KATA PENGANTAR

Puji Syukur Penulis Panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini pada waktunya. Laporan penelitian biologi yang berjudul Pengaruh lama perendaman biji kacang hijau terhadap kecepatan perkecambahan merupakan hasil analisa dan pengamatan disusun untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh ibu guru. Dalam menyelesaikan laporan biologi ini , penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung Oleh sebab itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak ditemukan kekurangan di dalamnya. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan laporan biologi ini. Akhir kata, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya para pelajar untuk lebih memahami materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan. penulis yang

Hormat Saya

Penulis

1

......DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL (COVER)....3 Tujuan Penulisan 1.........................2 Analisa Data BAB V : SIMPULAN DAFTAR PUSTAKA BAB I 2 ...................3 Cara kerja BAB IV : DATA PENGAMATAN DAN ANALISA DATA 4............1 Latar belakang 1.......................1 Variable penelitian 3............1 Klasifikasi Kacang Hijau 2............................................2 Alat dan bahan penelitian 3..............1 Data Pengamatan 4.2 Rumusan Masalah 1........ BAB I : PENDAHULUAN 1............ DAFTAR ISI.......................................2 Morfologi Tanaman Kacang Hijau BAB III : METODE PENELITIAN 3... KATA PENGANTAR...............................4 Hipotesis BAB II : KAJIAN TEORI 2.......

maka aktivitas metabolisme meningkat dengan disertai meningkatnya aktivitas enzimatik dan respirasi. Peranan hormon tumbuh di dalam biji yang mengalami dormansi adalah dapat menstimulasi sintesis ribonuklease. gibberellin yang dihasilkan oleh embrio ditranslokasikan ke lapisan aleuron sehingga menghasilkan enzim α amilase. 1. Permulaan fase perkecambahan ini ditandai dengan penghisapan air (imbibisi) kemudian terjadi pelunakan kulit biji sehingga terjadi hidratasi protoplasma. Setelah fase istirahat berakhir.Latar belakang Pada perbanyakan secara generatif. dan tersedianya air di sekeliling biji. Proses selanjutnya yaitu enzim tersebut masuk ke dalam cadangan makanan dan mengkatalis proses perubahan cadangan makanan yang berupa pati menjadi gula sehingga dapat menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas sel dan pertumbuhan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain keadaan biji (keadaan khusus yang menghambat perkecambahan biji kacang hijau adalah tidak mempunyai endosperm sebagai cadangan makanan pada awal perkecambahan biji). permeabilitas kulit biji.PENDAHULUAN 1. masalah utama yang dihadapi adalah lamanya waktu yang diperlukan biji untuk berkecambah. Di dalam aktivitas metabolisme. .2 Rumusan Masalah : 3 . Fase akhir dari dormansi adalah fase berkecambah.1 . amilase dan protease di dalam biji. Jika ketiga faktor tersebut tidak mendukung biji untuk melakukan perkecambahan maka biji memiliki kemampuan untuk mengundurkan fase perkecambahannya yang disebut dengan dormansi.

Untuk mengetahui pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan perkecambahan kacang hijau. BAB II 4 .1. Apa pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan perkecambahan kacang hijau? 1. 1. Terdapat perbedaan kecepatan pertumbuhan perkecambahan kacang hijau karena perbedaan lama perendaman.4 Hipotesis : 1.3 Tujuan Penulisan : 1.

berbentuk bulat dan berbulu. green gram atau golden gram.2 Morfologi Tanaman Kacang Hijau Tanaman kacang hijau berbatang tegak dengan ketinggian sangat bervariasi. Cabangnya menyamping pada bagian utama. Dalam dunia tumbuh-tumbuhan. Tanaman ini disebut juga mungbean. Warna batang dan cabangnya ada yang hijau dan ada yang ungu.1 Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau Kacang hijau merupakan salah satu tanaman semusim yang berumur pendek (kurang lebih 60 hari).KAJIAN TEORI 2. antara 30-60 cm. tergantung varietasnya. 5 . tanaman ini diklasifikasikan seperti berikut ini. Divisi : Spermatophyta Sub-divisi : Angiospermae Kelas : Dicotyledoneae Ordo : Rosales Famili : Papilionaceae Genus : Vigna Spesies : Vigna radiata atau Phaseolus radiatus 2.

Biji kacang hijau lebih kecil dibanding biji kacang-kacangan lain. Bunga kacang hijau berwarna kuning. Tangkai daunnya cukup panjang. keluar pada cabang serta batang. Polong kacang hijau berebntuk silindris dengan panjang antara 6-15 cm dan biasanya berbulu pendek. lebih panjang dari daunnya. Setiap polong berisi 10-15 biji. tersusun dalam tandan. cokelat dan hitam . Sewaktu muda polong berwarna hijau dan dan setelah tua berwarna hitam atau coklat. Warna daunnya hijau muda sampai hijau tua. 6 . Warna bijinya kebanyakan hijau kusam atau hijau mengilap. Tanaman kacang hijau berakar tunggang dengan akar cabang pada permukaan. dan dapat menyerbuk sendiri.Daunnya trifoliate (terdiri dari tiga helaian) dan letaknya berseling. beberapa ada yang berwarna kuning.

jumlah penyiraman. 7 . Variabel Penelitian  Kontrol  Bebas  Terikat 3. empat jam. Dengan jumlah biji 5 buah setiap pot.Penggaris BAHAN : .2. masukkan ke dalam pot yang berbeda dengan volume tanah yang sama. Alat dan Bahan: ALAT : . intensitas cahaya. suhu. Ambil tanah yang digunakan sebagai media. Yaitu dua jam. jenis biji : Lama perendaman (2 jam. 3. Tanam kelima biji kacang hijau tersebut ke dalam setiap pot.BAB III CARA KERJA 3.Pot . Cara Kerja Dalam proses pengujian tentang pengaruh lama perendaman pada biji kacang. 2.3. 6 jam) : Kecepatan perkecambahan 3. maka langkah – langkah kerja yang dibutuhkan adalah: 1.Biji kacang hijau .Baskom : Tanah. Lalu tunggu hingga keesokan hari. 4 jam. dan enam jam.1.Air .Tanah . Rendam biji kacang hijau selama yang telah ditentukan.

5cm 13cm 15cm 17cm 18cm 19.5cm 9cm 11.5cm 15cm 16cm 17cm Perendaman 4 Jam 0cm 1cm 2.5cm 6cm 7cm 9cm 11cm 13. hitung rata-ratanya tiap pot. Karena tiap pot terdiri dari 5 biji.5cm 12cm 14cm 15.1.5cm 7cm 8.4. BAB IV Data Pengamatan dan Analisis Data 4.5cm 2cm 3. Data Pengamatan Kami telah menguji ketiga tanaman kacang hijau dengan pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan dan perkembangan.5cm 8 . Tabel Efek lama perendaman terhadap panjang batang Hari Pertumbuhan Kecambah Pada Percobaan Perendaman (dalam rata-rata) Perendaman 2 Jam 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 0cm 0.5cm 16.5cm 4.5cm 18cm Perendaman 6 Jam 0cm 1cm 3cm 5cm 7.5cm 10. Ukur pertumbuhan biji kacang hijau tersebut setiap harinya menggunakan penggaris.

4. maka pertumbuhannya semakin cepat. maka waktu perkecambahannya akan semakin singkat. biji kacang hijau tersebut dapat tumbuh hingga rata-rata 2 . kami menganalisa bahwa semakin lama biji kacang hijau direndam.2.13 14 15 18cm 19cm 20cm 19cm 22. dari tabel data rata-rata pertumbuhan dalam percobaan lama perendaman tersebut. waktu perkecambahannya akan semakin singkat. terbukti bahwa dalam masa perendaman selama 6 jam. Dalam tabel yang ada di atas.5cm per harinya. 9 .5cm 24cm 22cm 25cm 27cm Berdasarkan hasil data tersebut kami menganalisis bahwa semakin lama biji kacang hijau direndam. Analisa Data Berdasarkan hasil data yang kami miliki.2. Juga semakin lama biji kacang hijau direndam.

BAB IV SIMPULAN a. Perendaman biji kacang hijau berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahannya b. Semakin lama waktu perendaman biji kacang hijau dalam air maka waktu yang dibutuhkan untuk berkecambah semakin singkat. Pada perendaman biji kacang hijau selama 6 jam membutuhkan waktu perkecambahan yang paling singkat daripada perlakuan lainnya. 10 .

html http://makalahdanskripsi.DAFTAR PUSTAKA http://rahmasangpemimpi.blogspot.com/2009/02/kacang-hijau.html 11 .com/2011/01/pengaruh-suhu-perendamanterhadap.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful