Sub sistem Data (Data Subsystem

)
Subsistem data merupakan komponen DSSyang menyediakan data yang dibutuhkan oleh sistem. Data yang dimaksud disimpan dalam data base yang diorganisasikan oleh suatu sistem yang disebut DBMS (Data Base Management System). Melalui DBMS, memungkinkan data yang diperlukan dapat diekstraksi secara cepat.

Sub sistem Model (Model Subsystem)
Subsistem model merupakan cara bagaimana data yang diambil dari DBMS akan diolah dengan modelmodel yang dibuat sehingga menghasilkan suatu pemecahan atau hasil yang diinginkan. Menurut McLeod (1995: 23) model-model- model yang digunakan dapat diklasifikasikan ke dalam bentuk model-model berikut ini: Model Fisik Penggambaran entity dalam bentuk tiga dimensi. Misalnya entity berupa market pusat pembelanjaan. Model Narasi Menggambarkan entitasnya secara lisan dan tulisan. Semua komunikasi bisnis adalah model narasi. Model Grafik Menggambarkan entitasnya dalam jumlah garis, simbol atau bentuk. Model Matematika Model-model matematika menggunakan notasi-notasi dan persamaan matematis untuk mempresentasikan sistem. Atribut-atribut dinyatakan dengan variabel-variabel, dan aktivitas-aktivitas dinyatakan dengan fungsi matematika yang menjelaskan hubungan antar variabel-variabel tersebut.

Sub sistem Dialog (User System Interface)
Melalui sistem dialog inilah, DSS yang dibuat akan diimplementasikan sehingga user atau pemakai dapat berkomunikasi dengan sistem yang dirancang secara interaktif. Subsistem dialog dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu: 1. Bahasa Aksi (Action language): suatu perangkat lunak yang digunakan user untuk berkomunikasi dengan sistem, melalui berbagai media seperti:keyboard, joystick, mouse atau device lainnya. 2. Bahasa Tampilan (Display): merupakan sarana tampilan yang dapat diperoleh oleh user, seperti printer, monitor, plotter, dan device lainnya. 3. Basis Pengetahuan (Knowledge Base): bagian mutlak yang harus diketahui oleh user agar pemakaian sistem dapat berfungsi secara efektif. Kombinasi dari berbagai kemampuan di atas dikenal sebagai gaya dialog (Dialog Style), yang terdiri dari:

4. dalam menyimpan berbagai model harus diperhatikan dan harus dijaga fleksibilitasnya. kemudian user menjawab. Dialog Tanya Jawab: dalam dialog ini. Dialog Menu: gaya dialog yang paling populer di mana user memilih satu dari beberapa alternatif menu yang telah disediakan. Setelah memeriksa keluaran. dan seterusnya sampai DSS mengeluarkan alternatif jawaban yang diperlukan untuk mendukung keputusan setelah data inputnya lengkap. user dapat mengisi form masukan lainnya dan melanjutkan dialog selanjutnya. 3. 2. Sub sistem pengelolaan model (model base) Keunikan dari SPK adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan data dengan model-model keputusan. di mana user memasukkan perintah dan data.1. serta form keluaran (output) yang merupakan respon dari sistem. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada setiap model yang disimpan hendaknya ditambahkan rincian keterangan dan penjelasan yang komprehensif mengenai model yang dibuat. Data tersebut disimpan dan diorganisasikan dalam sebuah basis data yang diorganisasikan oleh suatu sistem yang disebut dengan sistem manajemen basis data (Database Management System). . user cukup menekan tombol tertentu yang akan menghasilkan respon/jawaban. Dialog Input/Output: dialog ini menyediakan form masukan (input). sistem bertanya kepada user. sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan oleh karena itu. Model adalah suatu tiruan dari alam nyata. Dalam menetukan pilihan. Dialog Perintah: sistem ini mengijinkan user untuk memberikan perintah-perintah yang tersedia oleh sistem untuk menjalankan fungsi yang ada dalam DSS. Kendala yang sering dihadapi dalam merancang suatu model adalah bahwa model yang dirancang tidak mampu mencerminkan seluruh variabel alam nyata. Komponen Sistem Pendukung Keputusan Sistem pendukung keputusan terdiri atas tiga komponen utama yaitu [10]: Sub sistem pengelolaan data (database) Sub sistem pengelolaan data (database) merupakan komponen SPK yang berguna sebagai penyedia data bagi sistem.

yang dikenal dengan subsistem dialog. Bahasa tampilan (display and presentation language). yaitu suatu perangkat yang berfungsi sebagai sarana untuk menampilkan sesuatu. . yang dilakukan melalui berbagai pilihan media seperti keyboard.Subsistem pengelolaan dialog (user interface) Keunikan lainnya dari SPK adalah adanya fasilitas yang mampu mengintegrasikan sistem yang terpasang dengan pengguna secara interaktif. plotter. dan lain-lain. Melalui subsistem dialog. joystick dan keyfunction yang lainnya. yaitu suatu perangkat lunak yang dapat digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan sistem. yaitu bagian yang mutlak diketahui oleh pengguna sehingga sistem yang dirancang dapat berfungsi secara interaktif. Fasilitas yang dimiliki oleh subsistem dialog dibagi menjadi tiga komponen [10]: Bahasa aksi (action language). Peralatan yang digunakan untuk merealisasikan tampilan ini diantaranya adalah printer. Basis pengetahuan (knowladge base). sistem diimplementasikan sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem yang dibuat. grafik monitor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful