Kelainan Dan Gangguan

Kelainan dan Gangguan Sistem Saraf

Maria Fransisca Dian Nurul Fitriani

Macam-macam Kelainan dan Gangguan Sistem Saraf
1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) ALZHEIMER NERVE BELL PALSY KANKER OTAK TUMOR OTAK EPILEPSI MENINGITIS ENCEPHALITIS AUTISME

1. ALZHEIMER
Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi di mana sel-sel saraf di otak mati, sehingga sinyal-sinyal otak sulit ditransmisikan dengan baik.

PENYEBAB CIRI-CIRI/GEJALA PENCEGAHAN PENGOBATAN GAMBAR

Penyebab Alzheimer

CirI/Gejala Orang Yang Mengidap Alzheimer
1Perubahahan Kepribadian 2Kehilangan memori yang mempengaruhi kemampuan bekerja 3 Kesulitan mengerjakan pekerjaan biasa 4 Masalah dengan bahasa 5 Disorientasi waktu dan tempat 6 Masalah dengan berpikir abstak 7 Kesalahan menaruh suatu barang 8 Perubahan dalam mood atau kelakuan 9 Kehilangan inisiatif

. berolahraga rutin dan mengisi teka teki silang Hal yang paling penting adalah membiasakan diri untuk berpola hidup sehat.Pencegahan Alzheimer Mengonsumsi minyak ikan. karena Alzheimer tidak hanya menyerang orang lanjut usia. tetapi dapat menyerang anak-anak dibawah umur juga.

Donepezil dan Rivastigmine Donepezil dan Rivastigmine adalah obat yang diminum secara oral untuk mengobati penyakit Alzheimer taraf rendah hingga medium. 2.Pengobatan Alzheimer 1. Memantin Memantin adalah obat yang diminum secara oral untuk mengobati penyakit Alzhaimer taraf Sedang hingga berat .

.

2.  PENYEBAB  CIRI-CIRI/GEJALA  PENCEGAHAN  PENGOBATAN  GAMBAR . sehingga menyebabkan kelumpuhan pada otot wajah di salah satu sisi. NERVE BELL PALSY Bell’s palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah nomor 7 (the facial nerve).

luka wajah.PENYEBAB NERVE BELL PALSY 1. 2.telingan tengah cedera.Trauma. trauma kelahiran.Bell's Palsy atau kelumpuhan saraf wajah .Komplikasi Diabetes Melitus 3.Tumor 4.patah tulang tengkorak.

Ciri/Gejala Orang Yang Mengidap NBP 1 Sakit Kepala 2 Mual 3 Kekacauan pergerakan otot yang mengontrol ekspresi wajah seperti tersenyum 4 Kehilangan daya perasa di bagian wajah 5 Meneteskan air mata 6 Meneteskan air liur 7 Hipersensitif terhadap suara di bagian telinga yang dirusak 8 Ketidakmampuan menutup mata pada bagian wajah yang dirusak 9 Kehilangan indera perasa pada 2/3 bagian depan lidah .

jangan biarkan kipas angin menerpa wajah langsung.Pencegahan NBP  Jangan membasuh muka dengan air dingin. jaket.  Gunakan helm. dan masker ketika berkendara .  Jika tidur menggunakan kipas angin.

yakni .Pengobatan NBP • pengobatan dengan cara fisioterapi.

.

3. PENGOBATAN GAMBAR . KANKER OTAK PENYEBAB Pembengkakan CIRI-CIRI/GEJALA sel neoplasma  PENCEGAHAN ganas yang terjadi di otak.

Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang. dsb. bahan kimia yang termakan 4. kurang serat. Riwayat benturan (jika kepala Anda pernah terbentur). Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker . Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak. makanan berlemak. sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak (yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak).Penyebab Kanker Otak 1. Pola hidup yang kurang sehat: misalnya merokok. 3. 2.

Ciri/Gejala Orang Yang Mengidap Kanker Otak 1 Sakit Kepala 2 Mual 3 Muntah 4 Seizures ( 5 Perubahahan Kepribadian 6 Kelemahan atau kehilangan daya perasa ditangan atau dikaki 7 Kekurangan koordinasi ketika berjalan 8 Ketidaknormalan gerakan pada mata atau perubahan daya pandang 9 Kelelahan 10 Perubahan pada ingatan 11 Perubahan pada kemampuan berbicara .

Pencegahan Kanker Otak Cara mencegah kanker otak adalah dengan cara hidup sehat serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan proxeronin. Proxeronin adalah zat yang sangat baik untuk mengontrol pembelahan sel dengan sempurna. .

Pengobatan Kanker Otak o radiasi (penyinaran) tujuannya untuk membunuh sel kanker o kemoterapi o operasi pengangkatan kanker otak .

.

PENYEBAB CIRI-CIRI/GEJALA PENCEGAHAN PENGOBATAN GAMBAR .4. TUMOR OTAK Pembengkakan sel neoplasma yang terjadi di otak yang bersifat jinak.

Penyebab Tumor Otak .

Ciri/Gejala Tumor Otak 1 Sakit Kepala 2 Mual 3 Muntah 4 Perubahahan Kepribadian 5 Perasaan cepat marah 6 Perasaan mengantuk 7 Perasaan depresi .

Pencegahan Tumor Otak .

Tujuannya adalah untuk mengangkat sebanyak tumornya dan meminimalisir sebisa mungkin peluang kehilangan fungsi otak .Pengobatan Tumor Otak Pembedahan adalah pengobatan yang paling umum untuk tumor otak.

.

EPILEPSI ayan atau epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. PENYEBAB CIRI-CIRI/GEJALA PENCEGAHAN PENGOBATAN GAMBAR .5. Kata 'epilepsi' berasal dari bahasa Yunani (Epilepsia) yang berarti 'serangan'.

seperti yang terkandung dalam rokok. . luka kepala. tumor otak. stroke. alkohol dan zat-zat kimia berbahaya yang dikonsumsi ibu hamil.Penyebab Epilepsi  disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran.

Ciri/Gejala Epilepsi 1 Pandangan berkunang-kunang 2 Gerakan menyentak pada tangan dan kaki 3 Kejang pada tubuh 4 Kehilangan kesadaran atau pingsan 5 Masalah pernafasan atau berhenti bernafas 6 Kehilangan kontrol untuk buang air 7 Jatuh tiba-tiba tanpa alasan yang jelas 8 Tidak merespon terhadap bunyi atau kata-kata untuk beberapa saat 9 Muncul kebingungan atau tersesat 10 Keadaan mengantuk dan cepat marah sejak bangun tidur di pagi hari 11 Kedipan mata secara cepat .

Pencegahan Epilepsi .

Pengobatan Epilepsi .

.

bahkan kematian. pikiran. PENYEBAB CIRI/GEJALA PENCEGAHAN PENGOBATAN GAMBAR .6. MENINGITIS Radang pada selaput otak atau pada selaput sumsum tulang belakang Meningitis adalah penyakit serius karena letaknya dekat otak dan tulang belakang. sehingga dapat menyebabkan kerusakan kendali gerak.

encephalitis. pnemukococcus ) b) virus ( abses otak.Penyebab Meningitis penyebab meningitis di kelompokkan sesuai dengan klasifikasinya yaitu : a) bakteri ( haemopillusinfluensa. limfoma ) . neisseria meningitis.

Ciri/Gejala Meningitis 1 Sakit Kepala 2 Mual 3 Muntah 4 Seizures 5 Perasaan mengantuk 6 Demam 7 Leher terasa kaku 8 Photophobia (Tidak bisa terkena sinar yang terang) 9 Kebingungan 10 Sakit atau nyeri secara bersamaan .

vaksin purified polyribosol nibitol phosphate ( PRP ) 2. vaksin Hib (haemopillusinfluensa) .Pencegahan Meningitis 1.

Pengobatan Meningitis .

.

7. ENCEPHALITIS Radang yang terjadi di otak PENYEBAB CIRI-CIRI/GEJALA PENCEGAHAN PENGOBATAN GAMBAR .

Penyebab Encephalitis  Infeksi oleh virus Encephalitis  Keracunan senyawa arsenik dan karbon monoksida .

Ciri/Gejala Encephalitis 1 Sakit Kepala 2 Seizures 3 Perubahan pada kemampuan berbicara 4 Perasaan cepat marah 5 Leher terasa kaku 6 Photophobia (Tidak bisa terkena sinar yang terang) 7 Kantuk atau lesu 8 Perubahan dalam kewaspadaan. kebingungan atau halusinasi 9 Kehilangan tenaga 10 Kehilangan nafsu makan 11 Langkah yang goyah .

Pencegahan Encephalitis .

Memperhatikan jumlah kalori. .Pengobatan Encephalitis Sebagian besar pengobatan encephalitis adalah : pengobatan nonspesifik yang bertujuan mempertahankan fungsi organ tubuh. keseimbangan cairan elektrolit dan vitamin. ABC (Airway breathing. circulation) harus dipertahankan sebaik-baiknya. protein.

.

8. . AUTISME Autisme atau biasa disebut ASD (Autistic Spectrum Disorder) adalah gangguan perkembangan fungsi otak yang komplex dan sangat bervariasi (spektrum).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful