LAPORAN PRATIKUM MARFOLOGI TUMBUHAN

BENTUK BATANG(CAULIS) TUMBUHAN

Disusun oleh : Nama : Iit Nikesari Nim Guru pembimbing :11222022 : Delima Engga Maretha,M.Kes

PROGRAM STUDI BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG 2012

percabangan batang. (Setiawan 2010:46). Morfologi tumbuhan adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mengkaji masalah–masalah tentang tumbuhan berkenaan dengan bagian – bagian luar yang tampak pada tumbuhan tersebut. Selain itu.BAB I PENDAHULUAN 1.2 Tujuan • Mengenal dan memahami beberapa sifat umum batang. ketika membahas daun terkait dengan alat – alat asimilasi yang berperan dalam proses pembuatan makanan (fotositesis). maupun bijinya. selalu bertambah panjang di ujungnya. Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting.Pukul 15:35 Wib ). Seperti kita ketahui. (http://rieckanciit.blogspot. buah. 1. (http://rieckanciit. bunga. Batang terdiri atas : bentuk batang. cormus berarti akar. batang. Baik itu ilmu alam (sains) maupun ilmu sosial. mengadakan percabangan.Tumbuhan yang mempunyai ketiga unsur pokok tersebut adalah golongan kormofita (kormofita berasal dari Bahasa Yunani yaitu. arah tumbuh batang. dan daun(folium). dalam morfologi tumbuhan dipelajari bagian – bagian tubuh tumbuhan seperti daun.Diakses tanggal 20 November :2012. yaitu akar(radiks). terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing di batasi oleh buku – buku. yaitu ilmu yang mempelajari struktur organ tumbuhan baik mengenal akar. .Pukul 15:35 Wib ).com. batang. Dalam ilmu biologi misalnya kita mengenal apa yang dimaksud dengan morfologi tumbuhan.Diakses tanggal 20 November :2012. Pendapat lain yang menyatakan tentang Morfologi tumbuhan. batang dan daun. Pada dasarnya. batang(caulis). daun.com. tumbuhan biasanya keatas menuju cahaya matahri. kita ketahui bahwa hasil dari proses tersebut adalah morfologi batang jati makanan berupa energi gula (glukosa) yang dipakai untuk kelangsungan hidup suatu tumbuhan. (Setiawan 2010:32).blogspot. dan lain sebagainya yang merupakan bagian – bagian yang tampak pada tumbuhan.1 Latar Belakang Suatu hal yang perlu kita ketahui bahwa ilmu pengetahuan yang kita pelajari bersifat dinamis. sedangkan phyta berarti tumbuhan).Pada umumnya batang memiliki sifat-sifat yaitu : umumnya berbentuk panjang bulat. tumbuhan terdiri atas 3 (tiga) organ pokok. umumnya tidak berwarna hijau. akar.

Biasanya tumbuh ke atas menuju cahaya atau matahari (bersifat fototrop atau heliotrop) 4. dan buah. misalnya rumput dan waktu batang masih muda. kecuali kadang-kadang cabang atau ranting yang kecil. 2. Mengadakan percabangan dan selama hidupnya tumbuhan.2012 : 1) Pada umumnya batang mempunyai sifat-sifat berikut: 1. bahwa batang mempunyai pertumbuhan yang tidak terbatas. 2) Memperluas bidang asimilasi dengan percabangannya dan menempatkan bagianbagian tumbuhan di dalam ruang sedemikian rupa sehingga dari segi kepentingan tumbuhan bagian-bagian tadi terdapat dalam posisi yang paling menguntungkan. . 3) Sebagai jalan pengangkutan air dan zat-zat makanan dari bawah ke atas dan jalan pengangkutan hasil-hasil asimilasi dari atas ke bawah. 4) Menjadi tempat penimbunan zat-zat cadangan makanan. 6.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Batang dan Fungsinya Batang merupakan bagian dari tumbuhan yang amat penting. daun. Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku dan pada bukubuku inilah terdapat daun. 5. tidak digugurkan. kecuali tumbuhan yang umurnya pendek. Selalu bertambah panjang di ujungnya. batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan(Aini dan Maretha.2009 : 76 ) Fungsi batang pada tumbuhan antara lain : 1) Mendukung bagian-bagian tumbuhan yang berada di atas tanah. Umumnya tidak berwarna hijau. Umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain. (Tjitrospoepomo. akan tetapi selalu bersifat aktinomorf. 3. karena kedudukan batang bagi tubuh tumbuhan. yaitu: bunga. oleh sebab itu sering dikatakan.

hanya daunnya tersusun sangat rapat satu sama lain. sehingga tumbuhan itu seolah-olah tidak berbatang. mempunyai ruas yang nyata dan seringkali berongga. maka dapat dibedakan sebagai berikut : 1. yang dapat mempunyai percabangan atau tidak.2 Bentuk-Bentuk Batang Tumbuhan biji belah (Dycotyledoneae) pada umumnya mempunyai batang yang di bagian bawahnya lebih besar dan ke ujung semakin mengecil.) 2. Dilihat dari sudut .) Sawi (Brassica juncea L. Dan daun-daun yang tersusun berjejal-jejal satu sama lain yang disebut roset (rosula). Tumbuhan biji tunggal (Monocotyledoneae) sebaliknya mempunyai batang yang dari pangkal sampai ke ujung boleh dikatakan tak ada perbedaan besarnya. yaitu batang tidak keras. tetapi sesungguhnya tumbuhan yang tidak berbatang tidak ada. tetapi mempunyai ruas-ruas yang lebih panjang (Tjitrospoepomo. jadi batangnya dapat dipandang sebagai suatu kerucut atau limas yang amat memanjang. yaitu batang lunak dan berair b) Batang berkayu. Contoh Tumbuhan tidak berbatang : • • Lobak (Raphanus sativus L. Tumbuhan tidak berbatang (Plata acaulis) Yaitu tumbuhan yang tidak berbatang. yaitu batang yang biasanya keras dan kuat karena sebagian besar jaringannya terdiri atas kayu c) Batang rumput (calmus). d) Batang mendong (calamus) Yaitu seperti batang rumput.2009 : 78 ) 2. Tumbuhan yang berbatang Yaitu tumbuhan yang jelas-jelas kelihatan batangnya seperti kita menjumpai pada umumnya tumbuhan.Berdasarkan jenis batang pada tumbuhan. Tumbuhan berbatang dibedakan sebagai berikut : a) Batang basah (herbaceous). Tumbuhan ini tidak akan tampak berbatang pada saat tumbuhan berbunga.

3) Pipih dan biasanya lalu melebar menyerupai daun dan mengambil alih tugas daun pula. contohnya adalah : Kladodia (Cladodium).) (Tjitrospoepomo. misalnya batang markisah. misalnya pada papaya (Carica papaya L. Contoh Batang jagung (Zea mays L. meninggalkan tanah dan air. 2. misalnya pada sengon (Albizzia stipulata Boiv) 9) Lepasnya kerak (bagian kulit batang yang mati) misalnya pada jambu biji (Psidium guajava L.) 2) Bersegi (angularis). Segi empat (quadrangularis).2009 : 79 ) Dilihat permukaanya.bentuk penampang melintangnya ini dapat dibedakan bermacam-macam bentuk batang antara lain: 1) Bulat (teres). yaitu jika masih tumbuh terus dan mengadakan percabangan. Haw. Contoh: Kaktus (Opuntia vulgaris Mill. pendulus). 4) Bersayap (alatus) contohnya pada markisah (Passiflora quadrangularis L.) 6) Berduri (spinosus) pada mawar (Rosa sp)Memperlihatkan bekas-bekas daun. misalnya batang genjer dan teki (Cyperus rotundus).3 Arah Tumbuh Batang Batang umumnya tumbuh ke arah ke arah cahaya.).). Dalam hal ini ada kemungkinan: • • Bangun segitiga (triangularis). 3) Beralur (sulcatus). misalnya bambu. Berbaring. 3. Tegak lurus (erectus). 2011 ) 2.) 5) Berambut (pilosus) pada tembakau (Nicotiana tabacum L. misalnya pada keluwih (Artocarpus communis Forst) 8) Memperlihatkan banyak lentisel. yaitu jika arahnya lurus ke atas.) 7) Memperlihatkan bekas-bekas daun penumpu . Contohnya pada Cereus peruvianus (L). batang tumbuh-tumbuhan juga memperlihatkan sifat yang bermacammacam seperti : 1) Licin (leavis). tetapi mengenai arahnya dapat memperlihatkan variasi dan bertalian dengan sifat ini dibedakan batang yang tumbuhnya : 1. ( Anonim.). Contoh pada iler (Coleus scutellarioides Benth. . Menggantung (dependens. 2) Berusuk (costatus). dan kelapa (Cocos nucifera L.

Kulit kayu kasar.net. Daun muda (Petiola) berwarna hijau kecoklatn. tidak ada kambium vaskular sehingga tidak dapat membesar.Pada batang monokotil. Menurut arah melilitnya dibedakan lagi menjadi batang yang Membelit ke kiri (sinistrorsum volubilis). Bunga jati bersifat majemukyang terbentuk dalam malai bunga (inflorence) yang tumbuh terminal diujung atau tepi cabang. 2009 : 81 ) Pada tumbuhan monokotil batang tidak bercabang-cabang. Mengangguk (nutans) 7. Ujung daun meruncing.Pukul 17:00) 2. Tidak adanya kambium pada Monokotil menyebabkan batang Monokotil tidak dapat tumbuh membesar. Membelit (volubilis). Pada stele monokotil terdapat ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup yang artinya di antara xilem dan floem tidak ditemukan kambium. 8. pembuluh angkut (xilemfloem) tersebar.bpdaspemalijratun. berukuran panjang 20-50 cm dan tebal 15-40 cm. Klasifikasi Klasifikasi Tumbuhan Pohon Jati : Kingdom : Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) . ( Tjitrospoepomo. berwarna kecoklatan atau abu-abu yang mudah terkelupas. batas antara korteks dan stele umumnya tidak jelas. Morfologi Tanaman jati Secara morfologis.4. Dengan pemangkasan.Diakses pada tanggal 17 November 2012. (http://www.docstoc. empulur tidak dapat dibedakan di daerah korteks. tanaman jati memiliki tinggi yang dapat mencapai sekitar 30 – 45 m. tidak punya jari-jari empulur. Serong ke atas/ condong (ascendens) 6. Menjalar atau merayap (repens) 5. Diameter batang dapat mencapai 220 cm. sedangkan daun tua berwarna hijau tua keabu abuan. epidermis terdiri dari satu lapis sel.(www.Diakses tanggal 16 November 2012. tumbuh dengan menggunakan penunjang.pukul 20:15 ) 2. Bentuk daun besar membulat seperti jantung.Membelit ke kanan (dextrorsum volubilis).4 Tanaman Jati 1. batang yang bebas cabang dapat mencapai antara 15 – 20 cm.com/docs/76914924/laporan-morfologi-batang. pangkal daun tumpul dan tepi daun bergelombang. dengan perkataan lain tidak terjadi pertumbuhan menebal sekunder.Diakses pada tanggal 18 November 2012. Memanjat (scandens).

Bunga . Nilai Medis Manfaat teh : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil : Asteridae : Lamiales : Lamiaceae : Tectona : Tectona grandis L. Daun jagung adalah daun sempurna.Diakses pada tanggal 18 November 2012.5 Tanaman Jagung 1. yang khas dimiliki familia Poaceae. tetapi semenjak minum teh daun jati cina beliau mengaku kolesterolnya sudah berkurang dan sedikit merasa ringan tubuhnya untuk melakukan setiap aktivitas. Tiap kuntum bunga memiliki struktur khas bunga dari suku Poaceae.Diakses tanggal 18 November 2012. Stomata pada daun jagung berbentuk halter. Pada jagung.com.membantu proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Pada tanaman yang sudah cukup dewasa muncul akar adventif dari buku-buku batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung lignin. sebagaimana sorgum dan tebu.melunturkan lemak bagi penderita obesitas. Batang jagung tegak dan mudah terlihat. Setiap stomata dikelilingi sel-sel epidermis berbentuk kipas.Divisi Kelas Sub Kelas Ordo Famili Genus Spesies 3.Pukul 17:00 ) 2. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. yang disebut floret. Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanaman berbentuk roset. 2012 ) Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious). (http://kesehatan. ( Anonim. membersihkan darah kotor. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku.mengecilkan perut. (Plantamor.membuang racun dalam tubuh. Ibu teman saya mengalami kolesterol tinggi.kompasiana.f. Bentuknya memanjang.mengurangi kolesterol. Morfologi Tanaman Jagung Akar jagung tergolong akar serabut yang dapat mencapai kedalaman 8 m meskipun sebagian besar berada pada kisaran 2 m. Batang beruas-ruas.2012) daun jati adalah melangsingkan tubuh. dua floret dibatasi oleh sepasang glumae (tunggal: gluma). namun tidak seperti padi atau gandum.

Nilai Medis Zea Mays L secara kandungan gizi memiliki komposisi zat-zat makanan yang lebih komplet daripada beras. bahan pangan pokok. (Anonim. Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Dengan berbagai kandungan zat yang dimiliki jagung tersebut.(Plantamor. menurunkan risiko kanker dan jantung. Klasifikasi Klasifikasi tanaman jagung : Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Kelas Sub Kelas Ordo Famili Genus Spesies 3. Selain sebagai sumber utama karbohidrat. berupa karangan bunga (inflorescence). tak mengherankan bila jagung juga dikenal sebagai bahan pangan yang cukup berkhasiat antara lain sebagai pembangun otot dan tulang. mencegah konstipasi. Produk jagung dapat digunakan untuk menggantikan produk-produk minyak bumi karsinogenik yang merupakan komponen utama dari bahan kosmetik. : Liliopsida (berkeping satu / monokotil) : Commelinidae : Poales : Poaceae (suku rumput-rumputan) : Zea : Zea mays L.2012) . serta minyaknya dapat menurunkan kolesterol darah. Nilai Ekonomi Tepung Jagung digunakan dalam pembuatan berbagai kosmetik dan juga dioleskan untuk menenangkan ruam kulit dan iritasi.jantan tumbuh di bagian puncak tanaman. Bunga betina tersusun dalam tongkol. mencegah gigi berlubang. baik untuk otak dan sistem syaraf. 2.2011) 4.

Menggambarkan dan memberi keterangan bagian-bagian batang yang kita amati.mendong (Calamus). Mengamati objek penelitian dengan lup 2. Batang Zea mays L. Lembar kerja • : Kamis.00 WIB : Laboratorium Tadris IAIN Raden Fatah Palembang Bahan : 1.2 Alat dan Bahan Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah sebagai berikut : • Alat : 1. . Batang Tectona grandis L 2.30 – 12.rumput (Calmus). antara lain : Basah (Herbaceus). 4. diantara nya : Bulat (Teres). Lup 2. 19 Oktober 2012 : 10. Menentukan sifat – sifat batang. Pisau cutter 3.BAB III METODOLOGI 3. Menentukan bentuk –bentuk batang. 3.bersegi (Angularis).berkayu (Lignosus). 3.3 Cara Kerja Adapun prosedur kerja yang dilakukan adalah: 1.1 Waktu dan Tempat Adapun praktikum morfologi tumbuhan yang dilaksanakan pada: Hari/tanggal Waktu Tempat 3.Pipih. Alat Tulis 4.

diantarnya :Tegak lurus (Erectus).5. 6.1 Hasil Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut : 1. diantaranya :Licin (Laevis). .berduri (Spinosus).berambut (Pilosus). Menentukan sifat permukaan batang.Kulit batang kering • • Arah tumbuh : keatas (Vertikal) Bentuk percabangan : Aksiler 2.Warna kulit batang coklat keabu-abuan . Menentukan arah tumbuh batang.Kasar(scaber) . BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.menggantung (Dependens/Pendulus).beralur (Sulcatus). Morfologi batang jati muda(Tectona grandis L) Keterangan : • Bentuk batang kotak atau persegi .memperlihatkan bekas – bekas daun dan daun penumpu.menjalar/merayap (Repens).bersayap (Alatus).berbaring (Hamifusus). Marfologi Jati Tua(Tectona grandis L) Keterangan : • • Bentuk batang silindris Permukaan batang : .membelit (Volubilis) 7. Gambar dan catat hasil pengamatan.mengangguk (Nutans).memanjat (Scandens).Ada bintik-bintik sel pada batang jati tua.berusuk (Costatus).

Licin (laevis) .) Keterangan : • • Bentuk batang silinder Permukaan batang : . .Warna kulit batang hijau. Jagung Muda (Zea mays L.Kulit batang basah(herbaceus) • • • • • Arah tumbuh : keatas (erectus) Bentuk percabangan : Aksiler Daun bertulang sejajar Bangun daun.• Permukaan batang : Agak licin (laevis) Ada bintik-bintik sel tetapi lebih jarang dibandingkan pada batang jati tua. Warna kulit batang hijau Ada bulu-bulu halus Kulit batang basa(herbaceus) • • Arah tumbuh : keatas (erectus) Bentuk percabangan bersegi(angularis) 3. bangun pita ( ligulatus ) Jagung muda terdapat sel gabus .

Jagung Tua(Zea mays L.Warna kulit batang hijau.) Keterangan : • • Bentuk batang silinder Permukaan batang : . .Kulit batang basah(herbaceus) • • • • • Arah tumbuh : keatas (erectus) Bentuk percabangan : Aksiler Daun bertulang sejajar Daun kuning kecoklatan Bangun daun. bangun pita ( ligulatus ) 4.2 Pembahasan Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengamatan pada marfologi batang maka dapat dilihat pembahasanya dibawah ini : 1. yang tua berwarna kecoklatan.4. .Licin (laevis) . Batang jati muda dan jati tua : • • Pada batang jati muda bentuknya batang persegi atau kotak sedangkan pada batang jati tua berbentuk silindris . Pada batang jati muda berwarna hijau.

Verbenaceae.oleh karena itu dapat kita lihat dari pratikum ini bahwa setiap tumbuhan itu memilika bentuk yang berbedah –bedah.termasuk sifat-sifat permukaan batang? Jawaban : Marfologi Jati Tua(Tectona grandis L) . Kayu gubal.ciri khusus pohon jati dengan perakaran dalam dengan tipe tunggang. batang jati berwarna coklat muda. Pelepah daun bewarna hijau mudah yang menutupi hampir semua batang jagung dan terdapat ruas-ruas serjajar secara vertikal pada batang jagung. Pada batang jagung muda beruas dan arah tumbuh secara vertikal yang tua juga seperti itu.Ketika batang jati muda berbentuk segi empat karena termasuk Fam. Pelepah daun muncul sejajar dengan batang. coklat kelabu hingga coklat merah tua. 2. Daun muncul dari ruas-ruas batang. berwarna putih dan kelabu kekuningan. Pertannyaan dan jawaban pada buku pratikum: 1. Sebutkan sifat-sifat kedua batang yang anda amati . di bagian luar. Batang jagung muda dan batang jagung tua • • Pada batang jagung muda terdapat sel gabus yang tua juga ada sel gabus.tipe percabangan arah keatas. • Daun pada jagung muda dan tua bertulang sejajar dengan daun bangun pita ( ligulatus ) ` Daun terbentuk dari pelepah dan daun.

Warna kulit batang hijau Ada bulu-bulu halus Kulit batang basa(herbaceus) Arah tumbuh : keatas (erectus) Bentuk percabangan bersegi(angularis) Jagung Muda (Zea mays L.) • • • • Bentuk batang silinder Permukaan batang : Licin (laevis) Warna kulit batang hijau Kulit batang basah(herbaceus) .• • • • • • • Bentuk batang silindris Permukaan batang :Kasar(scaber) Ada bintik-bintik sel pada batang jati tua Warna kulit batang coklat keabu-abuan Kulit batang kering Arah tumbuh : keatas (Vertikal) Bentuk percabangan : Aksiler Morfologi batang jati muda(Tectona grandis L) • • • • • • • • Bentuk batang kotak atau persegi Permukaan batang : Agak licin (laevis) Ada bintik-bintik sel tetapi lebih jarang dibandingkan pada batang jati tua.

) • • • • • • • • • Bentuk batang silinder Permukaan batang : Licin (laevis) Warna kulit batang hijau Kulit batang basah(herbaceus) Arah tumbuh : keatas (erectus) Bentuk percabangan : Aksiler Daun bertulang sejajar Daun kuning kecoklatan Bangun daun.yaitu pada bagian percabangan . Apakah ada perbedaan sifat antara betang jati dengan batang jagung? Jawaban : Ada. . Tidak. bangun pita ( ligulatus ) Jagung muda terdapat sel gabus Jagung Tua(Zea mays L. Pada batang jati tua terdapat lentisel dan permukaannya kasar sedangkan pada batang batang jagung tua terdapat lentisel dan permukaan licin. Di manakah tempat pelekat daun dan apakah tempat tersebut megalami perpanjangn? Jawaban : Tempat melekat daun pada batang bagian buku.• • • • • Arah tumbuh : keatas (erectus) Bentuk percabangan : Aksiler Daun bertulang sejajar Bangun daun. bangun pita ( ligulatus ) 2. 3.tetapi buku mengalami pertambahan jumlah sejajar dengan bertumbuhannya batang.pada jagung tidak mengalami percabangan sedangkan pada jati mengalami percabangan dengan pola percabangan kekanan dan kekiri.

1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pengamatan yang kami lakukan. sebagai jalan pengangkutan air dan zat – zat hasil fotosintesis. pipih. selain itu juga dapat menjadi tempat penimbunan cadangan makanan bagi tumbuhan.dan silindris.Setiap tumbuhan memiliki bentuk batang yang berbeda – beda antaranya bentuk batang yang bulat (teres). bersegi (angularis).Batang mempunyai kegunaan yaitu sebagai penyokong tumbuhan. mengingat tempat serta kedudukan batang pada tumbuhan dapat disamakan dengan sumbuh tumbuhan. .BAB V KESIMPULAN 5. maka dapat disimpulkan bahwa : Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting. sebagai tempat respirasi.

Belfield.docstoc.com/docs/76914924/laporan-morfologi-batang. Field Crop Manual: Maize (A Guide to Upland Production in Cambodia).scribd.blogspot.diakses Pada tanggal tanggal 19 November.Pukul 17:00 Tjitrospoepomo Gembong.Diakses tanggal 18 November 2012.Diakses tanggal 16 November 2012. Stephanie & Brown. Canberra http://kesehatan.Diakses pada tanggal 18 November 2012. 2012 Wib.com.1953 “Morfologi Tumbuhan ".Pukul 15:35 Wib http://www.net.pada tanggal 17 pukul 15:25.com/37416911-laporan praktikum-IX.http://www. Christine.com.pukul 20:15 http://rieckanciit.Diakses tanggal 20 November :2012. 2008.DAFTAR PUSTAKA Anonim.Diakses pada tanggal 17 November 2012.bpdas-pemalijratun.Pukul 17:00 www.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press .kompasiana.Diakses pada tanggal 18 November 2012.2011.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful