secara merata pada celah jari tangan. 7. Mengulangi kegiatan di atas secara berulang-ulang minimal 7 kali. 8. Menggosok juga pergelangan tangan dengan melingkarkan jari-jari satu tangan ke tangan satunya. 9. Membersihkan kuku dan bawah kuku sampai bersih ( dapat digunakan sikat yang lembut dan menyikat searah ke arah distal ). 10. Mencuci tangan dan dan telapak tangan dari arah jari-jari ke arah pergelangan hingga bersih. 11. Mengeringkan jari tangan dan pergelangan tangan dengan handuk bersih dan kering. Atau 12. biarkan mengering dengan sendirinya ( jika handuk tidak tersedia ).

1) 2) 3) 4) Pelaksanaan Potong kuku (mencegah terjadinya luka pada pasien). kemudian dibilas (jika menggunakan sabun cair. 3). 8) Setelah selesai. 7) Tangan disabuni. 2). 2) Menjaga kebersihan perseorangan. Sikat steril dalam tempatnya. kemudian tangan disabuni lagi dan disikat mulai jari – jari terutama kuku. 11) Selanjutnya sarung tangan (handscoen) dipasang. Kran air mengalir yang mempunyai tangkai panjang atau khusus. punggung dan telapak tangan. D. kemudian tangan dibasahi sampai ke siku.A. Kran dibuka. Persiapan 1). sabun dan sikat dikembalikan pada tempatnya. jika sabun batang bilaslah sabun sebelum dikembalikan ke tempatnya). Tujuan 1) Mencegah terjadinya infeksi silang. C. 9) Kemudian kran ditutup dengan siku atau gunakan lap kertas untuk memutar kran. Perhiasan dan arloji harus dilepas (bila memakai). Alkohol 70 % dalam tempatnya. tangan dibilas dan tetap diarahkan ke atas sehingga air dari tangan mengalir ke siku. Pengertian Mencuci tangan secara steril (suci hama) khususnya bila akan membantu tindakan pembedahan. sela – sela jari. sekurang – kurangnya 10 kali dengan cara sirkular (melingkar). Satu bagian dari lap seyogyanya hanya dipakai untuk satu tangan dan bagian yang lain untuk tangan yang sebelahnya lagi. Sabun. Ini diulangi beberapa kali dalam waktu sekurang – kurangnya 15 detik. . maka gunakan sampai dengan 2 – 4 menit. 10) Tangan dikeringkan dengan lap kering steril. B. 4). disikat dan dibilas lagi seperti tadi. 6) Tangan dibilas mulai dari ujung jari sampai ke siku (sabun dan sikat tetap dipegang). penyabunan dan penyikatan dilakukan pada kedua lengan. Lengan baju digulung sampai di atas siku (bila memakai baju lengan panjang). 5) Ambil sikat. disabuni dan digosok dengan jari sekurang – kurangnya dua menit. Setelah itu. masing – masing sebanyak enam kali.

Matikan kran dengan siku . cincin dan lengan pakaian panjang ditarik ke atas 2. Tempat handuk kotor 6. Berdiri di depan westafel jaga agar tangan dan seragam tidak menyentuh westafel 4. punggung tangan 10. Basahi sikat dan beri sabun kembali 11.5 cc kedalam tangan. Ulangi langkah ini pada yang satunya lagi (tangan kiri) 13. Bersihkan kuku bila kotor dengan kikir dan letakan pada tempat atau bengkok 7. Sabun anti mikroba 2. Sikat 8. PROSEDUR KERJA 1. Dengan tangan posisi fleksi bilas dengan seksama ujung jari ke siku tangan kiri dan ulangi pada tangan kanan 14. Tuangkan sabun 2 .Cuci Tangan Steril . sikat telapak tangan.jari termasuk sela jari. sabun tangan lengan hingga 5 cm di atas siku 6. Lepaskan jam tangan. tangan dalam posisi fleksi dengan jari . sikat di pegang tegak lurus terhadap kuku 9. Sikat jari . lanjutkan 1/3 bagian tengah dan 1/3 bagian atas. 30 gerakan untuk kuku.jari menghadap ke atas selama prosedur 12. Bagi tangan menjadi 3 bagian. Kikir pembersih kuku 5. Seragam yang digunakan harus tetap kering 5. 1/3 pergelangan tangan bawah dengan arah memutar. Handuk steril 4. Jumlah gerakan 20 gerakan untuk tangan. Spon    Prinsip perawat cuci tangan steril sebelum asisten pembedahan di ruang operasi Jangan sampai mengenai pakaian yang dikenakan perawat Saat dan setelah cuci tangan jangan sampai menyentuh benda yang tidak steril B. Bengkok 7. Kertas Tisue 3. Basahi sikat / spon dan beri sabun kembali 8. Inspeksi kuku dan permukaan kulit apakah ada luka 3. PERSIAPAN ALAT & BAHAN 1.

Lingkungan rapi dan bersih 3. Dengan hati . Buang handuk pada tempat yang disediakan 19. Tangan bersih 2. Buka handuk steril secara maksimal pagang satu bagian putar dari jari ke siku 17. Respon dapat menjawab semua pertanyaan dengan jelas dan benar .hati pindahkan handuk ke lengan satunya 18. HASIL 1. Ambil handuk steril yang ada di atas kemasan pastikan tidak ada apapun atau benda dekat dari jangkauan anda 16.15. Bila akan menggunakan sarung tangan steril dapat dikeringkan hanya dengan kertas tisue C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful