P. 1
Hakikat Manusia

Hakikat Manusia

|Views: 23|Likes:
Published by Rina Rosdiana
hakikat Manusia
hakikat Manusia

More info:

Published by: Rina Rosdiana on Jul 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN MANUSIA

TIGA KATA DALAM AL-QUR’AN YANG MENUNJUKAN ARTI MANUSIA

1. KATA INSAN 2. KATA BASYAR 3. KATA IBNU ADAM

. • Kata insan juga digunakan untuk menunjukan pada arti terkumpulnya seluruh potensi intelektual. dan lain sebagainya.KATA INSAN • Dalam bahasa arab kata insan mengacu pada sifat manusia yang terpuji seperti kasih sayang.

. Berasal dari Kata nasiya yang artinya lupa 3. nurut. dan meminta izin. Berasal dari Kata al-uns yang artinya jinak. 2. Berasal dari Kata anasa artinya melihat.Kata insan jamaknya dari kata anas 1. mengetahui.

2. 5.Proses kejadian manusia 1. 3. 4. Kata Turab (debu) Kata thin (tanah) Kata min sulalatin thin (sari pati tanah) Kata lizib (tanah) Shal-shal min hama in masnun (tanah kering yang berasal lumpur yang diberi bentuk) .

kesadaran akan lingkungannya. manusia adalah mahluk yang unik dan memilkiki cinta.Pengertian manusia menurut tokoh • Menurut Thomas Hobbes (1588 . kehendak bebas. . moral. kreativitas. kesadaran akan dirinya. • Menurut Charles darwin (1809 – 1882) manusia berasal dari kera besar yang berevolusi dan berkembang secara kronologi selama jutaan tahun. • Menurut Rene Descerates (1596 – 1650) manusia adalah homo mechanicus atau manusia mesin yang berjalan sesuai dengan sistemnya tanpa ada motif dibelakangnya dorongan bawah sadar • Menurut teori humanisme .1679) manusia adalah homo homini lupus atau serigala bagi manusia. citacita.

. sekarang.• Max Scheler (1874 -1882) berpendapat bahwa manusia adalah binatang. dan di masa depan tetapi dengan pikirannya dapat menubah alam menjadi kebudayaan. dari dahulu.

• Menurut Ali syari’ati dengan tegas berpendapat bahwa manusia modern tidak memiliki pemahaman yang benar terhadap makna konsep hidup ditengah kemajuannya dalam bidang sains. . Hal ini menyebabkan manusia modern tidak dapat melaksanakan tugas kekhalifaannya.

3. 4. 5. Alam ruh Alam rahim Alam dunia Alam barzakh (kubur) Alam akhirat . 2.PERJALANAN HIDUP MANUSIA 1.

Fungsi manusia 1. Manusia sebagai Hamba Allah . Manusia sebagai Khalifah Allah 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->