ASUHAN KEBIDANAN PADA AKSEPTOR KB HARI/TANGGAL JAM : Jum’at/ 01-02-2013 : 17.

00 wita

A. Data Subjektif (S) 1. Identitas Nama istri Umur Suku / Bangsa Agama Pendidikan Pekerjaan Alamat : Ny. R : 28 tahun : Banjar / Indonesia : Islam : SMU : IRT : JL. Vetran komp. Perintis Indah Banjarmasin

Nama suami Umur Suku / Bangsa Agama Pendidikan Pekerjaan Alamat

: Tn. A. : 29 tahun : Batak / Indonesia : Islam : SMU : Swasta : JL. Vetran komp. Perintis Indah Banjarmasin

2. Keluhan Utama

:

Ibu mengatakan darah masa nifasnya cuman tinggal flek-flek kekuningan dan ingin

menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan

3. Status Perkawinan a. Kawin b. Usia kawin : Ya : 24 tahun

kista dan ibu tidak pernah mengalami operasi pada alat kandungannya. f. Lamanya Berapa kali menikah Dengan suami sekarang Istri keberapa dari suami sekarang : 4 tahun : 1 kali : 4 tahun : pertama 4. Riwayat Obstetri dan Ginekologi Tabel 3. 2.c. Riwayat Haid Menarche Siklusnya Lamanya Banyaknya Dismenorhea HPHT TP : 11 tahun : ± 28 hari : ± 7 hari : normal (2-3 kali sehari ganti pembalut) : tidak ada : 16-3-2012 : 23-12-2012 5. Tahun Umur Kehamilan Aterm Aterm Tempat Partus BPS BPS Jenis Partus SPT-BK SPT-BK Penolong bidan bidan Penyulit Nifas normal normal Sex pr pr Anak BB/ Keadaan PB 2900 hidup /49 3500 Hidup /50 2008 2012 Riwayat Ginekologi Ibu tidak pernah menderita penyakit yang berhubungan dengan alat kandungan seperti kanker rahim. d.5 No 1. 6. e. mioma. Riwayat KB Ibu mengatakan pernah menggunakan alat kontrasepsi pil selama 2 tahun dan berhenti sejak 1 tahun yang lalu karena ingin punya anak lagi .

Riwayat kesehatan ibu Ibu mengatakan tidak pernah menderita penyakit hipertensi. DM. b. teh.7. asma. 8. asma. jantung. Riwayat Kesehatan a. Eleminasi 1) BAK Frekuensi Warna Bau Masalah 2) BAB Frekuensi : ± 1 kali sehari : ± 6 kali sehari : kuning jernih : pesing : tidak ada : 8-10 gelas/hari : 1 gelas penuh : air putih. Riwayat kesehatan keluarga Keluarga baik dari pihak suami maupun pihak ibu sendiri tidak ada yang menderita penyakit hipertensi. hepatitis dan TBC serta tidak memiliki keturunan kembar. Nutrisi Makan Frekuensi Porsi Jenis : 3x sehari : 1 piring penuh : nasi. susu : tidak ada : tidak ada . buah-buahan Minum Frekuensi Porsi Jenis Pantangan Masalah b. lauk pauk. DM. hepatitis dan TBC serta tidak memiliki keturunan kembar. jantung. Data Biologis a. sayur.

Data psikososial dan spiritual Pengetahuan ibu tentang alat kontrasepsi : Ibu mengetahui tentang semua jenis alat kontrasepsi namun masih kurang memahami keefektivitasan dari alat kontrasepsi Kepercayaan ibu tentang penggunaan alat kontrasepsi : Ibu mengatakan yakin bahwa alat kontrasepsi dapat menunda kehamilan Dukungan suami terhadap penggunaan alat kontrasepsi : Suami sangat mendukung alat kontrasepsi apapun yang dipilih ibu Penentu pengambil keputusan dalam keluarga : suami . Data Seksual Frekuensi Masalah Alasan : tidak ada : tidak ada : ibu baru selesai masa nifas dan belum menggunakan kontrasepsi : 1 jam : 7-8 jam : tidak ada 9. Aktifitas Ibu mengatakan mulai melakukan pekerjaan rumah tangga dan mengangkat barang berat seperti sebelum hamil misalnya masak. Tidur/Istirahat Siang hari Malam hari Masalah f. mengurus anak. mencuci. Personal hygiene Frekuensi mandi Frekuensi gosok gigi Kebersihan vulva : kuning : lembek : tidak ada : 2 kali sehari : 2 kali sehari : baik : 2 kali sehari / kaos Frekuensi ganti pakaian/jenis d.Warna Konsistensi Masalah c. e. dan menjemur pakaian serta mengambil air. menyapu.

konjungtiva tidak tampak anemis Telinga Hidung : tampak bersih. Tanda-tanda vital Tekanan darah Nadi Suhu Respirasi : 120/90 mmHg : 74 x/menit : 36. maupun vena jugularis 3) 4) Dada/payudara Abdomen : Tidak dilakukan pemeriksaan : Tidak tampak adanya luka bekas operasi maupun tanda-tanda kehamilan . Inspeksi 1) Kepala : Kulit kepala tampak tidak berketombe dan rambut tidak rontok Muka : tidak tampak odema maupun cloasma gravidarum Mata : skelera tidak tampak ikterik.7˚C : 24 x/menit : baik : compos mentis : 159 cm : 57 kg 2. limfe. Kesadaran c. Tinggi badan d. Keadaan umum b. Pemeriksaan Umum a. tidak ada stomatitis. tidak ada infeksi : tampak bersih dan tidak ada polip maupun pernafasan cuping hidung Mulut/gigi : bibir tidak tampak pucat. lidah bersih dan gigi tidak caries 2) Leher : Tidak tampak pembesaran kelenjar tiroid. Data Objektif (O) 1. Berat badan e.B. Pemeriksaan Khusus a.

Kerugian : perdarahan yang tidak menentu/mens tidak teratur.5) 5) Genetalia Ekstremitas : Tidak dilakukan pemeriksaan : Tidak tampak odema maupun varises b. sopan dan santun. berat badan bertambah. akseptor KB suntik 3 bulan D. Memberikan konseling singkat mengenai metode KB : a. Kerugian : berat badan bertambah. flek-flek pada wajah. Keuntungan : mudah didapat. menstruasi sedikit. Keuntungan : hubungan sex dengan KB suntik bebas. mempengaruhi fungsi ginjal dan hati. 2. Keuntungan : dipasang 3-5 tahun 1x. murah. sapa. Menyambut ibu dengan senyum. efektif. Assesment (A) P2A0. Pil Cara kerja : mengentalkan lender serviks sehingga sulit ditembus sperma. salam. limfe maupun vena jugularis 2) 3) Dada/payudara Abdomen : Tidak dilakukan pemeriksaan : Tidak teraba tanda-tanda kehamilan maupun benjolan abnormal 4) Ekstremitas : Tidak teraba odema maupun varises C. mual dan muntah. c. dan bila diminum sesuai aturan berhasil 100%. Suntik Cara kerja : sama dengan pil. Palpasi 1) Leher : Tidak teraba adanya pembesaran kalenjar tiroid. b. . Planning (P) 1. Implant/susuk Cara kerja : sama dengan pil dan suntik. tidak mengganggu ASI untuk suntik 3 bulan.

g. 3. Kerugian : kenikmatan terganggu. Keuntungan : hubungan sex dengan KB suntik bebas. Keuntungan : sifatnya permanen. Keuntungan : murah dan mudah didapat. infeksi. tidak mempengaruhi ASI. Menjelaskan lebih detail mengenai alat kontrasepsi yang dipilih ibu yaitu suntik 3 bulan : Cara kerja : mencegah ovulasi dengan mengentalkan lender serviks sehingga sulit ditembus sperma. tidak mengandung estrogen sehingga tidak mengganggu ASI. kembalinya kesuburan lambat. d. MOW Cara kerja : mengikat/memotong/memasang cincin pada saluran telur maka pengeluaran sel telur akan terhambat. tidak mengganggu senggama. AKDR(IUD) Cara kerja : mencegah sel mani masuk kesaluran tuba. Kerugian : gangguan perdarahan. kesuburan cepat kembali. MOP Cara kerja : menutup saluran bibit laki-laki (vas deferent) dengan melakukan operasi kecil pada kantong zakar sebelah kanan dan kiri. Keuntungan : tidak mempengaruhi ASI. Kondom Cara kerja : menghalangi tumpahnya sperma kedalam vagina.Kerugian : liang senggama kering. berat badan bertambah. Kerugian : perdarahan yang tidak menentu/mens tidak teratur. tidak akan mengganggu ereksi potensi seksual dan produksi hormone. berat badan bertambah. infeksi. Memberitahukan kepada ibu hasil pemeriksaan bahwa ibu diyakini tidak hamil dan kondisi umumnya baik : Tekanan darah : 120/90 mmhg . keputihan. e. 4. f. infeksi. Kerugian : kadang terasa nyeri/perdarahan setelah operasi. Keuntungan : mencegah kehamilan jangka panjang. mens tidak teratur. sangat efektif. Kerugian : resiko dan efek samping yang mungkin terjadi. alergi terhadap latek.

Menganjurkan ibu untuk menghubungi tenaga kesehatan apabila ada keluhan.Nadi Suhu Respirasi Berat badan : 74x/m : 36. .70 C : 24x/m : 57 kg 5. Memberikan injeksi suntik 3 bulan secara IM di 1/3 cristarum dengan dosis 3 cc. 7. Menganjurkan ibu untuk kunjungan ulang tanggal 26-04-2013. 6.