Kuliah Umum IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.

Com

Tutorial Eclipse
Ginanjar Utama
ginanjar_utama@yahoo.com Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.

Workbench – Tempat Bekerja
Tempat bekerja dalam eclipse disebut dengan workbench. Dalam jendela workbench akan ditampilkan beberapa perspective. Pada saat awal Resource perspective yang ditampilkan, selanjutnya kita akan berada pada posisi terakhir kita meninggalkan eclipse. Sebuah perspective mengandung beberapa view (contoh Navigator) dan editor. Lebih dari satu jendela Workbench dapat dibuka bersamaan. Pada sebelah kiri dari jendela ada icon shortcut untuk pindah perspective atau menampilkan perspective baru. Nama dari perspective yang aktif ditunjukkan pada judul jendela dan iconnya yang tampak melesak ke dalam. Dengan melihat judul dari jendela Workbench maka kita tahu bahwa kita sedang berada pada Resource perspective. Navigator, Tasks, dan Outline view juga terbuka, bersamaan dengan editor pada halaman Welcome. Silahkan mencoba menelusuri halaman tersebut untuk mengetahui kegunaan eclipse lebih jauh lagi atau memodifikasi workbench.

1

Kuliah Umum IlmuKomputer.Com 2 .Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.

. Lihat lebih dalam di http://www. Tapi sebelumnya anda perlu mendownload danmemasang plugin tersebut (jika anda belum melakukannya).. Bergantung pada view atau editor yang sedang aktif. c:\eclipse). Pergi ke http://www.Kuliah Umum IlmuKomputer. 3. pilihan menu baru dan tombol-tombol khusus Java muncul dalam toolbar workbench.eclipse.projects/archive/junit/junit37src.. Satu perspective Java terbuka di dalam workbench dengan project Java yang baru di dalam Package Explorer. Pada tutorial ini.ui. dengan menggunakan JUnit sebagai project percontohan. 1. pilih Java Project. Kemudian klik Next. Pada halaman berikutnya.org/downloads/ dan temukan release eclipse yang kita gunakan. Caranya juga sangat mudah. 2. Pada bagian ini.junit. Plugin JDT example menyumbangkan New Wizard yang secara otomatis membuka project percontohan JUnit pada workbench anda. Jika workbench sedang berjalan. dan di sebelah kanan. ketik "JUnit" pada field Project name dan klik Finish. kita hanya perlu memasang plugin baru. 3 . tombol dan pilihan menu yang baru juga tersedia..org/ untuk informasi mengenai JUnit.jdt. 4.jar. Ketika perspective Java aktif. Membuat project Java yang pertama.eclipse. pilih Java.. Pilih item menu File > Import. Pindah ke bagian Example Plug-ins dan ikuti perintah pemasangan. 4. pastikan project JUnit terpilih. JUnit adalah open source unit testing framework untuk Java. kita akan secara manual membuat project baru supaya tahu langkah-langkahnya. 5. biasanya tinggal diekstract saja ke direktori pluginsnya eclipse. Extract isi dari file Zip ke dalam direktori eclipse (e. Plug-ins tidak boleh dipasang pada saat workbench hidup.examples. Jalankan workbench..Com Memasang Plugin Baru: JDT Example Plug-ins Untuk menambah feature baru di eclipse. matikan saja. Pilih menu item File > New > Project. Dalam Package Explorer. Klik tombol Browse di sebelah field Zip file dan pilih <eclipseInstallPath>/plugins/org. kita akan membuat sebuah project Java baru. untuk membuka wizard New Project. 1. Pada panel kiri halaman wizard. 3. 2. 5.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. Pilih Zip file. kemudian klik Next.g.

Dalam tutorial ini kita pilih semua elemen. lalu klikFinish.Com Catatan: Asumsinya JDT example plug-ins telah berhasil dipasang. Pada saat diimpor maka resource langsung di build secara otomatis.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. 6. 4 . 7. Dalam Import wizard. di bawah daftar hirarki pilih Select All. Pastikan project JUnit muncul pada Folder tujuan.classpath yang lama 8. buka project JUnit untuk melihat package-packagenya. Kita timpa . Setting ini bisa diubah pada halaman preferensi dari Workbench. Anda dapat memperluas dan memilih elemen-elemen apa yang ingin diimpor. Dalam viewPackage Explorer.Kuliah Umum IlmuKomputer.

Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Kuliah Umum IlmuKomputer.Com 5 .

Kembangkan file Java TestCase.java. Melihat elemen Java Pada bagian ini. 6 . Perhatikan bahwa Package Explorer menampilkan garis besar dari source code. Deklarasi import. 1.Com Menggunakan Package Explorer elemen-elemen Java di dalam project JUnit project. Perluas file TestCase.framework untuk melihat file-file Java di dalam package tersebut. member dari class (field and method) muncul dalam struktur. 2. Perluas package junit. 1.java. public type.framework untuk melihat file-file Java files yang ada di dalamnya. Buka package junit. kita akan melihat isi dari project JUnit. 2.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Kuliah Umum IlmuKomputer.

java klik ganda pada nama method dalam Package Explorer. 1. 7 .Kuliah Umum IlmuKomputer. Buka editor untuk VectorTest. Beberapa hal mempunyai warna yang berbeda: • Komentar umum • Komentar Javadoc • Keyword • String.java. Perhatikan warna dari source code.samples dan pilih file VectorTest.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.java dengan klik ganda. Umumnya kita dapat membuka editor hanya dengan mengklik ganda pada tempat yang ingin kita buka. Contohnya untuk membuka langsung method testClone dalam VectorTest. Perluas package junit.Com Memakai editor Kita akan belajar dasar-dasar mengedit file Java. 2.

Lihat pada Outline view. import. Ia menampilkan garis besar dari file Java tersebut termasuk pernyataan package. 8 . field. Atau apakah ia override dari base class atau interface. method dan type. atau final.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. Icon-icon digunakan untuk menjelaskan banyak hal seperti apakah suatu elemen itu static. abstract.Kuliah Umum IlmuKomputer.Com 3.

Kita dapat mengedit kode dengan melihat keseluruhan teks atau hanya melihat satu teks elemen saja.Com 4. hanya method setUp() yang ditampilkan. Toolbar mempunyai tombol Show Source of Selected Element Only. 5. Tekan tombol Hide Fields. Contoh di bawah ini. dan Hide Non-Public Members pada toolbar Outline view untuk menyaring tampilan.Kuliah Umum IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. 9 . yang membuat kita hanya melihat elemen terpilih saja dalam Java editor. Hide Static Members.

"{" expected. Perilaku ini dapat diatur melalui halaman preferensi Java > Editor > Annotations. perhatikan pada sebelah kiri editor akan ada indikator yang menunjukkan rentang elemen dalam naskah tersebut. Tekan tombol Show Source of Selected Element Only lagi untuk melihat seluruh naskah lagi. Jika kita menggerakkan ujung mouse dia atas tanda itu.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. Selain itu. sebuah pemberitahuan error (kotak merah) muncul di sisi kanan editor. maka kita akan diberitahu Unmatched bracket. maka method yang baru tampak di Outline view. Mulai menambahkan sebuah method dengan mengetikkan diakhir file VectorTest.java (dan sebelum kurung penutup): public void testSizeIsThree() Begitu kita mengetikkan nama method. 10 .Kuliah Umum IlmuKomputer.Com 6. Kemudian pilih sembarang elemen dalam Outline view. Syntax error on token "}". Menambahkan method baru 1. yang menunjukkan kesalahan kita.

dalam Tasks view dan di mana lagi coba cari. Perhatikan indikator menghilang ketika pasangan kurung yang hilang sudah ditambahkan.size() == 3). Lengkapi method yang baru dengan menambahkan: { assertTrue(fFull.Kuliah Umum IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. 3. 11 . kurung penutup telah otomatis dimasukkan... 4. . Unit kompilasi dikompilasi secara otomatis dan tanda error juga muncul di Package Explorer view. Perhatikan.Com 2. Simpan file. Klik tombol Save.

Kode assertTrue(boolean) ditambahkan ke dalam method.VectorTest. Javadoc help akan muncul apabila tersedia. Lihat pilihan-pilihan yang diajukan. Dengan cursor yang berada pada akhir kata assert. Sewaktu jendela content assist masih terbuka. ketik huruf 't' setelah assert (tanpa ada spasi).addElement(new Object()). 12 . Buka file junit. Tambahkan baris berikut pada akhir method: Vector v = new Vector(). Pilih dan tahan di atas pihan anda. tekan Ctrl+Space untuk mengaktifkan content assist.Kuliah Umum IlmuKomputer. assert 2. Pilih assertTrue(boolean) dari daftar dan tekan Enter. 4. for (int i=0. i<3.samples. 3. i++) v.java file dan pilih method testSizeIsThree() dalam Outline view.Com Menggunakan content assist Pada bagian ini kita akan menggunakan content assist untuk menyelesaikan penulisan method baru. Daftar tadi dipersempit dan hanya menunjukkan baris yang dimulai dengan 'assertt'. 1.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.

Cukup tekan e. Amati bahwa nama dari index variable berubah di semua tempat.iterate over array dan tekan Enter untuk memasukkan ke source code.samples. Kita pilih baris for .java 1.size()). Sewaktu kursor berada di ujung for. Simpan file. karena index variable otamatis terpilih. 6. tekan Ctrl+Space untuk mendapatkan content assist. for 2. Kita akan mendapatkan daftar pilihan dan jika kita menahannya untuk beberapa saat akan muncul template contohnya.VectorTest. 13 . Buka file junit. Selanjutnya kita ganti nama index variable dari i ke e. Mulai menambahkan method baru dengan mengetikkan: public void testValues() { Integer[] expected= new Integer[3].Com 5. Menggunakan template Sekarang kita akan belajar menggunakan content assist untuk membuat template dari sebuah struktur kalang.size() == fFull. 3.Kuliah Umum IlmuKomputer. 4.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. Complete the line so that it reads as follows: assertTrue(v.

Menekan kunci tab memindahkan kursor ke variabel selanjutnya dari code template.Com 5. 6. Saat kursor di akhir to. Template di masukkan ke dalam editor dan type berlatar biru dan terpilih. e < expected.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. yaitu array expected.Kuliah Umum IlmuKomputer. Karena kita tidak ingin menggantinya. Sempurnakan kalang for sebagai berikut: for (int e= 0. 14 . } Integer[] actual= to 7. tekan tab lagi dan meninggalkan template yang sudah dibuat. tekan Ctrl+Space untuk mengaktifkan content assist. Pilih toarray convert collection to array dan tekan Enter untuk memastikan pilihan atau klik ganda. e++) { expected[e]= new Integer(e + 1).length.

for (int i= 0. Timpa dengan mengetikkan Integer. } 11. i < actual. actual.length. Type dari array constructor berubah berbarengan.Com 8.length.length).Com Copyright © 2003 IlmuKomputer. Tekan Tab untuk pindah ke collection dan timpa dengan mengetikkan fFull.Kuliah Umum IlmuKomputer. 9. actual[i]). Simpan file tersebut. i++) assertEquals(expected[i]. 10. 15 . Tambah baris-baris berikut untuk menyelesaikan methodnya: assertEquals(expected.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful