TOPIKAL APLIKASI FLUOR

 Definisi Pengolesan langsung fluor pada enamel. Dan diutamakan untuk masyarakat yang tidak mendapat dari fluoridasi sistemik. Topikal Aplikasi Fluor ini biasanya diberikan bagi anak-anak umur 3 tahun.

 Cara pemberiannya yaitu :  Menggosok gigi dan flossing dari sisa-sisa makanan sebelum aplikasi fluor. Gigi dibersihkan dengan pasta pumice dan rubber cup.  Isolasi gigi geligi, bisa dengan menggunakan saliva ejektor atau gulungan kapas agar saliva terserap oleh kapas sehingga nantinya fluor tidak larut dalam saliva.  Gigi dikeringkan dengan semprotan udara.  Oleskan 2% larutan sodium fluoride dengan menggunakan kapas ( cotton pellet ) atau disemprotkan. Biarkan kering selama 4 menit.  Kemudian setelah 4 menit, bersihkan larutan/gel dari permukaan gigi. Jumlah fluor yang dioleskan dalam jumlah sedikit sehingga jangan sampai anak menelan fluor, boleh meludah (untuk meludahkan sisa-sisa fluor) tapi jangan berkumur.  Setelah perawatan dianjurkan kepada pasien agar tidak makan dan minum selama 30 menit.  Aplikasi sodium fluoride diulangi setiap 1 minggu hingga 4 kali pemberian sebagai tahap permulaan, karena kalau tidak maka gigi yang sudah dirawat tadi akan sia-sia saja sesudah perawatan pertama. Setelah perawatan 4 kali maka efek pencegahan karies gigi diharapkan dapat bertahan sampai 3 tahun.

 Pengulangan aplikasi dengan interval ± 3 tahun untuk disesuaikan dengan pola erupsi gigi anak-anak. Aplikasinya adalah sebagai berikut : I. II. III. IV. Dibuat pada umur 3 tahun untuk melindungi gigi susu. Dibuat pada umur 7 tahun untuk melindungi gigi insisivus dan molar. Dibuat pada umur 10 tahun untuk melindungi gigi kaninus dan premolar. Dibuat pada umur 13 tahun untuk melindungi molar kedua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful