P. 1
4 LNB 1 Parabola

4 LNB 1 Parabola

|Views: 296|Likes:
Published by De Jack
pemasangan 4 lnb dalam satu parabola
pemasangan 4 lnb dalam satu parabola

More info:

Published by: De Jack on Jul 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2015

pdf

text

original

MENGGUNAKAN MOUNTING 4 or 3 – 1 LNBF C Band UNTUK PARABOLA 9 FT

By. Qw & zyamzul

Mounting Feedhorn bisa anda buat dengan cara sebagai berikut : Alat-alat yang dibutuhkan: 1. Mounting Mounting Feedhorn sebanyak 3-4 buah. 2. Baut dan plat untuk manyatuhkan peedhorn 3. Geregaji besi 4. Bor mesin 5. Dan apa saja yang bisa anda gunakan untuk menyatukan Mounting Feedhorn tersebut. Lihat ukuran Mounting Feedhorn pada gambar dibawah ini: Mounting Feedhorn

Mounting yang jadi juga ada dijual dipasaran merk Matrix 4 in 1 LNBF Kelebihan dan kekurangan menggunakan 3-4 LNBF : Kelebihan : o Tanpa menggunakan rotater dapat menerima 3-4 satelit sekaligus. o Dapat memilih channel yang berada di satelit yg berbeda dengan cepat tanpa menunggu lama. ( lebih cepat dari rotater ) o Praktis, Murah, & Paten. Kekurangan: o Tidak dapat mencari satelit lain seperti yang biasa di jangkau oleh rotater tersebut. o Walaupun tidak bisa dapat signal yang maksimal seperti biasa, namun masih bisa di nikmati dengan signal yang cukup baik. Alat-alat yang di perlukan untuk menggunakan 3-4 LNBF : 1. Dish antena parabola 9FT.

PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com

2. Mounting untuk 3-4 LNBF. (kami menggunakan LNBF merk HANSEN, dan setiap FT nya pasti berbeda model dan ukuran fedhorn) lihat gmbar 1:

Gambar 1: Model Mounting Feedhorn 9 FT 3. DISEqC SWITCH 4 in 1. (kami menggunakan merk MATRIX).

Gambar 2: DISEqC MATRIX 4. Kabel lengkap dengan Jacknya (kami menggunakan kabel merk Visikom 75Ω + Conektor). 5. Decoder (kami menggunakan merk ZINWEL) apapun decoder yang digunakan pada umumnya juga baik, yang pasti decoder tersebut memiliki fasilitas DiseqC. (pada menu satelit set up decoder ada pilihan LNB A, LNB B, LNB C, LNB D dan Disable atau None). Setelah semua disiapkan, anda harus mencatat data berikut : 1. Satelit yang kita akan dapatkan adalah PALAPA C2, TELKOM 1C, ASIASAT 3S dan ASIASAT 2. 2. Siapkan Data-data siaran yg menjadi patokan anda untuk mengepaskan arah satellite, seperti siaran2 yg signalnya cukup kuat, dan yg paling lemah. 3. Cara Kerja: 1. Menyiapkan parabola di tempat yang terbuka tidak ada halangan ke langit bebas serta datar. 2. Gunakanlah dulu LNBF Single untuk mencari satelit (ngeMEDkan posisi parabola ke semua satelit yang tertulis di atas) lihat gambar 2,

Gambar 3: LNBF Single.

PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com

3. Carilah signal dari siaran yang terkuat di setiap satelit diantaranya Palapa C2 SCTV 3725 V 6620, Telkom 1C TV7 4075 H 6000, Asiasat 3S Arirang 3755 H 4420 dan Asiasat 2 TVE 4000 H 28125. 4. Setelah semua itu dilakukan lalu lanjutkan untuk mencari signal yang terlemah disetiap satelit diantaranya: Palapa C2 Metro TV 4080 H 28125, Telkom 1C JTV 4095 H 3125, Asiasat 3S XingKong 4000 V 26850 dan Asiasat 2 Macau TV. 5. Jika semua telah dilakukan dan posisi antena anda sudah pas/med, antara kemiringan utara-selatan dan posisi kemasing-masing satelit kearah barat. Mulailah memasang 3 atau 4 LNBF yang telah anda siapkan. (jika anda menggunakan dish 6 FT atau 9 FT gunakan Mounting Feedhorn seperti yang dijelaskan gambar 1 diatas). 6. Yang kita bahas saat ini khusus dish 9 FT, lihatlah posisi segi tiga Mounting Feedhorn pada gambar 4 dibawah ini, gambar ini Mounting Feedhorn 9 FT.

Gambar 4: Mounting Feedhorn 9 FT 7. Lanjutkan dengan memasang LNB lihat gambar 5 di bawah ini : Dan gambar terlampir Gambar Ukuran Mounting 9 ft.

8.

Menggunakan 3-4 LNB tersebut, Pasanglah LNB Satelit secara terbalik kearah timur, Lihat gambar

PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com

9. Jika telah memasangnya (dengan tepat & benar) lanjutkan dengan memasang DISEqC secara berurutan diantaranya Palapa C2 LNB A, Telkom 1C LNB B, Asiasat 3S LNB C, dan Asiasat 2 LNB D namun jika terbalik juga tidak masalah asal di ingat posisi LNB ke DISEqC. 10. lalu setinglah decoder dengan posisi LNB masing-masing (di menu satelit setup). 11. Setelah melakukan perintah 7-9 mulailah dengan menyetel dish anda keposisi antara Sat Palapa C2 dengan Telkom 1C, ± tepatnya di posisi St Sinosat. Pada saat mengarahkkan Dish tersebut kearah barat secara perlahan, lihatlah signal terkuat yang ada di Sat Palapa C2 SCTV 3725 V 6620. dan jika anda telah menemukan, lihatlah disemua signal chanel yang terkuat disetiap satelit lalu jika semua signal disetiap satelit ada maka lihat yang terlemah, apabila yang terlemah masih ada yang belum dapat jangan diganggu posisi payung melainkan LNB yang harus diMEDkan/setelan turun naik . Lihat gambar dibawah ini :

Setelan LNB

12. Kemudian anda lanjutkan ke satellite yang lain hingga keempat arah tersebut menghasilkan signal yg baik. Dan apabila anda melakukannya semua keterangan 1 sampai 10 yang telah dijelaskan di atas dengan benar, baik, rapi dan yang terpenting SABAR maka anda akan mendapatkan hasil yang kerja baik, selamat mencoba semoga sukses. 13. Teman2 yg masih ada problem masalah ini kita masih boleh bertukar pikiran Forum.

Maaf tulisan ini masih kami perbaiki terus, sehingga nantinya akan menjadi panduan buat teman2 baik yg 9 ft, 8 ft,6 ft

PDF created with pdfFactory Pro trial version www.pdffactory.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->