D.

Energi Potensial Listrik dan Potensial Listrik Gaya Coulomb dan kuat medan listrik merupakan besaran vektor, sedangkan energi potensial listrik dan potensial listrik merupakan besaran skalar. 1. Energi Potensial Listrik Energi potensial listrik akan timbul jika sebuah muatan uji q' didekatkan pada sebuah muatan q. Besarnya energi potensial yang timbul pada muatan q' sebanding dengan usaha yang diperlukan untuk melawan gaya Coulomb (FC)

E q r1 r2 q' q' FC

∆S

Perhatikan Gambar di atas! Secara matematis, dapat dituliskan perubahan energi potensial dari keadaan (1) ke keadaan (2) sebagai berikut.
1 1 ∆E p = W12 = F ×∆S = kq ' q  − ÷  r2 r1 

dengan FC = gaya Coulomb (N) ∆S = perpindahan muatan (m) Tanda minus pada persamaan di atas berarti beda potensial energi potensial sebanding dengan usaha untuk melawan gaya coulomb. ∆Ep = perubahan energi potensial listrik antara kedudukan akhir, yaitu titik 2 dan kedudukan awal titik 1 (Joule) W12 = usaha yang dilakukan untuk memindahkan muatan q' dari kedudukan (1) ke kedudukan (2) (Joule) k = 9 x109 Nm2.C-2 q' = muatan uji (C) q = muatan sumber (C) r2 = jarak antara muatan uji q' dan nu atan suluber it pada kedudukan akhir, yaitu titik 2 r1 = jarak antara muatan uji q' dan nniatan unihcr cp pada kedudukan awal, yaitu titik 1 2. a. Potensial Listrik Potensial Listrik oleh Sebuah Muatan Titik

Potensial listrik didefinisikan sebagai energi potensial listrik per satuan muatan sehingga beda potensial listrik antara dua titik 1 dan 2 adalah
V12 = ∆E p q' 1 1 = V2 −V1 = kq  − ÷  r2 r 1 

Dengan V12 menyatakan beda potensial oleh sebuah muatan q antara jarak r l dan r2. Dalam sistem internasional, satuan dari potensial listrik adalah joule per coulomb (J/C) atau dalam satuan Volt. Secara umum, potensial sebuah titik berjarak r dari muatan q adalah
V= kq r

Pada Persamaan Potensial listrik, tanda muatan q harus disertakan. Apabila q positif, akan menimbulkan Vpositif, sedangkan untuk q negatif, akan menimbulkan V negatif.

.Acuan potensial nol adalah jarak tak hingga. persamaannya dapat dituliskan : q q  q V = V1 +V2 +.VB = VA . Gambar Grafik V terhadap r dari sebuah bola konduktor berongga.. sama dengan potensial di permukaannya.. Potensial listrik di dalam bola konduktor berongga (r < R) . + n ÷ r r rn   1 1 c. Dapat disimpulkan bahwa potensial listrik di dalam bola konduktor berongga sama dengan potensial listrik di permukaan bola tersebut. l. dapat dikatakan bahwa bidang di dalam bola adalah bidang ekipotensial. +Vn = k  1 + 1 +. potensial di dalam bola konstan atau potensial di dalam bola berongga.VB = 0). Dalam proses pemindahan sebuah muatan q dari dalam bola (titik A) ke permukaan bola (titik B). Hal ini berarti.. Potensial Listrik oleh Beberapa Muatan Titik Potensial listrik adalah besaran skalar (tidak memiliki arah) sehingga potensial listrik total di suatu titik akibat beberapa muatan lainnya merupakan penjumlahan aljabar biasa dari potensial listrik masing-masing muatan tersebut. Secara matematis. Oleh karena kuat medan listrik di dalam bola sama dengan nol (E = 0). Sepanjang perpindahan dari A ke B. WA → F× ∆ S = qE × ∆ S B = Persamaan ini hanya berlaku untuk F = konstan. Oleh karena potensial di seluruh ruang dalam konduktor bola berongga adalah sama.. W AB = 0 (sesuai definisi beda potensial: VA .. Hubungan Usaha dan potensial listrik dapat dinyatakan sebagai : ∆ Ep = W12 = q ' (V2 − V1 ) = q '× ∆ V b. dengan r adalah jarak titik dari pusat bola. dapat didefinisikan bahwa potensial listrik di suatu titik pada medan listrik adalah besarnya usaha yang diperlukan untuk memindahkan satu satuan muatan listrik dari tak hingga ke titik tersebut. Dengan demikian. Potensial Listrik pada Bola Konduktor Berongga Perhatikan gambar di bawah ini ! Gambar Bola konduktor berongga dengan muatan +q dan jari-jari R.. perpindahan ∆s kecil. Bidang ekipotensial adalah bidang tempat setiap titik pada bidang tersebut memiliki potensial listrik yang sama.

Beda potensial V antara kedua pelat sejajar tersebut dapat dinyatakan dengan menggunakan persamaan usaha. Kuat Medan Listrik dan Potensial Listrik pada Konduktor Bola Pejal (Materi Pengayaan) Anda telah mempelajari kuat medan listrik dan potensial listrik pada bola konduktor berongga. Potensial listrik di permukaan bola konduktor berongga V =k q . R r <R 2. W12 = q ( V2 − V1 ) = F × d q∆V = q × E × d → E = ∆V d PENGAYAAN MATERI 4. Gambar Konduktor dua pelat sejajar. Bagaimana kuat medan listrik dan potensial listrik pada bola konduktor pejal? Anda dapat asumsikan bola pejal seperti kelereng.V =k q . E p1 + Ek1 = E p 2 + Ek 2 atau 1 1 2 qV1 + mv12 = qV2 + mv2 2 2 b. Kuat Medan Listrik pada Bola Konduktor Pejal Perhatikan grafik di bawah ini . Sebuah Partikel Dipengaruhi oleh Potensial Listrik Apabila pada partikel hanya terdapat resultan gaya yang berasal dari gaya Coulomb. a. R r =R 3. Sebuah Partikel di Antara Dua Pelat Sejajar Perhatikan gambar dua pelat konduktor sejajar yang luas setiap pelatnya A dan terpisah sejauh d. r r >R 3. pada partikel tersebut berlaku hukum kekekalan energi mekanik. dengan kuat medan listrik di antara pelat E di bawah ini. Potensial listrik di luar bola konduktor berongga V =k q . Hukum Kekekalan Energi Mekanik dalam Medan Listrik a.

R2 r =R Di luar bola. R r =R Di luar bola. Potensial Listrik pada Bola Konduktor Pejal Perhatikan grafik di bawah ini Gambar Grafik V terhadap r dari sebuah konduktor bola pejal. r r >R . 2 R3 r <R Di permukaan bola. besar potensial listrik V =k Q ( 3R 2 −r 2 ) . besar potensial listrik V =k Q . besar kuat medan listrik E =k Q . besar kuat medan listrik E =k Q r. Di dalam bola. r2 r >R b.Gambar Grafik E terhadap r dari sebuah konduktor bola pejal. besar potensial listrik V =k Q . Di dalam bola. besar kuat medan listrik V =k Q . 2 R3 r <R Di permukaan bola.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful