Lotus (Nelumbo Nucifera) lebih dikenal atau sering disamakan orang dengan teratai (nymphaea).

Jika dipandang sepintas mata, memang agak sulit membedakan tananam lotus dengan teratai, karena lotus dan teratai memang masih satu keluarga sehingga terlihat sangat mirip.

Perbedaan yang mendasar adalah pola tumbuhnya. Lotus tumbuh ke atas, sedangkan teratai tumbuh mendatar-melebar. Warna bunga lotus hanya terbatas, misalnya kuning, putih, dan pink, sementara bunga teratai lebih beragam. Dalam klasifikasi tanaman, lotus termasuk genus Nelumbo, sedangkan teratai termasuk genus Nymphaeae.

cara menanamnya juga bisa di dalam wadah-wadah air bermulut lebar (tempayan). yang ditanam di air dan lumpur.Bunga lotus yang selama ini beredar di pasaran memiliki kelopak yang besar dan tunggal (tidak bersusun). Selain di rawa atau di kolam hias. muncul jenis baru. seperti halnya bunga matahari. yang membentuk ‘topping’. Kini. Pesona bunganya saat sedang mekar penuh. . memberikan keindahan yang begitu mengagumkan sehingga lotus disukai banyak orang sebagai tanaman hias. yakni lotus yang memiliki kelopak ganda (susun).

Warna daun bagian atas hijau keabu-abuan. yang terletak di bagian : 1. berikut caranya: . dan pink dari Cina. bunga ini tampak mirip dengan mangkok sup. Warna bunga dikaitkan dengan negeri asalnya. karena tangkai lotus menjulang tinggi sampai 180 cm. putih dari India. Bunga Bunganya yang tumbuh menjulang di atai tangkai. dengan bagian tepi bergelombang. Dari jauh. Jika Anda tertarik untuk menanam lotus di halaman rumah. 2. Contohnya lotus kuning berasal dari Amerika. sementara tangkau daunnya mencapai 100 cm lebih. Permukaan daun terasa licin dan kenyal karena diselimuti lapisan lilin. kelopak bunganya merebak. Tangkai ini sangat lentur tapi kuat dan tidak gampang patah digoyang angin. Setelah mekar. Jangka waktu bunga ini mekar yaitu hanya sekitar 3-4 hari. Daun Bentuk daun lotus ini bulat lebar. Tangkai Pada bagian tangkainya juga tidak kalah menarik dengan bagian lainnya. namun sebagian masih menghadap ke atas. sisi bawahnya berwarna lebih muda. berbentuk lonjong dengan ujung yang semakin meruncing. daun-daun lotus terlihat seperti jajaran payung yang sedang mengembang. 3. Saat belum mekar.Bunga ini mempunyai tiga daya tarik.

 Pastikan area sekitarnya mendapat sinar matahari setidaknya 4 sampai 6 jam sehari (bila tidak. beri penyangga di sana-sini. Isi lumpur atau tanah separuh dari wadah tersebut. dan masakan India.  Benamkan seluruh tanaman berikut akar-akarnya ke dalam wadah yang telah berisi tanah/lumpur.    Pilih wadah air berupa pot bermulut lebar atau tempayan. masakan Tionghoa. Pembiakan secara alami melalui biji-biji yang tua dan jatuh ke air atau tumbuh tunas anak melalui akar rimpangnya.   Untuk sementara. karena tidak akan mendapatkan hasil yang optimal). MANFAAT  Bunga Lotus indah dipandang sehingga banyak digunakan sebagai penghias kolam di taman-taman. Rimpangnya enak dimakan dan banyak digunakan dalam masakan Jepang. Alirkan air secara perlahan menggunakan selang ke dalam wadah (pot). Rimpang yang dimakan mentah dapat menjadi sumber penularan parasit Trematoda. . Keluarkan tanaman dari ember umumnya tanaman ini dijual menggunakan ember karet). lupakan saja untuk menanam lotus. hingga penuh.

Lotus juga memiliki khasiat sebagai tanaman obat-obatan tradisional yang antara lain dapat mengobati penyakit. sakit kepala. Biji kaya dengan tepung sehingga bisa dimakan atau diolah menjadi bahan makanan. ejakulasi dini. berak dan kencing darah. mimisan. keputihan. muntah darah. . disentri.   Tanaman tersebut banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di Tiongkok. Biji yang direbus. insomnia. demam. Bongkol yang berlubang-lubang seperti sarang lebah dijual dalam bentuk kering sebagai pelengkap dalam seni merangkai bunga kering. dihaluskan dan dicampur gula menjadi isi Kue bulan yang dimakan pada Festival Pertengahan Musim Gugur (Mooncake festival). sakit jantung. anemia. diare. Hipertensi. Beri-beri.  Daunnya lebar sehingga sering digunakan sebagai pembungkus. terutama pembungkus ikan di pasar tradisional sebelum penggunaan kantong plastik menjadi populer. biji yang masih muda diminum sebagai pengganti teh. kanker nasopharynx. batuk darah.

. .Muntah-muntah.Keputihan (leucorrhea).Perdarahan kandungan yang berlebihan. Disentri. Remptacle : . . .keluar sperma malam hari (sperrnatorrhea). . .Jantung berdebar.Darah haid berlebihan. . . . Banang sari : .Gangguan penyerapan makanan (malabsorbtion).Darah tinggi (hipertensi). gelisah. .Mimpi basah (spermatorrhea). .Susah tidur.Muntah darah. .Diare karena badan lernah.Keputihan.sering kencing.Perdarahan seperti muntah darah. .lesu tidak bersemangat (neurasthenia). rasa haus.Tidak dapat menahan kencing (enuresis).Mata merah dan bengkak.Kencing terasa sakit dan keruh.Kanker nasopharynx. radang usus kronis (enteritis kronis). . perdarahan pada wanita. . banyak mimpi.Demam.Khasiat Teratai : Biji : . . . Tunas biji teratai: . . .Ejakulasi dini. disentri.Susah tidur (insomnia). .

. berak darah.Muntah darah. diare.Bayi dalam kandungan tidak tenang.Berak darah.Pusing. .Perdarahan sewaktu hamil.. .Kencing panas dan merah. .Keluar cairan (lochia) yang berlebihan setelah melahirkan. Akar : .Demam. .Beri-beri.Perdarahan pada wanita.Pingsan karena hawa panas (heat stroke). koreng basah. muntah darah. . .Sakit perut bawah akibat sumbatan darah. . muntah darah.Diare karena panas atau lembab. kencing darah. .Kurang darah (anemia).Sakit jantung.Batuk darah.Gangguan pada mati haid (menopause). .Berak darah. Daun : .Perdarahan seperti mimisan.Disentri berdarah. . . . berak darah. rasa haus. .Wasir. .Gangguan lambung. . . Rimpang : . sakit kepala. Dasar daun : . . mimisan.Batuk darah. . kencing darah. . mimisan. Tekanan darah tinggi.Neurosis.

. pingsan.Radang kulit bernanah (impetigo).Diare.Diare.Heat stroke. .Perdarahan. .Dada terasa tertekan karena panas atau lembab. muntah.Badan lemah dan kurang darah. Bunga : . . Tepung rimpang : .Terpukul (trauma). .Batang : .Menambah selera makan.Keputihan. . . .

Beberapa macam jenis tanaman teratai antara lain:                                   Nymphaea alba – European White Water-lily (teratai putih) Nymphaea amazonum Nymphaea ampla Nymphaea blanda Nymphaea caerulea – Egyptian Blue Water-lily Nymphaea calliantha Nymphaea candida Nymphaea capensis – Cape Blue Water-lily Nymphaea citrina Nymphaea colorata Nymphaea elegans Nymphaea fennica Nymphaea flavovirens Nymphaea gardneriana Nymphaea gigantea – Australian Water-lily Nymphaea heudelotii Nymphaea jamesoniana Nymphaea leibergii – Dwarf Water-lily Nymphaea lotus – Egyptian White Water-lily (Teratai kecil) Nymphaea lotus var.Ragam Jenis Spesies. termalis Nymphaeae lutea Nymphaea macrosperma – Native to Australia’s Top End Nymphaea mexicana – Yellow Water-lily Nymphaea micrantha Nymphaea nouchali – Red and blue water lily (Bunga Nasional Sri Lanka) Nymphaea odorata – Fragrant Water-lily Nymphaea pubescens – Hairy water lily (Bunga Nasional Bangladesh) Nymphaea rubra – India Red Water-lily (Teratai merah) Nymphaea rudgeana Nymphaea stellata Nymphaea stuhlmannii Nymphaea sulfurea Nymphaea tetragona – Pygmy Water-lily (Teratai kerdil) Nymphaea thermarum .

Sosoknya yang anggun memang mampu menambah asri suasana. Dewa Matahari. Ajaran Budha menegaskan bahwa proses mekarnya bunga teratai merupakan lambang pencapaian kesempurnaan menuju nirwana. relief lotus selalu setia menjadi penghias peti mumi dan makammakam kuno di Mesir. Bangsa Mesir juga mengenal lotus -. Singgasana itu bernama padmasana yang datang dari nama "padma" dan "astana" (posisi terbaik dalam memuja). Budha. Kuncupnya melambangkan awal usaha dan puncak mekar bunga menjadi tanda tercapainya kesempurnaan. bagi masyarakat Mesir. lotus melambangkan kelahiran. teratai atau disebut juga kembang padma memiliki fungsi simbolis dalam agama Hindu. Selain itu. Dewa Osiris yang terbunuh juga dipercaya lahir kembali melalui bunga lotus. teratai merupakan perlambang kemurnian.M. Dalam Hindu. .BUNGA TERATAI SEBAGAI tanaman air yang populer di berbagai belahan dunia. dewa bertangan empat dalam ajaran Hindu. Penduduk Mesir misalnya. Sejarah Mesir memang sudah mengenal teratai sejak lama. Keistimewaan lain. Lotus yang melambangkan Dewa Nefertem. Dalam astrologi. wangi bunga ini merupakan sumber kekuatan Ra. teratai berfungsi sebagai elemen estetis penataan eksterior. menjadikan seroja sebagai lambang nasionalnya. masyarakat Mesir Kuno menggunakan bentuk teratai sebagai simbol matahari terbit. teratai atau seroja merupakan tanaman yang banyak menyuntikkan insiprasi pada kaum penyair maupun penggubah lagu. Oleh karena itu. Selebihnya. Alhasil. Mekar dan kuncupnya teratai jadi patokan pergantian siang dan malam.jenis lain dari teratai -. Beberapa perguruan tinggi terkemuka di tanah air juga menggunakan bunga teratai sebagai logo lembaga pendidikannya.sejak 2000 tahun S. Menurut kepercayaan. berbagai bangsa di muka bumi menempatkan tumbuhan air ini dalam posisi sarat nilai. memberikan kehidupan pada Ra. Kecantikan teratai pun terukir pada tongkat dan singgasana Syiwa. maupun kesenian India.

dan tropical water lily untuk jenis yang tumbuh di daerah tropis. Dalam mitologinya dikenal cerita khasiat minuman bunga teratai yang dipercaya mampu menghilangkan ingatan seseorang. sosok wanita ideal adalah padmini yang tangan. dan wajahnya cantik ibarat bunga padma yang sedang merekah. Korban-korban hilang ingatan itu dipaksa bekerja untuk Odysseus sebagai budak. dunia barat mengenalnya sebagai water lily. teratai (nymphaea sp. Sementara itu. Kwan Im. Walau banyak kemiripan. Ia mekar selama 2-3 hari. Teratai juga lekat dalam legenda dan tradisi masyarakat Cina. di kalangan masyarakat India.) tidak sama dengan lotus (Nelumbo sp. Begitu pula He Xiangu. dalam satu tanaman tak pernah ada bunga yang mekar . ada kepercayaan bahwa mandi berendam di kolam lotus atau mengonsumsinya dalam keadaan mentah maupun matang bisa menambah kesuburan kaum wanita. Keunikannya. Mata. Dalam tradisi India misalnya. Cina lain pula kisah dari Yunani. satu-satunya dewi di antara tujuh dewa yang mendiami Fenghai selalu membawa bunga teratai untuk menyembuhkan penyakit. terutama pupil. bunga teratai kerap dijadikan simbol kecantikan fisik wanita. Bunga teratai memiliki banyak lapisan kelopak. bersinar seperti biji teratai.) Perbedaan dan kemiripan teratai dengan bunga lotus tampak dalam beberapa hal. hardy water lily untuk teratai yang tumbuh di daerah sub-tropis. Dewi Welas Asih dan pelindung orang-orang miskin biasa tampil dalam singgasana kuntum bunga teratai. Antara teratai dan lotus Karena teratai merupakan tanaman air. kaki.Selebihnya.

Caranya. lalu ditelan sebagai obat. Warnanya hijau kebiruan. sejak 20 tahun lalu biji teratai digunakan sebagai bahan pangan nonberas. hijau dengan bercak-bercak merah. bulat mendekati lonjong. secara umum teratai berbunga silih berganti. biji teratai dapat digunakan sebagai obat penenang dan pengusir insomnia dengan cara meminum air rebusannya. Di Tuban Jawa Timur dikenal dodol biji teratai. Kemudian di Jepang. Sementara di Indonesia. rebus akar teratai dengan air kelapa muda kemudian . Warnanya beragam. bertekstur mirip lapisan beludru. Sementara itu. meskipun tidak begitu populer yang bisa menggantikan beras hanya biji dari varietas teratai putih sedangkan biji teratai merah biasanya digunakan untuk sayur dan jenis yang kuning untuk bahan minuman segar. kulit biji dibakar. Serat teratai juga berguna mengobati disentri dan melancarkan buang air seni. tangkai daun lotus menjulang ke atas hingga mencapai tinggi sekira 1 m. Seperti juga serat tangkainya. Biasanya orang mengonsumsinya setelah dicampur dengan samsu atau vinegar yang berasal dari gula tebu. Akan tetapi. Selain itu. ternyata teratai juga kaya manfaat. Masyarakat Cina Kuno menggunakan daun teratai sebagai pembungkus sejenis lontong ketan. daun lotus lebih tebal dan kenyal seperti karet. rebusan akar teratai pun dipercaya bisa mengusir penyakit lever atau kuning.bersamaan kecuali beberapa jenis teratai hibrida. Hanya bunganya yang bertangkai tegak hingga tak bersentuhan dengan air. juga mengatasi faeces yang berdarah. Caranya. Tangkai daun teratai juga cenderung menjalar hingga daunnya terlihat mengapung di permukaan air. Ragam manfaat Selain cantik. Biji teratai yang memiliki tangkai seperti sengat lebah berguna menyembuhkan pendarahan setelah melahirkan. Bagian atas daun hijau. Dibandingkan teratai. tetapi bawahnya marun atau kedua bagiannya berwarna marun.

teratai kepiting.00 WIB. Diameternya besar. Lantaran bentuk capit itu mirip jari-jari kepiting. Teratai oranye lebih mudah diperbanyak.bubuhi sedikit madu. ia populer dengan sebutan teratai capit kepiting. Kalau mendung. . Teratai salem terbilang paling eksklusif di antara teratai anyar lainnya. Berabad-abad lamanya. dan putik teratai untuk ramuan penghalus kulit. Ia memiliki capit hijau di antara kelopak bunga. tampak warna salem seperti pada bunga. Jenis lain yang berwarna oranye berukuran lebih kecil. ia menguncup sedangkan jika cuaca panas. Bila lembaran daun dibalik. prosesnya bergantung pada kondisi cuaca lantaran ia merespons cahaya matahari. seperti teratai salem. Jenis ini mekar pada siang hari. ahli kecantikan dari Cina menggunakan kelopak bunga.00-15. yakni 5-6 cm dan mekar pada siang hari. yakni dari daun yang berputik. atau yang ungu terang dan oranye. Hawaii. ia tetap mekar hingga pukul 17. Perbanyakan teratai ini dari umbi yang telah diapungkan terlebih dahulu dalam pot berair. sekira 7-8 cm dan daunnya lebih lembut daripada jenis lain. Paling unik adalah teratai kepiting merah. Dosis minumnya tiga kali sehari. Tampilan daun mulus dan mengilap.00 WIB. dan India. kini muncul teratai-teratai pendatang baru dengan warna yang lebih menyala dan variatif. Namun. antara pukul 8. Biarkan mendidih hingga air rebusan tinggal 3 gelas. benang sari. Berbagai Varietes Berkat kreativitas kaum botanikus Thailand. lalu dioleskan pada wajah sebagai masker. Campuran ini dibubuhi madu.

Kebanyakannya dengan umbi. Gunakan pot bermulut lebar untuk teratai karena umbi akarnya tumbuh membesar hingga tak memerlukan cekungan pot terlalu dalam. Selain padma warna-warni itu.Selain merah. Bertanam teratai dan lotus Umunya. teratai dan lotus dijual dalam wadah ember berikut medianya. peneliti tumbuhan asal Jerman tahun 1801 di Sungai Amazone Amerika Selatan. yakni tanah lumpur. Cekungan dalam juga untuk mengimbangi pertumbuhan batang yang . putih. sebaiknya gunakan pot dengan cekungan dalam agar akar yang tumbuh menjalar dapat leluasa bergerak dan membentuk rumpun pada dasar pot. kehadiran bunga raksasa ini baru dikenal dunia pada tahun 1809 ketika peneliti lainnya. karena catatan perjalanannya hilang dalam ekspedisi ke Filipina. Cara termudah adalah memasukkan tanaman berserta embernya ke dalam wadah (pot besar) atau kolam. H. Jenis bunga yang populer ialah berwarna putih dan merah muda atau dikenal dengan teratai lokal. Untuk mengganti media tanam dan pemupukan. Schoburgh menamakan jenis ini Victoria Regia yang di tahun 1849 untuk pertama kalinya dikembangbiakkan di Chatwoth Inggris. dan kuning. Namun. untuk lotus. ada pula varietas berukuran raksasa (diameter daun sekira 180 cm) yang pertama kali ditemukan Haenke. lalu tambahkan air. Sementara itu. tinggal mengangkat ember beserta isinya dari pot atau kolam. Saat itu bunga tersebut bernama Euryale Amazonica. Kemudian di tahun 1838. Bonpland menemukan bunga tersebut di Corrientes Argentina. ada juga capit kepiting ungu. Cara ini juga memudahkan perawatan di kemudian hari.

Pemupukan dapat dilakukan dengan NPK bentuk butiran atau tablet. ironis bunga suci ini justru senang tinggal di antara lumpur. hingga para pengamat memberinya gelar sebagai kembang nirwana. siapkan media lumpur dalam wadah. . biji akan terbenam ke dalam lumpur dan tumbuh membentuk tanaman baru. Bila tiba saatnya. teratai dan lotus berkembang biak dengan biji. penggantian media tanam dilakukan setiap tahun. Ini filosofinya. berterima kasih pada semua masalah (yang dianalogikan sebagai lumpur) karena seperti teratai dengan itu kita dapat mengumpulkan kekuatan diri. sedikitnya 6 jam sehari. Demikian istimewanya tanaman ini.menjulang ke atas. Agar tumbuh optimal. Teratai maupun lotus merupakan jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh. Akan tetapi. Fakta ini membuat para filsuf mempertimbangkan nilai-nilai hidup dalam lumpur penderitaan. tanaman akan mudah terserang kutu. Bila terlampau teduh. Perkembangan teratai pun dapat dilakukan dengan membelah rimpang (umbi yang tumbuh pada pangkal tanaman) atau memisahkan tunas yang tumbuh di daun atau batang dari tanaman induknya. Masukkan tanaman perlahan ke dalam tempat yang telah disiapkan dan jaga agar akar tidak terbenam terlalu dalam. Secara alami. Sementara itu. Bila ingin menanam langsung pada tempat baru. setinggi setengahnya kemudian genangi air sekira 10 cm di atasnya. sebaiknya tiap dua hari sekali air perendamnya diganti.

Bunga teratai digunakan sebagai simbol – Chakra manusia yang ketujuh atau lebih dikenali sebagai Crown Chakra . Kebijaksanaan dan kebebasan dalam kebanyakan agama dan kepercayaan. Mungkin anda ingat lagi . Gouthama Buddha mendakwa bentuk Crown chakra adalah seperti bunga teratai dengan seribu lapisan . Crown Chakra terletak diatas dan tengah-tengah kepala. Yogi atau ngani dalam agama hindu . Kenapa bunga teratai diberi keutamaan dalam kebanyakan kepercayaan ?. orang tua kita melarang untuk mengetuk kepala seseorang . digelar guru dalam agama sikh dan digelar sebagai wali atau aulia dalam agama Islam. Saints dalam agama kristian . Seseorang yang dapat mengaktifkan Crown chakranya digelar Buddha dalam agama buddha .Kedudukan Bunga Teratai Dalam Agama Bunga teratai digunakan sebagai simbol agama . inilah sebabnya. . Semua agama didalam dunia ini memberi keutamaan kepada chakra tersebut dan menjaga kepentingannya dalam adat dan ibadat. spritiual . Jika anda memperhatikan dengan teliti dewa dewi dan penyebar kebanyakan agama dan kepercayaan dilukis seperti duduk atau berdiri diatas bunga teratai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful