Format 1: EVALUASI DIRI GURU BIMBINGAN KONSELING

Nama Sekolah: SMK N 2 YOGYAKARTA
Alamat: JL.AM SANGAJI 47 Nama Guru: A. Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru I. Perencanaan Pembelajaran 1. Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan layanan BK. Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen, memilih instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil assesmen. 3. Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan BK berdasar kebutuhan peserta didik/konseli. 4. Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan dan pendukung sesuai dengan materi dan bidang layanan BK. 5. Guru BK/Konselor dapat menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK. 6. Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya pelaksanaan layanan BK. II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif Teori dan Praksis BK 1. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK. 2. NSS: 32104604001 Kecamatan Kab/Kota: YOGYAKARTA : JETIS Tahun Tanggal : Pelajaran: 2012 / 2013 Evaluasi diri terhadap kompetensi terkait (kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait) dalam pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut

2. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis pendidikan dalam pelayanan BK. 1

dan potensi pribadi. serta tinggi. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan 2 . azas. dasar dan menengah. dan fungsi). Persiapan Layanan BK 9. 8. nonformal dan informal.3. prinsip. 7. Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat. Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis. minat. 5. Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jenis dan jenjang satuan pendidikan usia dini. Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jalur satuan pendidikan formal. Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap. 6. 4. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasardasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Pelaksanaan BK 10. perilaku dan kebiasaan belajar.

sosial. Pelaporan dan Tindak Lanjut 1. 11.berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung yang ada dalam RPL (Satlan/Satkung). kemampuan belajar dan perencanaan karir. 13. Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan program BK selanjutnya. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasardasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) III. Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK. Penilaian Pembelajaran Evaluasi Program BK 1. 3. Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan 3 . 12. 14. Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi. Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK. Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil evaluasi program BK kepada pihak terkait. 2. Penilaian Keberhasilan Layanan BK 15. Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK. Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program BK.

2. Tanda tangan Guru: Tanda tangan Kepala Sekolah: 4 . Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK. 4.pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK. 3. Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan penelitian dalam BK. Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful