P. 1
Revisi Cara Pemeriksaan Darah

Revisi Cara Pemeriksaan Darah

|Views: 7|Likes:
Published by Ilham Dwi

More info:

Published by: Ilham Dwi on Jul 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2014

pdf

text

original

CARA PEMERIKSAAN TEKANAN DARAH Tekanan darah dapat diukur dengan menggunakan sfigmomanometer (tensimeter) dan stetoskop.

Tensimeter terdiri dari beberapa tipe yaitu digital,aneroid,dan merkuri (tensimeter air raksa).Beberapa komponen tensimeter adalah manset (cuff) , balon yang dapat di kembangkan , tabung penghubung ,pemompakatub,dan manometer.Bagian – bagian dari stetoskop : 1. Earpieces atau ear tips merupakan bagian yang di masukkan ke dalam liang telinga , dugunakan untuk mendengarkan suara yang muncul pada saat auskultasi 2. Binaural atau ear tubes merupakan bagian yang terbuat dari metal ,yang menghubuingkan ear tips dengan tabung. 3. Tubing merupakan tanb ung yang membawa suara dari chestpiece menuju earpieces 4. Chestpiece atau head merupakan bagian yang di letakkan di pasien di bagi dua : diafragma,bell. 5. Chill ring merupakan cincin yang melapisi chestpiece sehingga meminimalisir gesekan antara chestpieces yang terbuat dari metal dan permukaan tubuh pasien. A. Prosedur Pemeriksaan Tekanan Darah,laju nafas dan pemeriksaan denyut nadi Alat yang di butuhkan : 1. Tensimeter 2. Stetoskop 3. Jam tangan (arloji)

Prosedur pemeriksaan tekanan darah : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. Pastikan lengan pasien tidak terbungkus oleh pakaian Mencari arteri brachialis dengan melakukan palpasi Pasanglah balon manset dua jari diatas arteri brachialis Raba kembali denyut nadi arteri brachialis kemudian pompa tensimeter sampai denyut nadi tidak teraba lagi Baca tekanan tersebut pada manometer an tambahkan 30 mmHg Kempiskan manset tersebut hingga benar – benar kempis dan tunggu selam 15 – 30 detik Letakkan stetoskop pada bagian corong di arteri brachialis kemudian pompa manset sampai nilai target yang telah di hitung sebelumnya. Turunkan tekanan tersebut secara perlahan hingga terdengar detakan pertama yang merupakan tekanan sistolik Lanjutkan penurunan tersebut setelah terdengar detakan yang kedua merupakan tekanan diastolik. Kemudian kempiskan manset hingga mencapai angka nol. Kemudian menyimpilkan hasil pemeriksaan. Prosedur pemeriksaan laju nafas 1. Tidak memberitahukan pemeriksaan frekuensi nafas pada pasien 2. Melakukan penghitungan gerakan nafas selama 1 menit

Prosedur pemeriksaan denyut nadi 1. 4. 5. Kemudian letakkan dua jari tangan pada arteri tersebut Siapkan arloji atau jam tangan Hitunglah denyut jantungnya selama 1 menit . 2. 3. Diminta pasien dalam keadaan rileks Palpasi pada aorta radial di bagian pergelangan tangan pasien.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->