P. 1
SOAL UAS MUTU

SOAL UAS MUTU

|Views: 704|Likes:
Published by Yulinda Aswan

More info:

Published by: Yulinda Aswan on Jul 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2015

pdf

text

original

SOAL UAS SEMESTER IV TAHUN 2011 STIKES MAHARANI MALANG MUTU PELAYANAN KEBIDANAN Berilah Tanda X Pada Pilihan

Jawaban yang Paling Tepat! 1. Standar pelayanan kebidanan terdiri dari 24 standar yang dikelompokkan sebagai berikut (kecuali).......... a. Standar pelayanan umum (2 standar) b. Standar pelayanan Antenatal (6 standar) c. Standar pertolongan persalinan (3 standar) d. Standar pelayanan nifas (3 standar) e. Standar kegawatdaruratan obstetri-neonatal (9 standar) 2. Suatu Standar dikatakan efektif bila....... a. Dapat diobservasi dan diukur b. Dapat dihitung c. Kurang dibutuhkan d. Sangat tepat e. Sulit dilakukan 3. Dibawah ini merupakan manfaat penerapan standar pelayanan kebidanan yang bukan adalah....... a. Berguna dalam penerapan norma dan tingkat kinerja yang diperlukan b. Melindungi masyarakat, karena penilaian terhadap proses dan hasil dapat dilakukan dengan dasar yang jelas c. Untuk pelaksanaan, pemeliharaan dan penilaian kualitas kebidanan d. Untuk menentukan kompetensi yang dilakukan bidan dalam menjalani praktek sehari-hari e. Untuk memudahkan bidan koordinator dalam melakukan bimbingan medis 4. Bidan melakukan pencatatan semua kegiatan yang dilakukannya, mulai dari registrasi Ibu hamil hingga rincian kunjungan rumah dan penyuluhan merupakan.... a. Standar 1 b. Standar 2 c. Standar 3 d. Standar 4 e. Standar 5 5. Yang merupakan standar pelayanan antenatal adalah..... a. Asuhan persalinan kala I b. Persiapan persalinan c. Perawatan bayi baru lahir d. Persalinan kala II yang aman e. Pencatatan dan pelaporan 6. Bidan mampu mengenali secara tepat tanda dan gejala sepsis puerperalis, serta melakukan pertolongan pertama atau merujunya merupakan standar ke... a. Standar 21 b. Standar 22 c. Standar 23 d. Standar 24 e. Standar 20 7. Yang bukan merupakan wewenang bidan pada standar 1 adalah.... a. Penyuluhan kesehatan secara umum b. Penyuluhan tentang KB c. Mendukung kebiasaan yang tidak baik d. Mendukung kelompok Ibu/ KPKIA dan posyandu e. Melakukan penyuluhan tentang gizi

Air seni kurang 30cc/jam d.. Nyeri pada perut 14... Nadi lemah dan cepat b. Terdapat masalah mengenai makan tidur e. penanganan dan/atau rujukan semua kasus anemia pada kehamilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku merupakan standar ke. Nafas cepat c.. penemuan.. Bidan memberikan saran yang tepat kepada ibu hamil.. 3 X c.. 4 X d. Standar 10 c. 2X b. Asuhan persalinan kala II e... Sesuai dengan standar 15 tanda-tanda bahaya pada bayi yaitu. Bidan melakukan tindakan pencegahan.. 6X 9. Yang bukan tanda dan gejala syok sesuai standar16 adalah. a. a. Penanganan perdarahan dalam kehamilan pada trimester III merupakan . muntah.. Perdarahan pervagina saat lahir b.8. Sesuai dengan standar 4 pemeriksaan antenatal minimal dilakukan sebanyak. a.... Bidan telah terlatih dalam membantu ibu memberikan ASI c. a. Yang bukan prasarat dari pelayanan masa nifas adalah... a. a.. Tujuan pelayanan bagi ibu dan bayi pada masa nifas antara lain yang bukan. Standar 10 c. Memberikan penyuluhan mengenai ASI eksklusif 12. Memberikan pelayanan kepada ibu dan bayi sampai 42 hari setelah persalinan d.. Memberikan pelayanan pada Ibu sampai 2 jam setelah persalinan b. Asuhan persalinan kala I d. suami/keluarganya pada trimester III memastikan bahwa persiapan persalinan bersih dan aman merupakan standar. Standar 8 b. Standar 16 15. a. Berkeringat atau kulit dingn dan basah ... Pengelolaan dini hipertensi pada kehamilan 11. Identifikasi ibu hamil b.. Standar 14 e.. Bidan telah terlatih dalam membebaskan jalan nafas bayi b.. Bayi kuning.. Memandikan bayi setelah dilahirkan e.. Terdapat masalah mengenai makan tidur e. Tekanan darah yang meningkat d. Standar 6 10... Bidan telah terlatih dalam perawatan nifas d.. dan demam > 37.. Bidan telah terlatih mengetahui komplikasi yang dapat terjadi pada masa nifas e. diare. Standar 14 e. Mendeteksi dini adanya komplikasi masa nifas c. Standar 8 b..5° C c. Standar 12 d. Persiapan persalinan c.. Bidan telah terlatih penyuluhan dan pelayanan KB 13. Standar 12 d. a.. 5X e..

. Standar 16 c. Komplikasi segera dideteksi dan dirujuk b. Prasarat bidan boleh melakukan perawatan bayi baru lahir antara lain... Bidan dapat mengatasi perdarahan pada bayi d. Standar 16 23. Standar 17 d. Merujuk Ibu ke rumah sakit terdekat c.. a. Berikan minuman hangat untuk Ibu e.... a. Bidan mendapat pelatihan KB 21. Bidan melakukan pemantauan Ibu dan bayi paling sedikit selama 2 jam setelah persalinan serta melakukan tindakan yang diperlukan. Bidan sudah dilatih dengan tepat dan terampil untuk mendampingi persalinan dan merawat bayi baru lahir b...... Standar 10 c. Penurunan kematian akibat perdarahan pasca persalinan primer d. Pemberian ASI dimulai dalam 1 jam pertama sesudah persalinan . Standar 14 e.. Memeriksa tekanan darah Ibu 17. Memberikan penyuluhan tentang bahaya perdarahan jalan lahir d. Standar 14 e.. Memeriksa tekanan darah 20. a. Standar 10 c.. Standar 18 e. Standar 12 sebaiknya dilakukan oleh bidan bila.. Standar 12 d.. Hasil yang tidak diharapkan dari standar pematauan Ibu dan Bayi paling sedikit 2 jam antara lain. Melakukan periksa dalam b. Standar 15 b... Sarankan ibu untuk sering memberi ASI b. Standar 8 b. Bidan dapat menilai apgar skor e. Ingin mempercepat proses persalinan utuk keperluan lain 22.. Merupakan pernyataan standar dari standar. Letakkan bayi pada dada Ibu agar terjadi kontak kulit dengan kulit d. a.16. Terjadi gawat janin pada kala I b. Penurunan kejadian infeksi pada Ibu dan bayi baru lahir c. a. Standar 8 b.. Bidan mengenali secara tepat tanda dan gejala perdarahan pada kehamilan. serta melakukan pertolongan pertama dan merujuknya merupakan standar ke.. Bidan sudah lulus pendidikan DIII kebidanan c. Dalam standar 13 yang bukan penanganan pada bayi hipotermi antara lain. Mengenali secara dini tanda dan gejala preeklamsia berat dan memberikan perawatan yang tepat dan memadai. Kepala belum nampak pada vulva e. DJJ < 100 pada kala II c.. a. Memeriksa keadaan umum Ibu e... a. Standar 12 d. Jaga ruangan agar tetap hangat c.. a. Standar 19 19. DJJ < 160 pada kala II d. Standar 16 18.. Yang sebaiknya tidak dilakukan bidan ketika Ibu mengalami perdarahan diatas 22 minggu adalah.

Bidan dapat mengerjakan partograf e... Standar mutu pelayanan kebidanan adalah.18 b. Standar 4. mandiri 28.. Standar 9. Bidan mampu mengenali retensio placenta b. Yang bukan merupakan syarat pelayanan kesehatan yang baik yaitu.. Standar pertolongan pada Ibu yang mengalami perdarahan tergabung dalam. 8 c.. Bidan telah terlatih dalam manajemen aktif kala III c. keuntungan d. environtment d. Effectif b. a. Standar 15.. a. Standar 21. a. Dana b. Rumusan tentang penampilan atau nilai yang diinginkan b.. Empat unsur pokok program menjaga mutu aantara lain yang bukan.. Rumusan tentang penampilan atau nilai yang diinginkan yang telah ditetapkan d. Keluarga dan Ibu dapatmemberikan informed consent 26. procces e. tersedia d. a..... tindakan e.e. Penurunan kejadian perdarahan hebat karena retensio placenta d.. Pernyataan standar b. Performance . manfaat c. 16 25. 21 d. a.. Berikut ini merupakan hasil dari penanganan standar 20.. Tenaga e. 22 e. Organisasi d.. Yang merupakan unsur lingkungan dalam program menjaga mutu yaitu. efficient c... a... Keadaan psikologis Ibu dan janin kurang dekat 24. Dalam suatu standar terdapat lima komponen antara lain. output 30.. Rumusan tentang penampilan atau nilai yang diinginkan yang dicapai c. price c. Standar 12. Sarana c. murah e. Input b. pengertian 29.. a. Rumusan tentang penampilan atau nilai yang diinginkan yang dicapai dan ditetapkan e. Rumusan tentang penampilan atau nilai yang diinginkanyang mampu dicapai berkaitan dengan parameter yang ditetapkan 27..

Tujuan dari standar 5 antara lain. Standar pelayanan umum diperuntukkan bagi.. Prospektif b.. PUS e... a. Mengawasi ukuran berat bayi . Konkuren d. Memantau pola gerak janin d. Memperkirakan usia dan posisi janin c. WUS d. a... Manfaat program menjaga mutu antara lain..31. a. Mencegah hipertensi pada kehamilan sesuai dengan standar 7 dilakukan dengan cara.. Retrospektif e. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat b. Memeriksa DJJ c. Remaja c. Meingkatkan tingkat ekonomi dalam masyarakat 32. Program menjaga mutu internal 36. terutama.... Yang merupakan tujuan dari standar 5 adalah. Memperkirakan usia kehamilan b. Seluruh lapisan masyarakat 33. Mengawasi pola aktivitas Ibu 35. Mengukur tekanan darah setiap periksa b. Anak-anak b. Mendengarkan DJJ d. Meningkatkan angka kelahiran bayi c. Mendeteksi adanya komplikasi e. Program menjaga mutu dapat dibedakan menjadi 3 macam yang bukan adalah. a.. Memberikan obat penurun hipertensi c.. Memudahkan mengetahui keadaan janin b. Meningkatkan efficiensi pelayanan kesehatan d. Memberi pendekatan psikologis ibu e.. Program menjaga mutu sebelum dilakukan c. Meningkatkan taraf hidup masyarakat e. Memantau gizi janin e... a. a.. Meningkatkan pemantauan janin 34... Memantau pola konsumsi Ibu d..

bidan baru lulus pendidikan DIII kebidanan b. bidan mampu menolong persalinan d.. Tujuan dari standar 6 antara lain.. Latar belakang kepentingan kelompok d. ibu bersalin mendapat pertolongan darurat b.. a..... Standar 20 b.. Ibu yang hamil trimester III c... serta melakukan tindakan secepatnya merupakan standar. PUS e. Memberikan obat sesuai pada saat persalinan c. a. Mendengarkan keluhan masalah Ibu d... Standar 8 diperuntukkan bagi. a. Memudahkan mengatasi anemia b. Memberikan pelayanan kebidanan yang memadai dalam mendukung persalinan yang aman untuk ibu dan bayi d. Memberi pelayanan kebidanan maksimal dalam proses persalinan e. Mendeteksi adanya komplikasi e.. Menideteksi dini adanya anemia dan segera mengatasinya . Menurunkan terjadinya atonia uteri d. a. Standar 23 40. Memastikan persalinan bersih dan aman untuk ibu dan bayi 39. Yang tidak termasuk dalam persepsi mutu pelayanan kebidanan antaralain. terutama. Menurunkan terjadinya retensio plasenta 38. Mengurangi angka kematian dan kesakitan Ibu e. a. memastikan persalinan berjalan lancar b. Ibu yang sedang hamil b... bidan kurang diterima dalam lingkungan masyarakat c. Seluruh lapisan masyarakat 43. hasil dari persalinan kala II yang aman antara lain. Bidan mengenali dengan tepat bayi baru lahir dengan asfiksia.. bidan bekerjasama dengan tokoh masyarakat untuk menemukan Ibu hamil 42. Standar 22 d. tujuan asuhan persalinan kala I antara lain. Penilaian terhadap mutu b. a...37. Pelayanan kesehatan multi dimensional e. WUS d. Memperkirakan usia kehamilan c. bidan mengenal tokoh masyarakat dan lingkungannya e. Latar belakang dan kepentingan individual 41. Standar 24 e.. prasarat standar 3 antara lain.... Standar 21 c.. meningkatnya kepercayaan terhadap bidan c.. Melakukan penilaian tidak mudah c. a...

a. a. Bidan mengenali dengan tepat dan dini adanya perdarahan postpartum sekunder merupakan standar.. Standar 24 e. tujuan dari standar 15 antara lain. Mengurangi angka kematian dan kesakitan Ibu e. Standar 22 d. yang bukan hasil dari persalinan kala II yang aman antara lain. Memantau pengeluaran plasenta d. Berkurangnya angka kematian dan kesakitan Ibu akibat partus lama d... meningkatnya kepercayaan terhadap bidan c. Mengawasi pola aktivitas Ibu setelah melahirkan 45. memastikan persalinan berjalan lancar b.. selama tindakan e. Konkuren .44... Memastikan persalinan bersih dan aman untuk ibu dan bayi 49. Program menjaga mutu sebelum dilakukan c.. Memberi pelayanan kebidanan maksimal dalam proses persalinan e. Retrospektif .. . Yang merupakan hasil standar 23 antaralain.. Standar 23 50. Memantau kala III e... konkuren. Memberi pendekatan psikologis ibu e. aman dan nyaman... Yang merupakan tujuan dari standar 20 adalah..... Standar 21 c.. Memastikan persalinan bersih.. Program menjaga mutu internal 46. Memperkirakan usia kehamilan b. Persalinan bersih dan aman b. a. Program menjaga mutu dapat dibedakan menjadi 3 yaitu. a. sebelum tindakan. a. prospektif d... Berkurangnya angka kematian dan kesakitan Ibu akibat partus lama d. hasil asuhan persalinan kala I antara lain.. Menurunkan terjadinya sepsis puerperalis 48. retrospektif b. Memberikan obat sesuai pada saat persalinan c. memastikan persalinan berjalan lancar b. konkuren. Prospektif . Meningkatnya pemanfaatan bidan dalam pelayanan nifas c. Standar 20 b. Memantau pola konsumsi Ibu d. a. Memberi pelayanan kebidanan maksimal dalam proses persalinan e... Memberikan pelayanan kepada Ibu dan bayi sampai 42 hari post partum c.. a. Mengukur tekanan darah setiap periksa b. Mengenali dan melakukan tindakan pada retensio plasenta 47.. Menurunkan terjadinya asfiksia neonatorum d. Memeriksa DJJ c.

.. Protein urin d. Persalinan sungsang 53.. berdasarkan kasus diatas Ny. Hipertensi e. Ketuban pecah dini b.... a. Ny. TBC c.. Spuntum c. a. Setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan hasil tekanan darah 140/90mmHg dan pada palpasi kaki Ibu oedem. Dari kasus diatas dapat didiagnosa bahwa Ibu mengalami . berdasarkan hasil pemeriksaan didapat bahwa konjungtiva pucat lidah berwarna putih tidak oedem tensi darah 130/80 DJJ 130/menit. Preeklamsi d.. Standar 19 54. “F” didiagnosa sebagai berikut.”F” melahirkan seorang anak laki-laki dengan berat badan 2300 gram maka persalinan pada Ny. Gawat janin e. Pada 3bulan 1 minggu berikutnya Ny.. Gawat janin e. cepat pusing. a.” F” GI P0000 Ab000 usia kehamilan 6bl datang ke bidan dengan keluhan mudah lelah. Standar 7 e... HB b. Gawat janin b. dan ibu jarang mengkonsumsi sayuran hijau. NST e. Ny. a.. Hb 10. a. Standar 24 d. Anemia b.. USG ...”F”dapt digolongkan persalinan dengan.. sehingga bidan harus melakukan tindakan vacum ekstraktor.. Standar 20 c. Standar 8 b.51. Jika ada Ibu bersalin dan mengalami kesulitan saat persalinan sedangkan bayi harus segra dilahirkan. Hiperemesis 55.. BBLR c... Sesuai dengan kasus diatas untuk menegakkan diagnosa dilakukan pemeriksaan. Persalinan sungsang 52. Cacat saat lahir d. Maka tindakan bidan sesuai dengan standar.. Anemia d. Preeklamsi c.”R” hamil anak ke 2 datang ke tempat bidan dengan keluhan pusing dan pandangan kabur..

..... a. Standar 20 d. Standar 21 58.00WIB dilakukan pemeriksaan dalam pembukaan 4cm ketuban sudah pecah dan pada jam 19. Standar 19 b..”A” P1001 bayi lahir jam 08. Menunggu 15 menit berikutnya sambil melakukan PTT bila timbul kontraksi uterus d.00WIB dilakukan injeksi oksitosin yang kedua pada jam 08. Berdasarkan kasus diatas pada standar tersebut apa yang harus dilakukan bidan.. Ny. Memasang infus sambil merujuk ke rumah sakit rujukan . Merujuk pasien ke rumah sakit rujukan e. Ny.. Menunggu 15 menit berikutnya b..56.. Standar 15 57.. Menunggu 15 menit berikutnya sambil melakukan PTT c. Standar 24 e.. Standar 18 d.”H” GII P1001 Ab000 datng ke BPS jam 06. Standar 24 c..00 WIB dilakukan VT yang ketigakalinya ternyata pembukaan masih tetap kasus diatas sesuai dengan standar. a. a.15 WIB. Standar 18 c.. ternyata tidak ada tanda-tanda keluarnya plasenta jadi seorang bidan seharusnya melakukan standar. Standar 17 e. Standar 23 b..

b 51. c 39. d 40. b 45. d 25. c 58. e 15. e 27. e 47. c 9. d 48. e 44. b 5. b 43. a 37. c 8. b 6. d 28. c 26. d 23. d 12. c 52. c 50. e 10. c 2. b 34. b 11. a 3. c 49. e 33. a 13.JAWABAN SOAL UAS MUTU PELAYANAN KEBIDANAN SEMESTER IV STIKES MAHARANI MALANG TAHUN 2011 1. c 7. e 42. c 19. e 24. c 41. e 4. b 53. c 31. c 32. e 54. e 36. b 30. a 46. e 21. b 22. a 20. e 18. b 38. c 57. a 17. c 55. c 56. a 29. c . d 16. a 35. b 14.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->