UJIAN AKHIR SEKOLAH SMK IPIEMS - SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Mata Pelajaran : Pend. Agama Hindu Kelas : XII (Duabelas) A. Pilihlah salah satu yang paling tepat jawaban berikut !

Hari/Tgl. Waktu

: : 120 menit

1. Agama Hindu adalah yang mula-mula masuk ke Indoneisa. Hal ini dapat diketahui dari prasasti tua yang merupakan peninggalan dari kerajaan a. Sriwijaya b. Banten c. Mataram d. Kutai e. Majapahit 2. Setiap pemimpin suatu bangsa dan Negara berkewajiban untuk mengadakan hubungan persahabatan dengan bangsa atau Negara yang lainnya secara baik dan benar serta jujur, di dalam ajaran Panca Satya disebut satya …. a. Mitra b.Hrdaya c. laksanana d. Wacana e. Samaya 3. Pemimpin hendaknya mengetahui, menghayati, dan mengamalkan ajaran yang suci dan luhur, hal ini berhubungan dengan .... a. kaprahitaning praja b. kawiryan c. jnana wisesa sudha d. astabratha e. wibawa 4. Ada beberapa syarat berkenaan dengan sarana bunga yang akan digunakan untuk persembahyangan. Kecuali… a. Tidak dari makam b. Tidak bekas c. Tidak layu d. Tidak dimakan serangga e. Dipetik 5. Hari suci Saraswati dirayakan setiap enam bulan sekali, yakni pada hari .... a. sabtu umanis suku sungsang b. sabtu pon wuku dunggulan c. sabtu pahing wuku ukir d. sabtu kliwon wuku landep e. sabtu umanis wuku watugunung 6. Pada hari Redite pahing wuku Sinta, lebih umum dikenal dengan nama hari suci .. a. pagerwesi b. Sugihanjawa c. banyupinaruh d. somaribek e. sabuh mas 7. Bagian dari Tri Guna yang mengandung ajaran tentang kebajikan adalah ....... a. Satwam b. Tamas c. Rajas d. Tattwam e. Semua benar 8. Bagian dari Tri Guna yang mengandung ajaran tentang kebajikan adalah ....... a. Satwam b. Tamas c. Rajas d. Tattwam e. Semua benar 9. Dalam badan manusia ada lima jenis badan, badan kasar kita disamakan dengan…. a. manomaya kosa b. Anandamaya kosa c. wijnanamaya kosa d. Anamaya kosa e. pranamaya kosa 10. Istilah lain dari punarbhawa adalah ……… a. Dharsana b. Samskara c. Dharana d. Sadhana

e. Samsara

11. Tempat yang disediakan oleh Sang Yamadipati untuk orang yang selalu berbuat dosa membuat orang lain sengsara ….. a. titi ugal agil b. kayu curiga c. batu macepak d. kawah weci e. tegal penangsaran

. Berumah tangga e. Parasara e. prajnawidagda c.. Grhastha d.....12. Brahmacary e... Menghargai sesama manusia b. Manusa Rnam e. a.. a. Wamadewa 23. Sesungguhnya ajaran Tat Twam Asi mengingatkan kita agar senantiasa ….. Diantaranya adalah kepada Tuhan Yang Maha Esa yang disebut dengan. Dewa Rnam b. Wanaprastha e.. Wacika c.. Yajna tiap hari b... semua jenis ikan e. palawakya b. sarjawaupasa b.. Jiwa 21.. Menyayangi sesama agama c. Bhiksuka 25. Berikut yang termasuk unsur bhuana agung adalah . a. kidung d. Rg. Mencari pasangan d. Dharma b.. Hal ini disebut dengan .... Menghormati orang lebih tua e. Jaimini d.. binatang d.. Wasistha b... Pitra Rnam c. Yajur Weda c. Para dewa e. Manah b. manusia 14. a. Leluhur c.. demung d. Masa hidup Brahmacary artinya bahwa manusia memasuki masa . Rama Dewa c. wijaya e.. Sewala Brahmacary c.. a. a. Yudhistira 16... Rsi Rnam d. Bhuta Rnam 20.. Yajna tiap hari tertentu d... Salah satu sifat pemimpin dalam panca dasa pramiteng prabhu adalah sabar dan rendah hati yang disebut a. kekawin e. Selama hidupnya bahwa manusia hanya menikah sekali saja. Wiswamitra cb. Bermain 26. Arjuna bangkit untuk berperang setelah diberi ajaran kesadaran oleh . Dalam kitab Bhisma parwa.... Brahmacary c.. a. wakmiwak 15. Pembacaan kitab suci Smerti degan alunan nada yang indah disebut dengan a. wargasari c.. Rsi Bhisma b. Atharwa Weda 24. Intisari ajaran Tat Twam Asi adalah adanya kesamaan di dalam diri yaitu . Menuntut ilmu b. Rsi Drona e. Rsi-Rsi berikut yang termasuk penghimpun Catur Weda adalah . Yajna tiap satu bulan e.. Mencari harta c. a. Kayika d. Acarya . tansatresna d. Tresna Brahmacary d. Sri Krisnha d... binatang b. brahmara ngisep sari 18. Raga e... sloka 17.. Menghormati semua mahkluk d. Pada upacara bhuta yajna dipergunakan kidung a. Sukla Brahmacary b. Manawa e. tantri e. alam semesta c. Weda b. Berpikir untuk diri kita 22. tembang c.. Sama Weda d. Yajna tiap lima belas hari c. Kitab Catur Weda Samhita yang berisikan tentang doa-doa pujaan adalah … a. jerum b.. tumbuhan 13... Mahkluk yang hanya memiliki dwi pramana adalah a. tumbuh-tumbuhan d. Yajna tiap enam bulan 19. a. Yajna dilaksanakan dengan maksud untuk membayar hutang. manusia b. Yang dimaksud dengan kegiatan Nitya Karma berikut dibawah adalah ….. a. Berikut yang bukan termasuk bagian dari Catur Asrama adalah .

Kisah Mahabharata merupakan epos wiracarita yang sangat indah isinya yang digubah oleh .. Yang tidak termasuk bagian dari bentuk nyanyian keagamaan dalam panca yajna adalah a. Tak berpindah-pindah b. Tri Loka c. Kama e.. Tri Purusa e. a. artinya a. Bharata yudha d. Rsi Weda Wyasa c.. a. Perceraian 32. Suka tapa waliduka c. Mengusir Bhuta kala b.. Kayika d. a. Sapta Wara 38. Arti sloka yang menyebutkan bahwa Brahman dan Atman tunggal...... Artha c.. Rsi Tanakung e. Moksa 30... Putra-putri d...... a. a. Brahman asti paro dharma d. Sapta Timira d. Bhinneka tunggal ika 35. Rsi Walmiki d. Istilah wiwaha dapat diartikan sebagai berikut . Wiratha yudha 39. a. a.. Wacika c. Sthanu artinya sifat atman yang …. Kidung e. Naraka c. Sorga b. dan bhakti adalah bagian-bagian dari ajaran .. Sabda e. Martabat b... a. Sapta Patala c. Satyam b. Tak terbasahkan e. Dharmagita e. Para Ditya e... Anak yang laki b. Bayu b. Sapta Rsi b.. adalah anak yang reinkarnasi dari ….. yaitu …... Tri Sakti 29. Rsi Kanwa b. Perang antara keluarga Pandawa dan Kurawa dikenal dengan perang . Menyucikan sukla-swanita e.. Epos Ramayana dibagi manjadi tujuh bagian yang disebut dengan .. Sebuah perkawinan bertujuan untuk memperoleh keturunan yaitu anak yang suputra. Dharma d. Pertemuan e.27.. Dharmawacana 40. Para Asura d. Agama Hindu mengajarkan bahwa kelahiran sebagai manusia sesungguhnya adalah yang paling mulia karena memiliki . Brahman atman aiktyam e.. Ada dimana-mana d. Mahapralaya c.. Manahcika 28... a. Anak yang pintar e... Mandala . punia. Dharmasanti c. Mempererat hubungan kedua calon 31. Anak yang baik 33. Dharmayatra d. Roh bawah 34. Anak yang diharapkan dari mengikuti tata cara perkawinan agama yang suci dan sakral. Alengka yudha e. a.. Rumah tangga b.. Anak yang kuat c. Tri Parartha d. Palawakya c. Tujuan utama yang hendak dicapai pada masa Bhiksuka/ Sanyasin adalah . Upacara Byakala disamping untuk mengesahkan sebuah perkawinan juga berfungsi . Tri Sadhana b.. Kekawin d. Menyucikan lingukngan d. Tak bergerak c. a. Rsi Sukhadewa 37. Sapta Kanda e. Mahabharata b. Bentuk nyanyian keagamaan yang yang dinyanyikan dalam pelaksanaan panca yajna dengan istilah a. Ikatan d. Tak terpikirkan 36. Asih.. Perkawinan c.. Dharmatula b. Menyucikan bhutakala c. Sloka b.

Bhuta yajna d. Upacara perkawinan Hindu disebut upacara wiwaha ………. Arsa b. Namaskara c. demung d. sekar agung c. Sebutkan minimal lima Awatara beserta bentuk dan perannya ! 5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bhuana agung dan Bhuana alit ! 4. sekar alit d. sekar kencono e. Brahma b. Pupuh semarandana termasuk jenis dharmagita . Daiwa d. Sarana b. a. Jelaskan pengertian Catur Marga Yoga dan sebutkan bagiannya ! 3. a. Dalam upacara yajna. sekar rare 43. Prajapati 44. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas ! 1. wargasari 42. Samskara d. Rsi Yajna c. Pitra yajna B. Dewa yajna b.41. Karana e. wiwaha a. Seorang walaka yang telah didiksa untuk jadi sulinggih. jerum b. malat c. Tantri e. Jelaskan maksud dari kata Dwijati ! 2. wiwaha tergolong kedalam upacara yajna …. beliau disebut sebagai dwijati. sekar madya b. Jenis dharmagita yang sering dinyanyikan pada waktu upacara dewa yajna adalah … a. a. Wiwaha yang tergolong dilarang di dalam ajaran Hindu adalah …. Paisaca e. Manusa yajna e. Apa tujuan dan kewajiban bagi yang melaksanakan wiwaha ? Jelaskan ! ***** Selamat Mengerjakan ! ***** . Samhita 45.