BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Diawali sering terjadinya tindakan kriminal di rumah kita, dimana ketika kita meninggalkan rumah sering kali kita terkadang lupa akan keamanan rumah kita, membuat ada saja celah yang dimanfaatkan orang untuk mengambil seluruh isi yang ada didalam rumah. Dengan meningkatnya kebutuhan akan system yang dapat melakukan monitoring dan pengkontrolan jarak jauh semakin meningkat dari tahun ke tahun, sejalan dengan perkembangan peradabaan manusia yang tak lagi mengenal batas dan jarak sehingga menuntut sebuah system yang cerdas, efesien, informatif, dan fungsional sehingga dapat mempermudah hidup manusia.Sehingga tercipta lah sebuah sistem kontrol dan monitoring jarak jauh yang memanfaatkan

mikrokontroler dikarenakan biayanya murah dan luas pemanfaatannya. Untuk menciptakan sebuah system tersebut diperlukan sebuah aplikasi dan kontroler yang dapat berkolaborasi (bekerjasama), dimana aplikasi tersebut dapat mengakses prangkat System melalui jaringan komputer (internet) dan aplikasi ini berfungsi sebagai sebuah antarmuka, pengolah data, dan juga pengkontrol prangkat system yang berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535. Dari latar belakang tersebut, dan dengan didukungnya kemajuan teknologi saat ini, maka dari itu penulis mengangkat tema ” Sistem monitoring ruangan berbasis web”. B. Perumusan Masalah Penulis merumus kan permasalahan bagaimana pembuatan suatu aplikasi yang dapat memonitoring ruangan menggunakan sensor limit switch, lm35 dan proximity dengan menggunakan Bahasa aplikasi Visual Basic. Personal Home Page (PHP) dan

C. Pembatasan Masalah Karena ruang lingkup permasalahan monitoring ruangan sangat lah luas, maka dalam penulisan Laporan ini penulis hanya membahas tentang perangkat lunak atau software Personal Home Page( PHP ) dan Visual Basic sebagai software untuk me-monitoring ruangan. D. Tujuan penulisan Laporan ini : Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan laporan tugas akhir ini adalah :  Untuk memudahkan monitoring sebuah ruangan yang dapat dipantau pada jarak dekat ataupun jarak jauh dengan cara membuat suatu sistem monitoring yang bekerja secara real time.  Untuk meningkatkan keamanan pada suatu ruangan yang disetiap kejadian dalam ruangan itu dapat di rekam dan diputar ulang agar sistem keamanan yang ada dapat dimaksimalkan. E. Manfaat penulisan Laporan ini : Adapun manfaat yang dapat diambil dari pembuatan laporan tugas akhir ini adalah :  Dapat menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah, pada pembuatan suatu aplikasi yang nyata.  Dapat membuat program yang dapat memonitoring ruangan dan pengamanan terhadap sistem operasi yang mendukung berjalannya aplikasi yang dibuat  Dapat mempermudah pekerjaan seseorang dalam memonitoring suatu ruangan.

Spesifikasi elektronik dari serial port merujuk pada Electronic Industry Association (EIA) : 1. Beberapa contoh komunikasi serial ialah mouse. komunikasi serial ialah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit. 5. plotter. Tabel Jenis Sinyal RS232 yang umum digunakan . Pengertian Komunikasi Serial Pada prinsipnya. scanner dan lain. Arus hubungan singkat tidak boleh melebihi 500mA. 2.lain sedangkan contoh dari DTE ialah terminal di komputer. “Space” (logika 0) ialah tegangan antara + 3 hingga +25 V. sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak. Device pada komunikasi serial port dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu Data Communication Equipment (DCE) dan Data Terminal Equipment (DTE). scanner dan system akuisisi data yang terhubung ke port COM1/COM2. “Mark” (logika 1) ialah tegangan antara –3 hingga –25 V.Contoh dari DCE ialah modem. 3.BAB II PEMBAHASAN A. Tegangan open circuit tidak boleh melebihi 25 V. Daerah antara + 3V hingga –3V tidak didefinisikan /tidak terpakai 4.

dimana pin TxD dihubungkan dengan RxD pasangan. Di dalam IC ini terdapat Charge Pump yang akan membangkitkan +10 Volt dan -10 Volt dari sumber +5 Volt tunggal. Biasanya digunakan untuk pengontrolan otomatis dan manual pada perangkat elektronika. dan pin RTS dan CTS dihubung singkat di setiap device. GND dihubungkan ke GND komputer lain B. Untuk menghubungkan antara 2 buah PC. Untuk komunikasi ini. karena kemampuan jarak pengiriman data dibandingkan port paralel. Mikrokontroler Atmega8535 Mikrokontroler adalah IC yang dapat diprogram berulang kali. DSR dan CD dihubung singkat. Berikut contoh program assembly untuk komunikasi serial antara 2 PC.Jika peralatan yang kita gunakan menggunakan logika TTL maka sinyal serial port harus kita konversikan dahulu ke pulsa TTL sebelum kita gunakan. Dalam IC DIP (Dual In-line Package) 16 pin (8 pin x 2 baris) ini terdapat 2 buah transmiter dan 2 receiver. biasanya digunakan format null mode. . Port serial sering digunakan untuk interfacing komputer dan mikrokontroler. DSR dan DTR dihubung singkat 5. dan sebaliknya sinyal dari peralatan kita harus dikonversikan ke logika RS-232 sebelum di-inputkan ke serial port. anda cukup menghubungkan : 1. dan masing masing pin DTR. Konverter yang paling mudah digunakan adalah MAX-232. Pin TxD ke pin RxD computer lain 2. baik ditulis atau dihapus (Agus Bejo. Pin RXD dihubungkan ke pin TxD komputer lain 3. RTS dan CTS dihubung singkat 4. Sering juga sebagai buffer serial digunakan chip DS275. pin Sinyal ground (5) dihubungkan dengan SG di pasangan. 2007).

port C. Dari segi arsitektur dan instruksi yang digunakan. mereka bisa dikatakan hampir sama. Sehingga dengan fasilitas yang lengkap ini memungkinkan kita belajar mikrokontroler keluarga AVR dengan lebih mudah dan efisien. yaitu kelas ATtiny. serta dapat mengembangkan kreativitas penggunaan mikrokontroler ATmega8535. analog comparator . Mikrokontroler AVR ATmega8535 memiliki fitur yang cukup lengkap. PWM . peripheral. 2. Antarmukakomparatoranalog. Salah satunya adalah mikrokontroler AVR (AlfandVegard’s Riscprocessor) ATmega8535 yang menggunakan teknologi RISC (Reduce Instruction Set Computing) dimana program berjalan lebih cepat karena hanya membutuhkan satu siklus clock untuk mengeksekusi satu instruksi program. Memori Flash sebesar 8 kb dengan kemampuan Read While Write. EEPROM sebesar 512 byte yang dapat diprogram saat operasi. 9. Saluran I/O sebanyak 32 buah. 7. keluarga ATmega. Secara umum. Fitur-fitur yang dimiliki oleh mikrokontroler ATmega8535 adalah sebagai berikut: 1. dan fungsinya. 2008). mikrokontroler dibuat semakin kompak dengan bahasa pemrograman yang juga ikut berubah. mikrokontroler sangat banyak digunakan terutama dalam pengontrolan robot. port B. SRAM sebesar 512 byte. 3. Port USART untuk komunikasi serial. AVR dapat dikelompokkan menjadi 4 kelas.Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori. 6. dan port D. 4. 5. keluarga AT90Sxx.Beberapa tahun terakhir.Ary Heryanto. ADC internal sebanyak 8 saluran. Seiring perkembangan elektronika. Timer /Counter. CPU yang terdiri atas 32 buah register. 10.dll (M. Port antarmuka SPI 8. yaitu port A. Tiga buah Timer/Counter dengan kemampuan pembandingan. Mikrokontroler AVR ATmega 8535 telah dilengkapi dengan ADCinternal . dan AT86 RFxx. EEPROM internal. .

register I/O dan SRAM. Untuk mengakses memori EEPROM ini diperlakukan seperti mengakses data eksternal. Dalam mode operasinya. a. Ketiganya memiliki ruang sendiri dan terpisah. memori data dan memori EEPROM. ATmega 8535 merupakan tipe AVR yang telah dilengkapi dengan 8 saluran ADC internal dengan fidelitas 10bit.11. baik secara sing leended input maupun differential input. Sistem mikroprosesor 8 bit berbasis RISC dengan kecepatan maksimal 16 MHz Mikrokontroler ATmega8535 memiliki 3 jenis memori. c. Memori EEPRO M ini hanya dapat diakses dengan menggunakan register-register I/O yaitu register EEPROM Address . sehingga dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan ADC . Memori data ATmega8535memiliki kapasitas memori data sebesar 608 byte yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu register serba guna. b. ADC ATmega8535 dapat dikonfigurasi. Memori program ATmega 8535 memiliki kapasitas memori progam sebesar 8 Kbyte yang terpetakan dari alamat 0000h – 0FFFh dimana masing-masing alamat memiliki lebar data16 bit Memori program initer bagi menjadi 2 bagian yaitu bagian program boot dan bagian program aplikasi. yaitu memori program. dan register EEPROM Control.64 byte register I/O yang dapat diakses sebagai bagian dari memori RAM (menggunakan instuksi LD atau ST) atau dapat juga diakses sebagai I/O (menggunakan instruksi IN atau OUT). tegangan referensi. Memori EEPROM ATmega8535 memiliki memori EEPROM sebesar 512 byte yang terpisah dari memori program maupun memori data. register EEPROM Data . ADC ATmega 8535 memiliki konfigurasi pewaktuan . mode operasi. dan 512 byte digunakan untuk memori data SRAM. Selain itu. ATmega 8535 memiliki 32 byte register serbaguna. dan kemampuan filter derau yang amat fleksibel. sehingga waktu eksekusinya relative lebih lama bila dibandingkan dengan mengakses data dari SRAM.

Pada ATmega8535.itu sendiri. Universal Syncrhronous and Asyncrhronous Serial Receiver and Transmitter (USART) juga merupakan salah satu mode komunikasi serial yang dimiliki oleh ATmega8535. RXD dan XCK. Masing-masing timer/ counter ini memiliki register tertentu yang digunakan untuk mengatur mode dan cara kerjanya. secara umum maupun asyncrhronous sumber clock saja. USART merupakan komunikasi yang memiliki fleksibilitas tinggi. semua timer/ counter juga dapat difungsikan sebagai sumber interupsi. Ketiga modul timer/counter ini dapat diatur dalam mode yang berbeda secara individu dan tidak saling mempengaruhi satu sama lain. Dengan demikian. maka pada mode syncrhronous hanya ada satu sumber clock yang digunakan secara bersama-sama. Serial Peripheral Interface (SPI) merupakan salah satu mode komunikasi serial syncrhronous kecepatan tinggi yang dimiliki oleh ATmega 8535.Perbedaan-nya hanyalah terletak pada sumber clock sendiri. yang dapat digunakan untuk melakukan transfer data baik antar mikrokontroler maupun dengan modul-modul eksternal termasuk PC yang memiliki fitur UART. USART memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous. . Selain itu. secara hardware untuk mode asyncrhronous hanya membutuhkan 2 pin yaitu TXD dan RXD. sehingga dengan memiliki USART UART. ATmega 8535 memiliki 3 modul timer yang terdiri dari 2 buah timer/counter 8 bit dan 1 buah timer/ counter 16bit. Jika pada mode asyncrhronous masing-masing peripheral memiliki pasti kompatibel dengan mode syncrhronous pengaturan adalah sama. sedangkan untuk mode syncrhronous harus 3 pin yaitu TXD.

4. Tabel Fungsi Khusus Port B Pin PB7 PB6 PB5 PB4 PB3 Fungsi Khusus SCK (SPI Bus Serial Clock) MISO (SPI BusMaster Input/ Slave Output) MOSI (SPI Bus Master Output/ Slave Input) SS (SPI Slave Select Input) AIN1 (Analog Comparator Negative Input) OC0 (Timer/Counter0 Output Compare Match Output) AIN0 (Analog Comparator Positive Input) PB2 INT2 (External Interrupt 2 Input) .Pin-pin pada Mikrokontroler ATmega8535 Konfigurasi pin ATmega 8535 dengan kemasan 40 pin DIP (Dual Inline Package) dapat dilihat ada gambar 2. Dari gambar di atas dapat dijelaskan fungsi dari masing-masing pin Atmega8535 sebagai berikut: 1. VCC merupakan pin yang berfungsi sebagai masukan catu daya. GND merukan pin Ground. seperti dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Port A (PortA0…PortA7) merupakan pin input/output dua arah dan pin masukan ADC.1. 3. Port B (PortB0…PortB7) merupakan pin input/output dua arah dan pin fungsi khusus. 2.

IC MAX 232 terdiri atas tiga bagian yaitu dual charge-pump voltage converter. Max232 IC MAX 232 adalah IC rangkaian antar muka dual RS-232 transmitter/ receiver yang memenuhi standar EIA-232-E. seperti dapat dilihat pada table dibawah ini. IC MAX232 berfungsi untuk merubah l evel tegangan pada COM computer menjadi level tegangan TTL/CMOS. dan receiver RS232. .IC MAX232 hanya membutuhkan power supply 5V (single power supply) sebagai catu. PortC (PortC0…PortC7) merupakan pin input /output dua arah dan pin fungsi khusus. Berikut gambar IC MAX232 dan pinout IC MAX232.PB1 T1 (Timer/ Counter1 External Counter Input) T0 T1 (Timer/CounterExternal Counter Input) PB0 XCK (USART External Clock Input/Output) 4. driver RS232. Tabel Fungsi Khusus Port C Pin PC7 PC6 PC5 PC4 PC3 PC2 PC1 PC0 Fungsi khusus TOSC2 (Timer Oscillator Pin2) TOSC1 (Timer Oscillator Pin1) Input/Output Input/Output Input/Output Input/Output SDA ( Two-wire Serial BuasData Input/Output Line) SCL (Two-wire Serial Buas Clock Line) C.

Konverter pertama menggunakan kapasitor C1 untuk menggandakan tegangan input +5V menjadi +10 V saat C3 berada pada output V+. Berikut skematik rangkaian media komunikasi serialnya. Konverter kedua menggunakan kapasitor C2 untuk merubah +10V menjadi -10V saat C4 berada pada output V-. Skematik Komunikasi Serial .IC MAX232 dan Pinout IC MAX 232 memiliki dua charge-pump internal yang berfungsi sebagai converter tegangan +5V menjadi ±10V saat tanpa beban untuk operasi driver RS232.

Pada penempatannya LM35 dapat ditempelkan dengan perekat atau dapat puladisemen pada permukaan akan tetapi suhunya akan sedikit berkurang sekitar 0.D. Sensor Suhu LM35 Fungsi dari rangkaian LM35 ini adalah untuk mengubahi syarat fisik satuan ke. pin 2 atau tengah digunakan sebagai tegangan keluaran atau Vout dengan jangkauan kerja dari 0 Volt sampai dengan 1. sangat sesuai dengan mengambil batasan suhu antara 0oC sampai 99oC.01 ºC .bentuk isyarat elektris tegangan .5 Volt dengan tegangan operasi sensor LM35 yang dapat digunakan antara 4 Volt sampai 30 Volt.Berdasarkan data sheet yang dikeluarkan oleh National Semiconductor . Mula – mula vcc sebesar 12vdigunakan untuk menghidupkan sensor LM35 yang akan mendeteksi suhu. penelitian ini yang Skema Rangkaian Dasar SensorLM35 Bentuk Fisik LM 35 Pin 1 berfungsi sebagai sumber tegangan kerjadariLM35. LM35 mampu beroperasi mulai dari -55OC sampai dengan 150oC. Keluaran sensor ini akan naik sebesar 10 mV setiap derajad celcius sehingga diperoleh persamaan sebagai berikut: VLM35 =Suhu*10mV Secara prinsip sensor akan melakukan penginderaan pada saat perubahan suhu setiap suhu 1 ºCakan menunjukan tegangan sebesar 10 mV. Pengunaan rangkaian dasar sensor suhu LM35 dikarenakan keluaran dari sensor suhu yang diinginkan haruslinierdengan suhu ruangan sesungguhnya sesuai dengan gambar ini.

yaitu mempunyai kontak normally open(NO) dan kontak normally closed (NC). E. Jangan sampai memberikan tegangan referensi yang salah pada rangkaian ADC. Limit switch yang bekerja secara otomatis adalah limit switch yang tidak mempetahankan kontak. sedangkan limit switch yang bekerja non otomatis adalah limitswitch yang mempertahankan kontak. o Memiliki arus rendah yaitu kurang dari 60 µA. jika suhu udara disekitarnya jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah dari suhu permukaan.Karena terserap pada suhu permukaan tersebut. o Memiliki pemanasan sendiri yang rendah (low-heating) yaitu kurang dari 0.5ºC padasuhu 25 ºC. o Memiliki jangkauan maksimal operasi suhu antara-55 ºC sampai +150 ºC. Dengan cara seperti ini diharapkan selisih antara suhu udara dan suhu permukaan dapat dideteksi oleh sensorLM35 sama dengan suhu disekitarnya. Berikut ini adalah karakteristik dari sensor suhu LM35. maka jangkauan 0-255 haruslah merepresentasikan nilai minimum dan maksimum suhu yang dapat diukur oleh rangkaian sensor suhu. Untuk lebih meningkatkan keakurasian dan kepresisian pengukur suhu.1 Wuntuk beban 1 mA. o Memiliki sensitivitas suhu. maka LM35 berada pada suhu permukaan dan suhu udara disekitarnya.1 ºC pada udara diam. Limit Switch Saklar batas atau limit switch (LS) merupakan saklar yang dapat dioperasikan baik secara otomatis maupun non otomatis. o Memiliki impedansi keluaranyang rendah yaitu 0. Kontak pada limit switch sama seperti kontakkontak yang terdapat pada tombol tekan. maka perlu dilakukan pengesetan yang optimal pada tegangan referensi ADC yang digunakan sehingga jika menggunakan ADC 8-bit misalnya. o Bekerja pada tegangan 4sampai 30 volt. sehingga jangkauan ADC melebihi atau kurang dari jangkauan tegangan masukannya. Kedudukan kontak dan bentuk . o Memiliki ketepatan atau akurasi kalibrasi yaitu 0. sehingga dapat dikalibrasi langsung dalam celcius. o Memiliki ketidaklinieran hanyasekitar ± ¼ ºC. dengan faktor skala linier antara tegangan dan suhu 10 mVolt/ºC.

Kedudukan KontakLimitSwitch Contoh-contoh penggunaan limit switch adalah sebagai berikut :     Digunakan untuk sensor door open/close. Jika benda sudah diangkat . demikian juga kontak-kontaknya. Digunakan untuk sensor Safety cover (emergency stop). sehingga kedudukan kontak NO menjadi NC dan kontak NC menjadi NO. roller dan limit switch kembali keposisi semula. Infrared InfraRed Infrared adalah suatu sinyal elektromagnetik yang panjang gelombangnya lebih dari cahaya Nampak yaitu diantara 700nm dan 1mm.jika infrared dilihat dengan menggunakan stetorskop cahaya maka radiasi cahaya infra red dapat dilihat dengan adanya spectrum elektromagnetik dengan panjang gelombang diatas . Jenis limit switch semacam ini dapat digunakan untuk pengoperasian motor secara otomatis. F. Digunakan untuk sensor cylinder up/down. Digunakan untuk sensor mesin home posisi. Limit switch yang tidak mempertahankan kontak akan bekerja apabila ada benda yang menekan rollernya.dari limit switch dapat diperlihatkan seperti pada gambar. infrared merupakan cahaya yang tidak dapat dilihat langsung oleh mata.

Fotodioda Fotodioda adalah jenis diode yang berfungsi mendeteksi cahaya. Komponen ini harus mampu mengumpulkan sinyal inframerah sebanyak mungkin sehingga pulsa-pulsa sinyal listrik yang dihasilkan kualitasnya cukup baik. menjadi pulsa-pulsa sinyal listrik. Fotodioda merupakan sensor cahaya semikonduktor yang dapat mengubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. Sinar inframerah yang dipancarkan oleh pemancar inframerah tentunya mempunyai aturan tertentu agar data yang dipancarkan dapat diterima dengan baik pada penerima. Komponen ini akan merubah energi cahaya. Komponen yang dapat menerima inframerah ini merupakan komponen yang peka cahaya yang dapat berupa dioda (photodioda) atau transistor (phototransistor). Oleh karena itu baik dipengirim inframerah maupun penerima inframerah harus mempunyai aturan yang sama dalam mentransmisikan (bagian pengirim) dan menerima sinyal tersebut kemudian mendekodekannya kembali menjadi data biner (bagian penerima). Radiasi inframerah memiliki panjang gelombang antara 700nm sampai 1mm dan berada pada spectrum berwarna merah.panjang gelombang cahaya merah. Pada dasarnya komponen yang menghasilkan panas juga menghasilkan radiasi inframerah termasuk tubuh manusia maupun tubuh binatang.Cahaya yang . Jika dilihat dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya inframerah akan terlihat pada spektrum electromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah. walaupun mempunyai panjang gelombang yang sangat panjang tetap tidak dapat menembus bahan-bahan yang tidak dapat melewatkan cahaya yang nampak sehingga cahaya inframerah tetap mempunyai karakteristikseperti halnya cahaya yang nampak oleh mata. Cahaya inframerah. Fotodioda merupakan sebuah diode dengan sambungan pn yang dipengaruhi cahaya dalam kerjanya . Dengan panjang gelombang ini maka cahaya inframerah tidak akan terlihat oleh mata namun radiasi panas yang ditimbulkannya masih dapat dirasakan / dideteksi. Cahaya inframerah merupakan cahaya yang tidak tampak. H. dalam hal ini energi cahaya inframerah.

dan karakter spesial dapat kita liha pada tabel di bawah ini: . Bahasa BASIC Menggunakan BASCOM-AVR BASCOM-AVR adalah program BASIC compiler berbasis Windows untuk mikrokontroler keluarga AVRseperti ATM8535 dan yang ainnya. cahaya tampak.dapat dideteksi oleh fotodioda ini mulai dari cahaya inframerah. Besarnya pasangan elektron atau pun hole yang dihasilkan tergantung dari besarnya intensitas cahaya yang dikenakan pada fotodioda. karakter dasarnya terdiri atas karakter alphabet (A-Z dan a-z). Fotodioda Prinsip kerja dari fotodioda jika sebuah sambungan-pn di bias maju dan diberikan cahaya padanya maka pertambahan arus sangat kecil sedangka n jika sambungan pn dibias mundur arus akan bertambah cukup besar.electron yang dihasilkan itu masuk ke pita konduksi maka elektronelektron itu akan mengalir kearah positif sumber tegangan sedangkan hole yang dihasilkan mengalir ke arah negative sumber tegangan sehingga arus akan mengalir di dalam rangkaian. karakter numeric(0-9). Aplikasi fotodioda mulai dari penghitung kendaraan dijalan umum secara otomatis. I. Dalam program BASCOM. Ketika elektron. Cahaya yang dikenakan pada fotodioda akan mengakibatkan terjadinya pergeseran foton yang akan menghasilkan pasangan electron-hole di kedua sisi dari sambungan. pengukur cahaya pada kamera serta beberapa peralatan dibidang medis. BASCOM-AVR merupakan pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi BASIC yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh MCS Elektronik. ultraungu sampai dengan sinar-X.

Hal ini berhubungan dengan penggunaan memori mikrokontroler. < = > \ Apostrophe Asterisk (symbolperkalian) Plussign Comma Minus sign Period (decimalpoint) Slash(divisionsymbol) willbehandledas\ Colon Doublequotationmark Semicolon Less than Equalsign(assignmentsymbolorrelationaloperator) Greaterthan Backspace(integerorworddivisionsymbol) Setiap variabel dalam BASCOM memiliki tipe data yang menunjukkan daya tampungnya. Tabel Tipe data BASCOM . / : “ . Berikut adalah tipe data pada BASCOM beserta keterangannya.Tabel Karakter Spesial karakter Nama Blank „ * + . .

Dalam BASCOM. dan lainnya. Sebelum digunakan. Dalam BASCOM ada beberapa aturan dalam penamaan sebuah variabel: a. Nama variable maksimum terdiriatas 32karakter b. DIM.767 0–65535 -214783648. misalnya menampung hasil perhitungan. Karakter biasa berupa angka atau huruf c.+2147483647 - Variabel dalam sebuah pemrograman berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau penampungan data sementara. ada beberapa cara untuk mendeklarasikan sebuah variable .Variabel merupakan pointer yang menunjukkan pada alamat memori fisik dan mikrokontroler.TipeData Bit Byte Integer Word Long Single String Ukuran(byte) 1/8 1 2 2 4 4 hingga254byte Range 0–255 -32.internal digunkan oleh nama sebagai register. Nama variable harus dimulai dengan huruf d.OR. Variabel tidak BASCOM boleh menggunakan kata-kata yang perintah. Contoh pendeklarasian menggunakan DIM sebagai berikut: Dim namaas byte Dim tombol1 as integer Dim tombol2 as word .dan operator(AND. menampung data hasil pembacaan register.pernyataan.danlain-lain). maka variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu.768-+32.Cara pertama adalah menggunakan pernyataan „DIM‟di ikuti nama tipe datanya.

selain variable kita mengenal pula konstanta. Dim LedBar as byte Led1 as LedBar. kode program yang kita buat akan lebih mudah dibaca dan dapat mencegah kesalahan penulisan pada program. Umumnya. seperti port mikrokontroler. Dengan konstanta. variable yang sama dapat diberikan nama yang lain.1 Const Cstring = “test” .1 Led3 as LedBar. agar konstanta bisa dikenali oleh program. Berikut adalah cara pendeklarasian sebuah konstanta. Misalnya. Konstanta merupakan variabel pula .Selain mengganti nama port.2 Dalam BASCOM.2 Dengan deklarasi seperti diatas. maka harus dideklarasikan terlebih dahulu. Dim A AsConst 5 Dim B1 AsConst &B1001 Cara lain yang paling mudah: Const Cbyte = &HF Const Cint = -1000 Const Csingle = 1.1 Tombol2 alias P0.0 Led2 as LedBar. perubahan pada tombol akan mengubah kondisiP0. LEDBAR alias P1 Tombol1 alias P0. Sama seperti variabel. kita akan lebih mudah menulis phi dari pada menulis3. 14159867. alias digunakan untuk mengganti nama variable yang telah baku.Dim tombol3 as word Dim tombol4 as word Dim Kas as string*10 Dengan menggunakan alias. kita dapat pula menggunakan alias untuk mengakses bit tertentu dari sebuah variabel yang telah dideklarasikan.Perbedaannya dengan variable biasa adalah nilai yang dikandung tetap. Tujuannya adalah mempermudah proses pemrograman.1.

ata uword. memodifikasi. b. Operator relasi meliputi: . OperatorRelasi Operator berfungsi membandingkan nilai sebuah angka. nilai maksimum sebuah indeks sebesar 65535. Untuk mengakses variabel tertentu dalam array. atau mendapatkan informasi tentang sebuah pernyataan dengan menggunakan operator-operator yang tersedia di BASCOM dan bagaimana sebuah pernyataan terbentuk dan dihasilkan dari operator-operator berikut: a. dan * (kali). Hasilnya dapat digunakan untuk membuat keputusan sesuai dengan program yang kita buat.Dengan array .Operator aritmatika meliputi + (tambah). Indeks harus berupa angka dengan tipe data byte. Proses pendeklarasian sebuah array hampir sama dengan variabel.Artinya.namun perbedaannya kita pun mengikutkan jumlah elemennya.kita bisa menggunakan sekumpulan variable dengan nama dan tipe yang sama. OperatorAritmatika Operator digunakan dalam perhitungan. /(bagi). Berikut adalah contoh pemakaian array. kita menggunakan indeks dimana elemen disimpan.kita harus menggunakan indeks. membandingkan.elemen-elemen arraynya dikeluarkan ke Port 1 dari mikrokontroler. Pada program diatas. Pada bagian ini akan dibahas tentang cara menggabungkan.integer. -(kurang). Dim kelas(10) as byte Dim c as Integer For C = 1 To 10 a(c) = c p1 = a(c) Next Program diatas membuat sebuah array dengan nama„kelas‟yangberisi10 elemen (1-10) dan kemudian seluruh elemennya diisikan dengan nilai c yang berurutan.Untuk membacanya.

Sebagian besar sintaks dalam PHP mirip dengan .sebagaicontoh: Dim As Byte A = 63 And 19 PPRINT A A = 10 or 9 PRTINT A d.Tabel Operator Relasi Operator = <> < > <= >= Sama dengan Relasi Pernyataan X=Y X<>Y X<Y X>Y X<=Y X>=Y Tidak sama dengan Lebih kecil dari Lebih besar dari Lebih kecil atau samadengan Lebih besar atau samadengan c. PHP PHP sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari “Hypertext Preprocessor”. J. ada empat buah operator logika. danXOR. Operator Fungsi Operasi fungsi digunakan untuk melengkapi operator yang sederhana. OR. Dalam BASCOM. NOT. yaituAND. yang merupakan sebuah bahasa scripting tingkat tinggi yang dipasang pada dokumen HTML. OperatorLogika Operator logika digunakan untuk menguji sebuah kondisi atau memanipulasi bit dan operasi bolean. Operator logika bias pula digunakan untuk menguji sebuah byte dengan pola bit tertentu.

0 secara gratis. maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Jadi semula PHP digunakannya untuk menghitung jumlah pengunjung di dalam webnya.bahasa C. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C.Perubahan yang paling mendasar pada PHP 4.0 keluar pada tanggal 22 Mei 2000 merupakan versi yang lebih lengkap lagi dibandingkan dengan versi sebelumnya. Java dan Perl.0 adalah terintegrasinya Zend Engine yang dibuat oleh Zend Suraski dan Andi Gutmans yang merupakan penyempurnaan dari PHP scripting engine. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. namun pada PHP ada beberapa fungsi yang lebih spesifik. Yang lainnya adalah build in HTTP session. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source. kependekan dari Hypertext Preprocessing‟/Form Interpreter.0 yang dikeluarkan oleh Rasmus sendiri bersama kelompok pengembang softwarenya. seorang programmer C. Kemudian ia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdroft. Sedangkan tujuan utama dari penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web yang dinamis dan dapat bekerja secara otomatis.Isinya adalah sekumpulan script PERL yang dibuatnya untuk membuat halaman webnya menjadi dinamis. yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP versi 4. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted). Tujuan dari bahasa scripting ini . tidak lagi menggunakan library tambahan seperti pada PHP.Kemudian pada tahun 1996 ia mengeluarkan PHP versi 2.Pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 6 Juni 1998 keluarlah PHP versi 3.0 yang kemampuannya telah dapat mengakses database dan dapat terintegrasi dengan HTML. Versi ini pertama kali keluar pada tahun 1995.

PostgreSQL 5.Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.adalah untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dijalankan di atas teknologi web. Oracle 3. Karenanya situs-situs yang statis mulai semakin ditinggalkan karena dianggap sudah tidak memenuhi keinginan pasar. inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar.0.Dalam versi ini.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke21. Sebenarnya PHP mulai terlihat wah ketika situs – situs e-commerce semakin berkembang.Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. Sybase 4. Sistem database yang dapat didukung oleh PHP adalah : 1. PHP 4. Pada Juni 2004. MySQL 2. Zend merilis PHP 5. Seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Dalam hal ini. tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan web server. Namun kekuatan yang paling utama PHP adalah pada konektivitasnya dengan system database di dalam web. Microsoft SQL Server 6. aplikasi pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser. Dbase .Pada saat ini bahasa PERL dan CGI sudah jauh ketinggalan jaman sehingga sebagian besar designer web banyak beralih ke bahasa server-side scripting yang lebih dinamis seperti PHP. padahal situs tersebut harus tetap dinamis.

seperti MySQL. Unix DBM Software ini juga dapat berjalan pada web server seperti PWS (Personal Web Server). Banyak keuntungan yang dapat diperoleh jika menggunakan PHP sebagai modul dari apache. PHP dapat diinstal sebagai bagian atau modul dari Apache web server atau sebagai CGI script yang mandiri. AOLServer. Interbase 9. K. NNTP.7. Akses ke system database yang lebih fleksibel. di antaranya adalah: 1. Visual Basic Microsoft Visual Basic (VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program .PHP juga merupakan bahasa pemograman yang dapat kita kembangkan sendiri seperti untuk menambah fungsi-fungsi baru. Apache. phttpd dan sebagainya. SNMP. ODBC 10. fhttpd. IBM DB2 8. Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan dari PHP yang dapat saya rangkum. Waktu eksekusi yang lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemograman web lainnya yang berorientasi pada server-side scripting . IIS. Tingkat keamanan yang cukup tinggi 2. Keunggulan lainnya dari PHP adalah bahwa PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan seperti protocol IMAP.Semoga anda semakin tertarik dengan PHP. 3. POP3 dan bahkan HTTP.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript). Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung Pemrograman berorientasi objek. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic. seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module.NET. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitive. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Programprogram yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API. namun tidak sepenuhnya. tetapi cara kerjanya yang berbeda. tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.Pada Visual Basic . Namun komponen ActiveX memiliki masalahnya tersendiri yang dikenal sebagai DLL hell. Microsoft mencoba mengatasi masalah DLL hell dengan mengubah cara penggunaan komponen (menjadi independen terhadap registry). .perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM). mirip seperti halnya Visual Basic.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful