Senin, 18 Mei 2009

5 CARA MENULIS CERPEN
Diposkan oleh MY LIVE, MY WORLD di 12:47 . Senin, 18 Mei 2009 Label: TIPS AND TRIK 5 Cara Menulis Cerpen Menulis cerpen itu mudah. Sama seperti kalau kita berbicara, bercerita, hanya bedanya menulis cerpen adalah bercerita dengan tulisan. Jadi lupakan segala teori penulisan cerpen yang muluk-muluk dan mulailah bercerita…Oke daripada mbulet gak karuan sekarang langsung ke langkah pertama : 1. Nyalakan komputermu, mulailah menulis kata pertama….terserah tidak harus bingung milih kata. Kalau susah cobalah dengan kata… “Pada suatu hari.” .ntar gampang kalau mau di edit. 2. Mulailah dengan sudut pandang orang pertama. Jangan salah, sudut pandang ini sering dipakai oleh novelis besar seperti John Grisham, atau almarhum Michael Crichton yang menelorkan karya Jurassic Park. Contoh : Pada suatu hari aku sedang mengetik di kamarku, lalu tiba-tiba Shanti memanggilku, “ Ron, Ronny.., kamu lagi ngapain? “ Aku diam saja sambil membatin “ngapain sih cewek ini gangguin aja” .Aku kembali menulis cerpenku dst 1. Hapus semua kaidah penulisan cerpen yang kamu dapat dari bangku SD sampe kuliah, karena itu hanya menghambat kreatifitasmu, bayangin aja gimana mau nulis kalo aturannya banyak banget, Harus bikin kerangka karanganlah, harus ada idepokoklah, harus EYD lah harus baku kalimatnya, harus tanda bacanya bagus , harus deskriptif. Padahal banyak lho penulis yang menulis gak jelas tapi malah terkenal karena dinggap cerpennya misterius hehehe, padahal mungkin emang lupa ngasih ending..so jangan khawatir.. Menulis cerpen dulu mikir belakangan. 2. Trus gimana bikin cerpen yang bagus? Gak ada ide? halah ..ide itu otomatis selalu ada di kepalamu, gak perlu melamun cari inspirasi, cukup tulis kehidupanmu sehari ini saja.. Coba lihat salah satu syairnya slank..”aku langsung bangun dan bakar rokok..” nah gitu aja jadi lagu terkenal.. coba lihat contoh : Waduh, aku terlambat kuliah nih. Padahal Jakarta selalu macet. Belum mandi nih, mandi dulu ah.. , Eh lagi asiknya mandi tiba tiba handphoneku bunyi. Gimana nih, terpaksa deh aku keluar dari kamar mandi berlilit handuk masih basah kuyup. Yak, berhasil mencapai handphone dan kuangkat “ halooowww..” ……dst 5. Dah gitu aja, kalo banyak2 malah gak nulis2, selamat berkarya cerpenmaniaaa…, kalo kesulitan kembalilah ke poin 1

. wah emank ya menulis itu emank gampang klo kita mau.. 2009 Juli 17 13:53 If there is a will there is a way HomeBlogPhotosVideoMusicCalendarReviewsLinks Jul 23. 3.. pengalaman hati Dilihat dari kata-katanya memang agak aneh tapi mengertilah dulu agar mudah di cerna oleh pembaca sekalian karna bagi seorang pemula menulis cerpen memang lumayan sulit untuk di mengerti Di bawah ini penulis menyajikan data untuk pemahaman dalam penulisan cerpen Agar le Perencanaan Cerpen .2 komentar: INFO TKJ mengatakan. 2.. '08 4:00 AM for everyone Cara cara menulis cerpen Struktur Untuk menulis sebuah cerpen kita dituntut untuk bias menghayal dan bereimajinasi dengan sempurna Agar bisa mendapat sesuatu yang di hayalkan menjadi sebuah rangkaian cerita yang lebih sempurna Salah satu contoh dengan menggunakan kalimat penggandaian seperti di bawah ini 1. Lempari dia dengan batu. kita aja kali yang gak pede dengan tulisan kita.. kreatif banget loe. Buat dia turun. daun kelapa melambai lambai 4.. 2009 Mei 19 13:32 ainun mengatakan.

tanda baca dan tata bahasa. hal terakhir ini seringkali juga sekaligus digunakan sebagai tempat memunculkan pesan yang ingin disampaikan penulis. Jangan menyia-nyiakan kerja keras Anda dengan menampilkan kesan tidak profesional pada pembaca Anda. persatuan membawa kekuatan. maka Anda harus dapat memilih setting cerita dengan hati-hati. Cerita yang bagus adalah cerita yang mengikuti sebuah garis batas. Tempo Waktu Cerita dalam sebuah cerpen yang efektif biasanya menampilkan sebuah tempo waktu yang pendek. Ketika Anda menulis. Sebuah tema adalah seperti sebuah tali yang menghubungkan awal dan akhir cerita dimana Anda menggantungkan alur. kembangkan suatu masalah yang harus diselesaikan si tokoh utama tadi. Contoh: Kesalahpahaman. dsb. Disini berarti bahwa setting atau tempat kejadian juga harus berperan untuk turut mendukung jalannya cerita. selalu (dan selalu) periksa kembali pekerjaan Anda dan perhatikan ejaan. Hal ini bisa berupa satu kejadian dalam kehidupan karakter utama Anda atau berupa cerita tentang kejadian yang berlangsung dalam sehari atau bahkan satu jam. penggambaran hal-hal yang ada. karakter. kejujuran adalah kebijakan terbaik. kesempatan yang hilang. beberapa setting yang paling menakutkan bagi sebuah cerita . Dan dengan waktu yang singkat itu. kita harus ingat bahwa kata-kata yang berlebihan dapat mengaburkan inti cerita itu sendiri. kebaikan mengalahkan kejahatan. Ketika Anda selesai menulis. Hal itu tidak berarti Anda harus selalu memilih setting yang tipikal dan mudah ditebak. Praktekkan perencanaan sederhana ini pada tulisan Anda selanjutnya. Contoh: Kekuatan cinta. Tentukan apa inti cerita Anda dan walaupun tema itu sangat menggoda untuk diperlebar. kesalahan identitas. Setting Karena Anda hanya memiliki jumlah kata-kata yang terbatas untuk menyampaikan pesan Anda. bisa jadi kita akan terlalu menaruh perhatian pada satu bagian saja seperti menciptakan penokohan. Buat dia turun: Tunjukkan bagaimana tokoh Anda akhirnya mengatasi masalah itu. yakinlah bahwa setiap kata berhubungan dengan tema ini. untuk itu. Lempari dia dengan batu: Dari keadaan sebelumnya. Pada beberapa cerita.Taruh seseorang di atas pohon: munculkan sebuah keadaan yang harus dihadapi tokoh utama cerita. Ketika menulis cerpen. usahakan agar kejadian yang Anda ceritakan dapat memunculkan tema Anda. Sebagai contoh. dan sebagainya. dialog atau apapun juga. Anda tetap harus berfokus pada inti yang telah Anda buat jika tidak ingin tulisan Anda berakhir seperti pembukaan sebuah novel atau sebuah kumpulan ide-ide yang campur aduk tanpa satu kejelasan. Tema Setiap tulisan harus memiliki pesan atau arti yang tersirat di dalamnya. setting cerita dan lainnya.

Penokohan Untuk menjaga efektivitas cerita. ambil langkah tegas dengan menghapusnya. Jangan terlalu terbawa untuk memaparkan sedetail-detailnya latar belakang tiap tokoh tersebut. Bahan diterjemahkan dari sumber: http://www. Anda juga tidak perlu terlalu berlama-lama dalam membangun cerita. dan membuat pembaca merasa terganggu dan bingung dalam artian negatif. tapi tempat-tempat biasa yang sering dijumpa pembaca dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tiap kata yang ditaruh dalam mulut tokoh-tokoh Anda juga harus berfungsi dalam memunculkan tema cerita.seram bukanlah kuburan atau rumah tua. sebuah cerpen cukup memiliki sekitar tiga tokoh utama saja. Jika Anda membuat cerita yang bergerak cepat. Tentukan tokoh mana yang paling penting dalam mendukung cerita dan fokuskan diri padanya. Jangan hanya menjadikan dialog hanya sebagai pelengkap untuk menghidupkan tokoh Anda. Buatlah agar pembaca juga seolah-olah merasakan suasana cerita lewat setting yang telah dipilih tadi. Pastikan bahwa alur Anda lengkap. Jangan pula membuat "twist ending" (penutup yang tak terduga) yang dapat terbaca terlalu dini. pertengahan cerita dan penutup. bukannya terpesona. pakailah mereka sebagai dasar dalam novel Anda kelak.htm Tags: cara cara Prev: Kiat menulis cerpen yang baik Next: Penulisan Cerpen dalam hal imajinasi Fiksi dan nonfiksi Cara Jitu Menulis Cerpen (1) Oleh : Liga Alam M .com/shortstory.write101. Ini adalah trik untuk mengatur kecepatan dan memperkental nuansa yang ingin Anda sajikan pada pembaca. karena terlalu banyak tokoh malah bisa mengaburkan jalan cerita Anda. jagalah supaya paragraf dan kalimat-kalimat Anda tetap singkat. sehingga klimaks atau penyelesaian cerita hanya muncul dalam satu kalimat. sebaliknya dialog harus mampu turut bercerita dan mengembangkan cerita Anda. misalnya cerita tentang kriminalitas. Jika Anda memang jatuh cinta pada tokoh-tokoh Anda. Alur Yang lebih penting justru ini dalam hal Buat paragraf pembuka yang menarik yang cukup membuat pembaca penasaran untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Dialog Jangan menganggap enteng kekuatan dialog dalam mendukung penokohan karakter Anda. artinya harus ada pembukaan. usahakan supaya pembaca tetap menebak-nebak sampai saat-saat terakhir. Akan tetapi. Jika ternyata dialog tersebut tidak mampu mendukung tema.

ia bersembunyi di sebuah loteng gelap karena sedang diburu oleh rasisme Nazi yang sedang ganas-ganasnya. Nah. Untuk apakah kita menulis? Mari kita simak jawabannya melalui sebuah kisah nyata di bawah ini. semoga bisa. Ia mati dalam usia belasan tahun tanpa sempat tahu bahwa beberapa waktu kemudian. Berbulan-bulan ia tidak melihat matahari dan tidak mengetahui dunia luar. hanya dengan menulis aku dapat merekam segalanya. demikian ia mengawali tulisannya pada diarinya yang diberinya nama Kitty. ia mencurahkan segala perasaannya dalam sebuah buku diari.Kenapa Kita Menulis? Pertanyaan ini merupakan kunci motivasi seorang penulis. “…aku suka menulis. catatan harian. si Anne tidak . oh. lalu ke kamp pembuangan sampai akhirnya dicampakkan ke sebuah kamp mengerikan di dekat Hannover (Jerman) tahun 1945. Seringkali ia mendengar suara deru pesawat tempur dan rentetan senjata api yang mengawang di atas Secret Annex itu. termasuk Anne Frank. seluruh pikiran. Untuk melengkapi jawaban ini.” Pada bulan April 1944 ia curhat pada diarinya bahwa ia rindu ingin sekolah lagi. Kertas memiliki kesabaran yang lebih ketimbang manusia. aku tidak akan kembali ke sekolah… Memang Anne Frank tidak pernah lagi melanjutkan sekolahnya hingga akhir hayatnya. Karena pada tanggal 4 agustus pagi. setelah perang usai. disergap oleh intelejen bayaran Nazi lalu digiring ke Penjara. Untuk mengisi hari-hari panjangnya di tempat persembunyian tersebut dan untuk mengatasi rasa takutnya.. saya masih ingin mengutip penggalan-penggalan bagus dari diari Anne. banyak hal yang terlampau menIk dan luar biasa dalam hatiku. sakit dan lapar. 