Pengaruh Modernisasi pada Era Globalisasi di Negara Indonesia

Di Indonesia sekarang ini sudah mulai terlihat berbagai dampak modernisasi dan globalisasi. Kondisi masyarakat di Indonesia sudah mulai ada perubahan dari masyarakat sederhana menuju ke masyarakat yang lebih maju atau modern. Modernisasi ini juga mendatangkan dampak negatif dan positif. Dampak negatifyang ditimbulkan di Indonesia sekarang ini sudah mulai bermunculan seperti kemiskinan dari tahun ke tahun semakin bertambah bukannya semakin berkurang. Semakin banyak budaya dari luar yang masuk sehingga budaya asli Indonesia semakin pudar dan ditinggal. Ada pula dampak positif yang ditimbulkan modernisasi seperti sekarang banyak sekali teknologi yang berkembang pesat, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan alat-alat canggih untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dan masih banyak lainnya. Jika masyarakat Indonesia ingin menjadi masyarakat modern dan bisa mengikuti perkembangan zaman maka manusia tersebut harus mempunyai berbagai sifat seperti sifat terbuka, sifat demokratif, sudah mempunyai rencana hidu buat masa depan serta manusia tersebut harus percaya diri dalam segala hal.

Dalam berkomunikasi sekarang sudah sangat maju. Sekarang masyarakat tidak susah untuk menjalin hubungan silaturahmi walaupun mereka berada I daerah yang berbeda serta berjauhan. Masyarakat bisa menggunakan HP internetan dan lain sebagainya.

DAMPAK-DAMPAK YANG TERJADI

Begitu pula untuk mengurangi pencemaran air limbah. Solusinya harus ada mobil-mobil tua dan kendaraan di jalan raya hal ini untuk mengurangi asap-asap karbon monoksida. cara mengatasinya pemerintah sebaiknya mengadakan pendidikan latihan dan ketrampilan bagi generasi muda. dari orang yang tidak mempunyai ketrampilan akan sulit untuk mencari pekerjaan di kota besar. Sedangkan. Dengan adanya urbanisasi menimbulkan dampak yang kurang baik seperti orang yang tidak mempunyai pekerjaan maka terjadi banyak pengangguran di kota dan mengakibatkan banyak terjadi kasus kejahatan contohnya pencurian. Urbanisasi Sekarang ini banyak sekali orang-orang desa yang merantau ke kota untuk mencari pekerjaan. gempa bumi. Bahkan dikota rasa kebersamaan sangat kurang sehingga sering terjadi kesenjangan hubungan sosial antara si kaya dan si miskin. Selain itu juga membuat hutan-hutan kota. Dan bagi orang-orang tidak mempunyai pekerjaan atau ketrampilan biasanya menjadi pengangguran. 2. Di kota mempunyai daya tarik tersenditi dalam bidang pendidikan seperti banyak orangorang desa yang ingin melanjutkan sekolahnya di kota besar. Kebanyakan orang desa yang merantau ke kota yangmempunyai ketrampilan biasanya bekerja di sebuah proyek-proyek bangunan. Karena di kota banyak sekolah-sekolah tinggi yang mempunyai kualitas baik. Bagi orangorang yang mempunyai ketrampilan akan mudah untuk mencari pekerjaan. Pabrik harus membangun intalasi pengelolaan air limbah. . Ada juga pencemaran yang lainnya misalnya penebangan hutan yang tidak terkontrol mengakibatkan berbagai bencana alam seperti tanah longsor. 3.1. perampokan. walaupun mereka tidak mempunyai keahlian. Kesenjangan Sosial Ekonomi Kesenjangan sosial ekonomi sering terjadi di kota bagi orang yang kaya sering tidak membantu orang miskin. banjir. Solusinya para pemimpin di kota itu harus bisa menghubungkan terhadap masing-masing pihak untuk bekerja sama saling membantu dalam mencapai tujuan bersama. Sehingga air yangdibuang sudah dalam keadaan bersih atau sudah tidak tercampur air limbah. Begitu pula banyaknya pabrik-pabrik dan perusahaan yang ada di kota mengakibatkan terjadi pencemaran air limbah pabrik. Dampak yang terjadi akibat perbedaan ekonomi masyarakat menjadikan situasi di mastakat kurang nyaman dan kebersamaan kurang. Sehingga generasi muda siap untuk bekerja dan pemerintah sebaiknya mendirikan lapangan pekerjaan. Pencemaran Lingkungan Alam Kemajuan transportasi di Indonesia sangat pesat berbagai mobil dan kendaraan baru muncul. Hal ini mengakibatkan polusi udara yang dapat mengakibatkan ancaman terhadap kesehatan masyarakat. gelandangan dan menjadi pemulung.

Contoh telah luntur eksistensi jati diri bangsa seperti muncul alat komunikasi seperti internet yang dapat dinikmati oleh seluruh warga dunia dan itu menjadi faktor masuknya budaya-budaya norma bangsa lain masuk dan mempengaruhi seseorang yang sedang mengakses internet. Berbagai masalah sosial dapat menimbulkan tindakan kriminal seperti pola hidup yang suka berfoya-foya. Akibatnya banyak perusahaan Indonesia yang bangkrut dan itu mengakibatkan bertambahnya tingkat pengangguran di bangsa tersebut. 5. Dalam berbagai bidang tidak luput dari lunturnya jati diri seperti bidang ekonomi. banyak perusahaan-perusahaan asing yang masuk ke Indonesia dan menghentikan usaha masyarakat Indonesia. penodongan. . perampokan.4. Dampak yang terjadi mengakibatkan keresahan masyarakat setempat takut menjadi korban tidak kejahatan seperti pencurian. Kriminalitas Banyak tidnakan kriminalitas yang terjadi karena adanya modernisasi sekarang ini. Solusinya dengan adanya kriminalitas yangterjadi pada anak-anak sekarang ini orang tua harus lebih perhatian. wayang yangdiakui bangsa lain. Begitu pula dengan adanya urbanisasi yang kurang terkontrol maka pemerintah dalam hal ini melakukan mengontrol warganya masing-masing bila ditemukan pendatang baru yang tidak mempunyai identitas/ KTP untuk membuat KTP sementara. Mereka cenderung terbuat kriminal. banyak tingkat persaingan dalam berbagai bidang dan banyak anak-anak sekarang ini yang kurang perhatian dari orang tuanya. seperti keroncong. Kesimpulan Jadi kita sebagi masyarakat yang menerima dampak modernisasi dan globalisasi kita harus mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi kita berupaya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi agar kita bisa menyesuaikan diri terhadap arus globalisasi. Dalam bidang budaya juga mempunyai dampak banyak tarian daerah. walaupun itu milik bangsa Indonesia tapi belum ditetapkan. Apalagi komunikasi sekarang ini lebih canggih. Begitu pula kejahatan juga terjadi dalam waktu singkat pelakunya bukan hanya di kota namun juga bisa dari negara ke negara lain. Lunturnya Eksistensi Jati Diri Bangsa Globalisasi juga mempunyai dampak yang mengakibatkan lunturnya eksistensi jati diri bangsa Indonesia antar negara. Sehingga kita tidak tergilas kejamnya era globalisasi. Begitu pula urbanisasi yang tidak terkontrol dan pemerintah tidak mau menanggulanginya maka bisa mengakibatkan berbagai masalah terutama orang yang pindah dari desa kekota tidak mempunyai pekerjaan maka menjadikan salah satu sebab kriminalitas. Sehingga mereka mudah diketahui keberadaannya dan kegiatannya.

lebih percaya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.com/2011/12/pengaruh-modernisasi-padaera.blogspot.html .Saran Dalam menanggulangi modernisasi dan globalisasi kita sebagai masyarakat harus memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal baru dan terbuka terhadap perubahan. Masih banyak yang harus kita lakukan untuk menerima semua perubahan dari yang sederhana ke yang modern http://bambangsutejo4. memiliki perencanaan ke depan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful