P. 1
Bagaimana Kerja Ekstrak Daun Jarak Terhadap Escherichia Coli

Bagaimana Kerja Ekstrak Daun Jarak Terhadap Escherichia Coli

|Views: 52|Likes:
Published by rizamunawar
Kerja Ekstrak Daun Jarak Terhadap Escherichia Coli
Kerja Ekstrak Daun Jarak Terhadap Escherichia Coli

More info:

Published by: rizamunawar on Jul 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2013

pdf

text

original

1. Bagaimana kerja ekstrak daun jarak terhadap Escherichia coli? Menghambat/membunuh? Kenapa bs menghambat/membunuh?

Jawabanya: kerja daun jarak yaitu menghambat Escherichia coli sehingga pada akhirnya dapat membunuh dimana zat aktif yang terkandung dalam daun jarak bekerja tidak langsung ke inti sel tetapi merusak dulu bagian bagian dari struktur dinding sel melalui membran sel kemudian mengganggu transfor nutrisi, senyawa dan ion ion pada bakteri dengan demikian kerja enzim menjadi terhambat sehingga terjadilah penghambatan pertumbuhan bakteri diakhiri dengan kematian 2. Bagaimana kerja ekstrak? Sinergis antara 1 zat dgn yg lnnya? Jawabanya : Sinergis karena semua zat yng terkandung dalam daun jarak ini berkerja bersamaan dalam menghambat pertumbuhan Escherichia coli. 3. Dimana zat aktif pd daun jarak berkerja? Membrane/dinding sel/sitoplasma/protein? Jawabannya : disemuanya 4. Zat aktif mana yang paling berperan? Jawabannya : CURCIN 5. Bagaimana pathofisiologi zat aktif sampai merusak Escherichia coli? Jlskan dari Escherichia coli menginvasi tubuh manusia sampai ada zat aktif yang menghancurkan Escherichia coli? Jawabannya : Escherichia merupakan flora normal ditubuh tetapi ketika terdapat sanitasi yang buruk menyebabkan bakteri dapat masuk kedalm tubuh dalam jumlah melebihi 1x106 melalui tangan kemudian masuk kemulut kemudian sampai kepencernaan ketika jumlah Escherichia coli melebihi batas normal masuk kedalam mukosa usus dengan cara menepel saat itulah zat aktif daun jarak berkerja dengan menyerang struktur dinding sel bakteri kemudian merusa sitoplasma dengan demikian tergangulah transportasi nutrisi dan senyawa juga ion ion pada bakteri, kerja enzim juga ikut terhambat dengan demikian terjadilah penghambatan pertumbuhan Escherichia coli yang berakhir kematian dari bakteri. 6. Jlskan cara membuat ekstrak? Jawabannya: pengambilan daun jarak pada bagian pucuk sebanyak 6 helai dengan panjang 5cm dan lebar 3-4cm dengan berat basah 1kg kemudian dikeringkan dengan suhu kamar 300C/320C selama 7 hari atau seminggu selanjutnya dibersihkan dan dibelender kemudian diayak baru didapatkan simplisia dengan berat 500g kemudian dilanjutkan maserasi dengan pelarut methanol 96% sebanyak 1 L melarutkan 500g simplisia selama 3x24 jam kemudian didaptkan residu dan filtrat, filtrat yang didpat selanjutnya di evoporasi menggunakan mesin evaporator rotary dengan suhu 70,50C hingga pekat yg bertujuan menguapkan metanol yang tersisa selanjutnya dimasukkan kedalam oven dengan suhu 640C agar mudah dalam melakukan pengenceran kemudian dapat disimpan dalam refrigerato dgn suhu -200C agar tidak menguap. 7. Mengapa ekstrak 1x24jam tidak 3x24 jam? Karena jika 3x24jam zat aktif yang terkandung akan menuap dan bekerja tidak dlm batas max. 8. Kenapa pekatkan pada suhu 70,50C?apa zat aktifnya tidak rusak Tidak rusak karena titik didih zat curcin itu 870C. 9. Apa maksud p<0,05? Maksudnya adalah 95% benar dan 5% kesalahan 10. Bagaimana ekstrak ini bs digunakan untuk pengobatan?bagaimana tingkat farmakologis?

yaitu dengan cara melarutkan / homogenkan Nacl steril kedalam tabung reaksi sebnyk 5 ml ambil biakan escherichia coli dengn ose larutkan kocok homogen lalu tuang kedalam cuvet sebelumnya masukkan cuvet berisi Nacl saja sebagai penetral baru ambil cuvet Nacl tanpa bakteri gantikan dengan cuvet Nacl+bakteri lalu lakukan pengukuran dengan spektro dngn panjang gelombang 625 dan hasil berkisar 0.selanjutnya percobaan terhadapt 2 perbandingan ciprofolaxsacin dan daun jarak.kemudian pemasaran sambil dipantau jika menimbulkan efek negaatif dapat ditarik dari pemasaran.08-0. Cara membuat suspense dgn spektrofotometer> Jwbnya .1 didapat 0. Jlskan cara meregenerasi bakteri?dengan cara membuat na miring kemudian inkubasi selama 1x24 jam selanjutnya dilakukan reidentifikasi baru kita mengetahui Escherichia coli dengan melihat bentuk basil berwarna merah pada mikroskop dan hijau metalik pd media EMB dan merah jambu juga circular pd media mac concey juga terlihat kering.kemudian memliki dinding sel tebal berupa peptidoglikann yg terletak antr membran dlm dan luar.1 pada bakteri ini. .Jawabannya: untuk penggunaan obat dan tingkat farmokologisnya saya akan melakukan penelitian kembali dengan eksperimen secara in vivo dimana terdapat 4 ketentuan farmako terapi yaitu pertama percobaan kepada mencit dengan mellihat efek yang timbul kemudian pada pasien sehat dengan melihat efek yang timbul. Perbedaaan Escherichia cli adalah memiliki system membrane ganda dimana membrane plasmanya diselimuti oleh membrane luar permeable.jika berhasil barulah obat dapat digunakan dengan ketetapan dosis yg suadah ditetapkan berdasarkan penelitian secara in vivo. 11. 12.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->