LAPORAN HASIL STUDY BANDING TENTANG RSKM/SKM/SSN DI SMA NEGERI 47 JAKARTA

DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN TINGGI SMA NEGERI 16 JAKARTA JL. Belibis Terusan No. 16 Palmerah, Jakarta Barat 2009

Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih pada Kepala SMA Negeri 47 Jakarta yang bersedia melayani kami tim dari SMA Negeri 16 untuk mendapatkan pelaksanaan RSKM/SKM/SSN tentang pelaksanaan Informasi tentang RSKM/SKM/SSN. M. Demikian semoga laporan hasil study banding ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pelaksanaan RSKN/SKM/SSN di SMA Negeri 16 Jakarta Jakarta.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa atas segala Rahmat dan karunian-Nya sehingga laporan hasil Study Banding RSKM/SKM/SSN di SMA Negeri 47 Jakarta dapat terselesaikan . Kepala sekolah SMA Negeri 16 Jakarta yang selalu memberikan bimbingan dan arahan dari persiapan . NIP. 1380345 . pelaksanaan Study Banding sampai dengan terselesainya laporan ini 2.Pd. Hj. 13 1273017 26 Mei 2009 Ketua Drs.Pd NIP. Hersani. M. Laporan hasil Study Banding ini diharapkan dapat bermanfaat bagi SMA Negeri 16 sebagai bahan perbandingan dan perbaikan dalam selanjutnya. Nurhayati. Selain daripada itu tidak lupa kami ucapkan terimakasih pada 1. H. Mengetahui Kepala SMA Negeri 16 Jakarta Dra.

Standar pengelolaan 6. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 4. Duk. Standar penilaian pendidikan 8. PENDAHULUAN Peraturan Pemerintah No.A. Ini membuktikan gambaran bahwa kategori 1. Standar Sek. Standar Pembiayaan 7. maka pemerintah mempunyai kepentingan untuk memetakan sekolah menjadi yang hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan .Upaya yang dilakukan salah satu diantaranya adalah melakukan Study Banding di SMA Negeri Standard dan Mandiri didasarkan pada terpenuhinya 8 (delapan) Standar Nasional yaitu : . Sekolah Kategori Mandiri (SKM) dan Sekolah bertarap Internasional (SBI) itu pemerintah memprogramkan salah satunya yaitu Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Standar Isi dan SKL 2. Eksternal Beradarkan uraian tersebut SMA Negeri 16 Jakarta Sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri berupaya untuk mencapai 8 (delapan) Standar tesebut. 19 Tahun 2005 ayat 2 dan 3 menyebutkan bahwa dengan di berlakukannya Standar Nasional Standar Nasional Pendidikan. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional Indonesia telah menetapakan kebijakan tentang pengkategorian sekolah berdasarkan tingkat keterlaksanaan standar nasional pendidikan kedalam sekolah katergori Standar (SKst). Penjelasan PP No. Sekolah Kategori Mandiri (SKM) adalah sekolah yang telah memenuhi atau hampir memenuhi Standar nasional Pendidikan (SNP) yang implementasinya adalah Sekolah harus menerapkan Sitem Kredit semester (SKS) dan moving class (kelas bergerak) dalam pembelajarannya. Standar proses 3. Terkait dengan hal tersebut Pemerintah mengkategorikan sekolah hamper memenuhi Standar Nasional Pendidikan kedalam kategori Madiri dan sekolah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan kedalam kategori Standar. Standar Sarana dan Prasarana 5..

25 Mei 2009 Pukul : 13. 1 Dari hasil tanyajawab dengan Kepala Sekolah dan Tim RSKM/SKM SMA Negeri 47 Jakarta Selatan dapat disimpulkan bahwa : • Di SMA Negeri 47 Jakarta Selatan dalam mempersiapan diri untuk menyusun program RSKM/SKM dilaksanakan dengan cara : . Waktu : Hari Senin. HASIL STUDY BANDING TENTANG RSKM/SKM DI SMA NEGERI 47 JAKARTA SELATAN.47 Jakarta Selatan yang dianggap lebih dahulu melakukan RSKM/SKM dan cukup berhasil. D. yang berkaitan dengan bagaimana strategi yang dilakukan SMA Negeri 47 Jakarta Selatan dalam melaksanakan kegiatan RSKM.d selesai Tempat : Ruang multiguna SMA Negeri 47 E.00 s.. C. Resume . PELAKSANAAN KEGIATAN Pelaksanaan kegiatan Study Banding dilakukan oleh Tim yang terdiri 8 orang guru perwakilan dari program IPA dan IPS. BENTUK KEGIATAN Cakupan materi dalam kegiatan tersebut adalah tanyajawab. dan didampingi oleh wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. B. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN Kegiatan Kujungan kerja (Study Banding) di SMA 47 adalah untuk menggali pengalaman-pengalaman atau strategi yang dilakukan oleh SMA Negeri 47dalam melaksanakan RSKM/SKM yang hingga saat ini keterselesainnya telah mencapai 80 %.Mengmbangkan SDM ( Sumber Daya Manusia) agar bisa memahami secara .

. Seperti UI. dzuhur. 54 aspek dan 229 indikator . KD. 2. Karena ada Program RSKM/SKM maka Tim tersebut di sempurnakan dan dilanjutkan menjadi tim pengembang RSKM/SKM. Panitia terdiri 14 orang Guru yang pada mulanya Tim ini telah ada sejak tahun 2006 yang disebut Tim Pengembang KTSP. azhar secara berjama’ah. Resume II Dari hasil tanyajawab/diskusi dengan dengan Tim Pengembang RSKM/SKM SMA Negeri 47 Jakarta dapat disimpulkan bahwa : Srategi atau langkah-langkah yang dilakukan oleh Tim dari SMA Negeri 47 untuk mencapai SNP adalah :  Membentuk Tim atau panitia pengembangan RSKM/SKM/SSN. untuk itu sering dilakukan worshop termasuk pemetaan pada Standar Isi yang berkaitan dengan SK. dan 90% kecenderungannya ingin masuk perguruan tinggi yang favorit.betul bagaimana isi kurikulumSNP secara utuh.Merubah atau merevisi visi dan misi SMA 47 Jakarta yang akan dijadikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta dipadukan dengan Blockgrand yang ada. Tujuan Sekolah SMA Negeri 47 adalah 1. Menjadikan sekolah berprestasi dibidang akademik. mengingat data siswa untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri mencapai 98 %. . Tujuan kedua adalah membentuk akalk yang baik/mulia.UGM ITB dst. untuk itu dilakukan kerjasama dengan semua guru khususnya guru agama yaitu dengan melakukan sholat Duha. yang fokus utamanya pada 8 komponen. Dari Tim tersebut terdiri penanggungjawab yaitu Wakil Kurikulum yang keanggotaanya tersiri dari • • • • Ketua Sekretaris Bendahara Anggota yang terdiri dari rumpun IPS dan IPA serta melibatkan Tata Usaha.

namun untuk pelaksanaannya dibuat sskala prioritas. Dalam pelaksanaan RSKM/SKM/SSndiperlukan dukungan dana /stimulus dari komite. PENUTUP Dari serangkaian kunjungan kerja di SMA Negeri 47 Jakarta sangat menghasilkan manfaat tentang bagaimana menyusun tahapan/strategi dalam melaksanakan RSKM/SKM/SSN agar dapat berjalan secara baik dengan membandingkan pelaksanaan RSKM/SKM/SSN yang telah dilakukan oleh SMA Negeri 16. dan dana dari komite. dukungan tersebut minimalnya sama dengan program Blockgrant. F.  Pengembangan I.T Dalam pelaksanaan RSKM/SKM/SSN diperlukan sarana yang cukup memadaibaik dari SDM maupun ICT-nya untuk itu di SMA Negeri 47 Jakarta melakukan kerjasama dengan UMN (Universitas Multi Media Nasional). sehingga kekurangankekurangan yang ada dapat dilengkapi sehingga akan lebih cepat dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. KESIMPULAN Kesimpulan dari kegiatan ini adalah .  Cara mengukur pencapaian Cara pengukuran pencapaian dengan menggunakan skala dilakukan evaluasi 3 (tiga) bulan sekali prioritas . KTSP dan Sebagainya.pada saat mengadakan worshop.Dalam Tim dibuat kelompok kecil . masing-masing kelompok menangani bidang-bidang tertentusesuai dengan cara pencapainSKM/SSN yaitu 8 (delapan ) komponen. G. 56 aspek dan 229 indikator. Seperti worshop setiap kegiatan harus dapat dukungan untuk pengembangan Indikator.

SARAN Kegiatan tersebut agar dapat bermanfaat untuk kemajuan SMA Negeri 16. sekali dengan skala prioritas . juga non material dalam .Pengembangan SDM dan IT terus dilakukan. dan Komite dapat mendukung sepenuhnya baik secara material dan program tersebut. H.Bahwa SMA Negeri 16 Jakarta dalam melaksanakan RSKM/SKM/SSN harus menekankan pada tercapainya pelaksanaan 8 (delapan) komponen dan 56 aspek dan 229 indikator yang telah ditetapkan sebagai kreteria RSKM/SKM/SSN Dalam pengukuran keberhasilan melalui evaluasi 3 (tiga bulan).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful