BAB I ARTIKEL

1.1 Horton River Delta,Arctic Canada

Gambar 1 Delta Sungai Horton

A river flowing down a steep slope follows a pretty straight path, with gravity exerting a tremendous pull on the water. But a river flowing over a flat landscape can meander left and right, occasionally abandoning river channels to become oxbow lakes or to take a shorter route to the sea. In the past few centuries, the Horton River in northwestern Canada stopped wandering and assumed a more direct route to the sea. Situated about 420 kilometers (260 miles) east of the Alaska border, the modern Horton River empties into Franklin Bay; but as this image shows, it once followed a different path. The Advanced Land Imager (ALI) on NASA’s Earth Observing-1 (EO-1) satellite acquired this image on July 31, 2012. The Horton River Delta forms a fan-shaped interruption to the otherwise straight coastline. North of the delta, lakes fill abandoned meanders. Centuries ago, the Horton River continued another 100 kilometers (60 miles) or so

it is not at sea level but instead sits about about 75 meters (250 feet) above sea level. The third line of evidence for the delta’s age comes from studies of the rock and sediment layers. then the breakthrough on geomorphic evidence would have occurred about 1750. The river’s shortcut formed a delta that continued growing for decades. The researchers concluded: “If rates of delta and fan development are assumed constant. the Horton River flows through treeless tundra. One line of evidence comes from historical records. John Richardson of the second Franklin expeditionmapped the mouth of the Horton River sometime between 1825 and 1827. but about 200 kilometers (125 miles) upstream.northward. But subsequent aerial photos showed the delta shrinking later in the 20th century. A comparison between Richardson’s mapping efforts and aerial photographs acquired later indicates that the Horton River Delta expanded between the early 19th century and the mid-20th century. That means driftwood lying in the Horton River’s abandoned channels must have been carried there before the river changed course. researchers from the University of British Columbia used multiple lines of evidence to estimate a time frame for when the Horton River abandoned its old channels and adopted a shortcut to the sea. Next. A study published in . Kendall drew a sketch of it. and cliffs line the coastline. including observed rates of delta growth since the area was first mapped. Analysis showed that the most recent driftwood in the old meanders was deposited before 1640. So once it stopped meandering and broke through a barrier. or getting deposited somewhere along the riverbed.N. Near the sea. the researchers turned to tree-ring dating of driftwood to identify the earliest possible date for the shortcut. In a 1989 study. When pieces of wood wash into the river. draining into Harrowby Bay. spruce trees grow. they can be carried far downstream. Obviously the river had taken its shortcut to the sea by then. either washing into the ocean. Dr. and his colleague E.” Although the land around the Horton River is flat. the Horton River took a steep trip downward to the Canadian coast.

Sumber : http://earthobservatory. Salah satu pantai yang kita bahas kali ini juga berasal dari bumi Lombok yaitu Pantai senggigi yaitu pantai yang letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok.2 Pantai Senggigi Lombok Siapa yang tidak mengenal Lombok. Bila mas/mbak bro naik pesawat.php?id=79044 1. Banyak sekali pantai yang Indah dari daerah Lombok.gov/IOTD/view. daerah dengan pantai yang sangat indah dan mempesona di Indonesia. setelah kurang lebih 15 menit perjalanan yang berkelok – kelok dengan mas/mbak bro sudah sampai disana dan bisa langsung menikmati suasana pantai ini. tiba di bandara Selaparang Mataram terus bisa meluncur ke arah barat jaraknya sekitar 8 km dari bandara. Tidak beda dengan pantai lainnya pantai ini juga menyuguhkan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya serta air laut pantai yang masih bersih dan .1998 concluded that the ocean eventually began to eat away at the delta faster than river sediments could build it. Untuk menuju ke obyek wisata pantai ini tidaklah sulit. Pantai ini memang tidak sebesar pantai kuta di Bali tapi pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Indonesia.nasa. yakin deh pasti gak akan nyesel setelah berkunjung kepantai ini. Gambar 2 Pantai Senggigi Lombok Pantai ini wajib untuk mas bro/ mbak bro kunjungi.

Sumber : http://www. Untuk kehidupan malam di pantai ini mas/mbak bro tidak perlu khawatir karena masih banyak lagi kehidupan yang belum berakhir. alunan musik dan suara bass serta sorak – sorai pengunjung kafe memeriahkan kehidupan malam di pantai yang akan memanjakan mas/mba bro. diving.html .putih. Wisata yang bisa mas/mbak bro dapatkan di pantai ini ada beberapa wisata airnya seperti snorkeling. dan sebagainya.com/pantai-senggigi-lombok. Harga – harga yang ditawarkan cukup lumayan. tidak kalah indahnya sunset di pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. selain itu kita juga melihat turis-turis luar negri berjemur di sepanjang wilayah pantai. Di jamin deh mas/mba bro pasti langsung pengen nyebur untuk mandi.soreharinya seperti biasa sunset di pantai ini jadi andalannya dah.gudangwisata.

Pembentukan delta menghasilkan pola progradasi yang menyebabkan majunya garis pantai dan litologi yang dihasilkan umumnya mempunyai struktur gradasi normal pada fasies yang berasosiasi dengan lingkungan pantai. Faktor-faktor tersebut meliputi iklim. Laut pada daerah muara sungai cukup tenang.Delta terbentuk apabila material sedimen (faktor utama) dari daratan yang terangkut lewat sungai dalam jumlah yang besar masuk ke dalam suatu tubuh air yang tenang. yaitu sebuah lingkungan transisional yang dicirikan oleh adanya material sedimen yang tertransport lewat aliran sungai (channel). debit air. luas shelf. 1985). pada tubuh air tenang yang diisi oleh aliran sungai tersebut. proses yang terjadi di mulut sungai. dan geometri cekungan penerima . sebagian lagi berada di darat/subaerial (Friedman & Sanders. e. tektonik.Dalam pembentuknya delta memiliki syarat-syaratnya yaitu : a. Pantainya relative landai. dan lereng . f. kemudian terendapkan pada kondisi di bawah air (subaqueous). Arus sungai pada bagian muara mempunyai kecepatan yang minimum. gelombang . Selain itu.berpindahnya muara Sungai Horton ini membentuk sebuah delta.BAB II PEMBAHASAN 2. c. angin. Jumlah bahan yang dibawa sungai sebagai hasil erosi cukup banyak.1 Horton River Delta. b. vide Serra. d.pembentukan delta dikontrol oleh interaksi yang rumit antara berbagai faktor yang berasal/bersifat fluviatil. proses pasang surut . Tidak ada gangguan tektonik (kecuali penurunan dasar laut seimbang dengan pengendapan sungai). arus.Arctic Canada Sungai Horton di Barat Laut Kanada berhenti mengalir dan diasumsikan membuat rute yang lebih dekat dengan laut sehingga bermuara ke Franklin Bay yang terletak sekitar 260 km sebelah timur dari perbatasan Alaska. Bahan-bahan hasil sedimentasi tidak terganggu oleh aktifitas air laut. 1978. proses di laut dan kondisi lingkungan pengendapan. muatan sedimen.

Pada daerah dengan iklim lembab. Proses sedimentasi utama di delta plain adalah arus sungai.yang dipisahkan oleh lingkungan perairan dangkal dan merupakan permukaan yang muncul atau hampir muncul. Dari kenampakan poto udara Delta Sungai Horton dapat terlihat bagianbagian deltanya. Distributay Plain/Delta Plain Merupakan bagian delta yang berada pada bagian lowland yang tersusun atas active channel dan abandoned channel .(receiving basin) yang akan mengontrol distribusi. walaupun arus tidal juga muncul. Delta plain mungkin mengandung komponen organik penting seperti gambut. arus laut sepanjang pantai (marine longshore current) dan aksi gelombang . Delta Plain dicirikan oleh suatu distributaries dan interdistributaries area. 2. dan geometri internal endapan delta. Gambar 3 Bagian-bagian Delta Sungai Horton Bagian-bagian delta tersebut adalah : 1. dimana sedimen secara konstan dirombak oleh arus pasang surut (tidal). orientasi. Delta Front Delta front merupakan sublingkungan dengan energi tinggi.

Pro Delta Prodelta merupakan lingkungan transisi antara delta front dan endapan marine shelf. Delta front terdiri dari zona pantai dangkal yang berbatasan dengan delta plain Delta front ditunjukkan oleh suatu sikuen yang coarsening upward berskala besar yang merekam perubahan fasies vertikal ke arah atas dari sedimen offshore berukuran halus atau fasies prodelta ke fasies shoreline yang biasanya didominasi batupasir. umumnya dengan sedikit bioturbasi . dan endapan stream mouth bar.(kedalaman 10 meter atau kurang). near shore. 3.tingkat energi gelombang dan tingkat energi pasang surut akan memepengaruhi bentuk geometri delta tersebut. Sedimen yang ditemukan pada bagian delta ini tersusun oleh material sedimen berukuran paling halus yang terendapkan dari suspensi. longshore.Dari kenampakan delta kita dapat menggolongkannya berdasarkan klasifikasi yang telah ada. Merupakan bagian dari delta di bawah kedalaman efektif erosi gelombang.dkk (1969) dan Klasifikasi menurut Galloway (1975). laminasi. . Sikuen ini dihasilkan oleh progradasi delta front dan mungkin terpotong oleh sikuen fluvial distibutary channel atau tidal distributary channel saat progradasi berlanjut (Serra. Pasokan sedimen. mengindikasikan tidak adanya pengaruh fluvial (Davis. Endapan ini berada di bawah efek gelombang. 1985). 1983).sehingga menghasilkan bentuk yang bermacam-macam.untuk delta terdapat 2 klasifikasi yang sering dipakai yaitu Klasifikasi menurut Fisher. distributary mouth bar. dan burrowing structure. terletak di luar delta front dan menurun ke lantai cekungan sehingga tidak ada pengaruh gelombang dan pasang surut dimana terjadi akumulasi mud. Struktur sedimen masif. Seringkali dijumpai cangkang organisme bentonik yang tersebar luas. Endapan pada delta front meliputi sheet sand delta front. Endapan prodelta terdiri dari marine dan lacustrine mud yang terakumulasi dilandas laut (seaward). endapan river-mouth tidal. pasang surut dan arus sungai.

Sedangkan berdasarkan klasifikasi menurut Galloway.Pantai Senggigi Lombok mempunyai luas sekitar 4. Gambar 4 Klasifikasi Delta menurut Galloway (1975) Gambar 5 Klasifikasi Delta menurut Fisher 1969 2.Klasifikasi ini didasari oleh proses fluvial dan influks sediment dan proses laut. Material .Dari kenampakannya Delta Sungai Horton ini termasuk kedalam Lobate Delta (klasifikasi menurut Fisher.1975 termasuk kedalam bentukan lobate delta.dimana proses fluvial dan pasokan sedimen yang dominan mengontrol pembentukan delta ini.dari klasifikasi ini kita bisa mengetahui factor apa yang mempengaruhi bentukan delta tersebut.pantai ini memiliki bentuk pantai yang berbentuk lengkung dengan lebar pantai 25-50 meter.dkk 1969 ). lobate yang dihasilkan merupakan pengaruh dari proses fluvial dan tidal dengan sedikit pengaruh gelombang (wave).700.dilihat dari klasifikasinya. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok.Lobate Delta dalam klasifikasi ini bersifat bersifat high constructive.2 Pantai Sengigi Lombok Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. dan kemiringan lereng 0-2 %.

dan material tuff. b.Bentukan pantai sengigigi yang lengkung tersebut disebakan abrasi oleh air laut. Coast.yaitu : a. Shore Line.yaitu jalur yang relative berbentuk baris dan relatif merupakan batas antara daerah yang dicapai air laut dan yang tidak bisa.yaitu daerah yang langsung mendapatkan pengaruh air laut dan selalu dapat dicapai oleh pasang naik dan pasang surut. koluvium.1963) bahwa Pantai Sengigi merupakan jenis pantai yang dibentuk oleh pengendapan asal darat (Pantai Primer). . Beach.Dari melihat proses yang terjadi dan litologi yang ada disana memperlihatkan bahwa pantai sengigi merupakan pantai hasil pengendapan material asal darat.yaitu daerah yang berdekatan dengan laut dan masih mendapatkan pengaruh air laut.Dapat diklasifikasikan berdasarkan Klasifikasi Pantai Secara Tenaga Geomorfik (Shepard. Gambar 6 Kenampakan Pantai Senggigi Pada daerah pantai yang masih mendapatkan pengaruh air laut dibedakan menjadi 3.penyusun pantai ini adalah sedimen tak padu yang berupa aluvium. c. Proses geomorfologi dalam pembentukan pantai ini yang dominan adalah proses pengendapan (sedimentasi) oleh proses fluvial.

Semarang: Teknik Geologi Undip. 1978. .php?id=79044 (diakses pada tanggal 2 Mei 19. 2007.P. http://earthobservatory.DAFTAR PUSTAKA Koesoemadinata. R..gov/IOTD/view.30 ) Asisten Geomorfologi dan Geologifoto.nasa. Geologi Minyak dan Gas Bumi.30 ) http://www.html (diakses pada tanggal 2 Mei 20. ITB. Panduan Praktikum Geologi dan Geomorfologifoto.com/pantai-senggigi-lombok.gudangwisata. Bandung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful