KONTRAK PERKULIAHAN Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Bobot SKS Semester Hari Pertemuan Tempat Pertemuan

Koordinator MK 1. : Pengantar Hukum Bisnis : EKU 205 : 2 (1:1) :: 1-14 : : Marwanto, SH. MHum

Manfaat Mata Kuliah Manfaat yang diperoleh setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengidentifikasi konsep pengantar hukum bisnis di dalam bisnis/perusahaan. Deskripsi Mata Kuliah Ruang lingkup mata kuliah konsep pengantar hukum bisnis, konsep hukum kontrak/ hukum perjanjian, konsep wan prestasi, pengaturan dan bentuk-bentuk perusahaan maatschap, pengaturan dan bentuk-bentuk perusahaan firma dan CV, konsep perseroan terbatas, konsep kepailitan, konsep BUMN dan BUMD, konsep Hak Cipta, konsep hak merek, konsep Hak Paten, konsep Badan Arbitrase Nasional Indonesia. Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk dapat mengidentifikasi konsep pengantar hukum bisnis di dalam bisnis/perusahaan. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Standar Kompetensi Mata Kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan, mengidentifikasikan dan mensintesa konsep pengantar hukum bisnis, mengidentifikasikan konsep hukum kon trak/ hukum perjanjian, mengidentifikasikan konsep wan prestasi, mengiden tifikasikan pengaturan dan bentuk-bentuk perusahaan maatschap, mengiden tifikasikan pengaturan dan bentuk-bentuk perusahaan firma dan CV, mengidentifikasikan konsep perseroan terbatas, mengidentifikasikan konsep kepailitan, mengidentifikasikan konsep BUMN dan BUMD, mengiden tifikasikan konsep Hak Cipta, mengiden tifikasikan konsep hak merek, mengidentifikasikan konsep Hak Paten, mampu mengidentifikasikan dan mengenal konsep Badan Arbitrase Nasional Indonesia. Strategi Pembelajaran Perkuliahan dilaksanakan dengan tatap muka, diskusi dan pemecahan masalah. Materi kuliah dan bahan bacaan wajib diinformasikan pada awal perkuliahan. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa diberikan tugas-tugas berupa tugas terstruktur, tugas mandiri dan presentasi kelompok. 1

2.

3.

4.

Tugas-tugas Tugas paper dan presentasi Tugas paper kelompok maksimum 6 orang. 7. Pilih salah satu judul dari topik yang akan dibahas. beserta pembahasan masalah. Pen. Pengertian Pokok Hukum Perusahaan. Pen. konsep Badan Arbitrase Nasional Indonesia. Pen Alumni. 7. Arbitrase Perdagangan. 8. Bina Cipta. Richard Burton Simatupang. Pen. Rineka Cipta. Kitab UU Hukum Perdata (BW). lisan. 8. . 5. kesimpulan dari topik yang Anda pilih. konsep hukum kontrak/ hukum perjanjian. konsep wan prestasi. Bahan Bacaan 1. PT Intermasa 2. Hasil evaluasi dikategorikan sebagai berikut : Angka Mutu Angka Mutu Huruf Mutu (skala 0-10) (skala 0-4) (Skala Kualitatif) 8. Hadi Kusuma dan Dr. Badan Hukum dan Kedudukan Hukum Perseroan. UU No 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas. 4. konsep perseroan terbatas. pengaturan dan bentuk-bentuk perusahaan maatschap. UI Press 3. konsep BUMN dan BUMD. Kriteria dan Standar Penilaian Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis. Ali Ridho. 6.0 4 A 2 6.5. penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen sebagai berikut : Tugas paper : 20% Tugas terstruktur : 10 Presensi : 5% Presentasi kelompok : 10% Keaktifan di kelas : 15% UTS : 20% UAS : 20% Terkait dengan standar penilaian digunakan system Penilaian Acuan Patokan (PAP). Koperasi. Materi Pokok Materi pokok terdiri atas : konsep pengantar hukum bisnis. dan Wakaf serta Yayasan . Subekti.0 – 10. Subekti. konsep Hak Cipta. Buatlah paper dengan menyertakan latar belakang masalah. dan daftar pustaka. Subekti dan Tjiptosudibio. Pen. pengaturan dan bentuk-bentuk perusahaan firma dan CV. Hukum Perjanjian. konsep kepailitan. Aspek Hukum dalam Bisnis. Sumantoro. Prof. konsep hak merek. Subekti dan Tjiptosudibio Kitab UU Hukum Dagang. konsep Hak Paten. RT Sutantya R. Perkumpulan.

9 5. Maatschap (Persekutuan Perdata) Pengaturan dan Bentuk-bentuk Perusahaan 1. kecuali alasan tertentu (sakit.6 – 6. 3.4 4. kecuali pada saat diskusi. Tidak diperkenankan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung. Hasil evaluasi mahasiswa wajib dikembalikan pada mahasiswa 2 minggu setelah ujian berakhir. Organ-organ Perseroan 2. Pengertian Masyarakat 2. kecuali dengan alasan jelas. pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal waktu mengikuti perkuliahan.6. berkerah. 1. habis kecelakaan) Pada waktu perkuliahan semua handphone dinon aktifkan/disilent Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. rapi. 6. Pengertian dan Sahnya Suatu Kontrak 2. Jadwal Kuliah Pokok Bahasan Pengantar 1. Pengertian Hukum Hukum Kontrak/ Hukum Perjanjian 1. 4. Bubarnya Perseroan Kepailitan 1.4 9. Struktur Permodalan Perseroan Terbatas (PT) 1. Mahasiswa wajb hadir minimal 75% dari tatap muka Tidak ada ujian susulan untuk UTS dan UAS. 9. 10. 7.4 0.5 – 7. 2. Dasar Hukum dan Pengertian 2. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar. Batal dan Pembatalan Suatu Kontrak 3. Akibat Hukum Wanprestasi Pengaturan dan Bentuk-bentuk Perusahaan 1. Pengertian Wanprestasi 2. Firma / Fa 2. Anatomi Kontrak Wan Prestasi 1. Permoho nan Kepailitan Minggu Ke Dosen Pengajar 1 2 I II Team Teaching Team Teaching 3 4 5 6 7 8 III IV V VI VII VIII Team Teaching Team Teaching Team Teaching Team Teaching Team Teaching Team Teaching 3 . Persekutuan Komenditer /CV Perseroan Terbatas (PT) 1. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk tapi tidak diperkenankan untuk absensi. No. 8.0 – 4. 5. Syarat-syarat Pendirian Perseroan Terbatas (PT) 2. Kepailitan 3.5 – 5. 3 2 1 0 B C D E Tata Tertib Siswa dan Dosen Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian sopan.

2. SH.Si) NIP. 3. Kontrak perkuliahan ini dapat dilaksanakan. 1. SE. Pihak II a. Mahasiswa (Marwanto. 2.4. 1. 2. 1. Pihak I Dosen Pengampu.M. 3. 1.. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan.n. 3. aka nada pemberitahuan terlebih dahulu. 9 10 1. 195707271984031005 4 . 2. dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. 1. 11 12 13 14 Putusan Kepailitan BUMN dan BUMD Dasar Hukum dan Pengertian Mekanisme Pendirian dan Pembu baran/Likui dasi Hak Cipta Pengaturan dan Pengertian Hak Cipta Subyek dan Obyek Hak Cipta Pendaftaran Hak Cipta Hak Paten Pengaturan dan Pengertian Hak Paten Subyek dan Obyek Hak Paten Pendaftaran Hak Paten Hak Merek Pengaturan dan Pengertian Hak Merek Subyek dan Obyek Hak Merek Pendaftaran Hak Merek Arbitrase Perdagangan di Indonesia Pengertian dan Dasar Hukum Arbitrase Keuntungan memakai Arbitrase Jenis-jenis Arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) Prosedur Arbitrase Putusan Arbitrase Pelaksanaan Putusan Arbitrase IX X Team Teaching Team Teaching XI Team Teaching XII Team Teaching XII Team Teaching XIV Team Teaching 11. Lain-lain Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati. 2. 3. 2. 3. I Gusti Wayan Murjana Yasa. MHum) (Korma MK EKU 205) Mengetahui Ketua PS Ekonomi Pembangunan (Dr. mulai dari disampaikan kesepakatan ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful