PROPOSAL BISNIS RESTORAN

“MARASSA”

Nama : Hj. NUR AENI (Conversi) NIM : 201101464
STIE MUHAMMADIYAH MAMUJU 2012/2013

Salah satu cara yang dilakukan adalah. maka untuk memeperoleh data yang memuaskan harus merumuskan masalah sebagai berikut :    Mengidentifikasi apakah system informasi dan pengolahan data restoran ikan pindang yang telah ada dapat melayani customer dengan baik ? Apakah perlu usulan dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen. potensial dan belum banyak digarap oleh pihak lain. B. daya beli masyarakat dan hukum permintan maupun penawaran itu terjadi pada kondisi yang demikian. Latar Belakang Disektor perikanan juga sangat dirsakan oleh para nelayan.BAB I PENDAHULUAN A. terutama yang berhubungan dengan restoran ikan pindang ? Dengan perbaikan terhadap pengolahan restoran ikan pindang. Perumusan Masalah Berbagai cara digunakan untuk memperoleh informasi data yang di inginkan tanpa mendapat dukungan dari alat atau sistem yang digunakan tidak akan tercapai.Menurut masyarakat untuk mempunyai daya saing dan keahlian tertentuuntuk meningkatkan derajat hidupnyasebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari bagi para pelaku usaha.Kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat disekitar. Kemudin menawarkan beberapakeunggulan dan nilai lebih bagi konsumen menjadi segmen usaha kita. apakah pelayanan terhadap customer dapat meningkat ? C.Untuk dapat bersaing dalam usaha yang bersangkutan.Yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana tingkat persaingan. . sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan. Apabila permintan meningkat memungkinkan pasar menjadi potensial. dengan mengacu pada kondisi perekonomian yang kurang kondusif dan tidak berpihak pada perekonomian rakyat. Oleh karena itu. biaya yang tidak sebanding dengan harga jual hasil nelayan. sering kita jumpai dipasar-pasar ataupun diwarung-warung terdekat. dan ketika kondisi permintaan menurun menyebabkan kondisi pasar berada pada posisi yang tidak menguntungkan. Gambaran Potensi Usaha Persaingan dalam usaha ikan pindang. dengan melakukan pemilihan segmen yang tepat.

Restoran MARASSA adalah usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus.Salah satunya adalah dibidang usaha restoran ikan pindang.Mereka belum bisa memanfaatkan itu. dimana seluruh aktifitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab kami. Potensi itu ialah usaha restoran ikan pindang yang banyak dimasyarakat. serngsangat berpotensial untuk dijadikan sebagai pusat agrobisnis. C. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang digunakan sebagi tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. yang lami lakukan sifatnya merupan usaha bersama dengan -masing pemodal. ikan Salam dan ikan Tongkol. Bukti diri . b. Dikemudian hari. Legalitas Usaha Dari segi legalitas usaha.BAB II ASPEK HUKUM A. karena usaha kami ada dibeberapa badan hukum yang memiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah : a. d. Ikan pindang kami dengan kualits yang baik dan tidak diragukan lagi. NPWP Sebagai usaha bisnis kami juga mendaftarkan NPWP atas aktifasi usaha kami ke departemen perpajakan setempat. B.Kini harga ikan sudah melambung keharga yang sudah terjangkau. Badan hukum Pengelolaan menjadi tanggung modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya dari masing jawab kami bersama. Untuk usaha ini.Karena itu. Nama Unit Usaha Restoran ikan pindang kami diberi nama “MARASSA” yang artinya dari ikan Layang.Serang. Alasan Pemilihan Bisnis Pada saat ini masyarakat serang sudah banyak berprofesi sebagai nelayan dan pengelola tambak ikan. Mereka tidak menyadari akan potensi yang mereka punya. serta berkedudukan diwilyah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan. agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar. usaha ini ada beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal. Tanda daftar perusahaan dan surat ijin usaha Usaha Restoran MARASSA memiliki ijin dari dinas Kab.Mayoritas masyarakat belum bisa memaksimalkan potensi itu. c.

yaitu memelihara lingkungan. Analisis Aspek Lingkungan Sebagian besar masyarakat dilingkungan rencana bisnis beragama islam taat. Tapi ada satu hal yang kurang mereka sadari.Padahal jika menggunakan ikan yang sudah tidak layak dikonsumsi bisa mengurangi rasa yang kurang enak.Salah satu contonya adalah dalam memilih ikan. Tingkat toleransi dengan agama lain dapat berjalan dengan baik.Restoran kami juga mempunyai bukti diri mengenai usaha dan keterangan yang berhubungan dengan Restoran MARASSA. D.Mereka kebanyakan menggunakan ikan yang sudah tidak layak dikonsumsi. .

BAB III ASPEK PEMASARAN A. . dengan rasanya yang gurih dengan harga yang pas. Karena rasanya yang enak dan gurih. b. Yang senang dan suka menikmati enaknya ikan pindang hasil olahan kami. Perusahaan ini beroperasi di daerah kota serang Jumlah pekerja berjumlah 5 orang Mempunyai luas area±5000m2 Peluang : 1. Targeting dan Positioning a. Operasional 1. 2. 2. Segmentasi Yang menjadi segmen dari Restoran kami yang terutamanya adalah masyarakat kota Serang. 2. c. Adanya penimbunan yang dilakukan pedagang ikan untuk menaikan harga Munculnya pesaing baru C. 3. 3. Targeting Dan yang menjadi target market adalah masyarakat yang ada di provinsi Banten pada umumnya. ataupun masyarakat daerah Banten pada umumnya. Segmentasi. Karena ikan-ikannya yang segar dan berkualitas. Dan siapapun yang mengkonsumsi ikan pindang kami. Bahan Baku Bahan baku utama dari restoran ikan pindang adalah :    Ikan Layang Ikan Salam Ikan Tongkol B. Pangsa pasar yang masih luas Bahan baku yang mudah di dapat Pesaing besar relatif terbatas Faktor-faktor yang mempengaruhi : 1. tidak akan menyesal. Positioning Kami ingin menempatkan imge atau cita rasa ikan pindang kami yang dibenak konsumen sebagai ikan pindang yang enak. ataupun kami akan memasarkan diluar daerah provinsi Banten ataupun daerahnya yang berpenduduk lumayan banyak.

d.. Permintaan a.pemasanga iklan. Price (Harga) Ikan pindang dengan rasanya yang enak dan gurih tapi dengan harga masih terjangkau. Kemungkinan pelanggan dari hari ke hari akan meningkat/bertambah.- Rp.000. Produk Produk kami ada ikan pindang layang. Rp. Ikan Pindang layang Ikan Pindang salam Ikan pindang tongkol 1Kg 1Kg 1Kg Rp. b.Lokasi kami pun mudah dikunjngi. hal tersebut karena belum dikelola secara serius.- c. yaitu dengan harga : 1. Promosi Kami melakukan promosi lewat media informasi kami.Dan kami ingin selalu memberikan sesuatu yang berasal dari hati serta membagikan kebahagian kepada customer. dan dari segi lain juga pengolahan ikan pindang kami masih tradisional dan masih mempunyai prospek untuk dikembangkan. F.30. Place (Tempat) Lokasi yang strategis terletak dikeramaian pusat belanja di daerah serang.35.40. disurat kabar dan pemasangan iklan diradio-radio yang ada di kota serang. terutama untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. b. Prospek permintaan dimasa yang akan datang Membanjirnya berbagai produk makanan siap saji yang serba instan dimasyarakat akan menyebabkan kondisi persaingan produk-produk yang berbahan kimia. Perkembangan permintaan Permintaan ikan pindang semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya protein bagi tubuh. Dan tekstur ikannya masih terasa segar. 2. Dengan tiga macam ikan pindang. Program Pemasaran a.000. memungkinkan peminatnya bisa memilih sendiri. 3. Penawaran Perkembangan penawaran disektor usaha ikan pindang mungkin masih terlihat relatif masih lemah. salam dan tongkol yang disajikan sedemikian rupa. E.D.Oleh karena itu agar usaha ikan pindangmenjadi lebih baik. . posterposter.000. sehingga mengeluarkan cita rasa yang membuat peminatnya ingin mencoba lagi. dengan sepanduk-sepanduk. perlu ditingkatkan penawaran.

000. 8. 2.000. 5.000.- .Rp.250.b.000.     Peralatan Transportasi Telephon dan listrik Administrsi lainnya Rp.- Total Investasi Rp.000.000. 2.000. 42.Rp. Sumber dana Pembangunan dan pengembangan Restoran Ikan Pindang MARASSA akan dibiayai dengan dana yang berasal dari : 1. 20.Rp. 1.000. 7. 20.000. 4. memerlukan biaya investasi dan tambahan modal sebesar.c. Asumsi-asumsi proyeksi keuangan 1. 2.000.000. 70.000.BAB IV ASPEK KEUANGAN a.000. 4.Rp. Biaya infestasi Dalam pengembangan Restoran Ikan Pindang MARASSA. 50.000.000.000. Biaya operasional Data operasional tahun 2010 adalah : a.000.- TOTAL Rp. 3. Sewa tanah dan bangunan Peralatan restoran Peralatan gudang Bahan produksi Rp. 750.000.- Total Rp.000. 10.Rp.000. Rincian biaya-biaya investasi tersebut adalah : 1.- b.Rp.000. Biaya general dan administrasi Gajih dan upah karyawan :  Gaji perbulan Adinistrasi dan umum : Rp.Rp. 16. Modal awal Pinjaman Bank atau non Bank Rp.000.000.000.500.000.

produk kami akan berbeda dengan yang ada dipasaran. Strategi produk Strategi ini di pilih karena dari segi produk yang kami tawarkan. Adapun Strategi yang akan digunakan yaitu : a. . Kami menghadapi persaingan dengan cara mempertahankan pelanggan yang ada serta mencari pelanggan yang baru. maka kami memutuskan untuk menggunakan beberapa strategi untuk menjangkau segmen pasar yang menjadi target kami. Strategi menghasilkan produk-produk baru Mencari terobosan baru dengan menghasilkan produk-produk baru yang mampu bersaing dengan produk yang telah beredar dipasaran. b.BAB V KEPUTUSAN STRATEGI Melihat kondisi kami sebagai usaha yang baru akan didirikan dan akan bersaing dengan yang lama. sehingga untuk menarik pelanggan. Tidak hanya sekedar ikan pindang tetapi dengan rasa yang unik sehingga enak untuk dikonsumsi baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

mudah diolah menjadi olahan lain dan mempunyai segmentasi pasar sendiri. karena cita rasanya yang enak.BAB VI PENUTUP Ikan pindang layang. ikan pindang salam dan ikan pindang tongkol mempunyai prospek pasar karena produk ikan pindang tersebut telah lama dikenal oleh sebagian masyarakat. cara pengolahannya sederhana. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.