MEDIA PEMBELAJARAN VULKANISME UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER II

OLEH I GEDE NUHARTA NEGARA 1005021101

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA
2013

1

MEDIA PEMBELAJARAN VULKANISME UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER II

TUGAS AKHIR

Diajukan Kepada Universitas Pendidikan Ganesha untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam Menyelesaikan Program Diploma Tiga Jurusan Manajemen Informatika

Oleh I Gede Nuharta Negara 1005021101

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA 2013
ii

TUGAS AKHIR

DIAJUKAN UNTUK MELENGKBERAPI TUGASTUGAS DAN MEMENUHI SYARAT-SYARAT UNTUK MENCAPAI GELAR AHLI MADYA

Menyetujui,

PEMBIMBING I

PEMBIMBING II

(Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom)

(Ni Ketut Kertiasih.SSI.,M.Pd.)

NIP. 19601231 198601 1 004

NIP. 19701118 199703 2 001

iii

Anggota iv . Anggota ……………………………………….Tugas Akhir I Gede Nuharta Negara Telah dipertahankan di depan dewan penguji pada tanggal 2 juli 2013 Dewan Penguji ……………………………………….. Ketua ……………………………………….

Si.T. M. I Dewa Ayu Made Budhyani.Pd. NIP. NIP.Diterima oleh Panitia Ujian Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha guna Memenuhi Syarat-syarat untuk mencapai Gelar Ahli Madya Pada : Hari Tanggal : …………………………… : …………………………… Mengetahui: Ketua Ujian. M.Pd NIP. 19710616 199602 1 001 Komang Setemen. S. Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan Dra. Sekretaris Ujian. M. 19650126 199211 2 001 v . S.Pd. I Gede Sudirtha. 19760315 200112 1 002 Mengesahkan.

Juli 2013 Yang membuat pernyataan. saya siap menanggung risiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran atas etika keilmuan dalam karya saya ini. Atas pernyataan ini. Singaraja. atau ada klaim terhadap keaslian karya saya ini.PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa karya tulis yang berjudul media vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II beserta seluruh isinya adalah benar-benar karya sendiri. I Gede Nuharta Negara 1005021101 vi . dan saya tidak melakukan penjiplakan dan mengutip dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan.

1005021101 Jurusan Manajemen Informatika Abstrak Media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II merupakan media pembelajaraan yang dapat membantu siswa dalam mempelajari dan memahami tentang kejadian-kejadian gunung berapi. Media pembelajaran vulkanisme ini disajikan dengan gambar dan animasi tampilan yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. dan materal yang di keluarkan pada saat letusan gunung berapi.MEDIA PEMBELAJARAN VULKANISME UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER II Oleh I Gede Nuharta Negara. vulkanisme. AudioMemos sebagai perekam suara. erupsi. tipe letusan gunung berapi. khususnya dalam mempelajari kejadian-kejadian gunung berapi. Kata kunci : Media pembelajaran. NIM. Media pembelajaraan ini diimplementasikan menggunakan Adobe Flash Profesional CS5. dapat diperoleh suatu media alternatif sebagai sumber belajar secara otodidak bagi pengguna. dan Music Format Factory sebagai editor suara. Adobe Pothoshop CS5 sebagai editor gambar. Adapun materi yang disajikan adalah mulai dari definisi gunung berapi. jenis-jenis gunung berapi. erupsi. gunung berapi vii . Dengan media pembelajaraan interaktif ini.

I. Seluruh jajaran staf jurusan Manajemen Informatika yang telah membantu penyusunan tugas akhir ini. selaku Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan. karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan tugas akhir ini dengan topik media pembelajaraan vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II tepat pada waktunya. Dalam penyusunan tugas akhir ini. I Made Candiasa. selaku Ketua Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha. M. Universitas Pendidikan. Ibu Dra..Kata Pengantar Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa.Pd selaku guru pengajar di SMA Negeri 1 Negara.Si. hambatan tersebut dapat penulis hadapi. dukungan. 2. Bapak I Ketut Mirta.Pd.Pd. 3. Dr.. Bapak Prof.Kom. Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah sebagai pertanggung jawaban atas pembuatan tugas akhir media pembelajaraan vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II. S. Berkat bimbingan. 4. dan doa sehingga tugas akhir ini dapat diselesaikan. yang selalu memberikan dan membantu penulis untuk membuat media pembelajaran vulkanisme. 7. banyak hambatan yang penulis hadapi. viii . selaku pembimbing II yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam pembuatan program maupun menyusun laporan.T. Bapak Komang Setemen. arahan. Keluarga dan teman saya yang selalu memberikan perhatian. Ibu Ni Ketut Kertiasih. I Dewa Ayu Made Budhyani. dan saran dari berbagai pihak. 5. Untuk itu. M. selaku pembimbing I yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam pembuatan program maupun menyusun laporan. S. 6.SSI. tidak berlebihan rasanya bila melalui kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada yang terhormat: 1. dorongan. M.M.

Singaraja. Akhir kata. semoga laporan tugas akhir ini bermanfaat bagi pembaca.Penulis menyadari bahwa apa yang disajikan dalam laporan ini masih jauh dari sempurna. Juli 2013 Penulis ix . Oleh karena itu. penulis mengharapkan kritik dan saran yang positif dari pembaca untuk penyempurnakan laporan ini.

...............................................................................................................8 Animasi dengan Flash...........................................2 Gunung Meletus............................................................................................................................................................. x Daftar Gambar .......................... iv Lembar Pengesahan .....................................1 Definisi ...........3 Batasan Masalah.............. 1 1............................................................................................. 6 2......................... 19 x ................. 10 2...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... 3 1............ 2 1.....................................................1 Latar Belakang ..........................................................6 Media Pembelajaran................................................. vii Kata Pengantar .......................... 3 1....................................................................................... xii Daftar Tabel ................viii Daftar Isi .................................................................................2 Rumusan Masalah..................... i Lembar Persetujuan .......................................... iii Lembar Persetujuan Penguji..................... 17 2..7 Adobe Flash CS 5............................................................................................................................................... 7 2.............5 Material yang Dikeluarkan Gunung Berapi............3 Jenis-Jenis Gunung Berapi Berdasarkan Bentuknya.......................................................... 4 BAB II KAJIAN TEORI 2..Daftar Isi Halaman Halaman Judul ......................................................................................................................................... ............................................... ............................................................. 6 2..................4 Tipe Letusan Gunung Berapi..................................................4 Tujuan...................... 5 2............................................................................................................................................................................................ v Lembar Pernyataan...............................9 Adobe Photoshop CS 5......5 Manfaat...................................................................xiii BAB I PENDAHULUAN 1... vi Abstrak ............................... 11 2...................................... 15 2...................................................

................ 36 3....... 45 BAB IV PENUTUP 4........ 31 3................................. 47 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN xi ..........................................................................BAB III PEMBAHASAN 3........5 Hasil Pengembangan..................................................1 Simpulan......................3 Story Board...................6 Uji Coba Program................ 47 4.............. 21 3..........................................................................................2 Prosedur Kerja.................1 Gambaran Umum Sistem................................................................................................................. 21 3....................................... 25 3...2 Saran..........................................4 Tahap Implementasi Program..............................................................................

.................................................................................10 Tampilan Loading...........................................................................................1 Model Pembuatan Media Pembelajaran Vulkanisme....... 32 Gambar 3..............................18 Tampilan Submenu Video..................................................................................Daftar Gambar Halaman Gambar 3..............12 Tampilan Submenu Materi......................... 38 Gambar 3...7 Source Code Panggil Background Musik......................8 Source Code Acak Soal.. 44 xii .......................................................14 Tampilan Animasi Dampak letusan......17 Tampilan Animasi Penanggulangan.......................11 Tampilan Menu Utama.....15 Tampilan Animasi Tipe Letusan...........................13 Tampilan Submenu Animasi.............................................. 33 Gambar 3............................... 39 Gambar 3........................19 Tampilan Evaluasi..... 34 Gambar 3................. 41 Gambar 3.................... 33 Gambar 3.. 22 Gambar 3.............................................................................................3 Source Code Mengakhiri Program..... 32 Gambar 3...... 41 Gambar 3.................................. 43 Gambar 3............6 Source Code Membuat Hari dan Tanggal....... 37 Gambar 3........2 Source Code Fullscreen Layar..................................................................................... 35 Gambar 3.... 44 Gambar 3....................................4 Source Code Menuju ke Frame Selanjutnya.................................................................. 42 Gambar 3.........16 Tampilan Animasi Material yang dikeluarkan............ 35 Gambar 3..20 Tampilan Peta. 40 Gambar 3.........5 Source Code Memanggil Halaman Flash..... 37 Gambar 3..9 Tampilan Intro.................................... 39 Gambar 3............................................................................................

.................................................. 45 xiii .....Daftar Tabel Halaman Tabel 3...........................1 Uji Coba Program..

Dengan belajar vulkanisme siswa dapat mengetahui tentang erupsi. jenis gunung berapi. sedangkan siswa hanya mendengarkan saja dan tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru karena dengan melakukan ceramah siswa tidak mengetahui proses terjadinya erupsi. dan material yang dikeluarkan gunung berapi. material yang dikeluarkan gunung berapi. tipe letusan. Proses pembelajaran didominasi oleh guru. Ilmu pengetahuan sosial memanglah suatu ilmu yang abstrak dan sulit dipahami. Permasalahan lainnya yang perlu disinggung di sini adalah persepsi yang berkembang pada diri siswa bahwa gunung berapi adalah ilmu pengetahuan sosial yang tidak ada manfaatnya. jenis gunung berapi dan tipe letusan.BAB I PENDAHULUAN 1. jenis gunung berapi dan tipe letusan dengan jelas. Vulkanisme termasuk salah satu materi ilmu pengetahuan sosial yang tercantum dalam kurikulum. sedangkan guru mengorganisasikan siswa secara klasikal sehingga pembelajaran menjadi menonton dan mengakibatkan siswa merasa bosan belajar tentang gunung berapi dan akibatnya hasil belajar siswa tentang materi ilmu pengetahuan sosial kurang memuaskan. material yang dikeluarkan gunung berapi. guru mengajar lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan tentang erupsi. Ini memanglah hal 1 . Berdasarkan kenyataan di lapangan dalam pembelajaran materi Ilmu pengetahuan sosial tentang vulkanisme.1 Latar Belakang Vulkanisme adalah gerakan magma dari dalam bumi. Ini tentunya sangat menyedihkan.

oleh karena itu melalui penelitian ini dicoba dikembangkan “media pembelajaran vulkanisme”. tipe letusan. dan material yang dikeluarkan gunung berapi ini dapat menjadi satu cara penyampaian materi kejadian alam yang hanya bisa diceritakan lewat buku saja. dan material yang dikeluarkan gunung berapi sehingga nantinya para siswa dapat lebih nyaman belajar dan tidak merasa bosan. Dengan adanya aplikasi ini.2 yang wajar. asalkan alat-alat yang mendukung sudah tersedia. tidak terbatas oleh ruang dan waktu yang dimaksudkan adalah para siswa dapat mempelajari materi di media pembelajaran ini dimana saja dan kapan saja. jenis gunung berapi. 1. Adobe Photoshop CS 5 dan AudioMemos masing-masing dalam proses pembuatan animasi. editing gambar dan merekam suara ? . Bagaimana rancang bangun media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II? 2. jenis gunung berapi. rumusan masalah yang akan dikaji dan dipecahkan adalah sebagai berikut. Media pembelajaran ini memiliki banyak keunggulan diantaranya efesiensi waktu. Dibuatnya multimedia interaktif tentang erupsi.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang di atas. dapat memberi gambaran multimedia yang disertai proses terjadinya erupsi. 1. Bagaimana implementasi dari media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II dalam bentuk perangkat lunak menggunakan Adobe Flash Professional CS 5. melatih kemandirian dari siswa itu sendiri. tanpa bisa menjelaskan dengan lebih jelas lagi. tipe letusan.

1. Mengimplementasikan media pembelajaran vulkanisme untuk Siswa Sekolah Menengah Atas berbasis multimedia menggunakan adobe Flash Professional CS5. Adobe Photoshop CS 5 dan AudioMemos. 2. jenis gunung berapi. 1.3 1. dan material yang dikeluarkan gunung berapi. Contoh soal erupsi. jenis gunung berapi. . Penjelasan dampak dan tindakan kesiapagaan kejadian erupsi. dapat diuraikan batasan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini. Penjelasan materi penyebab dan proses terjadinya erupsi. 1. seperti berikut. 2. tipe letusan. dan material yang dikeluarkan gunung berapi beserta penyelesaiannya. tipe letusan. Adapun batasan masalahnya adalah sebagai berikut.3 Batasan Masalah Dari paparan masalah di atas. 3.4 Tujuan Penelitian ini dirancang untuk mencapai beberapa tujuan. tipe letusan. Merancang media pembelajaran vulkanisme untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. dan material yang dikeluarkan bagi kehidupan di muka bumi beserta cara penanggulangannya.

tipe letusan. jenis gunung berapi. 1. Mempermudah memahami materi erupsi.4 1. dan material yang dikeluarkan gunung berapi. Dapat membantu pengajar dalam mebuat media sebagai pendukung dalam proses belajar-mengajar. . 2.5 Manfaat Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut.

material lain yang juga berbahaya dari gunung yang sedang meletus adalah aliran lumpur.1 Definisi Gunung Berapi Gunung berapi atau gunung berapi secara umum adalah istilah yang didefinisikan sebagai suatu saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi. Secara singkat. Selain itu. gelombang tsunami. Gunung berapi akan padam dalam waktu 610 tahun sebelum akhirnya aktif kembali. Apabila gunung berapi meletus. abu. Gunung berapi yang aktif mungkin akan berubah menjadi separuh aktif. sulit untuk menentukan apakah suatu gunung sudah mati ataukah masih aktif. Selain aliran lava. bahkan gempa bumi. padam dan akhirnya menjadi tidak aktif atau mati.5 BAB II KAJIAN TEORI 2. 2004). dan gas beracun. gunung berapi adalah gunung yang masih aktif dalam mengeluarkan material di dalamnya (Rukaesih. magma yang terdapat di bawah gunung berapi akan keluar sebagai lahar atau lava. . Oleh karena itu. gunung berapi mempunyai beberapa bentuk. Karena sudah mengalami letusan berulang kali di sepanjang “hidupnya”. Lava ini sangat panas dan berbahaya bagi makhluk hidup. termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan saat dia meletus. meletusnya gunung berapi juga akan mengakibatkan kebakaran hutan.

Akan tetapi.0000C sehingga mampu melelehkan material sekitarnya membentuk cairan pijar (magma). sekitar 1. Setiap gunung api memiliki karakteristik tersendiri jika ditinjau dari jenis muntahan atau produk yang dihasilkannya. Magma akan mengintrusi batuan atau tanah disekitarnya melalui rekahan-rekahan mendekati permukaan bumi. apa pun jenis produk tersebut kegiatan letusan gunung api tetap membawa bencana bagi kehidupan. Hal ini dikarenakan adanya letusan yang . Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. 2009). Hampir semua kegiatan gunung api berkaitan dengan zona kegempaan aktif yang berhubungan dengan batas lempeng.2 Gunung Meletus (Erupsi) Letusan gunung api merupakan bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal dengan istilah “erupsi”. Jenis gunung berapi ini membentuk suatu kerucut besar (raksasa) dan terkadang bentuknya tidak beraturan. Stratovolcano Gunung berapi stratovolcano ini tersusun dari beberapa jenis batuan hasil letusan yang tersusun secara berlapis-lapis. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai radius 18 km atau lebih. a. 2. Pada batas lempeng terjadi perubahan tekanan dan suhu yang sangat tinggi.6 2. sedangkan lavanya dapat membanjiri sampai radius 90 km (Hartuti. 2009).2000C. Bahaya letusan gunung api memiliki risiko merusak dan mematikan (Hartuti. Suhu lava yang dikeluarkan dapat mencapai 700-1.3 Jenis-Jenis Gunung Berapi Berdasarkan Bentuknya.

Cinder Cone Gunung jenis cinder cone merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkaniknya menyebar di sekeliling gunung. Gunung jenis ini jarang yang mempunyai tinggi di atas 500 meter dari permukaan tanah sekitarnya. Gunung Bromo termasuk gunung jenis ini (Hartuti. Lereng gunung yang terbentuk menjadi sangat landai. d. Pacific Ring of Fire merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik. Perisai Di Indonesia tidak ada gunung yang berbentuk perisai. Amerika Serikat. Sebagian besar gunung jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya. b.4 Tipe Letusan Gunung Berapi Gunung berapi terdapat di seluruh dunia. Gunung berapi yang aktif mungkin .7 terjadi beberapa ratus kali. Gunung Merapi di Yogyakarta termasuk gunung berapi jenis ini. Gunung berapi perisai terjadi karena magma cair keluar dengan tekanan rendah tanpa adanya letusan. 2009). Gunung berapi perisai contohnya Maona Loa Hawaii. Gunung berapi memiliki beberapa bentuk yang sering berubah. 2. c. namun lokasi gunung berapi yang sangat dikenali adalah gunung berapi yang berada di sekitar Pacific Ring of Fire ( Cincin Berapi Pasifik ). Kaldera Gunung berapi jenis kaldera ini terbentuk dari ledakan yang sangat kuat sehingga melempar ujung atas gunung dan membentuk cekungan.

seperti bom. kedalaman dapur magma dan bahan material yang dikeluarkannya. Jadi setiap kurang lebih 12 menit lava mendidih. tekanan gas magmatik. Setiap gunung berapi memiliki karakteristik letusan (erupsi) tertentu yang dapat dilihat dari beberapa segi. Letusan Tipe Hawaii Tipe Hawaii terjadi karena lava yang sangat cair dan bentuknya seperti perisai atau tameng dan mengalir ke segala arah. Skala letusannya relatif kecil namun memiliki intensitas yang cukup tinggi. a. Beberapa gunung yang memiliki Letusan Tipe Hawaii adalah Maona Loa. abu dilontarkan keluar. Gunung-gunung yang mengalami letusan seperti Tromboli adalah Vesivius (Italia) dan Gunung Raung (Jawa). jarak waktu letusannya lebih kurang 12 menit.8 berubah menjadi separuh aktif. Gunung berapi Stromboli di Kepulauan Lipan. Dapur magma yang bervariasi dari dangkal sampai dalam. serta bahan-bahan padat dan cair atau lava. Maona Kea. Dilihat dari derajat kekentalan magma. Tipe letusan ini dikelompokkan atas kekuatan erupsi dan kedalaman dapur magmanya. Letusan Tipe Stromboli Letusan yang memiliki interval waktu yang hampir sama. c. sehingga . abu. letusan gunung berapi dibedakan sebagai berikut. lapili. istirahat. b. dan Kilauea di Hawaii. Letusan Tipe Vulkano Tipe letusannya mengeluarkan material padat. dan akhirnya dapat ditentukan menjadi tidak aktif ataupun mati. kemudian terjadi letusan.

Beberapa gunung yang memiliki Letusan Tipe Vulkano adalah Gunung Vesuvius dan Etna di Italia. misalnya letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 dan St. d.9 memiliki tekanan yang sedang sampai tinggi. tekanan gas menjadi semakin bertambah kuat sehingga sumbatan terangkat pecah-pecah. Letusan Tipe Pelee Letusan tipe ini biasanya terjadi jika di puncak gunung berapi terdapat sumbatan kawah yang bentuknya seperti jarum sehingga . gas yang sangat tinggi. Letusan Tipe Perret atau Plinian Tipe letusan ini sangat berbahaya dan sangat merusak lingkungan karena ledakannya yang sangat dahsyat. dan dihiasi oleh awan menyerupai bunga kol di ujungnya. material yang dilemparkan mencapai ketinggian sekitar 80 km. Selain itu. f. Daya rusak yang dihasilkan cukup besar. Helens pada tanggal 18 Mei 1980. Tipe letusan merberapi sangat berbahaya bagi penduduk di sekitarnya. Material ini menuruni lereng gunung sebagai ladu atau gloedlawine. terjadi pula awan panas atau gloedwolk atau sering disebut wedhus gembel. Letusan tipe ini dapat membobol puncak vulkan hingga dinding kawah melorot atau melemparkan kepundan. Memiliki ciri seperti letusan tiangan. Akibatnya. Letusan Tipe Merapi Letusan tipe ini mengeluarkan lava kental sehingga menyumbat mulut kawah. e. serta Semeru di Jawa Timur. Sumbatan yang pecah-pecah terdorong ke atas yang akhirnya terlempar keluar. Pada tipe ini.

Lava yang membeku akan membentuk bermacammacam batuan. Letusan ini mengakibatkan daerah di sekitar gunung tersebut akan diterjang lahar panas yang sangat berbahaya. g. misalnya letusan Gunung Kelud pada tahun 1919 dan Gunung Sint Vincent pada tahun 1902 (Harmanto. Sulfur dioksida (SO2). dan Nitrogen (NO2) yang dapat membahayakan manusia. Gas Vulkanik Gas yang dikeluarkan gunung berapi pada saat meletus. . Letusan Tipe Sint Vincent Tipe letusan ini terjadi pada gunung berapi yang mempunyai danau kawah. b. Karbon dioksida (CO2). Hidrogen Sulfida (H2S). maka gunung tersebut meletus. 2.5 Material yang Dilekuarkan Gunung Berapi a. Selanjutnya. air danau kawah akan tumpah bersama lava. Gas tersebut antara lain Karbon monoksida (CO). Apabila sumbatan kawah tidak kuat. 2008).10 menyebabkan tekanan gas menjadi bertambah besar. Lava dan Aliran Pasir serta Batu Panas Lava adalah cairan magma dengan suhu tinggi yang mengalir dari dalam Bumi ke permukaan melalui kawah. Lava encer akan mengalir mengikuti aliran sungai sedangkan lava kental akan membeku dekat dengan sumbernya. jika gunung apu tersebut meletus.

Awan Panas Yakni hasil letusan yang mengalir bergulung seperti awan. Karena sangat halus.’perantara’ atau’pengantar’. Awan panas dapat mengakibatkan luka bakar pada tubuh yang terbuka seperti kepala. leher atau kaki dan juga dapat menyebabkan sesak napas.11 c. e. atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan. Gerlach & Ely dalam Arsyad (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia. Pengertian Media Pembelajaran Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’. Dalam bahasa arab. atau sikap. materi. d. keterampilan. dan material lainnya.6 Media Pembelajaraan 1. Hujan Abu Yakni material yang sangat halus yang disemburkan ke udara saat terjadi letusan. Abu letusan ini bisa menganggu pernapasan. Di dalam gulungan ini terdapat batuan pijar yang panas dan material vulkanik padat dengan suhu lebih besar dari 600 °C. Lahar Lahar adalah lava yang telah bercampur dengan batuan. air. 2. media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Lahar sangat berbahaya bagi penduduk di lereng gunung berapi. abu letusan dapat terbawa angin dan dirasakan sampai ratusan kilometer jauhnya. Dalam pengertian . lengan.

Heinich. dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. photografis. Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Kehadiran media pembelajaran sebagai media antara guru sebagai pengirim informasi dan penerima informasi harus komunikatif. buku teks. dan kawan-kawan dalam Arsyad (1982) mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima. guru. televise. dan sejenisnya adalah media komunikasi . pengertian media dalam proses pembelajaran cendrung diartikan sebagai alat-alat grafis. film. Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. khusunya konsep yang berkaitan dengan alam semesta lebih banyak menonjol visualnya. atau elektronis untuk menangkap. rekaman audio. khususnya untuk obyek secara visualisasi. apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertuuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pembelajaran maka media itu disebut media pembelajaraan. 2. dan lingkungan sekolah merupakan media.12 ini. radio. foto. Secara lebih khusus. tetberapi tidak . Jadi. memproses. yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses pembelajaran siswa. media yang sering diganti dengan kata mediator menurut Fleming dalam Arsyad (1987:24) adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikanya. gambar yang diproyeksikan. bahan-bahan cetakan. Di samping sebagai sistem penyampai atau pengantar. Dengan istilah mediator media menunjukkan fungsi atau perannya. sehingga apabila seseorang hanya mengetahui kata yang mewakili suatu obyek.

semakin besar pula kemungkinan informasi tersebut . Proses pembelajaraan dapat berhasil dengan baik jika siswa berinteraksi dengan semua alat inderanya. Guru berupaya menampilkan rangsangan (stimulus) yang dapat diproses dengan berbagai indera. Masing-masing media mempunyai keistimewaan menurut karakteristik siswa. melestarikan. Manipulatif (manipulatif property) Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording. Distributif (distributive property) Memungkinkan berbagai objek ditransportasikan melalui suatu tampilan yang terintegrasi dan secara bersamaan objek dapat menggambarkan kondisi yang sama pada siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama tentang kejadian itu. Pemilihan media yang sesuai dengan karakteristik siswa akan lebih membantu keberhasilan pengajar dalam pembelajaran. dan merekonstruksi suatu peristiwa/objek. Fiksatif (fixative property) Media pembelajaran mempunyai kemampuan untuk merekam. b. Menurut Gerlach dan Ely dalam Arsyad (2002) ciri media pendidikan yang layak digunakan dalam pembelajaran adalah sebagai berikut. Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah informasi. menyimpan. a. c.13 mengetahui obyeknya disebut verbalisme.

Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting. dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sebagai contoh yaitu media pembelajaran komputer interaktif. sebagai berikut. Siswa diharapkan akan dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan. Penyampaian suatu konsep pada siswa akan tersampaikan dengan baik jika konsep tersebut mengharuskan siswa terlibat langsung didalamnya bila dibandingkan dengan konsep yang hanya melibatkan siswa untuk mengamati saja. Berbagai sudut pandang untuk mengelompokkan jenis-jenis media. Kemp & Dayton dalam Arsyad (1985) mengelompokkan media ke dalam delapan jenis. Overhead transparacies . Berdasarkan penjelasan di atas. dengan penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret kepada siswa. Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. Media pajang c.14 dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan siswa. dimana partisipasi. karena seperti yang dikemukakan oleh Edgar Dale dalam Arsyad (2003) dalam klasifikasi pengalaman menurut tingkat dari yang paling konkrit ke yang paling abstrak. a. dan pengalaman langsung memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pengalaman belajar yang diterima siswa. observasi. Media cetakan b.

banner. Peyajian multi-image g. disimpulkan bahwa fungsi dari media pembelajaran yaitu media yang mampu menampilkan serangkaian peristiwa secara nyata terjadi dalam waktu lama dan dapat disajikan dalam waktu singkat dan suatu peristiwa yang digambarkan harus mampu mentransfer keadaan sebenarnya.7 Adobe Flash Profesional CS 5 Adobe Flash CS 5 merupakan sebuah program yang di desain khusus oleh Adobe sebagai program aplikasi standar authoring tool profesional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Rekaman video dan film hidup h. pembuatan navigasi pada situs web. movie. Komputer Dari penjelasan di atas. sehingga tidak menimbulkan adanya verbalisme. Dalam flash. CD interaktif dan yang lainnya. menu interaktif. Seri slide dan filmstrips f. interaktif form isian. screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. 2. e-card. terdapat teknik-teknik membuat . tombol animasi. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo. game. Rekaman audiotape e. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website.15 d.

dan Database dengan pendekatan XML. fasilitas action script. Penggunaan code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi action script secara otomatis. Movie-movie flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Untuk memahami keamanan adobe flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. custom easing dan dapat mengimpor video lengkap dengan fasilitas playback flv. Keunggulan yang dimiliki oleh flash ini adalah mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk memeriksa debug script. dapat dikolaborasikan dengan web. Aplikasi flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. filter. bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya. Banyak fitur-fitur baru dalam flash yang dapat meningkatkan kreatifitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. PHP.16 animasi. . Fitur-fitur baru ini membantu untuk i7 lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut.

semua kebutuhan data yang terdapat dalam swf dapat diambil kembali melalui server. Animasi Flash dapat dilakukan dengan dua cara yaitu.8 Animasi dengan Flash Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. perubahaan warna. Frame by Frame Bentuk dasar dari animasi adalah animasi frame by frame. atau perubahan bentuk yang dinamakan morphing. Karena animasi frame by frame harus memiliki gambar yang unik pada setiap frame. Efek animasi diciptakan dengan mengganti gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu. digunakanlah software Adobe Flash CS 5 ini untuk membantu dalam proses pembuatan media pembelajaran ini. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankan penyimpanan dan perpindahan data. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Maka dari itu. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu. 2. Semua gambar yang bergerak dihasilkan dari gambar yang berbeda-beda tiap frame. . Animasi frame by frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat.17 berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript dimana didalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari swf termasuk ActionScript. 1.

Hal ini akan memudahkan jika ingin . atau teks. 2. Flash hanya dapat mengubah bentuk. Ada 2 jenis tween animation yaitu shape tween dan motion tween. tetberapi lebih baik untuk menempatkannya pada layer yang berbeda.18 maka animasi frame by frame sangat ideal untuk membuat animasi yang kompleks yang terdiri dari banyak perubahaan seperti ekspresi wajah. dimana masing-masing memiliki karakter yang unik. a. Animasi frame by frame membutuhkan gambar yang unik setiap framenya. Sebaliknya dapat dibuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa tween animation sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan. Shape Tweening (Animasi Perubahan Bentuk) Shape tweening berguna untuk mengubah bentuk. Di dalam flash. hal ini menyebabkan setiap frame adalah keyframe. Dapat dilakukan shape tween pada beberapa bentuk di dalam sebuah layer. Tweening Tween animation sangat mengurangi waktu karena tidak perlu membuat animasi secara frame by frame. Hal ini tidak akan berhasil. symbol. Kelemahan dari animasi frame by frame adalah membutuhkan banyak waktu untuk membuat setiap gambar dan menghasilkan file yang besar ukurannya. jadi jangan mencoba untuk melakukan shape tween untuk group. sebuah frame yang memiliki gambar yang unik dinamakan keyframe.

symbol. memutar. atau biasa disebut Photoshop. Motion Tweening (Animasi Gerak) Motion tween tidak hanya berguna untuk menggerakkan groups. hingga mensuport beberapa file. Jadi jika ingin mengerakkan banyak objek maka membutuhkan banyak layer. salah satu karya dari adobe corporations. b. Motion tween dapat digunakan untuk merubah ukuran. photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal.9 Adobe Photoshop CS 5 Adobe Photoshop merupakan software pengolah gambar yang sangat di gemari. merubah warna dan transparansi simbol. Adobe Photoshop. brosur. ini merupakan salah satu syarat kalo kamu pengen masuk ke dunia desain grafis. koran.19 melakukan perubahan. Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami. adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. photoshop dengan segala fasilitasnya. Hasil olah dengan Adobe Photoshop ini banyak dilihat di berbagai website. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah . 2. setelah merilis beberapa photoshop. Shape tweening juga diperbolehkan untuk mengubah warna. versi photoshop yang terbaru adalah photoshop CS 5. Motion tween hanya bisa digunakan pada satu objek pada satu layer. dan media lainnya. atau teks yang dapat diedit dari satu tempat ke tempat lain. majalah. sehingga bagi kamu seorang desain grafis.

dan. versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5. bersama Adobe Acrobat. Mac OS X. dan Mac OS. versi 9 ke atas. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite). versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2.20 gambar/foto. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows. dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 . .

tipe letusan.BAB III PEMBAHASAN 3. Dalam media ini user dapat memperoleh informasi dan pengetahuan yang lengkap mengenai gunung berapi. Prosedur kerja media pembelajaran ini seperti terlihat pada Gambar 3.2 Prosedur Kerja Prosedur kerja media pembelajaran ini menggunakan model block diagram. baik itu erupsi. dan material yang dikeluarkan. merupakan media pembelajaran yang memberikan informasi secara mendetail mengenai gunung berapi.1 berikut ini. jenis gunung berapi. Model ini menjelaskan tentang tahap-tahap pembuatan Media pembelajaran vulkanisme dari awal hingga terciptanya CD Media pembelajaran vulkanisme.1 Gambaran Umum Sistem Media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas ini. 3. 21 .

Model Pembuatan Media Pembelajaran Vulkanisme .22 Gambar 3.1.

video. Tahap Mengedit Data Tahapan ini merupakan tahap editing foto. e. menu utama . dan animasi yang diperlukan dalam media pembelajaran ini. internet. Tahap Mengumpulkan Materi Tahapan pengumpulan materi merupakan tahap pengumpulkan data yang diperlukan terkait dengan materi yang akan dikaji baik dari referensi buku. Hal ini berguna untuk memudahkan proses pencarian data yang diperlukan pada saat proses pembuatan. b. suara. a. Tahap Membuat Desain Antarmuka Tahapan ini merupakan tahap pembuatan tampilan intro(menu pembuka). submenu dan ending dengan mempergunakan Adobe Flash Profesional CS5. maupun penjelasan langsung dari dosen pembimbing dan guru pamong. d. c.23 Tahap-tahap pembuatan media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas kelas X semester II adalah sebagai berikut. . Tahap Pemilahan Data Tahapan ini merupakan tahap untuk menggolongkan dan merapikan data yang telah diperoleh. Tahap Ide Merupakan tahap pengkajian materi serta melakukan diskusi tentang materi yang akan dikembangkan sebagai suatu media.

Data yang dimaksud adalah data materi pelajaran. .24 f. Tahap Burning Program ke CD Tahapan ini merupakan tahap dimana jika uji coba program berhasil maka akan dilakukan burning program ke CD sehingga nantinya program ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan yang telah menjadi tujuan pembuatanya. Tahap Uji Coba Program Tahapan ini merupakan tahap di mana setelah pembuatan program dirampungkan. Tahap Revisi Program Tahapan ini merupakan tahap perbaikan kesalahan pada program yang dianggap hasilnya tidak sesuai dengan target hasil yang diharapkan. h. i. suara dan animasi. maka program dilakukan uji coba program sebagai tolak ukur apakah program yang telah sesuai dengan target hasil akhir program yang diharapkan. g. foto. Tahap Menginputkan Data ke dalam Program Tahapan ini merupakan tahap memasukkan materi yang telah diperoleh ke dalam program sesuai dengan struktur materi yang telah dirancang sebelumnya.

Narasi: selamat datang di Media pembelajaran Vulkanisme.3 Story board Story board memberikan gambaran tentang antarmuka program yang akan diimplementasikan. Intro Visual Audio Musik instrumental. Terdapat 1 tombol di tampilan intro ini yaitu menu skip yg berfungsi memulai me run media pembelajaran . Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? . Beranda Background: pemandangan yang didominasi hijau. Story board dari media pembelajaran ini terdiri dari beberapa form sebagai berikut. Background: background didominasi dengan warna hijau tua dengan degradasi putih. No. Musik instrumental.25 3. informasi Repla y Skip 2. 1.

material lain yang juga berbahaya dari gunung yang sedang meletus adalah aliran lumpur. . Judul materi animasi video evaluasi peta keluar Sub menu ? 4. Background: pemandangan. gunung berapi adalah gunung yang masih aktif dalam mengeluarkan material di dalamnya. bahkan gempa bumi. Disertai text. dan gas beracun. dan tambahan warna putih transparan pada submenu materi. termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan saat dia meletus. Definisi Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? Musik instrumental Narasi: Gunung berapi atau gunung berapi secara umum adalah istilah yang didefinisikan sebagai suatu saluran fluida panas yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi. Selain itu. Lava ini sangat panas dan berbahaya bagi makhluk hidup. Selain aliran lava. meletusnya gunung berapi juga akan mengakibatkan kebakaran hutan.26 No 3. Materi Visual Audio Musik instrumental Narasi: Silahkan klik submenu untuk melihat penjelesan materi. Materi: mendiskripsikan definisi vulkanisme. gelombang tsunami. Secara singkat. abu.

Perisai Di Indonesia tidak ada gunung yang berbentuk perisai. berlberapis-lberapis. Stratovolcano Gunung berapi stratovolcano ini tersusun dari beberapa jenis batuan hasil letusan yang tersusun secara Disertai text. Judul Narasi: a.2000C. c. Magma akan mengintrusi batuan atau tanah disekitarnya melalui rekahanrekahan mendekati permukaan bumi. Jenis gunung Materi: mendeskripsikan jenis – jenis berapi ini membentuk suatu kerucut besar (raksasa) dan vulcano. ? materi animasi video evaluasi peta keluar informasi b. Cinder Cone Gunung jenis cinder cone merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan . Amerika Serikat. Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? 6.0000C sehingga mampu melelehkan material sekitarnya membentuk cairan pijar (magma). Disertai text. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Pada batas lempeng terjadi perubahan tekanan dan suhu yang sangat tinggi. terkadang bentuknya tidak . Jenis Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Suhu lava yang dikeluarkan dapat mencapai 700. Gunung berapi perisai terjadi karena magma cair keluar dengan tekanan rendah. Materi: mendeskripsikan pengertian erupsi. sekitar 1. Musik instrumental Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Hampir semua kegiatan gunung berapi berkaitan dengan zona kegempaan aktif yang berhubungan dengan batas lempeng.27 No 5. Erupsi Visual Audio Musik instrumental Narasi: Letusan gunung berapi merupakan bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal dengan istilah “erupsi”.1.. beraturan. Gunung berapi perisai contohnya Maona Loa Hawaii.

d. Gunung berapi Stromboli di Kepulauan Lipan jarak waktu letusannya lebih kurang 12 menit. Tipe Letusan Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Skala letusannya relatif kecil namun memiliki intensitas yang cukup tinggi. Tipe letusan ini dikelompokkan atas kekuatan erupsi. Pada tipe ini. seperti bom. material yang dilemparkan mencapai ketinggian sekitar 80 km. 2. lipari dan abu dilontarkan keluar. lapili. Letusan Tipe Stromboi Letusan yang memiliki interval waktu yang hampir sama. Sebagian besar gunung jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya. Audio No Visual . Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? Musik instrumental Narasi: 1. Bom. Kaldera Gunung berapi jenis kaldera ini terbentuk dari ledakan yang sangat kuat sehingga melempar ujung atas gunung dan membentuk cekungan. Letusan Tipe Perret atau Plinian Tipe letusan ini sangat berbahaya dan sangat merusak lingkungan karena ledakannya yang sangat dahsyat. kemudian terjadi letusan. Disertai text. 3.28 No Visual Audio vulkaniknya menyebar di sekeliling gunung. Letusan Tipe Vulkano Tipe letusannya mengeluarkan material padat.. 7. Materi: mendeskripsikan proses terjadinya vulkanisme. Jadi setiap kurang lebih 12 menit lava mendidih. Letusan Tipe Hawaii Tipe Hawaii terjadi karena lava yang sangat cair dan bentuknya seperti perisau atau tameng dan mengalir ke segala arah. 4. abu. serta bahan-bahan padat dan cair atau lava.

Karena sangat halus. Gas Vulkanik.29 8. 9 Animasi Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Disertai text. Di dalam gulungan ini terdapat batuan pijar yang panas dan material vulkanik padat Musik instrumental . air. Yakni material yang sangat halus yang disemburkan ke udara saat terjadi letusan. 5. 3. Karbon dioksida. Lahar. Awan Panas. Gas tersebut antara lain Karbon monoksida. Gas yang dikeluarkan gunung berapi pada saat meletus. dan material lainnya. dan Nitrogen yang dapat membahayakan manusia. Hidrogen Sulfida. Materi: mendeskripsikan material yang dikeluarkan gunung berapi Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? Musik instrumental Narasi: 1. abu letusan dapat terbawa angin dan dirasakan sampai ratusan kilometer jauhnya. Lahar adalah lava yang telah bercampur dengan batuan. Disertai text. 4. 2. Material Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Lava dan Aliran Pasir serta Batu Panas. Lava adalah cairan magma dengan suhu tinggi yang mengalir dari dalam Bumi ke permukaan melalui kawah. Hujan Abu. Yakni hasil letusan yang mengalir bergulung seperti awan. Materi: submenu animasi gunung berapi. Sulfur dioksida. . Lahar sangat berbahaya bagi penduduk di lereng gunung berapi.

Evaluasi Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text. Musik instrumental Narasi: Untuk lebih memperdalam pemahaman tentang vulkanisme silahkan jawab soal latihan berikut.30 No Visual Audio Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? 9. Disertai text. Materi: Video kejadian vulkanisme. . Materi: mendeskripsikan pengujian pemahaman user tentang vulkanisme. Judul materi animasi video evaluasi peta keluar informasi ? Musik instrumental 10. Disertai text. Video Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text.

Materi: mendeskripsikan peta dunia yang terdapa gunung berapi yang masih aktif. dapat di lihat pada gambar peta ini. Peta Background: pemandangan dan tambahan warna putih transfaran pada text.4 Tahap Implementasi Program Implementasi adalah langkah nyata untuk menerapkan media pembelajaran yang sedang dibuat. Musik instrumental Narasi: Untuk lebih memperjelas letak dari gunung berapi yang masih aktif. Adobe Photoshop CS5 Professional. Disertai text. Silahkan sorot mouse kea rah segitiga merah untuk memperjelas letak dan nama gunungnya. Media pembelajaran vulkanisme untuk anak siswa Sekolah Menengah Atas dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS5 Professional. dan . Judul ? materi animasi video evaluasi peta keluar informasi 3.31 No Visual Audio Latihan Soal Input nama user mula i 11.

2. . 1.2. Masing-masing aplikasi tersebut digunakan untuk pembuatan program utama. editing gambar.3 berikut ini.2 berikut ini.13GHz. Source Code Mengakhiri Program Source code mengakhiri program ini berfungsi untuk keluar dari media pembelajaraan. Program ini dijalankan pada sistem operasi Windows 7 Ultimate. 1 fscommand("quit". Source code fullscreen dapat dilihat pada Gambar 3.true).32 AudioMemos. Source Code Fullscreen Layar Syntak fscommand berfungsi untuk mengatur agar file swf yang dihasilkan dapat terintegrasi dengan desktop windows. Gambar 3. Source Code Membuat Layar Fullscreen Source code fullscreen ini berfungsi untuk menampilkan layar penuh pada program Adobe Flash CS5 Professional. Berikut ini adalah beberapa potongan source code program mengenai media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas.true).13Ghz 2. Spesifikasi hardware yang digunakan adalah Laptop Toshiba ram 2 GB. Adapun source code untuk mengakhiri program dapat dilihat pada Gambar 3. video dan merekam suara. procesor Intel(R)Core(TM)i3 CPU M330 @2. hardisk 250 GB. Dalam source code ini terdapat syntak fullscreen yang berfungsi agar menu utama yang ditampilkan dalam layer penuh. 1 fscommand(“fullscreen”.

3. 4.5. Source Code Mengakhiri Program Adapun fungsi dari Source code fscommand adalah untuk mengatur agar file swf yang dihasilkan dapat terintegrasi dengan desktop windows.swf". Source Code Pemanggilan URL Source code untuk memanggil halaman flash berfungsi untuk memanggil halaman flash yang diinginkan.33 Gambar 3. . Jenis file swf yang ingin dipanggil dapat ditulis dalam syntak yang terletak dalam tanda petik dan disertai dengan menuliskan extensi file swf pada akhir program. 3.4. Source Code Menuju ke Frame Selanjutnya Adapun fungsi dari Syntak gotoAndStop adalah untuk memanggil frame pada no 5 yang akan dijalankan apabila tombol telah diklik. Dalam source code ini terdapat syntak quit yang berfungsi agar pengguna dapat keluar dari program.5 berikut ini. Source Code Menuju ke Frame Selanjutnya Source code untuk menuju ke frame selanjutnya berfungsi untuk menuju ke frame selanjutnya.2). Adapun source code menuju frame selanjutnya dapat dilihat pada Gambar 3. } Gambar 3. 1 on (release) { 2 loadMovieNum("isi. 1 on (release) { 2 gotoAndStop("5"). Adapun source code memanggil halaman flash dapat dilihat pada Gambar 3.4 berikut ini. } Gambar 3. Source Code Memanggil Halaman Flash Syntak loadMovieNum berfungsi untuk memanggil file swf.

20 datein=dayname+ " " +todaydate+ " " +monthname+ " " +year.getDay(). 10 day = timedate. 1 onClipEvent (load){ 2 days = new Array("Minggu". "Selasa".getMinutes(). "April"."Jumat". 13 monthname = months[month].getDate()."Desember").getSeconds(). Adapun source code membuat hari dan tanggal dapat dilihat pada Gambar 3. 21 timedate = new Date(). 14 year = timedate. 4 timedate = new Date(). Source Code Membuat Hari dan Tanggal Source code membuat hari dan tanggal berfungsi untuk membuat hari dan tanggal. 8 seconds = timedate. } . } 19 Hourtime = hour + " : " + minutes + " : " + seconds. } 17 if (length(seconds) == 1){ 18 seconds = "0" + seconds.getHours(). "November". "Maret". delete timedate. "Februari".34 5. 15 if (length(minutes) == 1){ 16 minutes = "0" + minutes. "September". 7 minutes = timedate. "Rabu".getFullYear(). "Sabtu". 11 dayname = days[day]. 9 todaydate = timedate. 3 months = new Array("Januari". "Agustus"."Kamis"."Juni". 31. "Senin". "Juli".6 berikut ini. 12 month = timedate.getMonth(). "Minggu")."Oktober". "Mei".} 5 onClipEvent (enterFrame){ 6 hour = timedate.

hari. Source Code Mengatur Suara Source code panggil background musik berfungsi untuk memanggil background musik saat menu utama dipilh. Nomor 5 sampai 18 digunakan untuk mendpatkan bulan.setVolume(100) Gambar 3. Dalam hal ini digunakan untuk membuat kalender dan tanggal. Source code nomor 1 sampai 4 digunakan untuk inisialisasi hari dan bulan.7. 1 2 3 4 5 bgsound = new Sound(b) function bgs() {bgsound. Adapun source code untuk panggil background musik dapat dilihat pada Gambar 3. jam.6. 6. menit dan detik.35 Gambar 3.7 berikut ini. Source Code Panggil Background Musik . Source Code Membuat Hari dan Tanggal Adapun fungsi dari syntak onClipEvent adalah suatu script yang digunakan suatu movie clip untuk melaksanakan beberapa perintah lain dalam suatu blok event.attachSound("music") bgsound.stop() bgsound.

push(s). . 3. Source Code Acak Soal Adapun fungsi dari source code di atas adalah suatu script yang digunakan untuk mengacak soal dari jumlah soal keseluruhan dan ditampilkan sepuluh soal antara soal satu dan lainya tidak ada yang sama. s<=maxsoal. 1 function acaksoal() 2 {soalok = new Array(). Adapun source code untuk mengacak soal dapat dilihat pada Gambar 3.splice(a.1). 5 while (i<totstp. 3 keyok = new Array() 4 i = 0. } 16 i++.8. 7. s++) { 9 nomsoal. n<totstp[i].push(nomsoal[a]).length) { 6 nomsoal = new Array().36 Adapun fungsi dari source code bgsound.8 berikut ini. 13 soalok. } 11 for (n=0. n++) { 12 var a = random(totsoal). } Gambar 3. 7 var maxsoal = banksoal[i] + totsoal 8 for (s=banksoal[i].5 Hasil Pengembangan Hasil dari implementasi media pembelajaran media pembelajaran vulkanisme pada manusia yang memanfaatkan Adobe Flash Professional CS 5 sebagai pembuatan program utamanya adalah sebagai berikut. Source Code Acak Soal Source code acak soal berfungsi untuk mengacak soal yang nantinya akan digunakan pada latihan soal.attacchSound(“music”) adalah suatu script yang digunakan untuk memanggil background music yang bernama music. 14 nomsoal.

2. Tampilan Intro Tampilan intro ini ditampilkan secara penuh. Gambar 3. Untuk menampilkannya secara penuh digunacan source code yang terdapat pada Gambar 3. Source Code Fullscreen Layar. Untuk masuk ke menu utama dapat mengklik tombol “ skip”.9.37 1. Source Code Untuk Pemanggilan Url. Pada tampilan ini diawali dengan karakter yang tangannya menunjuk ke arah button skip. Untuk menampilkan menu utama digunakan source code yang terdapat pada Gambar 3.5.9. terdapat satu menu pada intro. Tampilan Intro . Tampilan intro dapat dilihat pada Gambar 3. yaitu menu skip.

Gambar 3. Selain itu terdapat beberapa tampilan lainnya seperti menampilan hari dan tanggal menggunakan Source Code date & time seperti pada gambar pada Gambar 3. video. animasi.6 dan terdapat tombol sound controller yang menggunakan source code pada Gambar 3.10.10. evaluasi.11. peta.38 2. Tampilan Loading 3.7. Tampilan Menu Utama Dalam menu utama media pembelajaran ini terdapat menu kiri yang memiliki enam menu yang terdiri dari materi. Tampilan Loading Dalam tampilan ini terdapat animasi siswa dan tampilan pensil yang membuat loading berjalan. Untuk tampilan loading dapat dilihat seperti pada gambar 3. dan keluar. Tampilan Menu Utama dapat dilihat pada gambar 3. .

Tampilan Submenu Materi Pada menu ini ditampilkan materi apa saja yang terdapat pada media pembelajaran ini. . dan material.11. jenis. Dalam menu materi ini terdapat lima submenu tentang pembahasan dalam materi ini. proses. 4. yaitu submenu definisi. Tampilan menu materi dapat dilihat pada Gambar 3.39 Gambar 3. Tampilan Menu Utama. erupsi.12.

14. Tampilan Submenu Materi. dan pencemaran sumber air bersih. Tampilan Animas Dampak Dari Letusan Gunung Berapi Dalam Tampilan ini ditampilkan animasi tentang dampak dari letusan gunung berapi. Gambar 3.13. yaitu letusan gunung berapi. Tampilan Submenu Animasi. 6.13. 5.12. tipe-tipe letusan dan material yang dikeluarkan gunung berapi yang dimunculkan dengan animasi sederhana. Tampilan animasi dapat dilihat pada Gambar 3. Terdapat empat animasi dampak dari letusan gunung berapi. Tampilan menu animasi dapat dilihat pada Gambar 3.40 Gambar 3. . Tampilan Submenu Animasi Pada menu ini ditampilkan materi tentang vulkanisme. kerusakan infrastruktur.

14. Tampilan Animasi Tipe Letusan Dalam Tampilan ini ditampilkan animasi tentang tipe letusan gunung berapi. 7. Gambar 3. . yaitu letusan hawaii. dan plinial. Tampilan animasi dapat dilihat pada Gambar 3. Tampilan Animasi Dampak letusan. Tampilan Animasi Tipe Letusan. Terdapat empat animasi tipe letusan gunung berapi.15. volcano.41 Gambar 3.15. stromboli.

memantau informasi. melindungi diri.16.16. yaitu letusan hawaii. volcano. yaitu animasi persediaan barang dan makanan. Tampilan animasi dapat dilihat pada Gambar 3. .42 8. stromboli. animasi tipe letusan gunung berapi. dan plinial. Tampilan animasi dapat dilihat pada Gambar 3. 9. Terdapat terdapat enam animasi. dan menuju tempat pengungsian. Tampilan Animasi Material yang dikeluarkan. Tampilan Animasi Material yang dikeluarkan Pada Tampilan ini ditampilkan animasi tentang material yang dikeluarkan pada saat letusan gunung berapi. Tampilan Animasi Kesiapagaan Bencana Pada Tampilan ini ditampilkan animasi tentang cara penanggulangan jika terjadi letusan gunung berapi. Gambar 3. mengembangkan radio komunikasi.17.

17. terdapat empat submenu untuk memilih video yang akan di putar yang ditampilkan dengan button dan text sederhana. 10. Tampilan Animasi Penanggulangan.18. Tampilan Submenu Video Pada submenu ini ditampilkan video tentang gunung berapi. Gambar 3. Tampilan Submenu Video.43 Gambar 3. .18. Tampilan Menu video dapat dilihat pada Gambar 3.

19. Setelah itu akan dimunculkan sepuluh soal secara acak yang berasal dari dua puluh soal yang statis. Setelah selesai mengerjakan soal yang ada akan muncul nilainya. Penampilan soal secara acak menggunakan source code yang terdapat pada Gambar 3.8. 12. Tampilan Evaluasi Dalam tampilan ini ditampilkan dengan penginputan nama dari pengguna pada awal tampilan. Gambar 3. Pengguna juga bisa melihat pembahasan dan grafik dari nilai terakhir dengan mengklik tombol “Grafik”. Tampilan Evaluasi. Tampilan Peta . Source Code Acak Soal. Tampilan menu evaluasi dapat dilihat pada Gambar 3.19.44 11.

45

Pada menu ini ditampilkan peta dunia yang terdapat pulau-pulau yang memiliki gunung berapi yang masih aktif. Pada menu ini siswa dapat mengarahkan mouse ke gambar segitiga merah seperti gambar 3.20 untuk melihat lebih jelas nama gunung, lokasi, dan tipe gunung berapi tersebut. Tampilan Peta dapat dilihat pada Gambar 3.20.

Gambar 3.20. Tampilan Peta. 3.6 Uji Coba Program Media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas ini telah diuji coba, berdasarkan kasus-kasus yang ada. Pengujian terhadap media pembelajaran ini dapat ditabulasikan pada Tabel 3.1. Tabel 3.1. Uji Coba Program No. 1. Uji Khasus Uji Intro Skenario Klik file aplikasi master yang terdapat pada dile media ini. Akan muncuk intro. Jika Pengguna (User) Hasil Program berjalan benar dan tampilan intro dapat dilihat pada lampiran I gambar 1.

46

mengklik tombol Skip maka tampilan Menu Utama akan tampil. Uji Menu Utama 2. Pengguna (User) mengklik tombol Skip pada tampilan Intro maka akan tampil Menu Utama. Pengguna (User) mengklik tombol materi pada menu kiri maka akan tampil submenu dan jika mengklik submenu maka akan tampil pembahasannya. Pengguna (User) mengklik tombol animasi pada menu kiri maka akan tampil tampilan submenu animasi. Pengguna (User) mengklik tombol Video pada menu kiri, maka akan tampil tampilan submenu video. Pengguna (User) mengklik tombol Evaluasi dalam submenu evaluasi, pada menu kiri maka akan tampil tampilan menu evaluasi. Pengguna (User) mengklik tombol Peta dalam submenu peta, pada menu kiri maka Program berjalan benar dan tampilan menu utama dapat dilihat pada lampiran I gambar 2. Program berjalan benar dan tampilan menu materi dapat dilihat pada lampiran I gambar 3.

Uji Menu Materi

3.

Uji Menu Animasi 4.

Program berjalan benar dan tampilan menu animasi dapat dilihat pada lampiran I gambar 4.

Uji Menu Video 5.

Program berjalan benar dan tampilan submenu metode dapat dilihat pada lampiran I gambar 5.

Uji Menu Evaluasi

6.

Program berjalan benar dan tampilan submenu evaluasi dapat dilihat pada lampiran I gambar 6.

7.

Uji Menu Peta

Program berjalan benar dan tampilan submenu evaluasi dapat dilihat

47

akan tampil tampilan menu peta. Tombol Keluar Pada menu utama sudah disiapkan tombol keluar. Jika pengguna memilih tombol tersebut, sistem akan menampilkan halaman ending atau closing dan sistem akan menutup secara otomatis.

pada lampiran I gambar 7. Ketika tombol keluar di klik, maka sistem akan menampilkan halaman ending/outro. Lihat lampiran 1 gambar 21.

8.

media pembelajaran ini dapat . dan material yang dikeluarkan gunung berapi. dan material yang dikeluarkan gunung berapi. tipe letusan. 4. Media pembelajaran ini hanya membahas sebagian kecil dari erupsi. uji menu evaluasi. Media ini dilengkapi dengan latihan soal untuk uji pemahaman materi tentang erupsi. Media pembelajaran ini. dan merekam suara. Masing-masing program ini digunakan untuk pembuatan program utama. uji menu animasi.1 Simpulan Pembuatan Media pembelajaran vulkanisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X Semester II ini digambarkan dengan menggunakan model block diagram dan diimplementasikan menggunakan Adobe Flash Professional CS5. ternyata semua indikasi hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Setelah dilakukan uji coba implementasi dengan delapan tahap yang meliputi uji intro. tampilan medianya juga masih menggunakan sistem 2 dimensi untuk animasinya. Adobe Photoshop CS5. uji menu peta. Sehingga dengan menggunakan media pembelajaran berupa multimedia akan dapat mengefektifkan proses pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah. jenis. Untuk selanjutnya. tipe letusan. uji menu video.48 BAB IV PENUTUP 4. uji materi. dan AudioMemos. uji menu utama. dan uji menu keluar. jenis gunung berapi.2 Saran Media pembelajaran ini belum sempurna dan masih terdapat banyak aspek yang dapat dikembangkan untuk menyempurnakannya. adalah sebuah media pembelajaran yang menyajikan penanaman konsep dari media pembelajaran vulkanisme. editing gambar.

. jenis.49 dikembangkan menjadi media yang lebih kompleks contohnya dengan tambahan animasi pada gambar. agar siswa lebih nyaman dalam melihat animasi gambar dari erupsi. mampu menggunakan animasi 3-dimensi. tipe letusan dan material yang dikeluarkan dari gunung berapi dengan informasi yang lebih mendetail mengenai vulkanisme secara menyeluruh serta.

Evi Rine. Fotografi dan Ilustrasi. Media Pembelajaran. 2003. Oos M. Bandung: Yrama Widya. Rukaesih. Rajagrafindo Persada. Jakarta: PT. Jakarta: PT. Yogyakarta: penerbit ANDI. edisi 1. HM.andydesain. Daemon.com (diakses pada 24 Mei 2013) pada Anwas. Semarang: Penerbit Andi. Hartuti. 2010. 1996. 2008. Tutorial 5 Hari Menguasai Adobe Flash CS 5. Media Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Jakarta : Elekmedia Komputindo. Rajagrafindo Persada. Andy. _______. 1994. 2006. Rajagrafindo Persada. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Rajagrafindo Persada. 2012. Azhar. Kimia Lingkungan. 2004. Media Pembelajaran. M. Multimedia di Internet. Jakarta: Penerbit Andi.DAFTAR PUSTAKA Agustina. 1982. Yogyakarta : DIVA Press. 2009. Yogyakarta: Penerbit Andi. Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash 8. Harmanto. Jakarta: PT. Astuti. Bentuk Muka Bumi. Dwi. Photoshop. 1971. _______. 2002. Media Pembelajaran. Arsyad. Gatot. . Dean A. _______. Terdapat http://www. 2005. Geografi Bilingual untuk SMA/MA kelas X Semester 1 dan 2. Buku Pintar Gempa. Jogiyanto. Jakarta: PT.

LAMPIRAN .

Gambar 1. Intro .

Gambar 2. Submenu Materi . Menu Utama Gambar 3.

Submenu Animasi Gambar 5.Gambar 4. Submenu Video .

Peta . Evaluasi Gambar 7.Gambar 6.

Gambar 8. Ending .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.