Ayat-ayat yang berhubungan dengan pendidikan

1.Firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah:269 :

“Allah menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur’an dan As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (QS. Al-Baqarah:269) Kesimpulan: Allah telah menyebutkan bahwa orang yang telah diberi ilmu (al-hikmah) adalah orang yang mendapat anugerah yang banyak, mengingat pentingnya ilmu tersebut bagi manusia. Ilmu pengetahuan dapat memperluas cakrawala dan memperkaya bahan pertimbangan dalam segala sikap dan tindakan. Keluasan wawawasan, pandangan serta kekayaan informasi akan membuat seseorang lebih cenderung kepada obyektivitas, kebenaran dan realita.

2.Firman Allah SWT dalam surat An-Nisaa’:162 :

“Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mu’min, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Qur’an), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.” (QS. An-Nisaa’:162) Kesimpulan: Ilmu pengetahuan yang bermanfaat akan semakin mempertebal keimanan seseorang dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Dengan ilmu seseorang dapat menegakkan agama. 3.Firman Allah SWT dalam surat Al-Mujaadilah:11 :

5. niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Kesimpulan: Ilmu yg benar dapat dijadikan sarana untuk mendekatkan kebenaran dalam berbagai bentuk. sebagai wujud persaudaraan antar muslim.” maka lapangkanlah. Dengan kata lain. . dan iman melahirkan kepatuhan dan tawadhu' kepada Allah Swt.Allah menganjurkan manusia agar memberikan tempat bagi mereka yang baru datang dalam suatu pertemuan.Firman Allah SWT dalam surat Al-Hajj:54 : "Dan agar orang-orang yg telah diberi ilmu meyakini al-Qur'an itulah yang hak (petunjuk yang benar) dari Tuhanmu. harus dipenuhi dalam diri seseorang untuk meraih derajat yang tinggi.“Hai orang-orang yang beriman. .” (QS. lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-Nya" (al Hajj : 54). Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. apabila dikatakan kepadamu.Sabda Nabi Muhammad SAW: . Tentunya bagi seorang muslim. 4. Al-Mujaadilah: 11) Kesimpulan: . Dua syarat tersebut. Zat Yang Maha Benar. ilmu yang benar mendorong seseorang beriman kepada Allah Swt. Dan Allah akan memberikan kemudahan dalam hidupnya baik didinia maupun diakhirat. dibalik wajah-wajah kebenaran itu tersirat kebenaran yang mutlak adalah Allah Swt. Bahkan lebih dari itu. yakni beriman dan berilmu. Dan Allah akan memberiksn kelapangan rezeki kepadanya.Allah secara tegas menyatakan akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu. Ilmu dapat memperkuat iman. “Berdirilah kamu. “Berlapang-lapanglah dalam majelis. Dan apabila dikatakan. Dan ilmu akan melebihkan seseorang dari hamba-hamba yang beriman lainnya. Zat mutlak Pemilik Kebenaran.” niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.Memberikan kemudahan pada orang lain merupakan keharusan bagi uamt manusia. ilmu yg benar dapat pula memperkuat dan meningkatkan keimanan seseorang.

Dalam surat ini Allah telah mempertegas agar manusia tidak membuat kerusakan di bumisetelah Allah menciptakannya dalam keadaan yang sempurna.Firman Allah SWT dalam surat Al-A’raf :56 : "Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. tegasya dalam hal menuntut ilmu tidak ada istilah "sudah tua". Sesungguhnya Allah amat dekat kepada orang yang berbuat baik. Melainkan menyuruh manusia untuk memelihara dan menjaga bumi. Kesimpulan: Menuntut ilmu dalam Islam tidak berhenti pada batas usia tertentu. Ayat-ayat yang berhubungan dengan pencemaran lingkungan: 1. manusia wajib menuntut ilmu."Carilah ilmu meskipun di negeri Cina" (HR Ibnu 'Adi dan Baihaqi). Hanya caranya saja hendaklah disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan masing-masing. -Kita sebagai hamba-Nya harus selalu berdoa kepada-Nya dan yakinlah bahawa Allah selalu mendengar doa-doa hamba-Nya yang bersungguh-sungguh." (QS. 2.Firman Allah SWT dalam surat Ar-Rum :41-42 : . Selama hayat masih dikandung badan. melainkan dilaksanakan seumur hidup. Al-A’raf : 56) Kesimpulan: . sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan.

Sehingga Allah memberi peringatan kepada manusia dengan berbagai bencana agar manusia sadar akan apa yang telah dilakukannyan dan dapat memperbaiki kesalahannya dan kembali ke jalan yang benar.Firman Allah dalam surat Al-Baqarah :11 : "Dan bila dikatakan kepada mereka: "Janganlah membuat kerusakan di muka bumi". supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka. Al-Baqarah: 11). Kesimpulan. bahwa ini adalah alasan yang mungkin mengapa Allah menyebutkan secara eksplisit dalam Al-Qur’an tentang petingnya lingkungan hidup dan cara-cara Islami dalam mengelola dunia ini. Katakanlah : "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah). mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan. Kesimpulan: Kerusakan yang terjadi dibumi sekarang ini tidak lain adalah ulah dari manusia itu sendiri yang tidak menjaga dan memelihara bumi dan seluruh isinya. Keingkaran mereka disebabkan karena keserakahan mereka dan mereka mengingkari petunjuk Allah SWT dalam mengelola bumi ini. Kesimpulan: Manusia merupakan orang yang ingkar." (QS. . agar mereka kembali (ke jalan yang benar)"." (QS. Kualitas lingkungan hidup sebagai indikator pembangunan dan ajaran Islam sebagai teknologi untuk mengelola dunia jelas merupakan pesan strategis dari Allah SWT untuk diwujudkan dengan sungguh-sungguh oleh setiap muslim. 3. Ar-Rum : 41-42)."Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia.

Surat Al-Ikhlas:1-4 : .

Maka dari itu kita tidak boleh menyembah selain Allah karena itu sama saja dengan kita menduakan Allah. Allah berbeda dengan menusia.Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.Allah tempat meminta segala sesuatu.Katakanlah (Muhammad). 2. Allah berdiri sendiri.Artinya: 1. KESIMPULAN : Pada ayat ini dijelaskan bahwa Allah Maha Esa tiada sekutu bagi Allah.(Allah) tidak beranak tidak pula diperanakkan. Allah tidak beranak dan tidak ada yang melahirkan Allah. . 4. 3. Dan Allah selalu ada disaat kita membutuhkan. dan tidak ada Tuhan selain Allah. “Dialah Allah Yang Maha Esa. Semua masalah akan teratasi jika kita meminta pertolongan dari Allah SWT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful