Mengenal Jenis-jenis Kertas dalam Cetak Offset

Ada beberapa jenis kertas yang dipakai dalam percetakan . 1. Art Paper Jenis kertas ini mempunyai tekstur permukaan yang licin dan halus. Biasa digunakan untuk mencetak brosur, majalah atau catalog. Gramaturnya mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr dan 150 gr. 2. Art Cartoon Kertas jenis ini krakteristiknya sama dengan art paper, hanya lebih tebal. Biasa dipakai untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paperbag , map dan lain sebagainya. Gramaturnya mulai 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr. Ivory Ivory hamper sama dengan art carton, tetapi ivory hanya mempunyai satu sisi licin, sisi yang lain tanpa coating. Ivory banyak digunakan untuk paperbag, dos-dos kosmetik. Karkteristiknya cukup tebal. Gramaturnya 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, 400 gr. Dupleks Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated. Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan dos packaging makanan maupun obat-obatan. Gramaturnya mulai 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, dan 500 gr. HVS Jenis bahan kertas yang memiliki permukaan kasar. Biasa digunakan untuk fotocopy atau printer. Biasanya untuk mencetak buku. Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr. Samson Kraft Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Biasa dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus. Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr. BC Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus namun tidak coated. Tersedia dalam beragam warna. Bisa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat dan lain-lain. Gramaturnya yang biasa dipakai 160 gr, 220 gr, 250 gr. Yellow Board Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40. Fancy Paper

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik.AC310g Contoh Jenis kertas : Art paper (agak mengkilat) Matte paper (doff) Art Carton AC190gr. Uncoated Paper. Uncoated mempunyai sifat dengan daya penyerapan yang besar. Kerta yang termasuk uncoated diantaranya : Kertas HVS. AP120gr. SPESIFIKASI BUKU Contoh Ukuran : :20 x 25. akan terlihat pada permukaan yang sedikit kasar. kertas ini biasanya ditempel dengan kertas lain. 300 gr. AC260gr. java emboss. Umum digunakan untuk membuat undangan. Kertas koran. HVO. 100 gr. 10. Corugoated Jenis kertas bergelombang untuk dos packing seperti dos indomie. Sama halnya dengan yellow board. mudah terkelupas atau terjadi picking (tercabut).5cm (A4) AP85. MP120gr. Ada banyak jenisnya seperti millennium. dll. pada artikel ini kita akan membedakan sebagian jenis dari istilah kertas dalam dunia percetakan (Printing) yang sering digunakan. . AP100. dos computer dan lain sebagainya. jasmine. AC230gr. AP150gr 14 x 21 cm (Folio) MP100gr. 100gr Memahami Jenis & Type Kertas Cetak Pada dunia Percetakan jenis dan type kertas sangatlah banyak dan hampir dari setiap jenisnnya sangat sulit untuk dibedakan. apalagi bagi mereka (Klien) yang mintanya terima sudah serba beres. dan karena permukaannya bergelombang (tidak rata) maka hasil cetak tidak menimbulkan gloss. Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr. Hawaii dan lainlain. PH rendah sehingga lambat kering. 220 gr. 1. HVS 80gr. MP150gr 14 x 21 cm (1/2 folio) AC210gr.

mat coated.mudah berubah warna jika terkena matahari contoh : koran. Jenis kertas yang termasuk coated antara lain : Art paper. kertas Samson d.2. art karton.HHI. kertas sampul.tidak diberi lapisan kapur . . Yupo. kertas jenis ini terbagi menjadi 2 (dua) yaitu : a. cast coated. seperti cassing. HVS.terdiri dari serat mekanis . Gold Foil.tahan disimpan lama contoh : HVS. kertas berdasarkan penggunaannya. Kertas cetak.daya serap terhadap minyak kuat contoh : koran. seperti kertas uang. kunsdruk b. HVO 2. Kertas bungkus. Alumunium Foil. Kertas tulis. kertas tisue. Coated paper. Kertas berdasarkan pekerjaan akhir (Finishing). HHI b. yang termasuk non absorbtion antara lain : Vynil stiker. yaitu : a. HVO 3.terdiri dari serat kimia .terdiri dari kertas dasae dan lapisan kapur dengan bahan perekat . yaitu : 1. Kertas khusus. seperti HVO. kertas gambar c.tidak tahan disimpan lama . kertas bebas kayu. yaitu : a. Non Absorption Paper. seperti HVS. coated paper. kertas coated. Penggunaan bahan Coated paper ini biasa dipakai pada cekan untuk jenis Brosur. kertas mengandung kayu.permukaan kertas kasar tapi bisa juga dihaluskan . maka pengeringan terjadi secara oksidasi penuh. dengan ciri-ciri : . art synthetic paper. dengan ciri-ciri : .permukaannya halus dan mengkilap (gloss) . kertas sigaret. kertas uncoated. dll. tidak sampai lapisan tinta mengering Jenis kertas yang dipasarkan umumnya terbagi menjadi 3 (tiga) bagian utama. koran. Biasanya timbul masalah set off atau lambat kering. dengan ciri-ciri : . Typex.PH air pembasah tidak terlalu asam (karena akan menghambat oksidasi) memakai air pembasah seminim mungkin Hati-hati karena tinta mempunyai pengeringan lebih cepat dari pada tinta biasa. coated karton. art paper b. Sehingga perlu penanganan khusus seperti : tidak menumpuk hasil cetakan terlalu tinggi . 3. Sifat-sifat dari Coated Paper ini berbanding terbalik dengan Uncoated paper. dengan ciri-ciri : . Kertas berdasarkan jenis serat.daya serap terhadap minyak lemah contoh : art paper. Karena jenis ini tidak mempunyai daya serap. Flyer dsb. Jenis bahan ini paling sering di kombinasikan dengan finishing cetak “Ultra Vernish (UV) / Super Glossy”.

html#sthash. antara lain : ukuran buku. Namun bukan tidak mungkin juga buku tahunan dibuat dengan ukuran custom seperti 21 x 25 cm. ada beberapa poin penting yang mempengaruhi harga dari sebuah buku tahunan. Folio. yaitu perlu 4 buah plat untuk cetak full color dan hanya perlu 1 plat untuk mencetak secara bw.dpuf HSSD memiliki kecerahan 85% HVS memiliki kecerahan 75% Untuk kali ini kita akan membahas seputar budgeting atau penentuan harga cetak dari buku tahunan sekolah. dan tentunya quantity dari buku tahunan itu sendiri. Poin ini sangat berpengaruh terhadap harga buku tahunan karena melihat dari jumlah plat cetak yang akan dipakai untuk mencetak buku tahunan. hal ini tergantung dari keperluan area untuk content buku tahunan dan nilai estetika dari sebuah buku tahunan itu sendiri.mahamerubali. 25 x 28 cm dll. Perbandingan antara cetak secara full color dan BW adalah 1 : 4. o Proses Cetak Dalam hal ini proses cetak dapat dibagi pada dua kategori yaitu proses cetak full color atau proses cetak secara satu warna (bw).bAthDofz. proses cetak. o Ukuran Buku Ukuran buku tahunan sekolah yang akan di buat tentunya akan sangat berpengaruh terhadap harga karena itu berhubungan dengan area cetak pada buku tahunan itu sendiri dan berpengaruh terhadap konsumsi kertas untuk keperluan buku tahunan. Ukuran buku tahunan yang sering dipakai antara lain A4.See more at: http://www. sistem penjilidan buku. o Jumlah Halaman . A5.. jenis cover. jumlah halaman.com/memahami-jenis-type-kertascetak. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap harga. jenis kertas.

sesuaikanlah terhadap jumlah siswa dalam satu sekolah itu.000 untuk per satu buku tahunannya. jenis cover cukup berpengaruh namun tidak sekuat pengaruh dari jumlah halaman. o Sistem Penjilidan Buku . Bila dilihat dalam pengaruh nya terhadap penentuan harga tentunya jumlah halaman pada buku tahunan sangatlah berpengaruh terhadap harga buku tahunan karena berhubungan dengan konsumsi kertas dan plat cetak yang terpakai. proses cetak. namun beberapa buku tahunan memakai kertas yang lebih tebal seperti 190 gsm atau 210 gsm. 5. Biasanya perbedaan harga antara buku tahunan dengan hard cover dan soft cover adalah sekitar Rp.Rp. o Jenis Cover Biasanya jenis cover untuk buku tahunan terbagi atas dua jenis yaitu hard cover dan soft cover walaupun ada beberapa jenis cover lain seperti leather cover. o Jenis Kertas dan Ketebalan Jenis kertas yang dipakai secara umum untuk halaman isi pada buku tahunan sekolah antara lain art paper dan mate paper.Untuk jumlah halaman pada buku tahunan sebaiknya disesuaikan dengan keperluan dan quantity dari buku tahunan itu sendiri sehingga tidak ada content dalam buku tahunan yang sia-sia. pertimbangkan antara jumlah halaman yang diperlukan untuk per satu kelas. Hal ini tentunya disesuaikan dari budget yang tersedia untuk cetak buku tahunan itu sendiri. acrylic dll. dan ukuran buku. untuk pengaruh terhadap harga. Sedangkan untuk ketebalannya yaitu 150 gsm. 9.000 . Perhitungkan secara matang sehingga jumlah halaman untuk buku tahunan benar-benar terpakai secara efektif (tidak ada halaman yang terbuang dengan content yang sia-sia). dan mungkin juga akan terdapat kertas dengan ketebalan lebih tipis seperti 100 gsm dan 120 gsm. keperluan untuk content profile sekolah dan guru.

karena harga produksi dari beberapa sistem penjilidan di atas tidak terlalu berbeda jauh. -.Sistem penjilidan pada buku tahunan dapat bermacam-macam antara lain single/double ring spiral. binding(lem panas). o Quantity Quantity atau jumlah banyaknya buku tahunan yang akan dibuat sangat berpengaruh sekali terhadap harga. Pengaruh terhadap harga dari sistem penjilidan buku tahunan ini tidak significan. dll. jahit + binding. hanya mungkin dalam proses pengerjaan biasanya sistem penjilidan jahit akan lebih lama di banding sistem penjilidan ring spiral dan binding untuk buku tahunan. karena biasanya dalam pengerjaan buku tahunan adalah memakai sistem offset (bukan printing digital) maka perhitungannya adalah semakin besar nilai dari quantity maka harga satuan buku tahunan akan semakin murah dan begitupun sebalik nya. .Edited by Admin: Silakan gunakan bursa FN untuk mengiklankan usaha Anda.