RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu

: SMKN 3 Cimahi : Jasa Restoran :X/1 :3 : 1 x 30 Menit

Standar Kompetensi : Restaurant Service Kompetensi Dasar : Menjelaskan berbagai Tipe Restaurant service.

II Indikator : 2.1 Menjelaskan American Service 2.2 Menjelaskan Family Service 2.3 Menjelaskan Platter Service 2.4 Menjelaskan gueridon Service 2.5 Menjelaskan cafetaria service 2.6 Menjelaskan buffet service 2.7 Menjelaskan take out service

III TUJUAN PEMBELAJARAN 3.1 Siswa dapat menjelaskan kembali berbagai tipe pelayanan makan di restoran dengan tepat dan rinci. 3.2 Siswa dapat mempraktikkan berbagai teknik pelayanan makan di restoran dengan baik dan benar.

IV. Table service Suatu sistem pelayanan dimana tamu duduk dikursi menghadap meja makan. yaitu cara penyajian makanan dan minuman ala inggris.Sifat pelayanannya sederhana. atau mempromosikan hidangan. Kerugian yang paling menonjol dari pelayanan ini adalah tamu mungkin tidak merasa bahwa mereka sedang ditunggu.Makanan sudah siap ditata dan diatur diatas piring . Caranya host yang bertanggung jawab pada pelayanan. tamu membayar apa yang didapatkan dan mendapatkan apa yang ia bayar. MATERI AJAR 4. Karena setiap makanan yang dipesan oleh tamu sudah ditata didapur dan disajikan pada para tamu dalam penataan tersebut. awalnya pelayanan ini digunakan untuk tamu bangsawan. c. sekarang ini disukai . French service/ gueridon service French service adalah suatu tipe pelayanan yang sifatnya formal/resmi. mengatur hidangan di piring. English service/ Family service English service.1 Buku Paket Jenis–jenis Pelayanan 1. b. kemudian mengedarkan hidangan tersebut kesemua tamu atau tamunya mengambil hidangan sendiri. host atau waiter yang memotong daging. American service/ Plate service Americam service mempunyai ciri-ciri antara lain sebagai berikut: . kemudian makanan dan minuman diantarkan dan disajikan.Piring kotor diangkat dari sebelah kanan Kelebihan Ready Plate service adalah memberikan pengontrolan porsi makanan yang sangat baik. table service ini umumnya dibedakan menjadi 4 kategori yaitu: a.Disajikan kepada tamu dari sebelah kiri . karena makanan diletakan dimeja dan tamu melayani sendiri. service ini juga disebut” Family Service” dan sekarang sudah jarang kita jumpai karena jenis service ini merupakan permulaan dari jenis restoran service (yang tertua). tidak resmi dan cepat .

ditata di piring hidangan. dan dihias di dapur. Russian service/ Silver Service Pelayanan jenis ini sering disebut juga dengan modified french service karena dalam beberapa hal mempunyai kesamaan dengan french service. dan selanjutnya menyajikan hidangan dari sebelah kiri. dimana masing-masing makanan disiapkan. d. Pelayanan jenis ini mempunyai ciri menyajikan makanan utama secara utuh. Pelayanan ala rusia sifatnya sangat formal. Cara penyajiannya pertama-tama waiter menyajikan piring kosong didepan tamu dari sebelah kanan. Waiter memindahkan hidangan yang telah diatur dalam Silver platter oleh chef atau tamu mengambil sendiri hidangan yang disajikan oleh waiter. Kekurangan pelayanan ini. dengan pelayanan yang santai mengakibatkan rendahnya perputaran tamu. Kemudian dipotong oleh waiter yang telah ahli serta disajikan langsung ke atas piring tamu.untuk orang yang ingin mendapatkan pelayanan yang mewah. Bila tamu telah memilih bagian dari hidangan makanan yang disukai. makanan ditempatkan pada piring penghidang lebih banyak daripada porsi yang dibutuhkan . Kekurangan dari sistem ini adalah dari segi porsi makanan. Pramusaji hanya memindahkan makanan dari piring penghidang ke piring hidang. Pemberian harga menu harus disesuaikan karena cart service lebih lambat. Ditata atau disusun diatas oval platter dengan menggunakan guiridon dan dihias dengan hiasan yang baik. Makanan satu persatu datang dari dapur dan setibanya di ruang restaurant dimatangkan dekat tamu dengan menggunakan “range oven atau rechaud oven” dan setelah matang. Kerugian lain adalah ketika melakukan pemasakan di sisi meja mengakibatkan ruangan menjadi berbau makanan kecuali ada sirkulasi atau ventilasi udara dan yang terakhir sulit sekali bagi chef de rang untuk menutupi kesalahan dihadapan para tamu. yang terbuat dari peralatan service serta dekorasi yang baik dan mahal. kemudian satu persatu hidangan tersebut ditawarkan oleh waiter secara berurutan kepada tamu. Kelebihan dari sistem ini adalah platter service menawarkan kontrol kualitas yang sangat baik. mewah dan para tamu merasa mendapatkan perhatian yang luar biasa dari petugas.

Salad dari sayuran atau buah segar . diatur dengan rapi di atas meja buffet atau meja perasmanan yang berukuran panjang dan para tamu bebas menentukan serta melayani dirinya sendiri untuk mengambil menu yang disukainya dan secara sebagian atau keseluruhan tamu juga di pandu oleh chef yang siap berdiri di belakang meja buffet selama jamuan makan berlangsung.Makanan yang disajikan pada russian service disiapkan sepenuhnya di dapur sedangkan french service sebagian disiapkan di dapur dan di restoran.Kerupuk . ditata. yang akan berakibat pada pemborosan dan biaya produksi makanan yang lebih tinggi. a. mentimun. Tamu mengambil sendiri untuk menu : . yaitu tamu mengambil hidangan sendiri. . yang di potong-potong kecil memanjang ). sedangkan french service memerlukan dua orang waiter . Buffet Service Buffet service adalah salah satu tipe dasar pelayanan di ruang makan dimana hidangan secara lengkap dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup telah disediakan. Self Service Self service adalah service yang tamunyamengambil makanan sendiri yang sudah disediakan di atas meja/ etalase. wortel.Relish ( sayuran segar seperti : lobak. dimana hidangan disiapkan dimeja counter dan tamu membayar hidangannya di cashier. Pada umumnya pelayanan buffet merupakan kombinasi dari keduanya.Russian service memerlukan seorang waiter. Perbedaan yang menonjol antara rusian dengan french adalah: . b. .atau dibeli tamu. Hidangan diberi harga menurut apa yang diambil oleh tamu. dan hidangan yang telah dimakan dibyar pada kasir.Kentang goreng atau yang dibuat kroket. 2. Cafetaria Service Yaitu service yang biasanya dilakukan di daerah-daerah ramai.

Take out service Yaitu hidangan dibawa keluar atau dibungkus.3 Video Tutorial 5. V METODE PEMBELAJARAN 5. c. Menjawab salam b. Pendahuluan: a. Dan juga makanan tidak dapat disajikan kembali di buffet karena sudah terlalu lama terbuka. Di restoran pada umumnya harga buffet service sudah di cantumkan dengan membayar sejumlah uang tertentu. Menjawab absen Peserta Didik Tanya Jawab 5 menit 3 kegiatan ini dijadikan satu waktu Metode Waktu Keterangan . Mengkondisikan peserta didik c.4 Chart 5.2 Power Point 5. Menerangkan materi a. Absen 2.5 Tanya Jawab VI. Melaksanakan c. Inti : a. Kegiatan Praktek/Langkah KBM Kegiatan No. Mengucapkan salam dan pembukaan b. Kekurangan pelayanan ini adalah makanan tidak dapat lagi disajikan sehingga menyebabkan harga makanan menjadi tinggi.1 Ceramah 5. Guru 1. Take out service ini biasanya dilakukan dengan melalui telepon atau diantar oleh pegawai restoran kepada pemesan.Sedangkan untuk roast beef atau steak di iris-iris oleh chef dan disajikan ke piringpiring tamu. Menyimak Ceramah 20 menit a.

Mengulas kembali sedikit materi yang telah dijelaskan dan memberi kesimpulan b. Memberi tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya c. guru yang memberi beberapa pertanyaan 3.Jakarta: Erlangga . Rachman. Pengantar Ilmu Perhotelan dan Restaurant. Penutup : a. Menanyakan apabila ada materi yang kurang jelas bila tidak ada.(2002). Sumber Alat Belajar a. F & B Service Management. Sumber  Buku Arief. Menyimak b. Raymond J.dengan power point dan video b. Mengucapkan salam b.Yogyakarta:Graha Ilmu Goodman. Menjawab salam Tanya jawab 5 menit 2 kegiatan ini dijadikan satu waktu Jumlah 30 menit V. Memulai sesi tanya jawab Power point Video Tutorial Chart Tanya Jawab Ceramah a.(2005). Menyimak dan mengerjakan tugas c.

Alat    LCD White Board Laptop c. Media    Power point Video Chart .b .

Ketepatan jawaban dan waktu pengerjaan Skala nilai antara A.Penilaian Butir-butir Pertanyaan No 1. Pertanyaan Jawaban Bobot A-E Menurut Anda Apakah ada perbedaan Antara Table service dan Self service? Jelaskan! 2. Keaktifan menjawab pertanyaan 2. Menurut Anda Tipe pelayanan apakah yang paling tepat dilakuakan di restaurant di Indonesia? Jelaskan! A-E Penilaian pengamatan tindakan kelas. dalam: 1.E .

Kristianto Adi P.Pd.Si Disusun Oleh : Hana Nuri P. S. Leha Julaeha Ria Apriani W. Rindiani Fitria S. Elly Lasmanawati.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Belajar Pembelajaran yang dibimbing Oleh : Ibu Dra. M.Si dan Ibu Rita Patriasih. M. Vinny Fardilla (1106110) (1104303) (1104938) (1103728) (1103899) (1105367) PRODI PENDIDIKAN TATA BOGA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2013 .

2. 6. Rindiani Fitria S. Hana Nuri P. Kristianto Adi P. Leha Julaeha 4. 3. Ria Apriani W.Pembagian Keterampilan Belajar Mengajar : 1. 5. Vinny Fardilla = Keterampilan Menjelaskan = Keterampilan Menjelaskan = Keterampilan Bertanya = Keterampilan Menutup Pembelajaran = Keterampilan Penguatan dan Variasi = Keterampilan Membuka Pembelajaran .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful