makalah (keanekaragaman makhluk hidup

)

MAKALAH “KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP” Diajukan guna memenuhi nilai mata kuliah Biologi Umum 1

Disusun oleh : Kelas 1 A DINAS PENDIDIKAN KAB CIAMIS UNIVERSITAS GALUH TAHUN 2011-2012 KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kepada alloh SWT bahwasannya penulis dapat menyelesaikan makalah sederhanan ini. Adapun judul makalah yang penulis ambil adalah :

“KEANEKARAGAMAN MAKHLK HIDUP” Penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat sederhana dan masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Hal ini disebabkan karna keterbatasan kemampuan dan pengalaman penulis dalam pembuatan makalah ini.Namun berkat keuletan akhirnya penulis bisa mengatasi masalah yang dihadapi. Dan akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.

Ciamis, desember 2011 Penyusun

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I: PENDAHULUAN BAB II: PEMBAHASAN A.Mengetahui arti keanekaragaman makhluk hidup

fisiologi. Kombinasi metode observasi .Mempelajari cara dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup D.1 LATAR BELAKANG Keanekaragaman hayati (MAKHLUK HIDUP) meliputi berbagai macam aspek seperti ciri-ciri morfologi.B.Agar siswa mampu mempelajari konsep Keanekaragaman hayati dengan baik diperlukan metode pengajaran yang tepat .Menjelaskan Keanekaragaman apa saja (tingkatan) yang ada pada makhluk hidup C.menjelaskan upaya pelestarian keanekaragaman makhlik hidup BAB II: PENUTUP DAFTAR PUSTAKA PENDAHULUAN 1. dan tingkah laku makhluk hidup yang selanjutnya akan menyusun suatu ekosistem tertentu. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan oleh guru lebih di fokuskan agar dalam pembelajaran menggunakan observasi lingkungan bukan hanya dengan metode ceramah . anatomi. eksperimen dan diskusi akan melatih siswa untuk dapat memotret adamya keanekaragaman .

Melibatkan siswa dalam kegiatan obsevasi lingkungan harus di bimbing sejak awal. kemudian guru meminta siswa untuk melakukan analisis persamaan ciri ciri yang dijumpai melalui pengamatan . Memulai pembelajaran Konsep keanekaragam hayati dengan meminta siswa mengambil 2 helai daun dari tumhuan yang berbeda . 1.hayati secara utuh .3 WAKTU dan TEMPAT Hari :Senin-selesai Tanggal :5 Desember 2011 Tempat :Rumah . guru harus tekun melatih siswa untuk menemukan masalah dan memecahkan masalah dengan menerapkan metode ilmiah dalam setiap pembelajaran di kelas . Siswa akan lebih menikmati pembelajaran karena semua indera akan dipakai untuk memecahkan masalah yang diberikan guru. Jadi kesimpulannya jangan takut dengan metode yang lebih melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran akan menyebabkan waktu pembelajarn terbuang akibatnya materi tidak akan selesai.2 MAKSUD dan TUJUAN -Mengetahui arti keanekaragaman makhluk hidup -Menjelaskan Keanekaragaman apa saja (tingkatan) yang ada pada makhluk hidup -Mempelajari cara dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup -menjelaskan upaya pelestarian keanekaragaman makhlik hidup 1.

bentuk tubuh. A.Pergantian makhluk hidup ini sbg proses perubahan dalam waktu yang lama(evolusi) dan itu salah satu faktor yg mendominasi keanekaragaman makhluk hidup.berkembangbiak dsb itu dapat membentuk suatu keanekaragaman pada stiap makhluk hidup. penampilan.cara beradaptasi. jumlah serta sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan makhluk hidup. tingkat jenis(spesies). Makhluk hidup yang sesuai dgn lingkungannya akan memiliki kesempatan untuk hidup dan berkembang biak.PEMBAHASAN Keanekaragaman makhluk hidup Arti Keanekaragaman Hayati Keanekaragaman hayati berarti ungkapan pernyataan terdapatnya berbagai macam variasi bentuk.Keanekaragaman makhluk hidup terjadi karna proses evolusi. baik tingkat genetik (dalam satu spesies). Adanya perbedaan pada setiap warna kulit.makanan. Keanekaragaman makhluk hidup terjadi karna adanya proses evolusi sejak masa lampau. Banyak makhluk hidup yg dulu berbeda dgn yg sekarang . maupun tingkat ekosistem. Misalnya pada contoh proses jerapah yg berleher panjang dapat bertahan hidup dibandingkan yang .

Sifat leher panjang jerapah tersebut diwariskan pada keturunannya. akhirnya leher jerapah menjadi panjang. Karena makanan jerapah berupa daun-daun di pohon yang tinggi. Jadi sekarang semua jerapah berleher panjang. Dan dari penjelasan tersebut muncul lah pembahasan mengenai keanekaragaman makhluk hidup. yaitu : a. Darwin berpendapat nenek moyang jerapah ada yang berleher panjang dan berleher pendek. B. maka hanya jerapah berleher panjang yang dapat menjangkaunya.Tingkat/ Macam Keanekaragaman Hayati Secara garis besar. keanekaragaman hayati terbagi menjadi tiga tingkat. Keanekaragaman gen Setiap sifat organisme hidup dikendalikan oleh sepasang faktor keturunan (gen). Jerapah berleher pendek menjulurkan lehernya untuk mencapai daun-daun cabang pohon yang tinggi.berleher pendek. menurut Darwin evolusi terjadi melalui seleksi alam dengan adanya adaptasi makhluk hidup. Oleh karena leher jerapah seringkali tertarik. satu dari induk jantan . Sebaliknya. Jerapah berleher pendek tidak dapat menjangkau daun-daun dipohon yang tinggi sehingga kekurangan makanan dan akhirnya mati.Itu dikarenakan beberapa factor seperti yang di kemukakan oleh: Teori evolusi (a) Lamarck versus (b) teori evolusi Darwin. Menurut Lamarck nenek moyang jerapah berleher pendek.

b. Keanekaragaman tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya variasi dalam satu jenis. Keanekaragaman ekosistem Keanekaragaman tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya variasi dari ekosistem di biosfir. Keanekaragaman jenis (spesies) Keanekaragaman ini lebih mudah diamati daripada Keanekaragaman gen. misalnya : . Keanekaragaman hayati tingkat ini dapat ditunjukkan dengan adanya beraneka macam jenis mahluk hidup baik yang termasuk kelompok hewan. c. Mereka termasuk dalam satu famili(famili/keluarga Felidae) walaupun ada perbedaan fisik. misalnya lagi. tumbuhan dan mikroba. dan . tingkah laku dan habitat. Perubahan inilah yang menyebabkan terjadinya variasi tadi. anjing kampung Yang membuat variasi tadi adalah : Rumus : F = G + L F = fenotip G = genoti L = lingkungan Jika G berubah karena suatu hal (mutasi dll) atau L berubah maka akan terjadi perubahan di F. masing-masing ekosistem memiliki organisme yang khas untuk ekosistem tersebut.variasi jenis anjing : anjing bulldog. anjing herder.dan lainnya dari induk betina. ekosistem gurun. kelapa hijau .misalnya variasi dalam satu famili antara kucing dan harimau.variasi jenis kelapa : kelapa gading. ekosistem gurun di dalamnya ada unta. ekosistem hutan tropis. kaktus. misalnya : ekosistem lumut.

ekosistem hutan tropis di dalamnya ada dalamnya ada harimau.Ketiga macam keanekaragaman tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Maksud dari konsep ini adalah : 1) Dengan mengetahui adanya keanekaragamaan gen merupakan modal dasar untuk melakukan rekayasa genetika dan hibridisasi (kawin silang) untuk mendapatkan bibit unggul yang diharapkan. bahan sandang. dan papan.Sebaliknya kelompok yang .Pentingnya keanekaragaman bagi kelestarian makhluk hidup Keanekaragaman sangat penting bagi kelangsungan hidup atau kelestarian hidup . 3) Dengan mengetahui adanya keanekaragaman ekosistem kita dapat mengembangkan sumber daya hayati yang cocok dengan ekosistem tertentu sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan peternakan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ketiga tingkat keanekaragaman hayati dipandang sebagai suatu keseluruhan atau totalitas yaitu sebagai Keanekaragaman hayati. C. juga dapat menuntun kita memilih hewan-hewan unggul yang dapat dibudidayakan.Suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki tingkat kelestarian tinggi diyakini sangat beraneka ragam . 2) Dengan mengetahui adanya kenaekaragaman jenis dapat menuntun kita untuk mencari alternatif dari bahan makanan.

Populasi A memiliki 10 macam keanekaragaman sedangkan B 5 macam.Bersamaan itu pula dari 5 macam dari keanekaragaman pada populasi B hanya 1 yang berhasil berinteraksi dengan lingkunagan.perumahan. *Perbuatan manusia yg dapat menurunkan keanekaragaman makhluk hidup : 1.Setiap kelompok makhluk hidup yang berhasil tetap hidup dan menghasilkan keturunan .Penebangan hutan alam untuk keperluan pengambilan hasil hutan.yang berpeluang besar untuk lestari adalah populasi atau kelompok yang memiliki keanekaragaman tinggi.Sebagai contoh missal ada 2 populasi A dan B .jalan raya dan sebagainnya. Keanekaragaman setiap kelompok makhluk hidup.Selama interaksi dalam : . Penurunan keanekaragaman suatu kelompok makhluk hidup dapat terjadi secara alami diluar campur tangan manusia maupun ada campur tangan manusia .tidak bersipat tetap atau stabil .terancam kepunahan diyakini nilai keragamannya rendah.maka peluannya untuk berhasil dalam interaksi juga tinggi dan demikian juga sebaliknya.pabrik. Setiap makhluk hiudup selalu berinteraksi dengan lingkungannya .Jikan nilai keragamannya suatu kelompok makhluk hidup tinggi.Dalam perjalanan waktu ada suatu kelompok makhlik hidup yang mengalami peningkatan keanekaragaman tetapi ada pula yang berkurang keanekaragamannya.perkebunan. Melihat kenyataan semacam itu. .

Penggunaan pestisida secra terus menerus dan tidak bertanggung jawab. 4.Sedangkan kawasan yang digunakan untuk perlindungan tumbuhan dan lingkungan abiotik yg mempunyai nilai khusus di daerah itu disebut:CAGAR ALAM.Oleh karna itu. Perlindungan dan pengawetan alam adalah:cara untuk melindungi alam secara keseluruhan (tumbuhan. anatomi.Lingkungan merupakan sumber segala macam keperluan. fisiologi.Perburuan hewan secara berlebihan 3.dan lingkungan) agar tetap terjadi keseimbangan yang lestari dan serasi. Kawasan yang digunakan untuk perlindungan dan pelestarian jenis-jenis hewan beserta habitatnya dissebut: SUAKA MARGASATWA.memelihara dan melestarikan alam lingkungan.dmi kesejahteraan . Daerh untuk perlindungan dan pelestarian tumbuhan dan hewan beserta lingkungannya baik di darat maupun di air disebut SUAKA ALAM.2. perilaku atau ciri-ciri lainnya dari suatu flora . Cara mempelajari Keanekaragaman makhlik hidup -Untuk mengetahui ciri-ciri morfologi.manusia wajub melindungi . Untuk kelangsungan hidup dan melestarikan jenisnya.beserta segala komponennya baik biotic maupun abiotik.Pembuangan limbah ke lingkungan dalam jumlah yang tinggi dan terus-menerus.hewan.makhluk hidup bergantung pada lingkungan .

dilakukan melalui konservasi in-situ maupun konservasi eks-situ. dan sebagainya). Konservasi eks-situ dilakukan dengan cara menanam tumbuhan atau hewan di tempat bukan habibat asli tetapi memiliki ekosistem yang mirip. langkah pertama dilakukan identifikasi yaitu menentukan nama ilmiah dan kelompok sesuai dengan Kode Tatanama Internasonal. Mengurangi laju kemerosotan komponen-komponen keanekaragaman hayati. dengan klasifikasi dan taksonomi keanekaragaman hayati makhluk hidup dapat dipelajari dan dipahami dengan lebih mudah dan utuh D. termasuk gangguan dari spesies asing yang menggeser spesies asli. b. c.Pada konservasi in-situ. dan perubahan peruntukan habitat. taman nasional. Memberikan perhatian kepada ancaman terhadap keanekaragaman hayati. perubahan iklim. pencemaran. . Ada tujuh bidang yang menjadi fokus pelaksanaan upaya ini: a.dan fauna. keanekaragaman hayati dilestarikan diekosistemnya yang asli sehingga ekosistem tersebut dilindungi secara hukum (cagar alam.Identifikasi merupakan kegiatan utama klasifikasi atau taksonomi.Usaha melestarikan Keanekaragaman makhluk hidup Dengan mengetahui peranan dan manfaat keanekaragaman hayati untuk ekosistem maupun untuk manusia maka keanekaragaman hayati itu perlu dilestarikan. Mendorong pemanfaatan secara berkelanjutan.

PENUTUP A. dan praktekpraktek tradisional. inovasi. Mempertahankan integritas ekosistem dan penyediaan barang dan jasa dari keanekaragaman hayati dalam ekosistem. Setiap sistem lingkungan memiliki keanekaragaman hayati yang berbeda.d. Keanekaragaman makhluk hidup tersebut disebut dengan sebutan keanekaragaman hayati atau biodiversitas. Keanekaragaman hayati ditunjukkan oleh adanya berbagai variasi bentuk. g. e. Melindungi pengetahuan.KESIMPULAN Makhluk hidup di dunia ini sangat beragam. jenis maupun keanekaragaman lingkungan. Memobilisasi sumber-sumber dana dan teknis untuk pelaksanaan Konvensi mengenai Keanekaragaman Hayati. f. Menjamin pembagian keuntungan secara adil dan merata yang dihasilkan dari pemanfaatan sumber daya genetik. ukuran. warna. baik keanekaragaman gen. Keanekaragaman hayati disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Namun di samping itu. dan sifat-sifat dari makhluk hidup lainnya. Kegiatan manusia dapat menurunkan keanekaragaman hayati. Terdapat interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan dalam mempengaruhi sifat makhluk hidup. kegiatan manusia juga dapat meningkatkan .

walaupun sebagaimana baiknya kita harus lebih teliti dalam penyusunan makalah ini. Pelestarian keanekaragaman hayati dapat dilakukan secara in situ dan ex situ. Sebagia penutup dari makalah ini pennilis mohon maaf jika dalam makalah ini masih banyak kekurangan.SARAN Setela penulis mengetahui dan mempelajari bahwa makalah ini sudah cukup baik. dan pemuliaan.baik dalam sisi maupun sususnannya. C.PENUTUP Demikian isi daripada makalah ini yang disusun sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri penyusun mengenai “ KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP” . .keanekaragaman hayati misalnya penghijauan. Kiranya hanya itu yang dapat penulis sampaikan sebagai penutup penulis ucapakan terimakasih. pembuatan taman kota. B.

Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran X 45 menit ( 3 X Pertemuan ) 7. 1. Materi Pembelajaran : Pertemuan 1.yahoo. Standar Kompetensi : Memehami keanekaragaman mahluk hidup 5. Pentingya keanekaragaman mahluk hidup serta pelestarianya Indikator • Memahami pentingnya keanekaragaman mahluk hidup • Mengetahui usaha-usaha pelestarian keanekaragaman mahluk hidup 6. Mendeskripsikan Ciri-ciri mahluk hidup Indikator : • Megetahui ciri-ciri mahluk hidup 2. Siswa dapat mengetahui pentingnya dilakukan klasifikasi .Siswa dapat mengelompokan mahluk hidup menjadi 5 kingdom 2. Siswa dapat mengetahui cirri-ciri khusus dari tiap kingdom 3. Pengelompokan mahluk hidup Pertemuan 3. Tujuan Pembelajaran : Pertemuan 1. Kelas / Semester : VII/II 4. Ciri-ciri mahluk hidup Pertemuan 2.com contoh RPP Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama NRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA 1. Siswa dapat mengetahui ciri-ciri mahluk hidup 2. Kompetensi dasar 1. Keanekaragaman mahluk hidup serta pelestarianya 8. 1. Mata Pelajaran : Biologi 3. Mengelompokan mahluk hidup Indikator : • Menjelaskan perbandingan ciri khusus 5 kingdom • Membedakan mahluk hidup yang satu dengan yang lainya berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya • Mengetahui pentingnya dilakukan klasifikasi mahluk hidup 3. Siswa dapat mengerti tujuan dari pemahaman ciri-ciri mahluk hidup Pertemuan 2. Siswa dapat membedakan mahluk hidup berdasrkan cirri khusus yang dimilikinya 4. Satuan Pendidikan : Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) 2.DAFTAR PUSTAKA www.

5. Metode pembelajaran : Metode ceramah dengan pendekatan kontekstual 13. Memberikan penjelasan tentang pentingnya mengidentifikasi keanekaragaman mahluk hidup. Menerangkan kenapa mahluk hidup perlu dipelajari atau diketahui ciri-ciri mahluk hidup. Materi : Ciri-ciri mahluk hidup Pendahuluan 1. Menjelaskan keanekaragaman dalam satu spesies . .” 12.Pertemuan 3 1. Menjelaskan bahwa fungsi mikroskop salah satunya untuk mengetahui cirri-ciri mahluk hidup. 11. Menerangkan arti klasifikasi 2. Merifresh pelajaran materi sebelumnya yaitu tentang keanekaragaman mahluk hidup. Sumber dan bahan : Buku paket 14 Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 2 Materi : Pengelompokan mahluk hidup Pendahuluan 1. Menanyakan pada ketua kelas siswa yang tidak hadir. Langkah-langkah pembelajaran Pertemuan 1. 3. : Belajar kelompok 10.. Kegiatan Inti 1. Kegiatan Inti 1. Megucapkan salam 2. Diskusi kelompok 4. Memberikan lembar kerja pada tiap kelompok untuk mempelajari klasifikasi mahluk hidup dengan system lima kingdom 3. 3. Siswa dapat menjelaskan usaha untuk melestarikan keanekaragaman mahluk hidup 9. : Audio Visual Pertemuan 3. Menjelaskan keanekaragaman dalam satu spesies Penutup 1. 4. Metode Pembelajaran : Pertemuan 1 : Metode Ceramah Pertemuan 2. Merifresh pelajaran materi sebelumnya yaitu tentang fungsi alat-alat laboratorium 4. Menjelaskan bahwa cirri-ciri mahluk hidup bertujuan untuk mengelompokan mahluk hidup. Menanyakan pada ketua kelas siswa yang tidak hadir. Post test 1. Test tulis dengan model quis dengan satu soal saja yaitu “ jelaskan cirri-ciri mahluk hidup dan tujuanya ?. Menerangkan persamaan dan perbedaan mahluk hidup 2. Menerangkan arti keanekaragaman mahluk hidup 3. Siswa dapat memahami tujuan penganekaragaman mahluk hidup 2. Megucapkan salam 2.

5. Post test 1. ekosistem. 2. 6. Mengomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia. dan ekosistem melalui kegiatan pengamatan. Membedakan pelestarian In situ dan ex situ. Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia. 3. 4.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen. Memahami manfaat keanekaragaman hayati. Test dilakukan dengan tugas kelompok yaitu dengan mengisi lembar kerja kelompok dan penilaian tambahan diambil dari kegiatan diskusi 16. Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia. : … x 1 jam pelajaran Indikator Alokasi Waktu A. . • Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa No. dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam. siswa dapat: 1. jenis. 7. jenis. 1. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran.2. Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati 3. Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia. Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati. melalui kegiatan pengamatan 3. Memberikan penjelasan tentang system klasifikasi mahluk hidup dan tujuanya 15. Sumber dan bahan : Buku paket dan modul Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Tahun Ajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : SMAN 10 Garut : Biologi : X/2 : 2012/2013 : 3. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen. 1 Nilai Sikap Peduli Lingkungan Definisi Keterkaitan Nilai Sikap dan tindakan yang • Merencanakan dan selalu berupaya mencegah melaksanakan berbagai kegiatan kerusakan lingkungan pencegahan kerusakan lingkungan. Metode pembelajaran : Metode diskusi kelompok 17.Penutup 2. Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati 2. Mengomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam.

3. Mengenal Keanekaragaman Hayati 2. etnis. tugas dengan sebaikbaiknya. agama. 4.2 Mandiri 3 Toleransi alam di sekitarnya dan mengembangkan upayaupaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. pendapat. Perilaku yang • Mengerjakaan tugas dengan teliti menunjukkan upaya dan rapi. suku. tugas. Sikap dan prilaku yang • Mencari sumber di perpustakaan tidak mudah tergantung untuk menyelesaikan tugas pada orang lain dalam sekolah tanpa bantuan menyelesaikan tugas. • Mau menerima pendapat yang berbeda budayanya. 2. sungguh-sungguh dalam mengatasi b e r b a g a i • Menggunakan waktu secara hamba t a n b e l a j a r. efektif untuk menyelesaikan tugastugas. dan etnis. • Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber 4 Kerja Keras B. Metode Diskusi Metode Ceramah Metode Eksperimen Metode Penugasan Strategi Pembelajaran . Sikap dan tindakan yang • Memberi kesempatan kepada menghargai perbedaan teman untuk berbeda pendapat. sikap. dan • Bersahabat dengan teman lain tindakan orang lain yang tanpa membedakan agama. Keanekaragaman Hayati di Indonesia C. Metode Pembelajaran 1. • Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya. suku. dan menyelesaikan tugas di kelas dan luar kelas.pustakawan. Materi Pembelajaran 1. berbeda dari dirinya.

Tatap Muka Mengamati gejala keanekaragaman Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan Membaca peta tipe keanekaragaman flora Indonesia Membaca peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia Terstruktur Mandiri Mengamati keanekaragaman Siswa dapat Mengamati adanya spesies hewan dan tumbuhan gejala keanekaragaman hayati Diskusi mendeskripsikan Menyimpulkan pengertian pengertian keanekaragaman keanekaragaman hayati hayati Diskusi mendeskripsikan Menentukan tingkat keanekaragaman pada tingkat keanekaragaman berdasarkan gen. Kegiatan Inti . spesies. dan ekosistem hasil pengamatan Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia Siswa dapat Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia Diskusi tipe-tipe bioma yang Siswa dapat Mendeskripsikan ada di Indonesia pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia Siswa dapat Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan Siswa dapat Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia Mengumpulkan informasi Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman tentang tanaman yang hayati bagi manusia berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya Mengumpulkan informasi Tugas membuat kliping berbagai jenis flora dan tentang organisme khas fauna Indonesia yang daerah terancam kepunahan dan dilindungi D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran I. II. Pendahuluan • Apersepsi Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Terdiri atas apa sajakah keanekaragaman hayati itu? Bagaimanakah mempertahankan keberadaan keanekaragaman hayati? Apakah manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan? • Motivasi Pernahkah Anda pergi ke kebun binatang atau Kebun Raya Bogor? Pernahkah Anda memperhatikan keanekaragaman hewan atau tumbuhan di sana? Anda akan melihat makhluk hidup dalam lingkungan tersebut memiliki bentuk tubuh. habitat serta makanan yang berbeda.

Beranekaragamnya jenis jamur menunjukkan adanya keanekaragaman hayati. Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati. Penilaian No. Buku paket Biologi X SMA. Buku Biologi Xb SMA/MA terbitan BSE Buku-buku referensi yang relevan. observasi. Kegiatan eksplorasi Pengamatan. kajian pustaka. I. Menurut Anda. 4. dan aktivitas lainnya. H. uraian. dan aktivitas lainnya. praktikum. dan bentuk lainnya. praktikum. Kegiatan mandiri Pengamatan. guru:   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. Ulangan Harian Pilihan ganda.      Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace. dan bentuk lainnya Tindak Lanjut Perbaikan. Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. Pelatihan Uji Kompetensi Pilihan ganda. Alat-alat praktikum. dan aktivitas lainnya. Masih ingatkah Anda jenis-jenis jamur pada bab sebelumnya? Sebutkan oleh Anda. uraian. Pengayaan 2 . 1 Jenis Bentuk Instrumen/Aktivitas Penugasan Kegiatan kelompok Pengamatan. observasi.Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : 1. 2. Sumber dan Media Pembelajaran 1. observasi. Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia. apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. 2. praktikum. Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati. 3.

3. Siswa mendapatkan tabel pengamatan. Komentar : Tinggalkan sebuah Komentar » Kaitkata: ciri. . Siswa memilih 2 jenis makhluk hidup yang akan dibandingkan. lalu tanya sebabnya darimana bisa tahu yang ini MH sedangkan yang itu bukan? 2. species Kategori : keanekaragaman makhluk hidup Ciri-ciri makhluk hidup 21 02 2012 Tujuan : mengamati dan menguraikan ciri-ciri makhluk hidup Alat/Bahan : Tabel pengamatan Kegiatan : 1. makhluk hidup. literatur. 2.buku-buku tentang hewan dan tumbuhan Kegiatan : 1. dan menuliskannya dalam tabel. 4. Siswa ke luar kelas untuk melakukan pengamatan pada MH sekitar. pengamatan.Tabel pengamatan . Siswa membuat kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan 2 jenis makhluk hidup yang dipelajari tadi. Tanya jawab dahulu untuk memastikan siswa tahu mana makhluk hidup dan mana yang bukan. Siswa mengamati atau mempelajari ciri-ciri/karakteristik 2 jenis makhluk hidup tersebut lewat buku-buku. Tumbuhan atau hewan. misalnya tanaman atau hewan.Guru Mata Pelajaran Budiyanto Membedakan 2 jenis makhluk hidup lewat literatur 22 02 2012 Tujuan : mengamati perbedaan dan persamaan di antara makhluk hidup Alat/Bahan/Media : .

hewan dan tumbuhan Komentar : Tinggalkan sebuah Komentar » Kaitkata: makhluk hidup. 4. pengamatan Kategori : keanekaragaman makhluk hidup . Diskusi dan pembahasan.3. Tabel Ciri yang teramati — Bukti/contoh ciri tersebut pada manusia. Menuliskan ciri-ciri MH yang diamatinya pada tabel.