Fungsi :
1. Penggerak tubuh dalam arti yang luas. 2. Menggerakkan organ-organ tubuh.

Sifat dari sel otot adalah : dapat berkontraksi karena adanya sejumlah besar filamen sitoplasmik yang kontraktil.

Textus Muscularis Non-Striatus = Jaringan Otot Polos 3. Textus Muscularis Cardiacus = Jaringan Otot Jantung . Textus Muscularis Striatus = Jaringan Otot Skelet = Jaringan otot rangka 2. Dibedakan atas : 1.

sitoplasma disebut dengan sarcoplasma Di dalam sarcoplasma banyak terdapat myofibrilmyofibril.2 – 1 mm Pada otot. Inti pipih terletak di bawah sarcolemma Serabut berbentuk silindris. pada hewan – 12 cm. Ciri – ciri : › › › › › › › › › › › Terdiri dari berkas-berkas serabut otot yang bergaris melintang. pipi. Tiap serabut terdapat banyak inti. dan bibir . Diameter 0. Pada manusia. panjang serabut 3-4 cm. Membran sel disebut dengan sarcolemma Mitochondria disebut sarcosoma Otot kerangka bekerja dipengaruhi oleh pusat kesadaran Otot skelet contohnya terdapat pada lidah.

› Mioglobin (dalam otot) › Hemoglobin (dalam darah) › Mioglobin + Hemoglobin → pengikat O2 yang menyebabkan otak menjadi lebih merah .Sinyal kontraksi berpindah dari sel ke sel  Komponen dari sarkoplasma :  › Myofibril › Glikogen → cadangan energi yang dimanfaatkan selama kontraksi.

5. 4. 2. OTOT PUTIH Perbedaanya : 1.Otot Kerangka Terdari dari 2 Jenis : 1. OTOT MERAH 2. Otot merah memiliki myofibril lebih sedikit Otot merah lebih banyak sarcoplasma dan mitochondria Penampang serabut otot merah lebih kecil Sarcoplasma otot merah penuh dengan myoglobulin Otot putih memiliki lebih banyak retikulum sarcoplasma . 3.

Fasiculus dibentuk oleh serabut-serabut otot. terdiri dari Fasiculus  Massa serabut otot dibungkus oleh janringan ikat padat disebut epimysium dan massa serabut otot disebut dengan jaringan musculus  Fasiculus dibungkus oleh jaringan ikat longgar yang lebih tipis disebut perimisium.Massa serabut otot yang berkelompok secara teratur.  Setiap serabut otot (fibra muscularis) dibungkus oleh jaringan ikat lembut yang disebut dengan endomysium  .

.

musculus •epimysium •perimysium fasiculus Fibra •endomysium .

 Terdapat : › Arteri kecil/besar › Vena kecil/besar › Serabut syaraf › Serabut kollagen › Serabut elastis › Fibroblast dan sel-sel jaringan ikat lain .

.

5 μ) .     Setiap satu serabut otot kerangka terdapat ribuan myofibril Serabut otot yang telah dibuat preparat (sediaan) awetan akan terlihat pita –pita terang dan gelap Pita yang gelap disebut pita A (Anisotrop) dan pita yang terang disebut pita I (Isotrop) Tiap pita I dibagi 2 oleh satu garis gelap transversal yang disebut garis Z Dari garis Z ke garis Z yang lain disebut dengan Sarcomere (panjang 1.

Sarcomere merupakan unit kontraksi daripada otot  Sarcomere terdiri dari myofilamen myosin (filamen tebal) dan myofilamen actin (filamen tipis)  Pada pita A filamen actin dan filamen myosin mengadakan overlapping  Pada pita I terdiri dari filamen-filamen actin yang tidak overlapping dan melekat pada garis Z  Pada pertengahan pita A terdapat garis H yang lebih terang  › Φ actin = 50 Å › Φ myosin = 100 Å .

 Filamen actin terdiri dari protein. yaitu : › Actin › Tropomyosin › Troponin  Filamen myosin terdiri dari protein : › Myosin .

.

          Satuan otot polos disebut sel Sel berbentuk kumparan (oval) Panjang sel 20μ – 200μ dengan Φ = 6μ Setiap sel terdapat satu nucleus yang berbentuk oval terletak di sentral Di dalam berkas otot polos. sel –sel terletak fusiformis saling menutupi Musculus dilapisi epimysium Fasiculus dilapisi perimysium Sel otot dilapisi endomysium Pada otot polos letak myofilamen saling menyilang secara melintang melalui nucleus dan sangat halus Otot polos dipersarafi oleh sistem saraf otonom .

.

 Pada otot polos terdapat pada : 1. Saluran pencernaan membentuk tunica muscularis dan muscularis mucosa. misalnya : lambung dan usus. .

diameter dapat mencapai 20μ Inti otot jantung terletak di sentral berbentuk ova. pada keadaan patologis misalnya hipertrofi.      Myocardium (otot jantung) terdiri dari serabut otot yang berhubungan satu serabut dengan serabut lainnya membentuk jalinan Otot jantung tergolong otot bergaris melintang yang satuannya disebut serabut Diameter serabut antara 10μ – 14μ. kadang-kadang lebih dari satu Hubungan satu serabut dengan dengan serabut lainnya dihubungkan oleh Discus intercalaris Otot jantung memiliki serabut yang bercabang yang disebut Anastomose .

 Endomysium terdiri dari jaringan ikat longgar yang banyak mengandung : › Kapiler darah › Kapiler limfe › Serabut-serabut saraf  Fungsi discus intercalaris › Sebagai pertautan antar sel › Berperan dalam pertukaran metabolit › Berperan sebagai transmisi impuls .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful