P. 1
Presentasi Dr.djauhar

Presentasi Dr.djauhar

|Views: 3|Likes:
Published by masterdien

More info:

Published by: masterdien on Jul 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/11/2014

pdf

text

original

SEKSOLOGI

FAKHRUDDIN AHMAD

DEFINISI
• Seksologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek seksualitas, bukan hanya sekedar informasi yang enak didengar dan bersifat erotik yang dapat disampaikan oleh setiap orang tanpa dasar ilmiah .

sehingga terjalin saling pengertian . dan ketuban pecah dini . . • Tidak ada larangan melakukan hubungan intim selama kehamilan kecuali bagi istri yang mengalami partus Prematurus. perdarahan antePartum. mual . • Harus terjalin komunikasi yang baik . karna suami ingin melakukan hubungan intim .Seksualitas Dalam Kehamilan • Saat wanita hamil sering terjadi perubahan : gairah sex menurun . • Hal ini sering mengakibatkan konflik . lelah .

sehingga suami dapat meningkatkan aktivitas sentuhan atau rangsangannya pada istri sebelum hubungan seksual. lubrikan). . • Pada umumnya wanita diperbolehkan berhubungan seksual setelah tiga minggu post partum dengan alasan luka episiotomi atau luka sayatan bedah sesarnya telah sembuh .Seksualitas Pascapersalinan • Bagi wanita yang sedang menyusui terjadi penurunan produksi hormon estrogen dari ovarium sehingga menyebabkan suasana dalam vagina kering • Untuk mengatasi kekeringan tersebut dapat diberikan jeli (pelicin.

Seksualitas Pada Menopause Menopause terjadi mulai usia 45 – 50 tahun . Wanita mengalami penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron . akibatnya kulit menjadi kering. keriput. dan vagina pun kering sehingga menurunkan keinginan seksualnya . Dengan berolahraga teratur dapat menjaga hasrat seksualnya .

Sebagian ada yang membolehkan dengan alasan : Sebagian perempuan justru bergairah pada saat haid Perempuan sedang dalam malam pertama perkawinanhya. Suami berpisah lama karena bertugas dan datang pada saat haid .Hubungan Seksual Pada Saat Haid • Hal ini sering menjadi perdebatan tentang boleh atau tidaknya berhubungan saat haid • 1. 3. 2.

Istri sedang tidak bersih 2. Karena mitos atau kepercayaan agama Dalam dunia medis tidak ada hal “benar” atau “salah” dalam melakukan hubungan intim saat haid Saat wanita menstruasi terjadi peningkatan pH dan lendir yang melindungi vagina ikut turun keluar sehingga proteksi terhadap infeksi menurun jadi selagi pasien tidak ada indikaasi terkena infeksi maka boleh melakukan hubungan .• Sebagian melarang karna : 1. .

• Pada istri yang mendapat haid secara teratur akan berovulasi pada pertengahan siklus haid. sehingga istri tidak dapat hamil kalau melakukan hubungan seksual waktu haid . hal ini tidaklah tepat tergantung dari : siklus haid istri teratur atau tidak .• Sebagian orang berpendapat melakukan hubungan intim saat haid mencegah terjadinya kehamilan .

kemungkinan hamil dapat terjadi . • Hal ini disebabkan spermatozoa dapat hidup di tuba Fallopii lebih dari 5 hari . sedangkan hubungan suami istri dilakukan pada hari terakhir masa haid dan perempuan berovulasi 5 hari kemudian. • Misalnya.• Istri yang siklus haidnya tidak teratur dapat terjadi kehamilan . bila siklusnya lebih pendek. .

. 2. bahkan dapat dihentikan. Masa dataran tinggi (plateau phase) Apabila rangsangan diteruskan dan tegangan meningkat. maka masa rangsangan ini berlanjut kemasa berikutnya yaitu masa dataran tinggi. Masa rangsangan (ekxcitement phase) Akibat dari rangsangan tubuh atau / dan rangsangan psikis dan merupakan masa yang paling panjang serta lamanya dapat diatur menurut kehendak yang bersangkutan.Konsep Master & Jhonson tahapan terjadinya rangsangan seksual 1.

. Masa orgasme (orgasmic phase) Singkat (beberapa detik). yang pada pria disertai penyemprotan air mani dari urethra (ejakulasi). 4. Masa peredaan (resolution phase) masa kembali kedalam keadaan semula.3.

.

• Daerah-daerah erogen tubuh ialah daerah-daerah yang dapat menimbulkan rasa erotik nikmat apabila dirangsang dengan sentuhan-sentuhan . • Reaksi terhadap rangsang seksual pada wanita dan pria sangat bervariasi. . baik dalam intensitasnya maupun secara individual .

Payudara .Puting susu .Bokong .Mons pubis .Lidah .Daerah Erogen Wanita .Tengkuk leher .Bibir .Klitoris .

Daerah Erogen Pria  Dada  Skrotum  Mulut .

.

c. Frigiditas Frigiditas adalah salah satu gangguan seksual pada perempuan dimana perempuan sama sekali tidak bereaksi terhadap rangsangan erotis seksual sehebat apa pun. Anorgasme Anorgasme adalah orgasme yang tidak dapat dicapai sama sekali dalam siklus seksual. b. Rasa sakit ini timbul karena vagina tidak mengalami perlendiran akibat tidak terangsang dengan cukup. .Wanita a. Sekunder. Tiga macam anorganisme: Primer. Dispareunia Dispareunia adalah hubungan seksual yang menimbulkan rasa sakit. Situasional.

Nimfomania Keinginan hubungan seksual berlebihan yang dapat merupakan obsesi ( kegilaan ) dan dapat mengakibatkan penyelewengan seksual dalam pernikahan atau pelarian ke prostitusi . Vaginisme Vaginisme adalah terjadinya spasmus otot vagina ½ bagian luar dan sekitarnya sehingga hubungan seksual tidak dapat dilakukan. e.d.

b. tetapi tidak dapat mencapai orgasme dan ejakulasi. Impotensia koendi Ketidakmampuan bersetubuh pada laki-laki karena kemampuan ereksinya kurang atau tidak ada walaupun libido tetap ada. . Impotensia Ejakulandi Laki-laki yang memiliki libido sehingga dapat bereaksi dan bersenggama.Pria a.

. d.c. Ejakulasio Prekoks Pengeluaran sperma yang terlalu cepat yaitu sebelum atau segera setelah penetrasi penis. Impotensia satisfaksionis Tidak terjadi ejakulasi. ejakulasi kurang atau hampir terjadi ejakulasi disertai orgasme.

Makacih banyak yaccch. :P .......... Cama-Cama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->