P. 1
TEPUNG SINGKONG

TEPUNG SINGKONG

|Views: 9|Likes:
Published by marhelun
TEPUNG SINGKONG
TEPUNG SINGKONG

More info:

Published by: marhelun on Jul 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2014

pdf

text

original

TEPUNG SINGKONG DAN TEPUNG TAPIOKA

Serealia dan umbi-umbian banyak tumbuh di Indonesia. Produksi serealia terutama beras sebagai bahan pangan pokok dan umbi-umbian cukup tinggi. Begitu pula dengan bertambahnya penduduk, kebutuhan akan serealia dan umbi-umbian sebagai sumber energi pun terus meningkat. Tanaman dengan kadar karbohidrat tinggi seperti halnya serealia dan umbi-umbian pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Serealia dan umbi-umbian sering dihidangkan dalam bentuk segar, rebusan atau kukusan, hal ini tergantung dari selera. Usaha penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagai usaha untuk mengatasi masalah ketergantungan pada satu bahan pangan pokok saja. Misalnya dengan mengolah serealia dan umbi-umbian menjadi berbagai bentuk awetan yang mempunyai rasa khas dan tahan lama disimpan. Bentuk olahan tersebut berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainya. Hal ini sesuai dengan program pemerintah khususnya dalam mengatasi masalah kebutuhan bahan pangan, terutama non-beras. Ubi kayu atau singkong merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat (sumber energi). Ubi kayu dalam keadaan segar tidak tahan lama. Untuk pemasaran yang memerlukan waktu lama, ubi kayu harus diolah dulu menjadi bentuk lain yang lebih awet, seperti gaplek, tapioka (tepung singkong), tapai, peuyeum, keripik singkong dan lain-lain. Tepung singkong dibuat dari potongan ubi kayu yang telah kering, kemudian dihaluskan. Ubi kayu yang digunakan harus baik dan sudah tua, sehingga tepung yang dihasilkan pun baik. Ubi kayu yang berumur 6 bulan kadar airnya masih sangat tinggi sehingga zat tepungnya hanya sedikit. Tepung singkong dipakai sebagai bahan membuat makanan.

I. PEMBUATAN TEPUNG SINGKONG 1. BAHAN Ubi kayu (singkong)

2. ALAT 1) Pisau 2) Baskom atau panci 3) Alat perajang (talenan)

4) Tampah atau (nyiru) 5) Ayakan 6) Alat penumbuk (lumpang dan alu)

3. CARA PEMBUATAN 1) Kupas singkong, cuci lalu jemur hingga kering; 2) Masukkan singkong kering ke dalam lumpang, kemudian tumbuk; 3) Setelah itu ayak dengan ayakan halus; 4) Tumbuk lagi sisa pengayakan dan ayak kembali hingga halus; 5) Jemur hasil ayakan atau tepung di bawah sinar matahari. Apabila hujan, pengeringan dilakukan di dalam ruangan dengan pemanas buatan, seperti kompor.

4. DIAGRAM ALIR PEMBUATAN TEPUNG SINGKONG

II. PEMBUATAN TEPUNG TAPIOKA 1. BAHAN Ubi kayu

2. ALAT 1) Pisau 2) Panci 3) Parutan 4) Kain Saring 5) Tampah atau (nyiru) 6) Alat penumbuk (lumpang dan alu)

3. CARA PEMBUATAN 1) Kupas, cuci dan parut ubi kayu segar; 2) Tambahkan air, peras dan saring dengan kain saring; 3) Simpan hasil saringan selama 1 malam untuk mengendapkan patinya; 4) Kemudian buang air di atas endapan dan tiriskan hasil pengendapan; 5) Jemur di bawah sinar matahari sampai kering; 6) Tumbuk lalu ayak.

4. DIAGRAM ALIR PEMBUATAN TEPUNG TAPIOKA

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->