P. 1
Tanggung Jawab Dan Tanggung Gugat Perawat

Tanggung Jawab Dan Tanggung Gugat Perawat

|Views: 51|Likes:
materi kuliah
materi kuliah

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Princess Steffy Jennifer on Jul 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

TANGGUNG JAWAB DAN TANGGUNG GUGAT PERAWAT

TUGAS diajukan untuk memenuhi tugas mata ajaran Etika dan Hukum Keperawatan

Disusun oleh

Cyrilus Arya Seta Eva Priskila Luciana Asih K

PROGRAM STUDI S 1 KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI KESEHATAN SANTO BORROMEUS 2009

1

keluarga dan masyarakat. Tanggung jawab mengacu pada pelaksanaan tugas yang dikaitkan dengan peran tertentu perawat (American Nurses Assosiation). Perawat dalam melaksanakan pengabdiannya dalam bidang keperawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya. perawat bertanggung jawab dalam mengkai kebutuhan klien terhadap obat-obatan. Seorang perawat yang bertindak secara bertanggung jawab akan meningkatkan rasa percaya klien dan profesional lainnya. adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari seseorang atau penderita. Ketika memberikan medikasi. Perawat dalam melaksanakan kewajibannya bagi seseorang. Tanggung jawab perawat Seorang perawat memiliki tanggung jawab dan tanggung gugat untuk asuhan keperawatan yang diberikanya. Perawat dalam melaksanakan pengabdiannya senantiasa berpedoman kepada tanggung jawab yang pangkal tolaknya bersumber dari adanya kebutuhan akan perawatan untuk seseorang. penderita 1. keluarga.TANGGUNG JAWAB DAN TANGGUNG GUGAT PERAWAT I. keluarga dan masyarakat. 4. keluarga dan masyarakat senantiasa dilandai dengan rasa tulus ikhlas sesuai dengan martabat dan tradisi luhur keperawatan. BAB I Tanggung jawab perawat Terhadap masyarakat. memberikannya dengan benar dan dalam dosis yang aman serta mengevaluasi responnya. Perawat senantiasa menjalani hubungn kerjasama yang baik dengan seseorang dan masyarakat dalam mengambil prakarsa dan mengadakan upaya-upaya kesehatan khususnya serta upaya-upaya kesejahteraan umumnya sebagai bagian dari tugas kewajibannya bagi kepentingan masyarakat 2 . 3. 2. Seorang perawat yang bertanggung jawab akan tetap kompeten dalam pengetahuan dan kemampuanserta menunjukkan keinginan untuk bertindak menurut panduan etika profesi.

Perawat senantiasa menyebarluaskan pengetahuan. 6. BAB III Tanggung jawab perawat Terhadap sesama perawat dan profesi Kesehatan lain 10. Perawat senantiasa mengutamakan perlindungan dan keselamatan penderita dalam melaksanakan tugas perawatan serta matang dalam mempertimbangkan kemampuan jika menerima atau mengalih tugaskan tanggung jawab yang hubungannya dengan perawatan. Perawat tidak akan mempergunakan pengetahuan dan keterampilan keperawatan untuk tujuan yang bertentangan dengan norma-norma kemausiaan. umur.BAB II Tanggung jawab perawat Terhadap tugas 5. aliran politik yang dianut. kesukuan. Perawat senantiasa memelihara mutu pelayanan perawatan yang tinggi disertai kejujuran professional dalam menerapkan pengetahuan serta keterampilan perawatan sesuai dengan kebutuhan seseoarang atau penderita. Perawat senantiasa memelihara hubungan baik antara sesema perawat dan dengan tenaga kesehatan lainya baik dalam memelihara keserasian suasana lingkungan kerja maupun dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan secara keseluruhan. keluarga dan masyarakat. keagamaan. jenis kelamin. 7. 11. Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya. 3 . warna kulit. serta kedudukan social. 9. Perawat dalam menunaikan tugas dan kewajibannya senantiasa berusaha dengan penuh kesadaran agar tidak mudah terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan. 8. keterampilan dan penglamannya kepada sesame perawat serta menerima pengetahuan dan pengalaman dari profesi lain dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam bidang perawatan.

Perawat secara bersama-sama membina dan memelihara mutu organisasi profesi perawatan sebagai sarana pengabdiannya. Tanggung gugat professional memiliki tujuan sebagai berikut: 1. profesi. Perawat senantiasa melaksanankan ketentuan-ketentuan sebagai kebijaksanaan yang digariskan oleh pemerintah dalam bidang kesehatan dan perawtan. BAB V Tanggung jawab perawat Terhadap pemerintah. Perawat selalu berusaha meningkatkan kemampuan professional secara sendiri-srndiri dan atau bersama-sama dengan jalan menambah ilmu pengetahuan. bangsa dan tanah air 16. 17. Jika suatu kesalahan terjadi. Perawat senantiasa berperan secara aktif dalam menyumbangkan pikiran kepada pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan dan perawatan kepada masyarakat. Untuk mempertahankan standar perawatan kesehatan.BAB IV Tanggung jawab perawat Terhadap profesi perawatan 12. Tanggung gugat perawat Tanggung gugat artinya dapat memberikan alasan atas tindakannya. Untuk mengevaluasi praktik professional baru dan mengkaji ulang yang telah ada. keterampilan dan pengalaman yang bermanfaat begi perkembangan perawatan. Untuk dapat melakukan tanggung gugat. 2. Tanggung gugat memicu evaluasi efektivitas perawat dalam praktik. perawat melaporkannya dan memulai perawatan untuk mencegah trauma lebih lanjut. 4 .. II. Perawat senantiasa berperan dalam menentukan pembakuan pendidikan dan pelayanan perawatan serta menerapkannya dalam kegiatan-kegiatan pelayanan dan pendidikan perawatan. 14. 15. perawat harus bertindak menurut kode etik professional. atasan. klien. Perawat selalu menjunjung tinggi nama baik profesi perawatan dengan menunjukkan tingkah laku dan sifat-sifat pribadi yang tinggi. 13. dan masyarakat. Seorang perawat bertanggung gugat atas dirinya sendiri.

3. dan pertumbuhan pribadi pada pihak professional perawatan kesehatan. Untuk memberikan dasar pengambilan keputusan etis. 4. Fundamental Keperawatan. memberikan struktur dasar dimana asuhan keperawatan secara objektif diukur. Jakarta: EGC Kode Etik Keperawatan oleh PPNI 5 . Standar tersebut dikembangkan oleh ahli klinis. untuk memudahkan refleksi pribadi. perawat melakukan praktik dalam kode etik. Tnggung gugat dapat dijamin dan diukur dengan lebih baik ketika “kualitas perawatan” telah ditetapkan. Untuk dapat bertanggung gugat. Referensi: Potter & Perry. 2006. pemikiran etis. Tanggung gugat membutuhkan evaluasi kinerja perawat dalam memberikan perawatan kesehatan. Joint Commision on Accreditation of Healthcare Organisation (JCAHO) telah merekombinasikan penetapan standar pemberian asuhan keperawatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->