PENILAIAN KELAS Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, interpretasi informasi

untuk membuat keputusan. Penilaian merupakan kegiatan yang mengambil “keputusan” dari hasil proses pengukuran yang telah dilakukan sebelumnya. Penilaian biasanya bersifat tidak hanya kuantitatif tapi juga lebih cenderung mengarah ke kualitatif (Arikunto, 2008). Pengertian penilaian kelas menurut acuan yang ditetapkan dalam kurikulum KTSP merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik (siswa) yang mengikuti proses pembelajaran tertentu. Penilaian kelas merupakan suatu proses yang dilaksanakan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan, pemilihan dan penggunaan alat penilaian, pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik, pengolahan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Rambu rambu penilaian kelas meliputi Prinsip prinsip penilaian kelas, ruang lingkup serta sasaran pengguna model penilaian kelas (Anonymous 2007). Penilaian kelas adalah kegiatan rutin dan mutlak yang harus selalu dilakukan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Penilaian yang dilakukan pastinya tidaklah suatu kegiatan yang diperoleh dengan instant dan subyektif. Ini semua demi mencapai keberhasilan kegiatan belajar mengajar dengan hasil akhir yang sesuai diharapkan. Diperlukan berbagai macam metode, jenis penilaian tertentu yang disesuaikan untuk implementasikan kepada siswanya dikelas. Standar kompetensi, kompetensi dasar, maupun indikator tertentu mungkin efektif dinilai melalui tes tertulis, tetapi kompetensi dasar dan indikator lainnya efektif dinilai dengan tes praktek. Secara umum penilaian berbasis kelas antara lain terdiri atas ulangan harian, pemberian tugas, dan ulangan umum. Ada banyak jenis penilaian berbasis kelas salah satunya adalah penilaian proyek. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan penilaian berbasis kelas adalah melihat kecocokan antara kompetensi yang terdapat dalam kurikulum dengan bentuk penilaian yang akan digunakan. Ciri-ciri Penilaian Kelas Adapun ciri Penilaian Kelas yakni sebagai berikut: 1. Belajar tuntas, yakni peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik. “Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata

Guru mamu bersifat adil 9. Menggunakan berbagai cara & alat penilaian. dan Ulangan Kenaikan Kelas. yakni memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu. kemajuan. tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan 5. 2. dan sikap. Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru. Ulangan Akhir Semester. dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian. Produk. keterampilan. maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan” (Anonymous. Keputusan tingkat pencapaian hasil belajar berdasarkan berbagai informasi 4. Penilaian ini juga dilaksankan Secara terpadu dengan KBM. Portofolio. Mampu memanfaatkan berbagai jenis teknologi sebagai sumber informasi 3. 4. Mengacu pada kompetensi yang tercantum dalam kurikulum 8. Unjuk Kerja. Mampu memberi informasi yang lengkap untuk guru 10. Penilaian dan kegiatan belajar mengajar ada terpadu 2. Lisan.pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka. Seperti mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan serta penilaian yang bervariasi: Tertulis. Guru harus berusaha seoptimal mungkin 5. 2009). Keputusan tentang kemampuan siswa mempertimbangkan hasil kerja (karya) yang dikumpulkan 7. Berkesinambungan adalah memantau proses. dan Penilaian diri. dalam suasana formal dan informal (John B. Proyek. Guru mampu memanfaatkan berbagai tugas – tugas atau hasil kerja siswa selama ini untuk membantu dalam penilaian 6. Otentik. Dilakukan dalam suasana yang menyenangkan 11. Berdasarkan acuan kriteria / patokan Prestasi kemampuan peserta didik tidak dibandingkan dengan peserta kelompok. Pengamatan. mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah menggunakan berbagai cara dan kriteria holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan.) 3. Ulangan Tengah Semester. Carrol 2009). Prinsip Dasar Dalam Penilaian Kelas 1. Dilakukan secara tepat dan efisien .

5. serta kegiatan menyangkut kemajuan dibidang pendidikan. Memberikan umpan balik bagi peserta didik. yakni: afektif. Memberikan umpan balik kepada instansi terkait atau dinas daerah sebagai pemberi kebijakan dalam mempertimbangkan konsep penilaian kelas. serta kemampuan guru dalam mengajar. Sikap terdiri dari tiga komponen. Sebagai refleksi bagi kelebihan dan kekurangannya dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dikelas. dan konatif. antara lain: 1. baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Cara penilaian kemajuan belajar peserta didik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Teknik-Teknik Penilaian yang Diterapkan Teknik pengumpulan informasi pada prinsipnya adalah pengumpulan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. penilaian proyek. dan penilaian diri. Remedial dilakukan bila nilai indikator kurang dari nilai kriteria ketuntasan belajar. Sehingga dapat berfungsi sebagai masukan. penilaian produk. saran. Umumnya objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran berbagai mata pelajaran adalah Sikap terhadap materi pelajaran. dan berbagai sumberbelajar. Memberikan umpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode. Pengertian Penilaian Sikap Melalui jurnal belajar siswa yang memuat menenai penilaian siswa terhadap aspek tertentu. yaitu penilaian unjuk kerja. penilaian sikap. serta nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. penggunaan portofolio. Memberikan berbagai informasi mengenai status kefektivitasan kegiatan pendidikan kepada komite sekolah. guru/pengajar. . penilaian tertulis. laporan pribadi. 3. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi yang telah ditentukan sebagai acuan. Setidaknya ada tujuh teknik yang dapat digunakan. kognitif. Pemantapan dilakukan bila tuntas lebih cepat. Penilaian Sikap A. proses pembelajaran. 2. Alat monitoring dan diagnosa berbagai kesulitan belajar peserta didik (problem) sehingga dapat dilakukan pemantapan ataupun kegiatan remedial. pendekatan. 4. Perbaikan program & kegiatan bila tidak efektif.Manfaat dan Fungsi dari Penilaian Kelas Berbagai macam manfaat kita dapatkan melalui proses penilaian kelas. Penilaian sikap dapat dilakukan dengan observasi melalui jurnal belajar siswa (buku harian) pertanyaan langsung. serta refleksi guna merancang kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Contoh Format Penilaian Sikap dalam praktek IPA Perilaku No..B.. 3. Nama Bekerja Sama 1. 2. Ruri Tono .. Berinisiatif Penuh Perhatian Bekerja Sistematis Nilai Keterangan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful