P. 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

|Views: 58|Likes:
Published by Rahman Pahwadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

More info:

Published by: Rahman Pahwadi on Jul 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi 1.

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia B. Kompetensi Dasar 1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan C. Indikator • • • Membedakan fungsi tulang, otot dan sendi sebagai penyusun rangka. Mengidentifikasi macam – macam sendi Mendata tentang kelainan, penyakit dan gangguan kesehatan pada tulang, otot dan persendian D. Tujuan • • • • • Siswa dapat menjelaskan macam-macam tulang dengan benar. Siswa dapat menjelaskan 6 macam persendian dengan benar. Siswa dapat membedakan 3 jenis otot dengan benar. Siswa dapat menjelaskan cara kerja otot dengan benar. Siswa dapat menyebutkan masing-masing 3 kelainan atau penyakit yang berkaitan dengan tulang, sendi dan otot dengan benar. E. Materi Pelajaran • Sistem Gerak : MTs Islamiyah Pontianak : IPA Terpadu : VIII/ Ganjil : 3 (Tiga) : 3 x 25 Menit

Sub Materi

diskusi kelompok  Model : Pembelajaran langsung  Media : LCD. Guru memberikan penjelasan mengenai persendian. Guru menjelaskan kelainan dan gangguan pada tulang. Guru meminta siswa menyampaikan hasil diskusi kelompok. Guru meminta siswa melakukan diskusi kelompok.  Kegiatan Akhir (15 menit) . otot dan persendian. Metode. White Board G. Power Point.  Kegiatan inti (50 menit) • • • • • • • • • Guru memberikan ingatan kembali tentang jenis tulang pada rangka manusia.• • • Sendi Otot Kelainan dan gangguan pada sistem gerak F. Guru membagi siswa kedalam 4 kelompok. Guru memberikan LKS kepada tiap kelompok. Guru melanjutkan memberikan penjelasan mengenai otot Guru memberikan kesempatan terhadap siswa untuk mengajukan pertanyaan. Guru memberikan pertanyaan “kenapa kepala dan tangan bisa memutar. model dan media pembelajaran  Metode : Ceramah. kepala memutar. padahal tulang itu kaku? Apa saja yang mempengaruhi gerakan tersebut?” Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. sebagai contoh siswa dapat melakukan gerakan di bangku masing-masing. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  Pendahuluan (5 menit) • • • • • Guru memberikan salam Guru mengecek kehadiran siswa Guru memberikan apersepsi dengan memberikan gerakan tangan.

Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam H.com/sistem-gerak-pada-manusia-1-tulang/ (aksess tanggal 13 juli 2011) Pontianak. S. yang dikerjakan didalam buku tugas.Hut Rahman Pahwadi . Guru Bidang Studi Mahasiswa Sapriyani. jakarta : Erlangga  Buku Elektronik BSE IPA Terpadu Kelas VIII  http://biologimediacentre. Sumber Pembelajaran • Buku refensi :  Ensiklopedia Tubuh Manusia. 15 Agustus 2011 Mengetahui. Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang telah diajarkan.• • • Guru memberikan pertanyaan kepada siswa sebagai postest.

misalnya tulang pangkal lengan. tulang belikat. tulang hasta. Penghubung antar tulang pada amfiartrosis adalah tulang rawan. dan tulang tengkorak tulang pendek. Sinartrosis Hubungan antartulang yang tidak dapat digerakkan sama sekali. tulang betis. amfiartrosis dan sinartrosis. misalnya tulang rusuk. Hubungan antartulang yang memungkinkan pergerakan disebut persendian. Berdasarkan bentuknya tulang dapat dibedakan menjadi tiga macam. a. Amfiartrosis Hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerak yang sangat terbatas. tulang pangkal kaki. dan ruasruas tulang belakang • • A. yaitu: • tulang pipa. tulang kering. baik berdasarkan jenisnya maupun berdasarkan bentuknya. Ujung-ujung tulang yang berhubungan diperstaukan oleh serabut jaringan ikat dan mengalami osifikasi sehingga tidak dapat digerakkan. Contoh sendi ini adalah sendi pada tulang-tulang tengkorak dan pinggulmu . Hubunangan Antar Tulang Hubungan antartulang disebut artikulasi. dibedakan atas diartrosis.Uraian Materi Kilas balik Macam-macam Tulang Tulang dapat dibedakan atas beberapa macam. Berdasarkan dapat dan tidaknya digerakkan. sendi yang tidak dapat digerakkan Sendi yang tidak dapat digerakkan tidak bergerak sama sekali atau memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. misalnya tulang paha. Berdasarkan jenisnya. tulang dapat dibedakan menjadi 2. dan tulang pengumpil tulang pipih. yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang keras/sejati (osteon).

ada yang ke depan dan ada yang ke belakang seperti engsel pintu. atau naik tangga tanpa menggunakan sendi geser f. Sendi pelana . Sendi engsel mempunyai gerakan satu arah. Kamu tidak dapat menulis. Contoh sendi peluru adalah sendi antara tulang pinggul dan tulang paha. Contoh sendi geser berada pada tulangtulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki dan di antara tulang belakang. e. mengambil kauskaki. sendi putar ujung tulang satu berfungsi sebagai poros dan ujung tulang yang lain berbentuk cincin yang dapat berputar pada poros tersebut. dan jari adalah contoh sendi engsel. d. Sendi geser merupakan sendi yang paling sering digunakan. Adapun jenis – jenis sendi adalah sebagai berikut : b. sendi geser Pada sendi geser satu bagian tulang bergerak menggeser di atas tulang lain. serta antara tulang lengan atas dan tulang belikat. Sendi putar terdapat antara tulang tengkorak dengan tulang leher c. Diartrosis memudahkan tulang untuk bergerak karena adanya struktur tertentu dan juga dimungkinkan adanya bentuk-bentuk tertentu dari ujung-ujung tulang yang berhubungan. lutut. Sendi peluru merupakan hubungan antara satu tulang yang mempunyai satu ujung bulat yang masuk ke ujung tulang lain yang berongga seperti mangkok.Diartosis Hubungan antartulang yang dapat digerakkan dengan bebas. Sendi-sendi pada siku. Sendi ini bisa membentuk gerakan paling bebas di antara sendi-sendi lain.

sehingga otot dapat menggerakan tulang. Jika berkumpul dapat menjadi tendon yang melekat pada rangka. hanya memiliki satu inti yang terletak ditengah. Berdasarkan struktur dan sifatnya. Contoh sendi ini adalah pada pangkal ibu jarimu. Jika sering Gambar Otot Lurik dilatih. Gambar Otot Polos 3. Otot ini memiliki percabangan dan hanya ditemukan pada dinding jantung. namun bekerja diluar kesadaran seperti otot polos. pembuluh darah dan organ-organ dalam misalnya hati. Otot Otot merupakan alat gerak aktif yang menggerakan tulang. Otot jantung Otot jantung berbentuk mirip dengan otot lurik. bekerja di luar kesadaran. Otot ini banyak ditemukan disaluran pencernaan. B.merupakan pertemuan dua tulang yang berbentuk seperti pelana. maka otot akan menyusut (atrofi). Miofibril dapat berkontraksi maupun berelaksasi. yaitu sebagai berikut : 1. Otot lurik Otot lurik berbentuk serabut panjang yang memiliki garis gelap dan terang yang berselang-seling dan memiliki banyak inti yang berada pada tepi. Sendi ini bisa menggerakkan tulang ke dua arah. maka otot akan membesar (hipertrofi) sedangkan jika jarang digunakan. yaitu muka-belakang dan ke samping. Otot Polos Otot polos berbentuk gelendong (menggembung pada bagian tengah dengan kedua ujungnya meruncing). paru-paru dan lambung. jaringan otot dibagi menjadi 3 macam. 2. Otot tersusun atas serabutserabut halus yang disebut miofibril. bekerja dibawah kesadaran. .

Efek otot antagonis adalah : a. Gangguan pada Tulang a. Fleksor (membengkokkan) dan ekstensor (meluruskan). Otot bisep terletak pada lengan atas bagian depan. Fruktura. Otot Antagonis . Sedangkan jika otot bisep berelaksasi. tulangtulang bisa patah. Abduktor (menjauhkan badan) dan aduktor (mendekatkan badan) c.Patahnya tulang disebut fraktura. maka otot trisep akan berelaksasi. Jika salah satu otot berkontraksi. yaitu tulang retak. Fraktura tertutup terjadi jika tulang patah tetapi bagian ujung yang patah tidah menembus kulit. Sedangkan otot trisep terletak pada lengan atas bagian belakang. b. Jika otot bisep berkontraksi. b. Fisura. Kelainan dan Gangguan pada Sistem Gerak 1.Otot umumnya bekerja dalam satu kelompok untuk menghasilkan gerakan. C. Fraktura terbuka terjadi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit. yaitu patah tulang. Otot antagonis Otot antagonis adalah otot yang bekerja secara berlawanan arah sehingga gerakannya saling menghambat. sedangkan lengan bawah akan terangkat. Misalnya otot bisep dan trisep. Meskipun kuat dan lentur. maka otot trisep akan lengan bawah akan turun atau lurus kembali. Depresor (ke bawah) dan elevator (ke atas) Otot Sinergis Otot sinergis adalah otot yang bekerja secara searah sehingga pergerakannya saling membantu. Misalnya otot pronator yang bekerja secara sinergis ketika kita menggerakan tangan menelungkup dan menengadah. Dua Gambar Otot Jantung kelompok otot atau lebih dapat bekerja secara antagonis atau sinergis. maka otot lainnya akan berelaksasi.

yaitu kondisi dimana tulang belakang membengkok ke arah depan sehingga terlihat seperti membungkuk. yaitu sobeknya selaput sendi b.c. Rakhitis. yaitu dimana tulang belakang bagian punggung membengkok ke arah kanan atau kiri. Artritis. yaitu kondisi dimana tulang belakang membengkok ke arah belakang. Gangguan pada persendian a. Lordosis. . d. Gangguan pada tulang belakang • • • Skoliosis. Kifosis. yaitu penyakit tulang karena vitamin D sehingga pada anak-anak akan terjadi pembengkokan memntuk huruf “O” dan “X”. 2. Memar.

disebabkan oleh kejang otot karena otot tiba-tiba berkontraksi sangat kuat sehingga terasa sakit. yaitu penyakit turunan yang menyebabkan otot rangka menjadi lemah. Kram bisa terjadi pada saat cuaca dingin atau aktivitas otot yang terlalu berat. Atrofi otot. d.kadang sendi yang terkena artritis tidak dapat digerakkan. Keseleo (sprain). b. Gangguan pada otot a. Tetanus. Polio. Hernia abdominal. . merupakan penurunan fungsi otot karena otot mengecil atau kehilangan kemammpuan berkontraksi. disebabkan oleh infeksi virus polio pada saraf yang mengendalikan gerakan otot rangka sehingga menyebabkan kelumpuhan. terjadi apabila dinding otot abdominal (bagian perut) sobek sehingga usus melorot ke bawah dan masuk ke dalam rongga perut. Kram. Distrofi otot. merupakan penyakit yang menyebabkan otot menjadi kejang karena racun bakteri tetanus (Clostridium tetani) yang masuk dalam luka. c. e. f. c. 3. Penderita penyakit ini mempunyai tulang rawan sendi yang rusak. merupakan teregangnya atau robeknya ligamen (jaringan ikat yang menghubungkan dua atau lebih tulang dalam suatu sendi). Kerusakan ini menyebabkan sendi menjadi sakit dan bengkok.Artritis adalah penyakit sendi. Kadang.

............ 2........ 4.......................... 3............... diskusikan dengan temanteman mu................................ .. Petunjuk Pelaksanaan : 1............. Gunakan catatan dan buku paket untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut..................................... .........................................Lembar Kerja Siswa (LKS) Nama Kelompok 1............ 5.. ==== GOD LUCK ==== .. 2. Isilah pertanyaan tersebut pada lembar yang telah disediakan............ .......... ..

... .........................1........... ......... ....................................... Berikan nama dari sendi-sendi yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini ? 2........ Berikan nama dan jelaskan ciri-ciri otot dibawah ini minimal 3 ? a............. b.... c................

Berikan nama dan jelaskan gangguan pada sistem gerak dibawah ini ? a. c.3. b. .

cepat lelah. bekerjacepat. Penderita penyakit ini mempunyai tulang rawan sendi yang rusak. d. b. Sendi yang tidak bergerak Sendi putar. tak sadar. adalah penyakit sendi. Fruktura. bekerja lambat. Sendi Pelana Sendi Engsel Sendi peluru Sendi geser Otot jantung. tak sadar. f. ada percabangan Otot polos. yaitu penyakit tulang karena vitamin D sehingga pada anakanak akan terjadi pembengkokan memntuk huruf “O” dan “X”. Polio. Artritis. sadar. yaitu patah tulang b. tidak ada percabangan c.d. Otot lurik. JUMLAH 20 Skor 1 1 1 1 1 1 2 2 2 2 2 2 3 2 2 Skor yang diperoleh Nilai = X 100 % . b. c. a. e. Kerusakan ini menyebabkan sendi menjadi sakit dan bengkok d. Rakhitis. bekerja lambat. inti 1 ditengah. Pedoman Penskoran LKS No soal 1 Jawaban a. tidak ada percabangan a. inti banyak ditepi. disebabkan oleh infeksi virus polio pada saraf yang mengendalikan gerakan otot rangka sehingga menyebabkan kelumpuhan. inti 1 ditengah. c.

Hut Oleh : Rahman Pahwadi F05108005 . S.20 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) “SISTEM GERAK PADA MANUSIA” Di Kelas VIII MTs ISLAMIYAH PONTIANAK Guru Pamong : Sapriyani.

sendi dan otot. polio Jumlah skor . Sebutkan masing-masing 3 contoh kelainan pada tulang. keseleo Otot : keram. Sebutkan 4 macam sendi dan tempat sendi tersebut berada? (skor 3) 3. tulang lutut) Sendi geser (pergelanga kaki. atrofi otot. tetanus. distrofi otot. kifosis Persendian : memar. tulang hasta) Tulang pipih (tulang tengkorak) 2 Tulang pendek (ruas tulang belakang) Sendi kaku/tidak dapat bergerak (tulang tengkorak) Sendi putar (tulang leher) Sendi peluru (tulang paha. mata Skor 1 1 1 1 1 1 1 2 2 2 2 2 2 19 4 Tulang : patah tulang. Sebutkan 3 macam tulang pada sistem gerak beserta contohnya? (skor 3) 2. dll Otot jantung Lambat Ada Tidak sadar Tengah 1 jantung Otot polos Lambat Tidak ada Tidak sadar Tengah 1 Saluran. (skor 30) Pedoman Penskoran soal posttest No soal jawaban 1 Tulang Pipa (Tulang Paha. lordosis. tulang retak. banyak Berada di Kulit. Jelaskan perbedaan 3 jenis otot pada manusia. cpt lelah Percabangan Tidak Pengaruh saraf Sadar Inti sel Tepi. minimal 3. tulang belikat) Sendi engsel (tulang siku.Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak 2011 Soal posttest 1. skoliosis. aritis. pergelangan tangan) 3 Sendi pelana (ibu jari) Otot lurik Cara kerja Cpt. (skor ) 4.

Skor yang diperoleh Nilai = 19 X 100 % .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->