[

MATERIAL SAFETY DATA SHEET (MSDS) Hexane
BAGIAN - I IDENTIFIKASI PRODUK Nama Kimia Nama Dagang : Aliphatic, cycloparaffinic hydrokarbon : n-Hexan GR for analysis ACS

BAGIAN - II KOMPONEN BERBAHAYA

BAGIAN - III DATA FISIK Viscosity : 0,45 cS Bentuk : Cairan jernih Warna : Tak bewarna Bau : Seperti benzene Nilai pH : Tidak dapat diaplikasikan Kekentalan dinamik (20OC) 0.326 mPa*s Kekentalan kinematik (20OC) 0.50 mm2/c O Titik lebur -94.3 C Titik didih (1013hPa) 69 OC Suhu penyalaan 240OC (DIN 51794) O Titik nyala -22 C c.c Batas Ledakan lebih rendah 1.0 Vol% Lebih tinggi 8.1 Vol% Tekanan uap (20OC) 160 hPa Densitas uap relative 2.79

V BAHAYA TERHADAP KESEHATAN Efek yang dapat ditimbulkan pada kulit .IV INFORMASI KEREAKTIFAN Material akan terakumulasi dengan percikan api / listrik Kondisi yang harus dihindari : Pemanasan (resiko ledakan) Penghangatan Bahan yang harus dihindari : Berisiko meledak dengan zat pengoksidasi kuat Produk penguraian yang berbahaya : Tidak ada informasi yang tersedia Informasi lebih lanjut : Bahan yang tidak cocok untuk bekerja : maca.Pernafasan : Pada konsentrasi rendah dapat menimbulkan iritasi -Tertelan : Berbahaya bila tertelan -Terhirup : Bahaya serius terhadap pernafasan dan uapnya dapat mengakibatkan mengantuk dan pusing . plastik dan karet Dinyatakan meledak dengan udara dala uap/gas.Mata : Korosif dapat menimbulkan iritasi pada mata . BAGIAN .MATERIAL SAFETY DATA SHEET (MSDS) Hexane BAGIAN .Kulit : menimbulkan iritasi . pernafasan dan pencernan .

MATERIAL SAFETY DATA SHEET (MSDS) Hexane Pertolongan Pertama * Jika kena mata masih * Jika kena kulit kimia. risiko meledak! BAGIAN .VIII PENANGANAN DAN PENYIMPANAN Pastikan drum tertutup rapat dan tangani kemasan dengan hati. Jangan menghirup uap/aerosol. sepatu yang terkena bahan Segera cuci kulit yang terkena bahan kimia. BAGIAN . secepatnya korban jauhkan dari lokasi Hubungi tim medis/ dokter.VI DATA REAKTIF Material akan terakumulasi dengan percikan api / listrik BAGIAN . Tindakan Perlindungan lingkungan. bila terasa Sakit hubungi dokter terdekat atau tim medis : Lepaskan pakaian. : Jangan muntahkan.hati.VII KEBOCORAN ATAU TUMPAHAN Tumpahan sedikit Tumpahan banyak areal : Lap/bersihkan tumpahan sampai bersih : Segera lap/bersihkan areal tumpahan dari material sebaiknya tumpahan dibersihkan dengan chemizorb. Segera hubungi dokter. . Hindari kontak dengan bahan. Buka tutup dengan perlahan untuk mencegah dari dalam drum. jangan biarkan memasuki sistem pembuangan air. Gunakan bantuan pernafasan . Istirahatkan korban dan hubungi : Hirup udara segar. * Jika tertelan dokter * Jika terhirup : Bilas dengan air yang banyak sampai bersih . Pastikan pasokan udara segar didalam ruangan tertutup. * Jika pernapasan terhenti : Berikan napas buatan mulut ke mulut atau secara mekanik Berikan masker oksigen jika mungkin.

Bersihkan dan kutip buang ke tempat pembuangan. BAGIAN . gunakan semprotan air untuk menyebarkan uap. Cara pembuangan . sumber air atau areal yang rendah Jauhkan orang. tutup sumber tumpahan jika mungkin dilakukan tanpa membahayakan. Jika kebocoran atau tumpahan tidak terbakar. . Cegah aliran masuk ke saluaran.XI PENANGGULANGAN TUMPAHAN Jauhkan tumpahan dari pembakaran.Simpan pada tempat yang sejuk dengan ventilasi cukup Jangan disimpan atau membuka kemasan dekat dengan api Lindungi dari sinar matahari langsung Jangan menggunakan kemasan bekas sebelum dibersihkan dan direkondisi MATERIAL SAFETY DATA SHEET (MSDS) Hexane BAGIAN – IX PROTEKSI PENGGUNAAN ALAT Pelindung pernafasan Ventilasi Pelindung yg lain Pelindung mata : Gunakan masker : Berikan ventilasi yang cukup : Sarung tangan : Gunakan Kaca mata Pelindung BAGIAN . Gunakan bahan penyerap. Produk harus dinetralisir hingga bekasnya hilang sebelum dibuang ke tempat pembakaran.X PENANGANAN KEBAKARAN Semprotkan air untuk mendinginkan api dan melindungi manusia. Jika api tidak terkontrol coba tutupi kebocoran dengan pemadam api busa. melindungi manusia dan menghentikan kebocoran. seperti pasir dan tanah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful