“NERACA PEMBAYARAN”

SMA Negeri 13 Jalan Seroja No. 1 Jakarta Utara 2006-2007

Nana Sudiana, S.Pd/SMAN 13 Jakarta

Page 1 of 14

Pengertian Neraca Pembayaran Hubungan ekonomi antar negara dapat dikategorikan atas tiga bagian: 1. Neraca pembayaran ialah:  Suatu catatan sistematis yang berisi hubungan ekonomi atau transaksi antarpenduduk suatu negara dengan negara lainnya yang dinilai dalam mata uang pada kurun waktu tertentu biasanya 1 tahun  Salah satu indicator kinerja ekonomi makro dari sebuah negara yaitu saldo transaksi negara tersebut denga negara lain. Agar dapat dianalisa.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 2 of 14 .I. 2. Hubungan ekonomi berupa gabungan 2 hal diatas. Isi dari neraca pembayaran adalah:  Catatan jumlah yang berhubungan dengan ekspor dan impor  Pemberian dan penerimaan jasa dari negara lain  Pinjaman jangka panjang dan pendek Nana Sudiana. Hubungan ekonomi berupa pertukaran hasil produksi. ketiga hubungan itu dicatat pada suatu daftar secara sistematis dan logis yang disebut neraca pembayaran. Hubungan ekonomi berupa pertukaran sarana produksi. S. 3.

S. Dari neraca pembayaran dapat dilihat berapa saldo devisa.  Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan di bidang politik perdagangan internasional.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 3 of 14 . Neraca pembayaran terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut : neraca perdagangan. Neraca Modal Nana Sudiana.  Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mengetahui pengaruh hubungan ekonomi internasional terhadap pendapatan nasional.Data yang ada dijadikan dasar bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan di bidang ekonomi. neraca modal dan neraca moneter (lalulintas moneter).  Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan di bidang moneter dan fiscal. Penanaman modal  Hal-hal lain yang berhubungan dengan hubungan ekonomi Fungsi neraca pembayaran:  Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mengambil langkah di bidang ekonomi. neraca jasa.

Pd/SMAN 13 Jakarta Page 4 of 14 . atau pembelian surat-surat berharga jangka panjang dalam negeri oleh penduduk asing (transaksi kredit) • Pinjaman jangka panjang yang diberikan kepada penduduk Negara lain (transaksi debet) atau pinjaman jangka panjang yang diterima dari penduduk Negara lain (transaksi kredit) Neraca Moneter Nana Sudiana. yang meliputi: • Investasi langsung di luar negeri (transaksi debit) atau investasi asing di dalam negeri (transaksi kredit) • Penbelian surat-surat berharga jangka panjang dalam negeri oleh penduduk asing (transaksi debet).Transaksi modal ini baik yang dilakukan oleh swasta maupun pemerintah meliputi antara lain sebagai berikut: a. Transaksi modal jangka panjang. S. yang meliputi : • Kredit untuk perdagangan dari Negara lain(transaksi kredit) atau kredit perdagangan yang diberikan kepada penduduk Negara lain (transaksi debit) • Deposito bank di luar negeri(transaksi debit) atau deposito bank di dalam negeri milik penduduk Negara lain (transaksi kredit) • Pembelian surat berharga luar negeri jangka pendek kepada penduduk Negara lain (transaksi kredit) b. Transaksi modal jangka pendek.

Misalnya untuk : • • • • • Mengimpor barang Memberi pinjaman pada Negara lain Membayar jasa-jasa orang (pihak) luar negeri Membayar bunga dan cicilan utang ke luar negeri.Transaksi moneter sering disebut juga dengan accommodating sebab merupakan transaksi yang timbul akibat dari transaksi lain. Termasuk dalam lalu lintas moneter yang dicatat pada neraca moneter antara lain mutasi dalam hubungan dengan IMF. Sedangkan transaksi lain itu sering disebut autonomous sebab transaksi ini timbul dengan sendirinya. dan hasil modal disebut transaksi berjalan(current account). S. dan Nana Sudiana. Transaksi barang. IKHTISAR NERACA PEMBAYARAN 1. cadangan devisa berupa emas atau valuta asing lainnya. Transaksi dikatakan mendebet neraca pembayaran apabila transaksi itu mengakibatkan arus uang keluar. Misalnya untuk : • • • • Mengekspor barang ke luar negeri Menerima bunga dan cicilan pinjaman dari luar negeri Menerima pendapatan jasa dari luar negeri Menerima pinjaman baik jangka pendek maupun jangka panjang. Transaksi dikatakan mengkredit neraca pembayaran jika transaksi itu mengakibatkan arus uang masuk. tanpa dipengaruhi oleh transaksi lain. dan Transaksi pemasukan emas dari luar negeri 2. jasa.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 5 of 14 . Sedangkan current account ditambah dengan transaksi modal dan transaksi satu arah disebut transaksi total atau rekening total.

Pemasukan barang dari luar negeri c. KEBAiKAN DAN KEKURANGAN UTANG LUAR NEGERI Nana Sudiana. neraca emas pemasukan emas dari luar negeri Seperti halnya neraca keuangan pada umumnya.• Pengeluaran emas keluar negeri Debet a. karena kekurangan pos kredit menjadi deficit neraca pembayaran. hasil pariwisata dari luar negeri 3. Neraca barang b. Jumlah kedua pos ini seimbang.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 6 of 14 . sedangkan kelebihan pada pos kredit menjadi surplus neraca pembayaran disebelah debet. jasa yang harus dibayar ke luar negeri d. Neraca barang b. pendapatan jasa yang dikerjakan di luar negeri d. Jadi. Pengiriman barang ke luar negeri c. Neraca jasa 1. Bunga dan dividen yang diterima dari luar negeri 2. bunga dan dividen yang dibayar keluar negeri 2. neraca modal kredit yang diberikan ke luar negeri dan pembayaran cicilan utang e. bertambahnya devisa negara dapat dilihat pada pos kredit. Neraca jasa 1. S. neraca pembayaran memiliki pos debet dan kredit. Neraca Emas Pengeluaran emas ke luar negeri Kredit a. Neraca Modal Kredit yang diterima dari luar negeri baik jangka pendek maupun panjang e. biaya pariwisata yang menjadi kewajiban di luar negeri 3.

Jadi. tentu dapat kita pahami. sarana pendidikan. untuk menutup defisit anggaran. jalan. asal jumlahnya tidak melampaui limit yang “aman”. Kebaikan dari utang luar negeri yaitu sebagai berikut : 1. Untuk menjalankan roda bisnis perusahaan sudah lazim menggunakan dana dari pihak ketiga.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 7 of 14 .Pada dasarnya. maka secara tidak langsung akan meningkatkan kemakmuran rakyat pula 3. maka sekolah. Namun. jika utang jauh lebih banyak daripada modal sendiri. S. dan banyak program lain dapat dijalankan dengan cepat 2. tidak ada yng salah dengan utang luar negeri. Akan tetapi. dan bukan dengan pendapatan dari dalam suatu Negara sendiri. jika pembangunan lebih banyak didanai oleh utang luar negeri. dari pembahasan diatas. Negara tersebut akan mengalami banyak masalah. Meningkatkan kemakmuran rakyat berkat pembangunan yang cepat dari utang luar negeri. jika modal sendiri tidak memadai. Kadangkala kekayaan Negara tidak dapat mendanai proyek-proyek tertentu bagi rakyat. Memperluas kesempatan kerja Nana Sudiana. jelas bahwa utang luar negeri memiliki kebaikan dan keburukan. jembatan. Percepatan laju pembangunan Berkat pembangunan yang sebagian besar dananya dari utang luar negeri. Dana itu pada umumnya berbentuk utang. pemerintah menggunakan utang luar negeri. Sebenarnya.

Pada saat Indonesia diterpa badai krisis ekonomi tahun 1997. Adapun keburukan utang luar negeri yaitu sebagai berikut : 1. Nana Sudiana. Bunga dan cicilan utang harus dibayar pada saat jatuh tempo Bunga dan cicilan ini sering memberatkan bagi Negara yang sedang membangun seperti Indonesia. serta organisasi lain yang terkait akan menyerap tenaga kerja baru Sekalipun demikian. tidak dapat dipungkiri bahwa utang luar negeri memiliki banyak keburukan. S. menurun tajamnya nilai tukar rupiah terhadap dolar mengakibatkan pokok utang dan bunga utang luar negeri menjadi meningkat. utang luar negeri dari suatu negara menuntut adanya komitmen negara penerima pinjaman untuk memberikan prioritas pada kepentingan ekonomi maupun politik negara kreditor di negara peminjam.Berbagai proyek dan lembaga baru yang berdiri melalui utang luar negeri. “mengurangi kebebasan” negara debitor Negara kreditor sering memberikan persyaratan-persyaratan demi kepentingan pemberi kredit.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 8 of 14 . 2. Biasanya. Jelas bahwa pembangunan yang didanai dengan kekayaan Negara sendiri jauh lebih baik daripada utang luar negeri.

Suatu catatan sistematis mengenai hubungan ekonomi/transaksi antara penduduk suatu Negara dan Negara lainnya… 4. S. Pemberian pinjaman oleh penduduk Indonesia untuk penduduk Negara lain dicatat di neraca… 6. Transaksi yang mengakibatkan arus uang keluar dicatat pada pos… 11. Neraca Modal(bahasa Inggris) 14. Transaksi pemindahan/pemberian dari suatu penduduk Negara lain pada penduduk di Negara kita disebut transaksi… 17. Pinjaman yang tidak berkaitan dengan kelebihan ekspor/pinjaman atas kemauan kedua belah pihak disebut pinjaman … 19. Transaksi yang mengakibatkan arus uang masuk dicatat pada pos… Nana Sudiana. Setiap penambahan stok perekonomian nasional disebut… 5. Jika komponen neraca pembayaran disebelah debet lebih kecil daripada komponen sebelah kredit. Transaksi yang timbul sebagai akibat transaksi lain disebut transaksi… 9.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 9 of 14 .Pertanyaan Teka-Teki Silang Mendatar 2. Service Account (disingkat) 8. maka neraca pembayaran tersebut… Menurun 1.

Transaksi yang dicatat sebagai kredit adalah arus masuk valuta. Istilah lain neraca moneter… 7. Pinjaman yang diterima atau diberikan berkaitan dengan kelebihan ekspor dan impor disebut pinjaman… 18. Neraca pembayaran secara esensial merupakan sistem akuntansi yang mengukur kinerja suatu negara. Transaksi barang. dan hasil modal disebut transaksi … 15. yang merupakan suatu peningkatan Nana Sudiana. yaitu.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 10 of 14 . arus masuk valuta adalah transaksi-transaksi yang mendatangkan valuta asing. tanpa dipengaruhi transaksi lain disebut transaksi… 10. S. Setiap pengurangan stok perekonomian nasional disebut mengalami… 12. Trade Account (disingkat) Pengertian Neraca Pembayaran Neraca pembayaran adalah catatan dari semua transaksi ekonomi internasional yang meliputi perdagangan. biasanya satu tahun atau dikatakan sebagai laporan arus pembayaran (keluar dan masuk) untuk suatu negara. Transaksi yang timbul dengan sendirinya. Istilah lain neraca berjalan… 5. Pembayaran biaya angkut oleh penduduk Indonesia di luar negeri termasuk komponen neraca… 13. Jika komponen neraca pembayaran sebelah debet lebih besar dari komponen sebelah kredit. Pencatatan transaksi dilakukan dengan pembukuan berpasangan ( double-entry bookkeeping system). keuangan dan moneter antara penduduk dalam negeri dengan penduduk luar negeri selama periode waktu tertentu. jasa. tiap transaksi dicatat satu sebagai kredit dan satu lagi sebagai debit. neraca pembayaran tersebut… 16.3.

total kredit dan debit dari neraca pembayaran suatu negara akan sama secara agregat. Contoh berikut membantu pemahaman tersebut diatas.daya beli eksternal atau sumber dana. Debit entry yang sama akan diklasifikasikan sebagai suatu peningkatan dalam kepemilikan aset financial luar negeri. neraca modal (capital account). Sedangkan transaksi yang dicatat sebagai debit adalah arus keluar valuta. Tiap-tiap credit entry (bertanda positif) harus diseimbangkan (balanced) dengan debit entry (bertanda negatif) yang sama.1 : Suatu perusahaan RI meminjam Poundsterling Inggris. dan bagaimana kita mengunakannya). S. Jadi. Tabel 1. dan cadangan devisa negara (official reserves account) Nana Sudiana. Contoh 1.1. yang merupakan suatu penurunan daya beli eksternal atau penggunaan dana. Jelas. Kedua entries tersebut dikombinasikan untuk menghasilkan laporan sumber-sumber dan penggunaan modal nasional (dari mana kita memperoleh danadana/ daya beli. namun. dari komponen-komponen neraca pembayaran.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 11 of 14 . Satu-satunya kesulitan riil dalam memahami bagaimana tiap transaksi mempengaruhi neraca pembayaran terletak pada interpretasi dari aset finansial dan hutang kepada pihak luar negeri. transaksi berjalan (current account). Pinjaman ini merupakan suatu credit entry pada neraca pembayaran. yaitu rekening bank debitor RI (yang didenominasi) dalam sterling merupakan suatu aset. berikut merangkum definisi diatas. mungkin terdapat surplus dan defisit. Komponen Neraca Pembayaran Neraca pembayaran dapat dipecah ke dalam beberapa kategori yaitu. Memiliki aset dalam valuta asing sama seperti memberikan pinjaman jangka pendek kepada negara lain. pinjaman ini merupakan peningkatan hutang penduduk/perusahaan RI pada pihak luar negeri (Inggris). Arus keluar valuta adalah transaksi-transaksi pengeluaran yang membutuhkan valuta asing.

Transaksi berjalan merupakan ukuran posisi perdagangan intenasional yang luas. yang meliputi : a. atau transfer unilateral (misalnya bantuan bantuan antar pemerintah dan antar pihak swasta).1. maka yang terjadi adalah defisit neraca perdagangan. Atau dengan kata lain transaknsi berjalan merangkum aliran dana antara satu Negara tertentu dengan seluruh negara lain sebagai akibat dari pembelian barang-barang atau jasa. Defisit transaksi berjalan menjelaskan arus dana yang keluar suatu negara lebih besar dari dana-dana yang diterimanya. jika ekspor lebih tinggi dari impor. Transaksi berjalan (current account). Sedangkan Neraca Jasa adalah neraca perdagangan ditambah jumlah pembayaran bunga kepada para investor luar negeri dan penerimaan dividen dari investasi di luar negeri. ekspor dan impor barang-barang dan jasa ekspor barang-barang dan jasa yang diperlakukan sebagai kredit impor barang-barang dan jasa diperlakukan kembali sebagai debit b. net transfer (transfer unilateral) meliputi bantuan luar negeri. pemberian-pemberian dan pembayaran lain antar pemerintah dan antar pihak swasta. Transaksi berjalan umumnya digunakan untuk menilai neraca perdagangan. Net transfer bukan merupakan perdagangan barang dan jasa. Neraca Perdagangan secara sederhana merupakan selisih/perbedaan antara ekspor dan impor. net investment income tingkat bunga dan dividen diperlakukan sebagai jasa karena merepresentasikan pembayaran untuk penggunaan modal. Merupakan bagian dari neraca pembayaran yang berisi arus pembayaran jangka pendek (mencatat transaksi ekspor-impor barang dan jasa). provisi income atas aset finansial. yang terjadi adalah surplus. Sebaliknya. Komponen transaksi berjalan meliputi neraca perdagangan dan neraca barang dan jasa. c. S.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 12 of 14 . Jika impor lebih tinggi dari ekspor. serta penerimaan dan pengeluaran yang berhubungan dengan pariwisata dan transaksitransaksi ekonomi lainnya. Nana Sudiana.

Pd/SMAN 13 Jakarta Page 13 of 14 . Untuk dapat membeli aset luar negeri diperlukan valuta asing. termasuk investasi langsung luar negeri dan investasi dalam sekuritas.2. Nilai valuta asing ditentukan oleh demand valas untuk membeli barang-barang dan jasa dan demand terhadap valas untuk membeli aset. b) Peningkatan dalam tiap aset tercatat sebagai debit Nana Sudiana. 3. Arus modal masuk tercatat sebagai kredit karena suatu Negara menjual aset berharga kepada pihak asing untuk memperoleh uang tunai. Arus modal keluar tercatat sebagai debit karena suatu Negara membeli asset berharga dari pihak asing (luar negeri). Neraca Modal adalah ukuran investasi jangka pendek dan jangka panjang suatu negara. Yang meliputi : a. obligasi dan real estate) suatu negara. langsung atau jangka pendek. Cadangan devisa terdiri dari : a) Cadangan internasional yang terdiri dari emas dan aset luar negeri yang dapat diperdagangkan. Neraca Modal (Capital Account) Merupakan bagian dari neraca pembayaran yang mencerminkan perubahanperubahan dalam kepemilikan aset jangka pendek dan jangka panjang (seperti saham. Cadangan Devisa Negara (Official Reserves Account) Mengukur perubahan-perubahan dalam cadangan internasional yang dimiliki oleh otoritas keuangan suatu negara. Transaksi-transaksi neraca modal diklasifikasi sebagai investasi portfolio. dengan demikian arus modal neto menggambarkan demand terhadap valuta asing. b. S. Hal ini mencerminkan surplus atau defisit transaksitransaksi ekonomi neraca berjalan dan meraca modal suatu negara yang dihasilkan dengan cara mencari nilai selisih (netting) dari cadangan aset dan cadangan hutang. a.

Basic balance menyeimbangkan neraca berjalan dan arus modal jangka panjang. sementara aset dan hutang likuid tidak dicatat (dikeluarkan). 2. Basic balance menekankan trend jangka waktu yang lebih panjang pada neraca pembayaran. S. seperti deposito deposito bank yang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor temporer. Net liquidity balance (neraca likuiditas neto) atau neraca keseluruhan meliputi basic balance ditambah arus modal jangka pendek tidak likuid pihak swasta dan error and omission. Nana Sudiana. Arus modal swasta jangka pendek tidak likuid dan error and omission tercatat dalam neraca. namun tidak mengikutsertakan arus modal jangka pendek.c) Penurunan cadangan aset tercatat sebagai kredit Ukuran-ukuran Neraca Pembayaran Neraca pembayaran dapat disusun dengan mengkombinasi pos-pos neraca pembayaran berikut : 1. Basic balance focus pada transaksi-transaksi yang dianggap penting bagi kesehatan ekonomis valuta. Neraca Keseluruhan mengukur perubahan pinjaman pihak swasta domestik atau pinjaman pihak swasta domestik ke luar negeri yang dibutuhkan untuk mempertahankan pembayaran dalam posisi equilibrium tanpa menyesuaikan cadangan devisa. kebijakan moneter jangka pendek. perubahan-perubahan dalam suku bunga dan antisipasi-antisipasi fluktuasi valuta.Pd/SMAN 13 Jakarta Page 14 of 14 . Neraca transaksi cadangan devisa menunjukkan penyesuaian cadangan devisa yang akan dibuat untuk mencapai equilibrium neraca. Karena neraca pembayaran harus diseimbangkan. 3. tiap perbedaan yang tidak dapat ditelusuri atas transaksi-transaksi tertentu dicatat dalam statistical discrepancy (selisih yang belum dapat diperhitungkan).