13 tahun. Usianya masih sangat muda. diari-nya ditemukan oleh petugas berceceran di lantai Secret Annex yang akhirnya menjadi sebuah dokumen sejarah yang dipublikasikan di seluruh dunia. pengalaman dan imajinasi kita ke dalam bentuk tulisan. pertama kalinya ia menulis dalam buku diarinya. Aku berharap. akan aku tumpahkan lewat tulisan. Bersama dengan impian remaja dan cita-citanya. aku bisa mencurahkan isi hatiku padamu dengan cara yang belum pernah aku lakukan pada siapapun sebelumnya. gairah hidupku bangkit kembali! …. ide dan fantasiku. aku sangat berharap. Saat aku menulis. aku dapat meluruhkan seluruh deritaku. Namun ia terus saja menulis. aku harap kamu dapat memberi rasa nyaman dan juga semangat untukku. Andai perang tidak juga berakhir bulan September. aku berharap. Mayatnya dibuang ke sebuah pemakaman umum Bergen-Belsen. bersama orangtuanya. delapan orang yang bersembunyi di Secret Annex. Ketakutanku lenyap. akhirnya Anne Frank meninggal dunia karena terlalu lelah. Pada awalnya. Gadis itu bernama Anne Frank. Beberapa bulan kemudian. Kala itu bulan Juni 1942. yang dikemudian hari mengatarkannya menjadi seorang ‘pengisah sejati’ yang terkenal di seluruh dunia. dari kisah di atas kita dapat memetik pelajaran penting bahwa menulis adalah sebuah cara untuk mendokumentasikan segala pikiran.

Kegiatan menulis sangat berguna. Oleh karena itu menulis amat penting untuk dipelajari dan dipraktekkan. Membaca yang dimaksud di sini adalah benar-benar untuk mengerti. Sebetulnya. Demikian juga dengan menulis artikel yang berbeda dengan menulis cerpen. Rajinlah Membaca. Menulis Harus Ada Minat. memahami dan menikmati isi buku. Sebaliknya kalau anda dilempar ke dalam kolam renang dua atau tiga kali. Agar bisa menulis. Demikian juga dengan ilmu mengarang. entah kisah hidup kita. maka percayalah anda tidak akan pernah bisa berenang. Berikut ini beberapa tips yang akan memudahkan anda dalam menulis. usahakanlah banyak membaca. Anda harus akrab dengan buku dan alat tulis yang memang dikhususkan untuk mengarang”. besar kemungkinan anda akan otomatis menguasai teknik keseimbangan tubuh yang merupakan kunci utama ilmu renang. Jika anda ingin menjadi seorang kolomnis maka banyaklah membaca opini di media massa. sebaliknya tulisan akan selalu abadi sepanjang masa (begitu kata orang). aktifitas menulis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Maka banyaklah membaca cerpen-cerpen remaja di majalah remaja maupun di dalam buku kumpulan cerpen. Tradisi lisan mudah hilang dalam ingatan. maupun untuk keperluan yang lebih bersifat privasi seperti menulis surat cinta. mulailah dengan membaca sesuatu yang mudah dimengerti dan sesuaikan dengan jenis tulisan apa yang ingin anda tekuni. sms atau menulis curahan hati di buku diari. Hanya perlu dicatat. dipelajari atau tidak. Gairah ini akan mengantarkan kita pada semangat ‘saya pasti bisa’.berpikir kalau buku diarinya akan dipublikasikan secara luas. menikmati dan meniru isinya. Tanpa itu. terutama menulis cerita pendek. Menulis laporan penelitian tentu tidak sama dengan menulis novel. Ia menulis untuk dibaca sendiri dan berdasarkan motivasi seperti yang diuraikannya di atas. Ada gairah yang menggebu-gebu untuk menulis. “Kalau berbulan-bulan anda pelajari teori ‘berenang’ tanpa pernah menyentuh air. terutama dalam mendokumentasikan sesuatu. Jika anda ingin menjadi seorang novelis atau cerpenis maka banyaklah membaca novel dan cerpen yang memungkinkan anda ani mencerna. menulis itu tetap mengiringi hidup kita sehari-hari karena memang sudah menjadi kebutuhan. . Membaca. Baik untuk kepentingan resmi seperti mengerjakan tugas sekolah/kuliah/kantor. Sesuai dengan jenis tulisannya. Langkah pertama untuk menjadi seorang penulis adalah: ada keinginan yang kuat untuk menjadi seorang penulis. Seringkali kita membaca buku hanya pada saat menjelang ujian (sekedar untuk kepentingan merebut nilai tinggi). kisah ‘special’ yang kita anggap perlu dikenang selamanya hingga peristiwa sejarah. hanya akan melahirkan seorang penulis iseng yang se-ala kadarnya saja. Misalnya anda ingin menjadi seorang cerpenis remaja. hanya sekedar menghafal.

Misalnya sebuah cerpen yang berjudul Aku Lemah Karena Cinta. Pertama-tama kita pilih dulu tulisan orang lain yang kita anggap menarik. Karya orang lain penting untuk dijadikan referensi bagi seorang pemula. cara menggunakan kalimat sambung. ini hanya untuk latihan sebaiknya tidak dipraktekkan untuk keperluan yang lain. Sebaiknya tidak usah dulu mengacu pada standar penulisan cerpen di majalah atau ketentuan dalan lomba. Waktu itu saya memang tidak tahu bahwa metode seperti ini tidak bagus untuk praktek langsung untuk di media. Semakin sering mencoba menulis cerpen. silahkan ganti juga nama tokohnya dan ubahlah judulnya. Judul artikel itu saya ubah. Mulailah Dengan menulis Cerpen Singkat. Apalagi diringi dengan membaca dan meminta bimbingan khusus dari seseorang yang sudah mahir menulis. Saya sendiri. bahwa ia sudah banyak membaca novel dan cerpen tetapi tidak juga bisa menulis sebuah cerpenpun. Latihan dengan metode “plagiat” Cara ini adalah dengan Menulis Ulang Karya Orang Lain. Metode ini akan membuat kita menguasai anatomi (bagian-bagian) cerita. Kemudian kita menulis ulang karya itu dengan ketentuan sebagai berikut: anda bebas mengedit dan ‘memodifikasi’ naskah itu sesuai dengan kehendak anda. Banyak orang yang latihan dengan cara ini dan lama kelamaan berhasil menulis cerpen secara mandiri. Cerita asli yang seharusnya sedih cobalah diputarbalikkan sehingga menjadi cerita gembira (happy ending). variasi kata dan juga bagaimana sih cara ‘mengganggu’ pembaca dengan kejutan-kejutan. Banyak orang yang mengeluh. cara memulai. Atau kalau anda bisa. misalnya menjadi Jangan Berikan Aku Cinta. kita akan semakin terbiasa dan menguasai teknik menulis cerpen. .Perhatikan bagaimana cara penulisannya dari awal hingga akhir dan bagaimana penulisnya mengelola konflik remaja dalam bentuk cerita menarik. balikkanlah cerita itu sehingga judulnya menjadi Ku Tegar Karena Cinta. pertama kali menulis sebuah artikel di sebuah media massa dengan metode ini. Saya menemukan sebuah artikel bagus dan langsung saya modifikasi. Ingat. artikel itu dimuat oleh media massa setelah menyisihkan banyak saingan mahasiswa. kemudian paragrafnya saya ubah dengan bahasa saya sendiri dengan tema yang masih seperti aslinya dan. Tetapi sebenarnya cara ini boleh saja asalkan hasil ‘modifikasinya’ tidak mirip-mirip banget. dengan gaya seperti apapun. cara menempatkan penanda. Ada juga yang mengatakan apabila ia paling pandai bercerita lisan kepada temannya namun amat sulit menuangkan ke dalam bentuk tulisan. Mulailah dengan menulis cerpen yang singkat dan semanpu ada menulisnya. Waktu itu temanya sudah diatur oleh media yang bersangkutan yaitu tentang konsep ideal tentang gerakan mahasiswa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful