P. 1
TOPIKAAL APLIKASI FLUOR

TOPIKAAL APLIKASI FLUOR

|Views: 10|Likes:
Published by sitisholehah

More info:

Published by: sitisholehah on Jul 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2014

pdf

text

original

TOPIKAL APLIKASI FLUOR

 Definisi Pengolesan langsung fluor pada enamel. Dan diutamakan untuk masyarakat yang tidak mendapat dari fluoridasi sistemik. Topikal Aplikasi Fluor ini biasanya diberikan bagi anak-anak umur 3 tahun.

 Cara pemberiannya yaitu :  Menggosok gigi dan flossing dari sisa-sisa makanan sebelum aplikasi fluor. Gigi dibersihkan dengan pasta pumice dan rubber cup.  Isolasi gigi geligi, bisa dengan menggunakan saliva ejektor atau gulungan kapas agar saliva terserap oleh kapas sehingga nantinya fluor tidak larut dalam saliva.  Gigi dikeringkan dengan semprotan udara.  Oleskan 2% larutan sodium fluoride dengan menggunakan kapas ( cotton pellet ) atau disemprotkan. Biarkan kering selama 4 menit.  Kemudian setelah 4 menit, bersihkan larutan/gel dari permukaan gigi. Jumlah fluor yang dioleskan dalam jumlah sedikit sehingga jangan sampai anak menelan fluor, boleh meludah (untuk meludahkan sisa-sisa fluor) tapi jangan berkumur.  Setelah perawatan dianjurkan kepada pasien agar tidak makan dan minum selama 30 menit.  Aplikasi sodium fluoride diulangi setiap 1 minggu hingga 4 kali pemberian sebagai tahap permulaan, karena kalau tidak maka gigi yang sudah dirawat tadi akan sia-sia saja sesudah perawatan pertama. Setelah perawatan 4 kali maka efek pencegahan karies gigi diharapkan dapat bertahan sampai 3 tahun.

 Pengulangan aplikasi dengan interval ± 3 tahun untuk disesuaikan dengan pola erupsi gigi anak-anak. Aplikasinya adalah sebagai berikut : I. II. III. IV. Dibuat pada umur 3 tahun untuk melindungi gigi susu. Dibuat pada umur 7 tahun untuk melindungi gigi insisivus dan molar. Dibuat pada umur 10 tahun untuk melindungi gigi kaninus dan premolar. Dibuat pada umur 13 tahun untuk melindungi molar kedua.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->