P. 1
Bubur Buah, Makanan untuk Bayi Umur 5 Bulan

Bubur Buah, Makanan untuk Bayi Umur 5 Bulan

|Views: 46|Likes:
Published by Mirza Ashshiddiqi
Makanan yang cocok untuk bayi pada usia 5 bulan
Makanan yang cocok untuk bayi pada usia 5 bulan

More info:

Published by: Mirza Ashshiddiqi on Jul 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

Bubur Buah, Makanan Bayi Umur 5 Bulan

Setelah 4-5 bulan, bayi Anda akan menjadi penasaran terhadap lingkungannya. Sesuatu yang baru dan berbeda akan membangkitkan minatnya. Warna dan pola yang lebih akan menyitaperhatiannya. Dia akan mencoba untuk bangun dan berguling timnya untuk memuaskan rasa ingin tahunya tentang apa yang terjadi di sekelilingnya. Perkembangan setiap bayi tentu berbeda-beda. Begitu juga dengan kemampuan sang ibu dalam memberikan air susunya (ASI) juga tidak sama. Akibatnya banyak ibu-ibu yang belum mengetahui dan bertanya tentang kemungkinan memberikanmakanan bayi umur 5 bulan atau sebelum berumur 6 bulan. Well patut di ketahui, bayi Anda tidak perlu sering menyusui saat ia mencapai 4-5 bulan. Perutnya tumbuh lebih besar pada usia ini dan ia cenderung untuk mengembangkan kebiasaan makan yang lebih seperti orang dewasa. Meskipun makan kurang, ia masih akan menambah berat badan. Bayi mungkin mencoba untuk merebut makanan dari piring orang lain '. Meskipun ia mungkin tidak dapat mengunyah, karena kurangnya gigi, ia akan menjilatnya untuk menguji rasa. Orangtua sering kesalahan ini gerakan bayi dan mendorong dia untuk makan lebih banyak makanan padat. Memang, para dokter dan ahli gizi seringkali menekankan dan menyarankan agar ibu-ibu dapat memberikan air susu ibu setidaknya hingga bayi berumur 6 bulan. Kondisi bayi yang masih lemah, terutama pada pencernaannya, tidak baik apabila diberikan makanan tambahan sebelum waktunya. Sebenarnya banyak risiko yang dapat timbul apabila bayi dipaksakan mengkonsumsi makanan berat. Diantaranya bayi dapat mengalami diare dan tentunya akan mengganggu pencernaannya. Pemberian makanan tambahan sebelum waktunya tentunya juga akan menambah pengeluaran keluarga.

ASI Terhambat
Memang, kondisi setiap ibu yang baru melahirkan berbeda-beda. Untuk yang air susu ibunya lancar bukan masalah. Namun tak jarang pula ada ibu-ibu yang mengalami kendala menyangkut ASI-nya, seperti tidak mau keluar atau memang tidak diperkenankan diberikan untuk bayinya karena suatu penyakit atau suatu sebab tertentu. Tentu saja hal ini harus diatasi dengan pemberian air susu formula. Dalam beberapa kasus, peristiwa semacam ini memang terjadi. Karena itu sang ibu pun tidak perlu khawatir. Meskipun ASI merupakan susu terbaik dengan berbagai kelebihannya, namun kebutuhan bayi harus tetap diberikan. Kalau demikian maka

sang ibu dapat melihat perkembangan bayinya setidaknya hingga berusia 4 atau 5 bulan.

Bubur Buah
Apabila memasuki usia 5 bulan saja bayi sudah memperlihatkan peningkatan kebutuhan terhadap asupan susu formula yang diberikan, tak ada salahnya ibu mulai memperkenalkan makanan tambahan. Makanan bayi umur 5 bulan sebaiknya dari jenis makanan yang paling halus terlebih dahulu, terutama dari jenis buahbuahan. Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk diperkenalkan sebagai makanan tambahan bayi diantaranya adalah buah pisang, papaya, apel, pir, ataupun melon. Buah-buahan ini kaya dengan kandungan gizi yang terbilang lengkap. Seperti zat karbohidrat sederhana, protein, dan lemak baik yang bagus sebagai sumber tenaga. Begitu juga kandungan mineral dan vitaminnya yang cukup besar, seperti kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, B2, dan vitamin C. Apalagi bayi sudah mampu menyesuaikan pencernaannya dengan buah-buahan tersebut, tak ada salahnya ibu memberikan tambahan makanan sumber karbohidrat lainnya, seperti wortel, kental, dan beragam jenis sayur-sayuran. Untuk membuat bubur halus dari bahan-bahan itu, maka kentang, wortel, maupun sayuran lainnya harus dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu. Cara ini akan membuat kandungan gizi tetap terjaga dari pada dimasak dengan air. Setelah itu diblender hingga lembut atau disaring. Jangan sekali-kali memberikan tambahan gula, garam, ataupun rasa pedas pada makanan tambahan bayi. Untuk tahap awal, sebaiknya menu makanan bayi umur 5 bulan ini diberikan setidaknya sekali sehari. Sedangkan apabila bayi tampak masih lapar, bisa diberikan buah-buahan yang lebih ringan, seperti papaya, melon, ataupun apel. Namun, sekali lagi, jenis makanan tambahan ini sebaiknya terus disesuaikan dengan perkembangan bayi. Apabila tidak ditemukan kelainan pada perut atau pencernaan anak berarti anak bisa menyesuaikan.

Tips Memberi Makan bayi
Apakah, bayi berusia 4-5 bulan mampu memiliki makanan lain selain ASI atau susu formula bayi atau tidak, tergantung pada kesehatan bayi nya. Jika bayi tidak mengalami masalah pencernaan terkait sampai 4-5 bulan, ia dapat mulai mencoba makanan padat atau semi-padat dalam dalam menu makanannya. Umumnya, makanan lumat lah yang di berikan ke bayi, karena ia bisa menelan tanpa mengunyah. Pasta dan makanan cair dapat dimasukkan dalam menumakanan bayi. Namun, disarankan bahwa tidak ada yang pedas atau berminyak harus diadili.

Pertama dan terpenting, apa pun yang Anda makan, pastikan untuk mengikuti jadwal yang ketat untuk makanan. Dengan ini, Anda menetapkan untuk nafsu makan bayi rutin sejak usia dini.

     

Sebelum memulai makanan padat, konsultasikan dengan bidan terlebih untuk mendapatkan spesifikasi makanan yang baik untuknya. Menjaga keseimbangan dalam menu makanan bayi dan jumlah nutrisi, sehingga bayi Anda tidak memiliki apapun nutrisi juga mendapat overdosis salah satu nutrisi. Jika Anda memulai item makanan baru yang solid untuk bayi, berikan dengan perlahan step by stage makan hanya 3-4 sendok awalnya, dan tidak perlu habis keseluruhan. Jika ia bisa mencerna item yang tanpa dimuntahkan keluar atau tanpa menimbulkan gangguan lambung, Anda dapat melanjutkan proses makan. Pastikan bayi duduk saat Anda sedang memberinya makan. Bayi 4-5 bulan dapat diselenggarakan di pangkuan atau bisa duduk di kursi bayi, dengan dukungan beberapa. Posisi duduk akan membantunya mencerna makanan lebih cepat dan lebih baik. Gunakan sendok kecil untuk memberi makan bayi dan memberinya makan pada potongan kecil. Jika makanan suam hangat, Anda harus merasakannya sendiri sebelum di berikan kepadanya, untuk menghindari rasa panas pada mulut bayi. Membuat lingkungan yang fun dan menyenangkan selama makan bayi. Jangan membuat bayi berbaring segera setelah makan. Makanan bayi buatan sendiri adalah lebih aman, namun, jika Anda makan makanan kaleng untuk bayi, coba periksa tanggal kadaluwarsa serta bahan dan menghindari makanan yang mengandung ‘tambahan garam' atau 'tambahan gula'. Jangan memberi makan langsung dari bungkusnya. Dan ajari bayi Anda memakan sendiri, melalui penggunaan sendok.

Jenis Makanan Bayi Lima Bulan
Inilah beberapa makanan bayi umur 5 bulan yang bisa Anda berikan

Sereal: Sereal seperti beras, barley, gandum dll dapat diberikan kepada bayi dalam bentuk pasta atau dicampur dengan air bubur kacang-kacangan. Anda juga dapat mencoba untuk memberinya makan nasi atau sereal gandum yang dicampur dengan susu ibu, air atau susu formula.  Buah: Apel, pisang, pir, alpukat adalah buah yang bisa diberikan kepada bayi. Pisang dapat dihancurkan dengan mudah, Namun, apel, pir dan alpukat harus diproses dalam food processor bersama dengan susu, untuk membuat milkshake rasa buah.  Sayuran: Kentang atau ubi, kembang kol, wortel, biji labu, ubi jalar, kacang hijau, brokoli, butternut squash bisa diberikan. Rebus sayuran ini dan potong kecil kecil untuk membuat bubur sayur yang lembut. Jangan menambahkan rempah-rempah, garam atau gula dan serba serbi bumbu di dalamnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->