P. 1
presentasi kelompok 11

presentasi kelompok 11

|Views: 26|Likes:
Published by Galih Wicaksono
rf simulator issue
rf simulator issue

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Galih Wicaksono on Jul 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

Presented by kelompok 11

1. 2. 3. 4.

Galih Wicaksono Bambang Hadiwijaya Andre Lukito Jayaningprang K

Pada 20 tahun yang lalu simulasi RF dan komputer menjadi sangat penting dalam aspek mendesain sirkuit nirkabel. "nirkabel" mulai dipakai istilah umum untuk merujuk ke penerima radio atau transceiver (penerima tujuan ganda dan perangkat pemancar), menetapkan penggunaan dalam bidang telegrafi nirkabel sejak dini, sekarang istilah ini digunakan untuk menggambarkan koneksi nirkabel modern seperti seperti pada jaringan selular dan internet broadband nirkabel. Hal ini juga digunakan dalam pengertian umum untuk mengacu pada setiap jenis operasi yang diimplementasikan tanpa menggunakan kabel, seperti "remote control nirkabel" atau "transfer energi nirkabel", dan dari teknologi tertentu (misalnya radio , inframerah , ultrasonik ) yang digunakan.

Spice Spice merupakan simulasi sifat sirkuit linier dan nonlinier dalam ranah waktu, frekuensi, dan domain semantara, tetapi juga memungkinkan kita untuk melihat efek yang terjadi ketika bias transistor atau dioda. Spice dapat bekerja sangat baik di atas 20 MHz, dengan frekuensi maksimum bergantung pada komponen-komponen pada spice itu sendiri. Linear Simulators linear simulator dapat mensimlasikan rangkaian dan sistem distribusi didalamnya. Memberikan kita hasil forward dan reverse gain, seperti return losses, input/output impedansi, phase angle, faktor kestabilan, dan noise figure untuk semua sirkuit bersinyal rendah (tidak dapat digunakan pada operasi nonlinear).

Harmonic Balance Simulators metode simulasi Harmonic dapat digunakan untuk memodelkan efek sirkuit linier dan efek sirkuit nonlinier. Metode ini mampu menampilkan RF sirkuit linear atau nonlinear output daya, haronic levels, large signal gain, kinerja/performance intermodulation, dan sebagainya, dan dapat mensimulasikan osilator loop tertutup dan mixer nonlinear. Electromagnetic Simulators Perangkat lunak analisis elektromagnetik menggunakan Metode moments atau Metode Teknik baris, untuk mensimulasikan microstrip, stripline, dan logam struktur dielektrik di RF dan frekuensi gelombang mikro. Simulator EM modern memungkinkan menambahkan S-parameter atau komponen model yang ideal ke dalam sirkuit ini.

Sistem simulator biasanya populer dalam membuat keseluruhan sistem transmitter dan atau receiver. Rentetan sistem yang terdiri dari block amplifier, filters, mixers, local oscilators, dan juga seperti block lainnya yang ditandai specific stage gain, insertion loss, noise figure, temperature, dan lainnya.

Linear Simulators:  kelebihan 1. Kecepatan simulasi sangat cepat. 2. Informasi umpan balik instan visual selama sirkuit tuning. 3. Model tersedia untuk sebagian RF. 4. Untuk belajar dan menggunakannya cukup sederhana. 6. Hasil yang didapat adalah akurat. 7. Perangkat lunak ini relatif rendah biaya.  kekurangan
1. Tidak memberikan informasi mengenai efek nonlinier, seperti harmonik, palsu, tingkat daya, kompresi, atau produk pencampuran. 2. Inc apable menampilkan efek sementara atau waktu-domain bentuk gelombang. kesimpulan Sebuah simulator linier dapat digunakan secara akurat dan cepat untuk mensimulasikan lebih dari 95% pada semua RF / microwave dalam desain sirkuit linear.

Simulator non-linear: kelebihan 1. Dapat menampilkan model semua efek linier dan nonlinier (di steady state). 2. Dapat menampilkan arus, tegangan, dan tingkat daya RF. 3. Jika model-frekuensi tinggi khusus nonlinier tidak tersedia, Spice umum model dapat digunakan. Kekurangan

1.simulasi lebih lama daripada simulator linier.
2. 3. 4. 6. 7.

Perangkat lunak ini sangat mahal. Komputer cepat diperlukan untuk menjalankan secara efektif. Tidak dapat mensimulasikan osilator atau penguat perilaku transien. Hanya menampilkan garis spektrum, tanpa bandwidth. Perangkat aktif membutuhkan model nonlinear, yang tidak selalu tersedia.

kesimpulan Simulator nonlinier dianggap perlu untuk power amplifier, mixer, atau sirkuit nonlinier lainnya, tetapi masih dianggap tidak cukup baik untuk digunakan di dunia linier.

C. Berkeley Spice Simulator: kelebihan 1. Harga beli yang sangat rendah (beberapa bahkan gratis). 2. Baik dalam menampilkan sistem nonlinier sementara dan waktu-domain informasi. 3. Mudah memberi kita tingkat amplitudo arus dan tegangan. 4. Model nonlinear tersedia untuk banyak perangkat aktif. Kekurangan 1. model sirkuit tidak bisa didistribusikan dengan mudah. 2. cukup lambat selama simulasi berjalan. 3. Tidak ada cara built-in untuk menambahkan efek microstrip.
kesimpulan

Spice paling baik digunakan untuk mensimulasikan kehidupan nyata, perilaku rangkaian submicrowave, dan memberikan yang tak ternilai wawasan semua tingkat dari AC / DC sirkuit operasi.

elektromagnetik Planar Simulasi Software: kelebihan  1. Kebutuhan data yang linier sangat akurat dan informasi arus kepadatan secara acak 2D (planar)  dicetak dalam struktur sirkuit, dengan semua elektromagnetik efek kopling akurat diperhitungkan.  2. EM simulator modern yang juga dapat mensimulasikan sirkuit linier dengan seluruh S-parameter atau  model ideal komponen disamakan atau disertakan. ( komponen itu sendiri tidak benar-benar simulasi EM, tetapi dikirim ke mesin simulator linear, sementara hanya planar PCB tembaga itu sendiri adalah EM simulasi).  Kekurangan 1. Sangat mahal untuk membeli. 2. Simulasi berjalan sangat lambat untuk struktur menengah dan kompleks. 3. Memerlukan daya komputer high-end untuk menjalankan secara efektif dalam kapasitas lebih besar atau lebih kompleks pada planar sirkuit. kesimpulan Sebuah simulator EM dapat membuktikan tak ternilai jika berencana untuk merancang planar akurat struktur sirkuit pada frekuensi gelombang mikro, tetapi pada simulasi software / hardware biaya sangat tinggi daripada yang lain.

Ada banyak program simulasi RF murah atau gratis yang akan sukses membantu insinyur di desain dari rangkaian nirkabel frekuensi tinggi atau sistem. Ada juga program lebih mahal dan kompleks tersedia untuk persyaratan simulasi yang lebih rumit dan kuat. Semua program yang disajikan di bawah akan berjalan cepat dan andal di hampir semua komputer

LINC2 Pro [Ilmu Komputasi Terapan (ACS)] sangat terjangkau, tetapi sangat kuat, LINC2 Pro tidak hanya memasok grafik standar, simulasi, dan kemampuan optimalisasi tinggi tetapi juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan sintesis sirkuit jaringan disamakan dan didistribusikan otomatis, single-ended dan bantalan attenuator diferensial dari setiap impedansi input / output, jalur transmisi microstrip, baluns, dan coupler. Selain itu, ada LINC2 alat sintesis yang tersedia yang akan otomatis merancang filter dan didistribusikan, serta tunggal dan multistage amplifier linier. Memang, desain modul LINC2 ini LNA adalah alat sintesis yang paling kuat untuk RF amplifier yang tersedia dalam perangkat lunak apapun dengan nilai apapun. Fitur Lain yang mengesankan adalah sepenuhnya otomatis mengekspor semua skema rangkaian LINC2 Pro langsung ke Microwave Officce AWR, serta ekspor otomatis dari semua desain filter LINC2 Pro didistribusikan langsung ke Soneta software EM.

Soneta Lite, oleh Sonnet Software, adalah sebuah simulator elektromagnetik canggih yang memungkinkan seorang desainer microwave untuk mensimulasikan planar (microstrip) sirkuit dan patch antena, dan keuntungannya menampilkan output grafis linier dan return loss. Komponen juga dapat dengan mudah ditambahkan ke simulasi. Sebuah perangkat lunak yang sangat penting dalam semua desain microwave planar frekuensi tinggi.

AppCAD adalah program gratis dari Agilent, AppCAD membantu insinyur untuk segera merancang jaringan bias untuk bipolar junction transistor, efek medan transistor, dan sirkuit monolitik microwave terpadu (MMIC), serta sirkuit detektor lengkap dan jalur transmisi gelombang pemandu microstrip / stripline / coplanar. AppCAD juga memiliki kalkulator untuk menghitung refleksi tegangan rasio gelombang berdiri, return loss, dan mismatch loss untuk setiap input yang diinginkan dan keluaran sirkuit impedansi, perhitungan untuk menghitung suara NF seorang penerima, standar Nilai perhitungan untuk komponen pasif, bagian yang menampilkan semua konstanta rekayasa umum (Boltzmann, kecepatan cahaya, Planck, dan sejenisnya.

Qucs simulator sirkuit, dengan versi lengkap termasuk dalam piringan buku ini, saat ini menampilkan ukuran S-parameter, serta analisis dalam waktu-domain, penyederhanaan, GUI mudah digunakan mengingatkan ADS Agilent. Qucs telah membangun optimasi, microstrip diskontinuitas, dan beberapa pilihan dari berbagai sumber RF. Hal ini juga dapat mensintesis filter, microstrip, , dan attenuators pad. Qucs adalah simulator sirkuit RF yang sangat kuat dan stabil

PLLs Made Easy oleh National Semiconductor, proses membuat desain phaselocked loop (PLLs) yang jauh lebih akurat, cepat, dan berulang. Ini tersedia di situs Web Semiconductor Nasional sebagai alat online yang terus diperbarui. Dengan hanya menempatkan frekuensi referensi yang diinginkan, tuning jangkauan, dan frekuensi perbandingan dalam blok sesuai program, Easy-PLL benar-benar akan memilih tegangan yang tepat dikendalikan osilator dan Chip PLL Nasional, serta merancang seluruh loop filter, dan kemudian menyediakan insinyur dengan karakteristik kinerja yang lengkap phaselocked loop (PLLs), seperti fase noise dan lock time. Easy-PLL juga akan melakukan desain yang komprehensif memeriksa bahwa PLL menjamin stabilitas dan nilai-nilai komponen yang tepat.

Impedansi Matching Network Designer oleh John Wetherell adalah program online gratis yang membantu dalam desain cepat dari 16 berbagai jaringan RF-matching (ideal). Cukup masukkan resistansi sumber dan reaktansi, bersama dengan frekuensi yang menarik dan sirkuit Q yang diinginkan , dan aplikasi ini akan segera menampilkan nilai dari semua pencocokan topologi yang sesuai

MixSpur, oleh Engineer Club, adalah sebuah program yang akan secara grafik dan tampilan formatnya akan tersusun dalam tabel frekuensi output palsu, dan amplitudonya , seperti yang dipancarkan dari mixer dan tingkat osilator lokal (LO). Gunakan MixSpur untuk mengkonfirmasi bahwa baik di-band dan out-of-band mixer yang dihasilkan spurii di bawah spesifikasi untuk desain penerima dan pemancar , atau penyaringan, frekuensi LO baru, atau mixer yang berbeda diperlukan? Tersedia untuk dijual secara online.

2.

MODEL ACCURACY Accurate RF Simulation
1.

1. 2.

Ketidak cocokan tata letak pada simulasi dengan penerapan saat di papan PCB. Kurangnya model komponen pasif RF benarbenar akurat.

Ketidakmampuan untuk dengan mudah mengekspor tata letak sirkuit seluruh, seperti simulasi, langsung ke paket layout PCB Memang, jika tata letak akhir PCB berbeda dari tata letak sirkuit RF simulator, maka hasil dunia nyata akan berbeda, kadang-kadang cukup drastis. Kita harus melakukan tugas tata letak duplikat memakan waktu dan sulit ini dengan tangan, dan seakurat mungkin

Kebanyakan model yang di simulasikan menggunakan S-parameter, hal ini sulit untuk diaplikasikan di dunia nyata sebab S-parameter tidak bisa diharapkan benar-benar akurat untuk konstanta dielektrik setiap substrat PCB dan ketebalan papan. Oleh karena itu, jika desainer RF memilih bahan papan atau ketebalan yang berbeda dari bagaimana S-parameter yang diambil, maka akurasi simulasi akan berbeda, terutama karena peningkatan frekuensi. Dengan kata lain, semua tersedia S-parameter simulasi RF sangat tergantung substrat.

Untuk mengatasi keterbatasan simulator pada kurangnya model komponen pasif RF yang memadai untuk wilayah microwave, akhirnya telah berhasil ditangani oleh Modelithics, Inc. Modelithics menciptakan model pasif yang tidak ternilai (bisa disesuaikan) untuk digunakan dalam semua simulasi RF di atas 900 MHz secara akurat, dan yang memiliki kemampuan penuh untuk faktor-in efek parasit PCB pad, memungkinkan optimasi sirkuit penuh untuk dijalankan pada nilai masing-masing bagian, dan (yang paling penting) ketebalan substrat dan dielektrik konstan semua secara otomatis diperhitungkan dalam simulasi RF. Yang dihasilkan simulasi dibandingkan hasil dunia nyata tidak terpaut jauh. Sekarang modeli ini menjadi sebuah kebutuhan untuk dunia industri RF yang sangat kompetitif.

Jika semua komponen yang di simulasikan tidak di aplikasikan pada papan PCB maka akan dibutuhkan banyak tunning yang harus dilakukan untuk menyesuaikan agar tidak terpaut jauh akurasi yang dihasilkan dengan simulasi yang ideal. Maka harus dilakukan penerapan secara mendasar, karena saat simulasi semua komponen di hitung pada saat kondisi ideal serta jejak PCB dihitung 0 (hambatan sirkuit PCB). langkah berikutnya adalah untuk mengganti semua komponen yang ideal dengan model aktif dan pasif yang tepat dan lebih hidup, dan menambahkan semua jejak PCB, microstrips, bantalan, dan belokan. Selanjutnya, kita akan tune (menyetel) sirkuit ini lebih realistis sampai kita memperoleh kinerja yang diinginkan.

 Simulasi
 Simulasi

Parameter-S

Elektromagnetik(EM)  Simulasi Non-linier

 Simulasi
 Simulasi

Parameter-S

Elektromagnetik(EM)  Simulasi Non-linier

Parameter-S digunakan untuk mendefinisikan respon gelombang sinyal dari elemen listrik n-port pada frekuensi yang diberikan • Simulasi parameter-S merupakan jenis simulasi sinyal kecil AC yang biasa digunakan untuk mengkarakteristikan komponen RF pasif dan memperlihatkan karakteristik sinyal kecil suatu perangkat pada bias dan suhu yang spesifik • Jika rangkaian mengandung komponen yang nonlinier, perlu melakukan simulasi DC terlehih dahulu yang mampu melinierisasi semua komponen nonlinier pada titik bias nya • Ragkaian linier yang dihasilkan dianalisa sebagai perangkat multiport. Tiap port disusun beruntun, simulasi sinyal kecil linier dilakukan dan respon diukur pada setiap port pada rangkaian

Pada frekuensi microwave, parameter-S dapat diukur dengan menanamkan(embeddin g) jaringan 2-port ke dalam saluran transmisi yang tersambung dengan network analyzer

Device yang ditanamkan ke saluran transmisi untuk menguji karakteristik rangkaian disebut DUT(Device Under Test)

Main Issues
1. 2.

3.

4.

5.

Kebanyakan file parameter-S untuk komponen pasif diukur oleh de-embedding De-embedding merupakan proses menghilangkan efek parasitic dan panjang pergeseran fasa pada suatu uji peralatan(test fixture) Beberapa file model parameter-S yang lama yang mendeskripsikan komponen aktif bisa jadi memiliki tingkat ketidakakuratan yang tinggi Jangan pernah memilih komponen aktif dan pasif yang terdapat model parameter-S linieruntuk desain yang akan dibuat Resistor dengan nilai yang tinggi akan menurunkan resistansi secara cepat, sebaliknya resistor bernilai rendah akan meningkatkan resistansi

 Simulasi

Parameter-S  Simulasi Non-linier  Simulasi Elektromagnetik(EM)

Salah satu kendala terbesar untuk desain amplifier nonlinier adalah menemukan model RF yang tepat untuk simulator harmonic balance, terutama model yang cukup akurat untuk frekuensi microwave

Model aktif nonlinier yang tersedia sebagai bagian dari simulator harmonic balance adalah murni jenis Spice. Model jenis ini memiliki komponen parasitic kapasitansi dan induktasnsi yang sesuai

Untuk large-signal S-parameter(LSPP) non linier adalahharmonic balance berbasis file data yang telah terbukti kebenarannya untuk kondisi sinyal skala besar versus frekuensi

Permasalahan yang populer pada software harmonic balance adalah ketika terdapat tegangan bias adalah kebutuhan blok DC port input/output simulator. Hal ini untuk mencegah tegangan bias yang merambat ke ground melalui terminasi resistif 50 Ω

 Simulasi

Parameter-S  Simulasi Non-linier  Simulasi Elektromagnetik(EM)

Komputasi elektromagnetik adalah penerapan teori dan praktek pemecahan masalah elektromagnetik pada computer digital. Pemodelan dan simulasi numeric pada komputasi ini telah merevolusi aspek desain rekayasa menjadi seperti konsep CAD(computer aided design) dan CAE(computer aided engineering)

Tujuan utama simulator elektromagnetik adalah untuk menemukan solusi yang tepat untuk persamaan Maxwell yang sesuai dengan kondisi batas dan inisial yang diberikan. Beberapa tahun terakir, beberapa teknik pendekatan telah dikembangkan. Melihat adanya berbagai permasalahan yang dihanapi desainer untuk menganalisa, dari induktansi parasitic skala mikro hingga skala makro, tidak terdapat metode solusi yang sempurna yang sesuai untuk permasalahan elektromagnetik

Untuk microwave dan high-speed electronics, komputasi biasanya dilakukan dengan pendekatan persamaan Maxwell untuk dimanfaatkan menghitung performa antena, kompabilitas elektromagnetik, radar cross section, dan propagasi gelombang elektromagnetik saat tidak berada di ruang bebas

Teknologi microwave umumnya melibatkan komponen dengan dimensi orde panjang gelombang yang beroperasi. Karakteristik kelistrikan komponen microwave tergantung kepada geometri atau topologi nya, seperti sifat kondisi sekitar ruang dan kemasan dalam hal struktur terbuka Kondisi alam yang terdistribusi rangkaian microwave ini memiliki beberapa implikasi fundamental: tegangan, arus, dan impedansi tidak lagi berperan penting disini. Medan listrik dan magnet merupakan kuantitas primer sedangkan tegangan dan arus merupakan kuantitas sekunder Tugas insinyur microwave memiliki tugas sebagai berikut: “establish a relationship between the geometry or topology of a component and its functionality”

Simulator elektromagnetik menghitung parameter-S untuk rangkaian planar umum termasuk mikrostrip, slotline, stripline, koplanar waveform dan topologi lainnya

Terdapat beberapa teknologi simulasi EM yang muncul akhir-akhir ini, antara lain
1. 2.

3.

Method of Moments (MoM), Finite Element (FEM) Finite Difference Time Domain (FDTD)

Metode simulasi MoM dikenal sebagai pemecahan masalah "planar 3D" dan merupakan salah satu yang sulit untuk mengimplementasiakan metode simulasi Em Keuntungan dari teknik MoM adalah hanya membutuhkan untuk mendiskritisasi(mesh) interkoneksi metal pada struktur yang sedang disimulasikan

Simulasi FDTD merupakan simulasi dengan model bidang 3D yang memiliki keuntungan untuk menganalisa struktur bentuk 3D Objek yang akan disimulasikan ditempatkan kedalam "kotak" yang mendefinisikan domain simulasi. Keseluruhan volume pada domain simulasi didiskritisasi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->