P. 1
Rumus if Excel 2010 Untuk Membuat Daftar Kelulusan

Rumus if Excel 2010 Untuk Membuat Daftar Kelulusan

|Views: 15|Likes:
Published by satpamseno
Belajar Excel
Belajar Excel

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: satpamseno on Jul 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2014

pdf

text

original

Rumus IF Excel 2010 Untuk Membuat Daftar Kelulusan

Berikut ini akan dibahas menggunakan rumus IF(jika) pada excel 2010 untuk menentukan keadaan suatu nilai dari data yang ada. Sebagai contoh bisa digunakan untuk menentukan kelulusan siswa jika mendapat nila tertentu.

Langsung saja silahkan sobat-sobat media sh4re buat data-data sebagai berikut : Pada contoh dibawah ini kita akan menentukan kelulusan siswa, jika mendapatkan nilai ujian dibawah/kurang dari 6 (<6) secara otomatis akan muncul keterangan "tidak lulus", sedangkan jika mendapat nilai diatas dari 6 maka secara otomatis akan muncul keterangan "lulus".

Selanjutnyapada kolom kelulusan D5 ketikan =IF(C5<6;"Tidak Lulus";"Lulus")

keterangan : C5<6 disebut logical_test yaitu untuk menentukan berapa nilai yang ditetapkan Tidak Lulus disebut value if true yaitu keterangan jika nilai yang didapat benar sesuai logical tes. "Lulus" disebut value if false yaitu keterangan jika nilai yang didapat salah atau tidak sesuai logical tes.

.Sobat-sobat bisa mengubah-ubahnya sesuai kebutuhan misalnya logical testnya dinaikan jadi < 7 kemudaina valuenya diubah menjadi " Baik". "Kurang" dsb. terimakasih semoga bermanfaat. Berikut contoh hasilnya: Selamat mencoba. Selanjutnya sobat2 tarik dan drag rumusnya yang tadi ke bawah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->