P. 1
1. Struktur Dan Fungsi Rongga Mulut

1. Struktur Dan Fungsi Rongga Mulut

|Views: 182|Likes:
Published by Ashri Margiana

More info:

Published by: Ashri Margiana on Jul 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2016

pdf

text

original

STRUKTUR DAN FUNGSI RONGGA MULUT RONGGA MULUT Mulut merupakan saluran pertama yang dilalui makanan.

Mulut atau oris adalah permulaan saluran pencernaan yang terdiri dari 2 bagian yaitu: 1. bagian luar yang sempit atau vestibula yaitu ruang diantara gusi, gigi, bibir, dan pipi. 2. Bagian rongga mulut bagian dalam yaitu rongga mulut yang dibatasi sisinya oleh tulang makslarsi palatum dan mandiburasi di sebelah belakang bersambung dengan faring. Selaput lendir mulut ditutupi epitelium yang berlapis-lapis, dibawahnya terdapat kelenjar-kelenjar halus yang mengeluarkan lendir. Selaput ini kaya akan pembuluh darah dan juga membuat banyak ujung akhir saraf sensoris. Disebelah luar mulut ditutupi oleh kulit dan disebelah kanan di tutupi oleh selaput lendir (mukosal).otot orbikularis oris menutupi bibir. Levator anguli oris mengangkat dan depresor anguli oris menekan ujung mulut. PALATUM palatum terdiri dari dua bagian: 1. palatum durum (palatum keras) yang tersusun atas tajuk-tajuk palatum dan disebelah depan tulang maksilaris dan lebih kebelakang terdiri dari dua tulang palatum. 2. Palatum mole (palatum lunak) terletak di belakang yang merupakan lipatan menggantung yang dapat bergerak terdiri dari fibrosa dan selaput lendir. Gerakannya dilakukan oleh ototnya sendiri disebelah kanan dan kiri dari tiang fauses terdapat saluran lendir menembus ke tonsil. Pada rongga mulut, dilengkapi alat pencernaan dan kelenjar pencernaan untuk membantu pencernaan makanan. Pada Mulut terdapat : A.GIGI Memiliki fungsi memotong, mengoyak dan menggiling makanan menjadi partikel yang kecil-kecil. Pada manusia dapat ditemui 4 (empat) macam gigi yang terdapat pada mulut disertai dengan arti definisi dan pengertian yaitu : 1. Gigi Seri Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya. 2. Gigi Taring Gigi taring adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya. 3. Gigi Geraham Kecil Gigi graham kecil adalah gigi yang punya dua akar yang berguna / berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya. 4. Gigi Geraham Gigi geraham adalah gigi yang memiliki tiga akar yang memiliki fungsi untuk melumat dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya. Pada bagian gigi manusia terstruktur / tersusun atas 4 (empat) jaringan yakni :

. Semen / Sementum Semen merupakan bagian dari akar gigi yang berdampingan / berbaasan langsung dengan tulang rahang di mana gigi manusia tumbuh.1. Tulang Rongga Gigi Tulang merupakan lapisan yang berada pada lapisan setelah email yang dibentuk dari zat kapur. 2. Rongga gigi adalah rongga yang di dalamnya terdapat pembuluh darah kapiler dan serabut-serabut syaraf. Email Email adalah jaringan yang berfungsi untuk melindungi tulang gigi dengan zat yang sangat keras yang berada di bagian paling luar gigi manusia. zat antibakteri. 3. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap..KELENJAR LUDAH Ada 3 kelenjar ludah pada rongga mulut. 4.. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara. Ketiga kelenjar ludah tersebut menghasilkan ludah setiap harinya sekitar 1 sampai 2. enzim amilase. mucus. Kandungan ludah pada manusia adalah : air. dll. Fungsi ludah adalah melumasi rongga mulut serta mencerna karbohidrat menjadi disakarida. C.5 liter ludah. B.LIDAH Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->