P. 1
Patofisiologi Gangguan Kecemasan (01)

Patofisiologi Gangguan Kecemasan (01)

|Views: 475|Likes:
Published by Isty Qomariah
blok psikoatri
blok psikoatri

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Isty Qomariah on Jul 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2015

pdf

text

original

Patofisiologi Gangguan Kecemasan

Kelompok 14

Gangguan kecemasan • Teori psikologis : a) teori psikoanalitik b) teori eksitensi c) teori perilaku • Teori biologis neurotransmiter dan susunan saraf otonom .

ini menimbulkan gejala 2) Teori eksitensi Konsep dan teori ini adalah. kecemasan menyadarkan ego untuk mengambil tindakan defensif terhadap tekanan dari dalam diri. Kecemasan adalah respon seseorang terhadap kehampaan eksistensi tersebut . Jika represi tidak berhasil sebagai suatu pertahanan. bila berhasil maka terjadi pemulihan keseimbangan psikologis tanpa adanya gejala anxietas. maka dipakai mekanisme pertahanan yang lain misalnya konvensi. regresi.Teori Psikologis 1) Teori psikoanalitik Freud menyatakan bahwa kecemasan sebagai sinyal. Misal dengan menggunakan mekanisme represi. Perasaan ini lebih mengganggu daripada penerimaan tentang kenyataan kehilangan/ kematian seseorang yang tidak dapat dihindari. bahwa seseorang menjadi menyadari adanya kehampaan yang menonjol di dalam dirinya.

3) Teori perilaku Teori perilaku menyatakan bahwa kecemasan adalah suatu respon yang dibiasakan terhadap stimuli lingkungan spesifik. Contoh : seorang dapat belajar untuk memiliki respon kecemasan internal dengan meniru respon kecemasan orang tuanya .

.

.

Serotonin Rangsang saraf parasimpatis Motalitas pencernaan sangat baik Tidak diabsorbis dengan baik DIARE .

Pompa jantung meningkat 2.Perangsangan saraf simpatis dapat menyebabkan : 1. otot-otot tegang sakit kepala . Rangsang sekresi keringat keringat dingin 3.

4. Rasa tidak enak dilambung disebabkan karena : Cemas rangsang nervus vagus meningkatkan sekresi as. lambung .

HPA Axis ( hipotalamus-pituitariadrenal) Stresor Korteks serebri dan sistem limbik Kirim pesan ketubuh Meningkatkan kewaspadaan Kelenjar adrenal Hormon kortisol keluar kortisol meningkat .

Respon umpan balik Hipotalamus menekan sekresi CRH Kirim pesan ke hipofisis Hipofisis nurunin produksi ACTH Pesan diteruskan ke adrenal Produksi kortisol menurun .

.Terimakasih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->